pantai pasir putih

Pentingnya Keaslian Penelitian dalam Skripsi

Salah satu komponen dalam Bab I alias Pendahuluan dalam karya tulis ilmiah adalah Keaslian Penelitian. Sub-bagian ini penting karena beberapa alasan:

  1. Menunjukkan bahwa kita menghargai penelitian-penelitian pendahulu yang mirip dengan yang sedang kita teliti.
  2. Menunjukkan hal yang berbeda atau baru di penelitian kita jika dibandingkan dengan penelitian serupa.
  3. Mempermudah pengerjaan bab-bab selanjutnya.

Poin 1 dan 2 mudah dipahami karena memang menunjukkan “keaslian” dari apa yang kita kerjakan. Tak ada yang benar-benar asli dalam setiap karya manusia, semuanya adalah tiruan dari yang sudah ada sebelumnya. Tugas kita sebagai peneliti atau penulis adalah mengakui jika ada hal-hal yang kita “pinjam” dari pihak lain. Sisi keaslian penelitian kita adalah ketika kita menawarkan sesuatu yang berbeda atau “baru” dalam penelitian kita. Keunggulan penelitian kita adalah ketika bisa memahami suatu hal dengan sudut pandang baru atau melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda, itulah yang mendekati “original” dalam suatu penelitian.

 

Poin 3 menjadi keuntungan bagi kita sebagai penulis. Jika kita memiliki banyak tulisan orang lain sebagai contoh tentu akan mudah bagi kita untuk memilah dan memilih hal-hal dari penelitian terdahulu untuk kita tiru. Bab Tinjauan Pustaka dan Metodologi Penelitian akan kita mulai tidak dari nol, karena sudah ada fondasi dari penelitian terdahulu. Poin-poin penting dari tinjauan pustaka sudah siap diambil dan kita tinggal mengembangkan dengan menambahkan tulisan-tulisan terbaru. Jika pada tulisan orang lain ditemukan hubungan yang tidak bermakna maka kita bisa mempertimbangkan untuk memperbaiki atau bahkan mengganti desain penelitian kita. Jika metode yang dipakai sudah teruji maka kita bisa menirunya atau malah tertantang untuk mengambil pendekatan metodologis yang berbeda terhadap permasalahan yang sama.

pantai pasir putih

Ketika temuan kita sudah jelas dalam Bab Hasil maka kita perlu mendiskusikannya dalam Bab Pembahasan. Bagian ini juga dapat sangat terbantu dengan koleksi penelitian yang mirip dalam jumlah banyak. Kita tentu akan membahas sisi pro maupun kontra dengan menggunakan penelitian yang serupa. Jika kita sudah baca banyak penelitian yang mirip maka kita sudah ada modal untuk berdiskusi dengan menambahkan beberapa penelitian lain.

Jadi setidaknya carilah 5 penelitian yang mirip untuk dituliskan di sub-bagian Keaslian Penelitian. Sebaiknya dari jurnal, tetapi masih boleh juga menggunakan penelitian yang tidak diterbitkan, misalnya skripsi, tesis, atau disertasi.

Semoga bermanfaat.

Yoseph Leonardo Samodra

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s