dokteryoseph banyakbaca

Praktik Kedokteran Masa Kini

Tidak ada kesempatan, tanggung jawab, atau tuntutan yang lebih hebat yang dapat diemban manusia selain menjadi dokter. Dalam merawat pasien, dokter membutuhkan ketrampilan teknis, pengetahuan ilmiah, dan pemahaman tentang manusia. Kepekaan, simpati, dan pemahaman diharapkan ada pada setiap dokter, karena pasien bukanlah sekedar kumpulan gejala, tanda, gangguan fungsi, organ yang rusak, dan emosi yang terganggu. Pasien adalah manusia, cemas, dan penuh harap, mencari kelegaan, bantuan, dan jaminan.
Harrison’s Principles of Internal Medicine, 1950

Ada dua hal penting yang harus diingat para dokter: pertama, bahwa tujuan utama ilmu kedokteran ialah untuk mencegah penyakit dan merawat pasien; dan kedua, meskipun telah banyak kemajuan yang dicapai, pengembangan hubungan dokter-pasien yang erat masih menjadi pusat dari penanganan pasien yang berhasil baik.

dokteryoseph banyakbaca

Jangan lupa: ilmu kedokteran memiliki sisi ilmiah (science of medicine) dan seni (art of medicine).

Baca juga: Korelasi nilai mahasiswa kedokteran dengan kelulusan uji kompetensinya

Anamnesis

Apapun yang disampaikan pasien merupakan hal berharga bagi dokter untuk dapat lebih memahami masalah medisnya, sehingga pasien harus diberi kemudahan dan kesempatan untuk bercerita seluas mungkin. Dokter tak hanya menyusun daftar tanda dan gejala yang diderita pasien, namun perlu juga mengamati bahasa non-verbal untuk mendapatkan wawasan yang lebih lengkap mengenai bagaimana persepsi pasien terhadap kondisinya. Sedapat mungkin informasi yang diberikan pasien harus dilengkapi dari sumber lain terutama keluarganya. Sistem kesehatan saat ini dapat membatasi waktu interaksi dokter dan pasien, namun jangan mengorbankan waktu yang diperlukan untuk anamnesis yang cukup. Jangan terburu-buru melakukan anamnesis, pasien akan merasakannya, sehingga tidak memberikan informasi dengan lengkap ketika merasa dokternya tidak terlalu menganggap penting informasi yang sudah diberikan. Pastikan juga kerahasiaan pasien selalu terlindungi.

contoh soal cbt ukmppd

Pemeriksaan Fisik

Seringkali hasil pemeriksaan fisik adalah satu-satunya bukti obyektif kondisi medis pasien, yang harusnya sejalan dengan hasil anamnesis. Pemeriksaan fisik harus metodis dan menyeluruh, dengan mempertimbangkan kewajaran dan kenyamanan pasien. Pasien baru sebaiknya diperiksa menyeluruh (head to toe) untuk menemukan abnormalitas secara obyektif. Karena temuan pemeriksaan fisik dapat berubah seiring berjalannya waktu, maka dapat dilakukan pemeriksaan fisik ulang sesering yang dimungkinkan oleh kondisi pasien. Pemeriksaan penunjang yang kini tersedia banyak yang memiliki sensitivitas tinggi, namun jangan sampai menyepelekan pemeriksaan fisik. Seni memeriksa (menyentuh) pasien juga memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dan memberikan efek yang baik dalam hubungan dokter-pasien.

Baca juga: Langkah memeriksa vital sign pasien

laboratorium patologi klinik

Pemeriksaan Penunjang

Harus diingat bahwa pemeriksaan apapun pasti memiliki keterbatasan dan dapat memberikan informasi yang keliru. Harus pula dipertimbangkan risiko dan biaya yang harus ditanggung pasien sebelum melakukan pemeriksaan penunjang. Kadang temuan pemeriksaan penunjang malah mengarahkan pada diagnosis yang tidak diharapkan. Dokter harus menimbang dengan cermat apakah pemeriksaan penunjang yang akan dimintanya akan merubah penanganan dan memberikan manfaat pada pasiennya.

dukung dokteryoseph.com

Sumber:
Kasper, Dennis L, Anthony S Fauci, Stephen L Hauser, Dan L Longo, J Larry Jameson, and Joseph Loscalzo. Harrison’s Principles of Internal Medicine. 19th Edition. Vol. I. II vols. New York: McGraw-Hill Education, 2015. pp 1-3.

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s