Menjadi CEO di sebuah perusahaan seharusnya memiliki keterampilan yang komplit. Seorang CEO harus setidaknya menonjol di 3 sifat ini:

Cepat

Seorang CEO diharapkan menjadi pihak yang cepat dalam mengambil keputusan penting, agar kerja timnya tidak terhambat. Bentuk nyata sifat ini harusnya tercermin pada tiap rapat perusahaan. Rapat online ataupun offline harusnya selesai dalam hitungan menit, 59 menit paling lama, terutama jika rapat biasa. Rapat besar sebaiknya dipecah menjadi beberapa rapat kecil yang hirarkis untuk mencegah pemborosan waktu dan inefektivitas akibat kelelahan rapat marathon.

Edukatif

Seorang CEO harus mampu memberikan edukasi yang baik tentang perusahaannya. Setidaknya harus mampu memahami seluk beluk bidang usahanya bahkan ke bagian yang remeh temeh dan menyampaikannya kepada siapapun di internal perusahaan. Lebih baik lagi jika mampu menjelaskan ke pihak luar sebagai bagian dari public relation atau marketing. CEO harus mampu menjadi guru bagi semua tanpa harus menggurui.

Optimis

Saat kondisi sedang stagnan atau memburuk, CEO diharapkan mampu memberikan visi yang optimis kepada timnya. CEO juga harus mampu merancang misi yang realistis untuk kemudian dijabarkan dalam strategi yang dapat disetujui, didukung, dan dikerjakan oleh semua anggota timnya. Motivasi untuk menjadikan perusahaan lebih baik hari demi hari tidak boleh luntur. Ketika sang CEO yang sedang kurang motivasi maka tak ada salahnya untuk kembali merasakan sensasi bekerja di berbagai tingkat yang ada di bawahnya. Betapa kebutuhan untuk tetap bisa hidup dari perusahaan bakal mampu mendorong kita untuk melanjutkan kerja dengan semangat dan penuh syukur.

Jadilah CEO yang baik, bahkan sebelum punya perusahaan. Semangat.

sukses bermula sekarang juga

Taipei, 28 Desember 2020.

Leave a comment

Leave a Reply