Berjuanglah menjadi lebih baik. Ingatlah untuk melakukan yang terbaik yang kamu bisa. Tidak perlu muluk-muluk, tidak perlu yang benar-benar sempurna. Berjuang saja dengan penuh semangat untuk menjadi lebih baik dari dirimu yang sebelumnya.

Lakukanlah perjuangan untuk berubah menjadi lebih baik demi pasangan dan anak-anakmu. Bagaimana mungkin seseorang berjuang demi sesuatu yang tidak kelihatan jika demi keluarganya yang kelihatan ia tidak mau berjuang?

4 conditions for forgiveness (LASB, p.657):

  1. humble yourself by admitting your sins
  2. pray to God, asking for forgiveness
  3. seek God continually
  4. turn from sinful behavior.

Kiranya Tuhan Yesus meluruskan jalan hidupmu. Menjadikanmu orang baik. Hal yang penting untuk dilakukan adalah menjadi orang jujur. Orang yang (nampak) baik bisa saja bukan orang yang jujur/berintegritas. Tetapi orang jujur (yang berintegritas) pastilah orang yang baik.

bertobat dan menjadi lebih baik

Berdoalah senantiasa agar tetap bersemangat memperjuangkan kebaikan. Mintalah kepada Tuhan Yesus agar dimampukan untuk tidak berbuat dosa, sengaja maupun tidak sengaja. Mohonlah ampunan dari Tuhan Yesus segera setelah sadar bahwa telah berdosa.

Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan Yesus. Manusia hanya bisa disempurnakan oleh Tuhan Yesus, sehingga kita perlu terus menerus bertobat. Bertobat tidak cukup dilakukan sekali seumur hidup. Bertobatlah setiap kita sadar telah berdosa dan butuh pengampunan Tuhan Yesus.

Knowing we have a tendency to sin should keep us close to God, seeking his guidance and strength.

LASB, p.656

Sadarilah bahwa sebagai manusia yang cenderung berdosa maka kita perlu semakin mendekat pada Tuhan Yesus, bukan malah menjadikannya alasan untuk menjauhi Tuhan Yesus dan terus berkubang dalam lumpur dosa.

Humble yourself, pray and seek God’s face, and turn from your wicked ways.

2 Chron. 7:14

Jangan patah semangat untuk menjadi lebih baik. Sandarkan hidupmu pada anugerah Tuhan Yesus. Carilah pertolongan dan kekuatan yang ada dalam hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus. Jadilah lebih baik, tetap semangat berjuang hingga akhir hayat dikandung badan.

God looks beyond our words and religious activities to see if our conducts backs up what we say, and He judges our words by the actions that accompany them.

LASB, p.1532

Sleman, 23 Mei 2020

Leave a comment

Leave a Reply