Komorbiditas Gagal Jantung Kronis, Sindrom Sistemik yang Memerlukan Upaya Lintas-Spesialisasi

Gagal jantung kronis adalah masalah global yang terutama diderita oleh kelompok usia lanjut dan usia sangat lanjut. Gagal jantung didefinisikan sebagai sebuah sindrom bukannya sebagai sebuah penyakit. Keterlibatan berbagai organ dan sistem tubuh pada gejala klinis dan perjalanan penyakit ini makin dipahami. Namun kategorisasi klinis yang paling banyak digunakan untuk menegakkan diagnosis gagal jantung hanyalah sebuah hasil pengukuran hemodinamika miokardial, yaitu fraksi ejeksi ventrikel kiri (left ventricular ejection fraction; LVEF). Padahal gejala klinis dan angka kematian (mortalitas) tidak berkaitan erat dengan LVEF. Kualitas LVEF sebagai biomarker untuk mengevaluasi status penyakit ini tergolong buruk. Update terbaru dari panduan European Society of Cardiology untuk diagnosis dan penatalaksanaan gagal jantung memperkenalkan kategori baru yaitu midrange ejection fraction (HFmrEF). Meskipun kategori-kategori ini dapat membantu mengenali penderita gagal jantung, namun kurang melibatkan patofisiologi rumit yang mendasari gagal jantung.

translate jasa jurnal fk murah berkualitas

Kita tahu bahwa komorbiditas multipel penting pada gambaran klinis sebagian besar pasien lansia dengan gagal jantung. Komorbiditas ini perlu diperhatikan dengan tepat untuk memperbaiki kondisi klinis, mencegah sering rawat inap, dan menurunkan mortalitas.

Komorbiditas yang sering dijumpai mencakup kerusakan ginjal, diabetes, aritmia, dan anemia. Diabetes melitus dapat dijadikan contoh utama untuk interaksi antar penyakit ini. Hampir 30% pasien dengan gagal jantung adalah penderita diabetes melitus dan dua per tiga pasien dengan gagal jantung memiliki tanda gangguan metabolisme glukosa. Faktanya, resistensi insulin (yang mendasari diabetes melitus) adalah salah satu penanda metabolik intrinsik untuk gagal jantung dan progresif seiring kondisi gagal jantung yang makin parah. Mengatasi resistensi insulin, bahkan idealnya dilakukan sebelum muncul gejala diabetes melitus, dapat menjadi salah satu pilihan terapi metabolik untuk gagal jantung, selain penanganan inhibisi neuroendokrin yang menjadi tumpuan penatalaksanaan gagal jantung terkini.

Baca juga: Berapa banyak anggaran kesehatan Indonesia?

dokteryoseph manfaat bawang putih

Komorbiditas yang juga sering dijumpai tapi jarang dicakup dalam pemeriksaan diagnostik dan penatalaksanaan adalah depresi, disfungsi ereksi, gangguan nafas saat tidur, atau kakeksia. Penelitian yang sedang berkembang adalah mengenai interaksi jantung dan otak pada kondisi gagal jantung, dimana melibatkan feedback yang saling mempengaruhi fungsi kedua organ tersebut. Pada pihak otak pengaruhnya pada fungsi kortikal yang lebih tinggi (kognisi, depresi, kecemasan) dan fungsi batang otak (refleks kardiovaskuler, kontrol pernafasan), sedangkan pada pihak jantung pengaruhnya pada kontrol simpatetik kontraktilitas miokardial, irama jantung, atau regulasi vaskuler.

Pemahaman yang lebih baik tentang peran komorbiditas pada gagal jantung diperlukan untuk memastikan penegakan diagnosis dan penatalaksanaan yang konsisten. Terapi gagal jantung terkini terutama melibatkan inhibisi neuroendokrin dan penanganan hemodinamik (diuretik). Selain pendekatan mum ini, terapi gagal jantung seharusnya menuju konsep penatalaksanaan yang lebih spesifik untuk masing-masing pasien yang juga menangani komorbiditas dan gejala dan tanda sistemik dari sindrom ini.

dukung dokteryoseph.com

Sumber:

Doehner W. Comorbidities of chronic heart failure – a systemic syndrome requiring cross-specialty efforts. J Cardiovasc Med. 2018;(19): p. 79-82.

Diterjemahkan oleh Yoseph Samodra

2 thoughts on “Komorbiditas Gagal Jantung Kronis, Sindrom Sistemik yang Memerlukan Upaya Lintas-Spesialisasi

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close