Panduan Lengkap Langkah Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018

Beasiswa LPDP 2018 dibuka untuk menyiapkan pemimpin dan profesional Indonesia di masa mendatang melalui program pembiayaan kuliah jenjang S2 dan S3, untuk kuliah di Indonesia maupun di luar negeri. Jika dinyatakan memperoleh beasiswa LPDP di tahun 2018 maka dapat mulai berkuliah di tahun 2019 dan tidak boleh pindah perguruan tinggi.

advertise with us banyakbaca

Mulai tahun 2018 LPDP menawarkan mekanisme co-funding (urun biaya). Melalui mekanisme ini, penerima beasiswa tidak akan mendapat pembiayaan penuh, melainkan bersama-sama membiayai pendidikannya dengan LPDP (sharing cost). Jadi akan ada sejumlah biaya yang tidak ditanggung LPDP namun wajib dipenuhi sendiri.

jurus ampuh dapat beasiswa lpdp dokteryoseph dalam negeri luar negeri

Informasi lengkap terkait beasiswa ini dapat diakses melalui laman resmi LPDP (klik di sini). Seluruh proses pendaftaran Beasiswa LPDP 2018 (pembuatan akun, unggah dokumen, dan lain-lain) dilakukan secara online melalui laman www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id (KLIK di sini).

Program beasiswa yang dibuka antara lain sebagai berikut:

Beasiswa Reguler: Beasiswa Disertasi; Beasiswa Dokter Spesialis; Beasiswa Doktor; Beasiswa Magister.
Beasiswa Afirmasi: Beasiswa Daerah Tertinggal; Beasiswa Alumni Bidikmisi Berprestasi; Beasiswa Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera; Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan; Beasiswa Penyandang Disabilitas; Beasiswa PNS/TNI/POLRI.

 

Bagaimana membuat akun Beasiswa LPDP?

Cukup klik link di atas, lalu pilih “Belum punya akun? Buat akun di sini” dan ikuti langkah selanjutnya. Nanti akan muncul sejumlah hal yang harus diisi:

  1. Email anda (pastikan tidak lupa passwordnya, saran saya gunakan alamat email yang wajar, jangan gunakan alamat email alay)
  2. Password untuk seluruh kegiatan Beasiswa LPDP (saran saya bedakan dengan password anda yang sudah ada untuk email dan lainnya, gunakan kombinasi angka dan huruf kapital serta huruf kecil yang mudah diingat tapi sulit dibobol)
  3. Data kependudukan sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Kode pos (lima digit)
  5. Nomor telepon seluler (handphone). Harap diisi dengan format menggunakan kode negara. Untuk Indonesia, gantikan angka 0 di paling depan dengan angka 62. Contoh: untuk nomor ponsel 081340617181 mohon diisikan dengan 6281340617181
  6. Nomor telepon rumah (TIDAK WAJIB, bisa dikosongkan)
  7. Jenis pekerjaan. Pilihan yang tersedia: wiraswasta, ahli profesional, bidan/perawat, dokter, medis/paramedis, wartawan, penulis, dosen, guru, peneliti/perekayasa, hakim, jaksa, pengacara, notaris, seniman, olahragawan, pegawai BUMN, pegawai BUMD, pegawai swasta, pegawai LSM/pekerja sosial, pegawai pemerintah non-PNS, TNI/POLRI, PNS, fresh graduate, tidak bekerja, lainnya.
  8. Foto digital (4×6), ukuran file maksimal 512 kB (saran saya gunakan ekstensi JPG)
  9. Data pendidikan terakhir. Pendidikan Terakhir adalah ijazah pendidikan terakhir yang anda dapat atau program yang sedang anda tempuh. Isikan IPK dengan pemisah “.” bukan “,” dalam skala 0.00-4.00.

Setelah itu tunggu langkah selanjutnya yang akan disampaikan melalui email yang anda daftarkan.

 

bantu situs ini tetap online

Langkah-langkah pendaftaran Beasiswa LPDP 2018 selengkapnya bisa (dan wajib) dibaca pada buklet berikut ini (PDF, klik untuk mengunduh). Bagi yang ingin kuliah pascasarjana di universitas di Indonesia silahkan mengacu pada daftar kampus tujuan dalam negeri ini (PDF, click to download).

Semoga sukses.

Silahkan bertanya jawab menggunakan kolom komentar di bawah ..

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close