nutrigenomik terkini

Gizi dan Penyakit Kronis

Definisi sehat menurut WHO adalah keadaan sejahtera secara fisik, mental, dan sosial yang lengkap serta bukan sekedar tiadanya penyakit atau kelemahan fisik dan mental. Gizi penting untuk mencapai kesejahteraan fisik, mental, dan sosial; serta untuk mencegah penyakit. Meskipun gizi dapat mempengaruhi kerentanan kita terhadap penyakit akut (terutama pada kasus keracunan makanan), pilihan makanan kita lebih mempengaruhi risiko kita untuk terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker. Diet, pilihan gaya hidup, dan genetik berinteraksi dalam menyusun profil risiko terhadap suatu penyakit.

nutrigenomik terkini

Diet mempengaruhi ekspresi gen, yaitu proses ketika protein dibuat berdasarkan instruksi pada DNA. Komponen-komponen pada diet dapat meningkatkan atau menghambat ekspresi gen, sehingga meningkatkan atau menurunkan sintesis protein. Contohnya, status folat berinteraksi dengan suatu mutasi genetik yang mempengaruhi produksi suatu enzim yang membantu konversi homosistein menjadi metionin. Orang yang memiliki mutasi DNA tersebut akan memiliki aktivitas enzim yang rendah, sehingga kadar homosisteinnya akan meningkat. Ketika asupan folatnya rendah, risiko untuk terjadinya penyakit jantung pada orang tersebut akan sangat meningkat. Kini peneliti sedang meneliti bagaimana hubungan status folat dan mutasi genetik tersebut terhadap risiko kanker.

Genomik nutrisional adalah cabang ilmu genetika yang berfokus pada pengaruh komponen makanan terhadap ekspresi gen dan perlindungan genom, kini masih dalam perintisan. Nutrigenomik merupakan titik temu antara kesehatan, diet, dan genetika. Penelitian nutrigenomik akan meningkatkan pemahaman kita mengenai bagaimana gizi mempengaruhi fungsi normal tubuh serta perkembangan dan pencegahan penyakit yang terkait pola makan.

 

Sumber:

Ross, Don. “Diet and Health.” In Nutrition. Sixth Edition, by Paul Insel, Don Ross, Kimberley McMahon and Melissa Bernstein, 608-649. Burlington: Jones & Bartlett Learning, 2017.

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s