pizza bergizi

Bahaya Suplementasi Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral dipasarkan dalam berbagai bentuk untuk (katanya) menjaga kesehatan kita. Beberapa vitamin dan mineral dikemas bersama-sama dan dikenal sebagai suplemen multivitamin dan mineral. Banyak yang merasa lebih bugar setelah mengonsumsi suplemen tertentu. Tetapi beberapa malah menimbulkan risiko gangguan kesehatan melebihi manfaat yang diberikan, terutama ketika kita mulai menua.

Baca juga: Cara mengukur tanda vital

translate jasa jurnal fk murah berkualitas

Memang beberapa kondisi kekurangan vitamin atau mineral sering ditemukan pada mereka yang asupannya tidak lengkap. “Suplemen vitamin dan mineral paling berguna ketika suplementasi ini dapat menutupi kekurangan dari asupan makanan,” kata Marvin Lipman. “Makanya, sebagian besar dari kita sesungguhnya tidak membutuhkan produk suplemen vitamin dan mineral apapun. Penggunaan tambahan vitamin dan mineral saat tubuh kita tidak memerlukannya dapat berbahaya, terutama jika disertai dengan minum obat-obatan lain yang diresepkan oleh dokter.”

salad sehat murah

Sebagai tambahan, bukti-bukti yang mendukung produk-produk suplemen kadang-kadang tidak begitu kuat, bahkan kita tak bisa benar-benar yakin apa yang sebenarnya terkandung dalam suatu produk suplemen. Jika anda berusia 50 tahun ke atas, mengonsumsi empat suplemen ini dapat berbahaya bagi anda.

[1] Asam Folat

Asam folat atau vitamin B9 telah dikenal (meskipun belum terbukti secara meyakinkan) dapat mengatasi gejala depresi dan penyakit jantung, serta mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Namun penelitian baru-baru ini yang terbit di American Journal of Clinical Nutrition menemukan hubungan kelebihan folat dengan gejala kebas dan rasa panas di ujung-ujung tangan dan kaki. “Gejalanya dapat timbul 7 kali lipat lebih sering pada kelompok yang mengonsumsi asam folat lebih dari 800 mikrogram per hari,” kata Ligi Paul dari Tufts University.

Baca juga: Bahaya Asap Vapor

Jika mengonsumsi asam folat setidaknya 300 mikrogram per hari efeknya dapat menutupi gejala kekurangan vitamin B12, padahal defisiensi vitamin B12 ini sering dijumpai pada populasi lanjut usia, ujar Orly Avitzur. “Jika tidak terdiagnosis, kekurangan vitamin B12 dapat merusak saraf, menimbulkan gangguan kognitif, dan bahkan dapat memicu masalah psikiatris,” tambahnya. Asam folat juga dapat menurunkan efektifitas obat kejang fosfenitoin dan obat kanker metotreksat.

Siapa yang sebenarnya memerlukan suplementasi asam folat? Hanya ibu hamil atau wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Folat diperlukan untuk mencegah cacat bawaan pada janin.

[2] Kalsium

Anda mungkin terpikat oleh iklan suplemen kalsium (baik dalam bentuk pil atau susu dll) untuk memperkuat tulang anda yang memang makin rapuh seiring pertambahan usia. Namun konsumsi secara rutin dapat meningkatkan risiko timbulnya batu ginjal dan mungkin dapat memicu penyakit jantung.

Baca juga: Kandungan gizi minuman coklat Cadbury

Sebuah penelitian di Journal of the American Heart Association pada bulan Oktober 2017 menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen kalsium dalam periode 10 tahun lebih mungkin mengalami pengerasan pembuluh darah arterinya dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen kalsium. Pengerasan yang dikenal dengan plak arteri dapat mengarah pada kejadian serangan jantung. Suplementasi kalsium juga dapat berinteraksi dan menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi bersama dengan beberapa obat untuk penyakit jantung atau gangguan fungsi kelenjar tiroid.

Siapa yang sebenarnya memerlukan suplementasi kalsium? Mereka yang kekurangan kalsium, yang harus dibuktikan dahulu oleh pemeriksaan penunjang tertentu.

[3] Besi

Anemia, atau rendahnya kadar besi dalam darah, makin sering dijumpai seiring pertambahan umur. Namun mengonsumsi terlalu banyak besi dapat menutupu gejala anemia, yang dapat disebabkan oleh pendarahan organ dalam atau penyebab lain, sehingga malah mempersulit dokter untuk dapat mendiagnosis dengan tepat.

Baca juga: Anemia dan Berat Badan Bayi

Suplemen yang mengandung besi juga dapat menghambat penyerapan antibiotik tertentu dan obat penurun darah tinggi (misalnya kaptopril). Dan jika anda penderita hemokromatosis (suatu penyakit genetik), jangan mengonsumsi suplemen besi sembarangan karena dapat memicu penimbunan besi di organ-organ vital, dann berpotensi menyebabkan gejala diabetes, gangguan jantung, dan kerusakan hati/liver.

Yang benar-benar membutuhkan suplementasi besi adalah penderita anemia akibat kekurangan besi.

Baca juga: Anemia Menyebabkan Tuli

[4] Vitamin E

Beberapa orang mengatakan bahwa suplementasi vitamin E dapat mencegah kanker, demensia (pikun), dan penyakit jantung, tapi bukti-buktinya masih sangat sedikit, dan banyak alasan untuk menghindari suplementasi vitamin E. Penelitian telah menemukan hubungan penggunaan rutin suplemen vitamin E dengan peningkatan risiko gagal jantung hingga 13 persen pada populasi tertentu. Sebuah penelitian tahun 2011 yang terbit di JAMA menemukan bahwa mengonsumsi 400 IU per hari dapat meningkatkan risiko seorang pria untuk menderita kanker prostat hingga 17%. Konsumsi suplemen vitamin E juga menurunkan efektifitas beberapa obat kemoterapi.

pizza bergizi

Intinya adalah gunakan suplemen vitamin atau mineral sesuai dengan kebutuhan kita. Jika tidak mengalami kekurangan vitamin atau mineral maka lebih baik tidak menggunakan suplemen apapun. Makan saja yang makanan yang lengkap zat gizinya. Jangan lupa yakini, lakukan, dan syukuri setiap pilihan makanan dalam diet kita sehari-hari. Salam sehat dari saya.

dukung dokteryoseph.com

Sumber:

Some vitamins and minerals may carry more risks than benefits. The Washington Post, 14 April 2017. washingtonpost.com/national/health-science/some-vitamins-and-minerals-may-carry-more-risks-than-benefits/2017/04/14/01ed4166-c2f0-11e6-9a51-cd56ea1c2bb7_story.html?utm_term=.320c72e2813f

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s