periksa kulit pakai cermin

Perbedaan Definisi Eviserasi, Enukleasi, dan Eksenterasi Mata

 

Menurut American Society of Ophthalmic Plastic and Reconstructive Surgery (ASOPRS) pada tahun 2005 dalam buklet untuk awam, beda enukleasi dan eviserasi adalah:

Enukleasi adalah pembedahan untuk mengangkat keseluruhan mata. Eviserasi adalah pembedahan untuk mengangkat isi bola mata,menyisakan otot dan bagian putih mata.

Dokter Asa D. Morton pada Bab 23 dari buku “Ophthalmic Care of the Combat Casualty” menerangkan perbedaan enukleasi dan eviserasi ialah:

Enukleasi melibatkan pengangkatan bola mata dan sebagian nervus optikus anterior, dengan usaha untuk mempertahankan konjungtiva, kapsula Tenon, serta otot ekstraokular.

Eviserasi adalah pengangkatan isi bola mata tapi dengan menyisakan sklera dan, pada beberapa kasus, juga menyisakan kornea.

Dokter Bhavna Chawla, dalam acara AIOC 2010 membawakan makalah karyanya dengan Dokter Bajaj dkk berjudul “Orbital Exenteration: Current Indications”, di dalamnya tercantum:

Eksenterasi orbita adalah pembedahan destruktif yang dilakukan pada situasi klinis yang genting sebagai upaya menyelamatkan jiwa. Eksenterasi terutama dilakukan pada kondisi keganasan orbita dan kadang-kadang untuk infeksi dan inflamasi orbita yang mengancam nyawa.

periksa kulit pakai cermin

 

Pada artikel berjudul Eksenterasi Orbita pada Tumor Ganas Mata yang terbit pada tahun 2006 di Majalah Kedokteran Indonesia (MKI) kita mendapatkan definisi eksenterasi orbita adalah tindakan pengangkatan seluruh orbita, termasuk bola mata, jaringan lunak orbita, serta kelopak mata.

Dalam laporan penelitiannya, “Orbital Exenteration: A 15-Year Study of 38 Cases”, dokter Arie Y. Nemet, dkk menerangkan tentang eksenterasi:

Eksenterasi orbita [adalah operasi yang] melibatkan pengangkatan jaringan lunak orbita termasuk bola mata. Prosedur tradisional mencakup pengangkatan bola mata, kelopak mata, konjungtiva, dan keseluruhan isi orbita termasuk area periorbita. Eksenterasi subtotal mencakup pengangkatan bola mata, konjungtiva, dan otot-otot ekstraokular, tanpa dilakukan diseksi subperiosteal.

Perubahan terakhir: 06 Desember 2017 oleh Yoseph LS.

 

2 thoughts on “Perbedaan Definisi Eviserasi, Enukleasi, dan Eksenterasi Mata

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s