Subyek

Subyek penelitian ialah 225 lansia di Insein Township, Yangon Region, Myanmar.

Kriteria inklusi: berusia minimal 60 tahun, dapat membaca dan menulis, tidak memiliki penyakit fisik maupun mental, dan tidak memiliki gangguan ingatan.

Metode

Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang, dilakukan pada Oktober 2018 hingga Oktober 2019.

Data dikumpulkan dari rumah ke rumah. Multistage sampling dilakukan untuk merekrut subyek di 5 dari 21 quarter yang ada di Insein Township, tiap quarter terpilih akan diambil masing-masing 45 rumah tangga.

Kuesioner yang digunakan terdiri dari 30 pertanyaan: 10 pertanyaan tentang faktor sosiodemografi sebagai predisposing factors; 8 pertanyaan mengenai ketersediaan sumber daya (berupa biaya dan kesadaran tentang layanan kesehatan) untuk mengakses fasilitas kesehatan sebagai enabling factors; 3 pertanyaan mengenai status kesehatan individual dan Katz ADL (activities of daily living) sebagai need factors; 9 pertanyaan mengenai penggunaan layanan kesehatan dalam 1 tahun terakhir, mencakup penapisan kesehatan, penanganan akut (rawat jalan untuk gangguan kesehatan ringan), rawat inap, dan perawatan lanjutan, serta alasan penggunaan layanan kesehatan, fasilitas kesehatan apa saja yang digunakan, dan petugas kesehatan yang terlibat.

Analisis

Hasil regresi logistik multiple menunjukkan bahwa olah raga [AOR (adjusted odd ratios)=3,02], dukungan finansial dari keluarga [AOR=2,77], persepsi biaya transportasi [AOR=0,08], aksesibilitas ke petugas kesehatan [AOR=0,14], dan persepsi status kesehatan [AOR=0,03] merupakan prediktor penggunaan layanan kesehatan.

Rasionalisasi

Responden yang miskin dapat memiliki beban finansial untuk aksesibilitas ke layanan kesehatan.

Sikap seseorang terhadap pengalamannya selama menua dapat mempengaruhi penggunaan layanan kesehatan.

Temuan berharga

Lansia sehat di Insein Township yang memiliki persepsi kesehatan diri yang baik, memiliki persepsi biaya transportasi yang baik, memiliki akses ke petugas kesehatan, tidak terbiasa berolah raga, dan tidak mendapatkan dukungan finansial dari keluarga lebih cenderung menggunakan layanan kesehatan.

 

Sumber:

Hlaing SMM, Clara N, Han AN. Factors influencing health service utilization among the elderly in Insein Township, Yangon Region. Makara J Health Res. 2020;24(3):208−215

kesehatan lansia di myanmar

Pelajari juga:

Model Andersen

Cara menghitung AOR

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: