Kapan sebaiknya kita mulai menyampaikan pada rekan kita bahwa Tuhan Yesus adalah penebus dosa kita? Bagaimana sebaiknya sikap hati kita saat kita mulai menyampaikan berita Injil? Apa yang harus kita sampaikan ketika pendengar kesaksian kita sulit menerima apa yang kita sampaikan karena mereka tahu latar belakang hidup kita yang penuh dosa?

Sampaikan saja

Diajarkan bahwa kabarkanlah berita Injil ketika baik maupun tidak baik waktunya. Lebih baik kita mengevaluasi apa yang kurang dari apa yang kita sampaikan, daripada merasa aman karena tidak menyampaikan apa-apa. Sampaikan saja apa yang kamu ketahui, apa yang kamu percayai, apa yang kamu rasakan, perubahan apa yang menurutmu sudah terjadi.

Jangan pelit

Jangan menunggu dan beralasan untuk memberitakan bahwa Yesus Kristus telah menebusmu dari dosamu. Sampaikan berita Injil sebagai berita terbaik yang pernah ada. Sampaikan kabar sukacita dengan penuh sukacita. Ingatlah bahwa kita telah menerima anugerah yang luar biasa, yang layak diceritakan ke semua orang. Ya, semua orang perlu mendengar kisah penebusan hidupmu dari dosa.

Jangan terpenjara masa lalu

Jangan takut dianggap tidak layak menyampaikan karya keselamatan dari Tuhan Yesus. Jangan takut direndahkan atau diremehkan karena pendengar kisah kita adalah orang yang tahu bahwa kita pernah berbuat dosa. Jangan mengurungkan niat untuk mengabarkan berita Injil pada mereka yang dulu pernah kita sakiti. Beranilah bersaksi, tunjukkan bahwa kita sudah ditebus. Biarkan kehidupan kita yang sudah berubah menjadi lebih baik dan benar menjadi bukti segala kesaksian lisan kita.

Ketika seseorang ditebus dari dosa, maka wajar jika dia bersukacita. Bebas dari hukuman tentu hal yang sangat menyenangkan bagi orang-orang yang menanti eksekusi. Jika kita sudah tahu caranya untuk bebas, maka tentu kita perlu memberi tahu mereka yang belum bebas dari hukuman dosa. Kabarkan saja kabar sukacita yang telah kita alami. Jika kesaksian kita membuat orang tidak mau percaya karena latar belakang kita, maka jadikan itu pengingat bahwa memang kita tidak layak mendapat pengampunan. Yakinlah bahwa keselamatan memang anugerah dari Tuhan Yesus, yang tidak mungkin kita upayakan sendiri.

Jangan terkurung oleh persepsi diri sendiri maupun persepsi orang lain bahwa untuk memberitakan Injil Yesus Kristus memerlukan kesucian hidup. Jangan percaya bahwa untuk mengabarkan karya penebusan diperlukan hidup yang tidak bercela sejak lahir. Hindari arahan yang membuat kita menjadi penegak hukum atau pembuat hukum. Ingatlah bahwa kita hanyalah mantan orang hukuman yang dibebaskan hanya oleh anugerah Tuhan Yesus.

Kabarkan Injil Yesus Kristus. Jadilah saksi kebaikan Tuhan Yesus.

penuntun jalanku panduan mengabarkan Injil Yesus Kristus

Sleman, 4 Juni 2020

Leave a comment

Leave a Reply