Hematopoiesis dan Dasar Fisiologis Produksi Sel Darah Merah

Hematopoiesis adalah proses dimana elemen-elemen pembentuk darah diproduksi. Proses ini diatur melalui serangkaian tahap yang dimulai dengan sel punca hematopoietik. Mekanisme molekuler yang tepat bagaimana sel punca menjadi sel darah tertentu masih belum sepenuhnya dimengerti. Percobaan pada tikus menunjukkan bahwa sel eritroid berasal dari progenitor eritroid/megakariosit yang tidak berkembang saat tiadanya ekspresi faktor transkripsi GATA-1 dan FOG-1 (friend of GATA-1). Dalam produksi sel darah merah (eritropoiesis), eritropoietin (EPO) merupakan hormon pengatur utama. EPO diperlukan untuk memelihara sel progenitor eritroid agar tidak mengalami kematian sel terprogram (apoptosis).

sel darah merah anemia

Di sumsum tulang, prekursor eritroid yang pertama kali dapat dikenali secara morfologis adalah pronormoblas. Sel ini dapat menjalani empat hingga lima kali pembelahan sel, yang menghasilkan 16-32 sel darah merah matur (eritrosit). Ketika produksi EPO meningkat, atau saat EPO diberikan sebagai obat, jumlah sel progenitor akan meningkat, dan tentunya akan meningkatkan jumlah eritrosit. Produksi EPO berkaitan dengan oksigenasi jaringan.

Baca juga: Pemberian Vitamin C dan E Tidak Memperbaiki Kognisi

translate jasa jurnal fk murah berkualitas

Eritropoiesis normal merupakan bagian dari penggantian harian 0,8-1% dari keseluruhan eritrosit di tubuh, karena eritrosit rata-rata hidup selama 100-120 hari. Organ yang bertanggung jawab untuk produksi sel darah merah disebut eritron. Eritron merupakan organ yang dinamis yang terdiri atas sel prekursor eritroid di sumsum dan sel darah merah matur yang bersirkulasi. Ukuran massa eritrosit menunjukkan keseimbangan antara produksi dan destruksinya.

EPO adalah hormon glikoprotein yang diproduksi dan dilepaskan oleh sel dinding kapiler peritubuler di dalam ginjal. Sejumlah kecil EPO juga diproduksi oleh hepatosit. Stimulus utama produksi EPO adalah ketersediaan oksigen untuk kebutuhan metabolisme jaringan.

Baca juga: Anemia pada Ibu Hamil

Gangguan transportasi oksigen ke ginjal dapat diakibatkan oleh penurunan massa eritrosit (anemia), gangguan pengangkutan oksigen oleh hemoglobin atau hemoglobin dengan afinitas oksigen yang tinggi (hipoksemia), atau gangguan aliran darah ke ginjal (stenosis arteri renal). EPO mengatur produksi eritrosit hari demi hari, kadar normalnya di plasma sebesar 10-25 U/L. Ketika kadar hemoglobin turun di bawah 10-12 g/dL, kadar EPO plasma meningkat sesuai keparahan anemia. Di sirkulasi, EPO memiliki waktu paruh klirens sekira 6-9 jam. EPO bekerja dengan berikatan pada reseptor spesifik di permukaan prekursor eritroid di sumsum tulang, menginduksinya untuk berproliferasi dan berkembang menjadi matur. Dengan stimulasi EPO, eritropoiesis dapat meningkat 4-5 kali dalam periode 1-2 minggu, namun hanya pada kondisi adanya zat gizi yang adekuat, terutama zat besi. Kapasitas fungsional eritron memerlukan produksi EPO renal yang normal, sel eritroid sumsum tulang yang berfungsi baik, dan bahan baku yang adekuat untuk sintesis hemoglobin. Gangguan pada salah satu komponen ini dapat memicu anemia. WHO mendefinisikan anemia sebagai kadar hemoglobin <13 g/dL pada pria dan <12 g/dL pada wanita.

dukung dokteryoseph.com

Diterjemahkan dan diringkas oleh Yoseph Leonardo Samodra.

Sumber: Kasper, Dennis L, Anthony S Fauci, Stephen L Hauser, Dan L Longo, J Larry Jameson, and Joseph Loscalzo. Harrison’s Principles of Internal Medicine. 19th Edition. Vol. I. II vols. New York: McGraw-Hill Education, 2015. pp. 392-393.

 

1 thought on “Hematopoiesis dan Dasar Fisiologis Produksi Sel Darah Merah

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close