Journal of Epidemiology and Community Health dimiliki oleh BMJ, dan telah terbit sejak 1947. Jurnal ini melingkupi seluruh aspek epidemiologi dan kesehatan masyarakat.

Kini terbit tiap bulan dengan model penerbitan berlangganan, meskipun ada juga pilihan untuk menerbitkan secara akses terbuka. Biaya penerbitan secara open access adalah sebesar 2,400 GBP.

Model peer-review yang digunakan adalah single blind, yaitu penulis tidak mengetahui siapa yang menjadi reviewernya, sedangkan reviewer mengetahui siapa penulisnya.

Indeksasi JECH

JECH diindeks oleh Web of Science Core Collection: Science Citation Index, Science Citation Index Extended, Social Sciences Citation Index; BIOSIS Previews, Current Contents: Clinical Medicine, Life Sciences, Social and Behavioural Sciences; MEDLINE (Index Medicus), PubMed Central (BMJ Open Access Special Collection), Scopus, Embase (Excerpta Medica), CINAHL, dan Google Scholar.

Statistik JECH untuk tahun 2020

Tingkat penerimaan jurnal sebesar 10%. Waktu yang dibutuhkan untuk keputusan awal: 20 hari. Jangka waktu dari dinyatakan diterima hingga dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health: 17 hari.

Impact factor (JCR): 3.342. Scimago Journal rank (SJR): 1.71. Eigenfactor: 0.0162. Citescore: 6.2.

Panduan penulisan “Original research”

Naskah yang menyampaikan hasil penelitian original harus mengikuti IMRaD style (Introduction, Methods, Results and Discussion) dan menyertakan abstrak yang terstruktur (Background, Methods, Results and Conclusion). Semua penelitian dengan subjek manusia harus mendapatkan persetujuan dari komite etik dan memenuhi prinsip-prinsip Deklarasi Helsinki.

Original research harus menyertakan juga sebuah kotak yang memberikan gambaran ringkas mengenai apa yang sudah diketahui dan apa tambahan penting yang diperoleh melalui penelitian anda. Diharapkan singkat, menghindari menggunakan singkatan, skematis, serta menggunakan kata-kata yang berbeda dari  abstrak.

What is already known on this subject?
Jelaskan dalam dua atau tiga kalimat mengenai pengetahuan ilmiah yang sudah ada sebelum penelitian dimulai dan mengapa penelitian anda perlu dilakukan. Tuliskan dengan jelas dan spesifik.

What this study adds?
Berikan jawaban sederhana yang menjawab pertanyaan “What do we now know as a result of this study that we did not know before?”. Sampaikan secara singkat, ringkas, spesifik, dan akurat. Anda dapat menutupnya dengan ringkasan implikasi penelitian anda pada praktik kesehatan, penelitian, kebijakan, atau kesehatan masyarakat.

Jumlah kata: maksimal 3000 kata.
Abstrak: maksimal 250 kata.
Tabel/Gambar: maksimal 5.
Referensi: maksimal 40.

jech bmj yoseph samodra

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: