salad sehat murah

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Makanan

Makanan lebih dari sekedar kumpulan zat gizi.

Ilmu gizi membantu memperbaiki pilihan makanan kita dengan mengidentifikasi jumlah zat-zat gizi yang kita butuhkan, sumber pangan terbaik untuk zat-zat gizi tersebut, serta komponen lain pada makanan kita yang bermanfaat atau berbahaya.

pizza bergiziDefinisi ilmu gizi

Ilmu gizi adalah ilmu pengetahuan mengenai makanan dan komponennya (zat gizi dan substansi lain), mencakup hubungannya dengan kesehatan dan penyakit (aksi, interaksi, dan keseimbangan); proses yang terjadi dalam tubuh (ingesti, digesti, absorbsi, transpor, fungsi, dan ekskresi); dan dampak sosial, ekonomi, budaya, dan fisiologis dari kegiatan makan.

Faktor terpenting yang mempengaruhi pilihan makanan kita adalah rasa dan faktor sensori lainnya misalnya tekstur; faktor berikutnya adalah biaya dan kenyamanan.

Penelitian menemukan bahwa anak-anak berusia antara 2 hingga 6 tahun sering tidak menyukai hal-hal baru atau tidak lazim. Pada rentang ini biasanya anak-anak menolak makan sayur. Anak-anak akan dapat mengatasi hal ini jika dipaparkan berulang pada makanan yang awalnya mereka tolak, biasanya butuh 5 hingga 15 kali pemaparan untuk dapat berhasil.

Rasa makanan adalah faktor utama yang mempengaruhi pemilihan makanan.

Jika dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak secara alami lebih menyukai kadar rasa manis dan asin yang lebih tinggi dan menolak rasa pahit. Ibu akan meneruskan rasa makanan yang dikonsumsinya hingga ke air ketuban dan air susu ibu, sehingga anak akan lebih dapat menerima rasa makanan yang biasa dimakan ibunya saat hamil maupun menyusui. Sebaliknya, anak yang minum susu formula belajar untuk lebih menyukai rasa uniknya dan dapat lebih sulit menerima rasa yang tidak ada dalam susu formula, misalnya rasa buah dan sayur.

Rasa dasar klasik ada 4: manis, asam, asin, dan pahit. Namun penelitian menunjukkan ada beberapa sensasi rasa lainnya, salah satunya adalah umami. Umami adalah istilah Jepang untuk rasa yang ditimbulkan oleh glutamat: rasa gurih, “berkaldu”, atau “berdaging”. Monosodium glutamat (MSG) akan meningkatkan rasa umami jika ditambahkan pada makanan.

Peneliti di Monell Chemical Senses Center menunjukkan bahwa garam menekan rasa pahit pada makanan. Contohnya saat dikombinasikan dengan coklat untuk melapisi kue maka garam akan menekan rasa pahit cokelat dan membuat lapisan cokelatnya berasa lebih manis. Hal ini juga dapat menjelaskan mengapa orang-orang dari banyak budaya menggarami buah yang mereka makan.

sarapan bervariasi sehatJika menu makanan di restoran mencantumkan juga kandungan kalorinya, maka orang akan memesan makanan dengan kalori yang lebih rendah, dan orang tua akan memesankan makanan yang lebih rendah kalori untuk anak-anaknya.

Popularitas bermacam diet dapat mempengaruhi perubahan konsumsi produk makanan. Saat diet rendah lemak mulai populer tahun 1980an akhir maka populer pulalah produk makanan rendah lemak dan bebas lemak, dan saat diet rendah karbohidrat mulai populer maka produk makanan rendah karbohidrat dan tanpa karbohidrat pun akan ikut populer.

salad sehat murahFaktor lingkungan yang mempengaruhi pilihan pangan kita mencakup ekonomi, gaya hidup, budaya, dan agama. Geografi dan iklim juga mempengaruhi biaya dan akses terhadap makanan.

Jenis makanan yang dibeli dan persentase pendapatan yang dipakai untuk pangan dipengaruhi oleh pendapatan total. Rumah tangga membelanjakan lebih banyak uang untuk makanan ketika terdapat peningkatan pendapatan.

Salah satu pengaruh terkuat pada pemilihan makanan adalah latar belakang tradisi atau budaya. Pada banyak budaya, makanan memiliki makna simbolis terkait dengan tradisi keluarga, status sosial, dan kesehatan. Beberapa pengobatan tradisional dikenal bertumpu pada bahan pangan.

 

Sumber:

McMahon, Kimberley. “Food Choices: Nutrients and Nourishment.” In Nutrition, 6th Edition, by Paul Insel, Don Ross, Kimberley McMahon and Melissa Bernstein, 2-29. Burlington: Jones & Bartlett Learning, 2017.

 

 

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s