buku dan pensil

Wahai Pejuang Skripsi, Bantulah Dirimu Sendiri!

 

Kepada seluruh mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang menyelesaikan karya tulis ilmiah sarjana (KTIS) alias skripsi:

  • Jangan mengharapkan orang lain membantumu jika kamu tidak mau membantu dirimu sendiri. Dosenmu tidak kurang kerjaan untuk hanya mengurusimu dan skrispimu yang mungkin masih tak berwujud. Jangan harap dosenmu aktif untuk menghubungi dan mengarahkanmu menyelesaikan proposal atau naskah akhir skripsi. Berjuanglah, jangan malas, jangan cengeng.
  • Banyaklah membaca. Terkait skripsi, utamakan baca jurnal atau karya ilmiah orang lain yang terkait dengan masing-masing kata yang ada di judul skripsimu. Jangan terjebak dengan merasa judul skripsi yang disetujui dosen adalah judul skripsi yang mudah dikerjakan, karena jika tidak cukup banyak membaca maka proses pengerjaannya akan menjadi sukar dan memakan waktu yang lama.
  • Sesekali buatlah hardcopy. Beberapa dosen lebih nyaman melakukan bimbingan tanpa menggunakan kertas, hanya menggunakan email atau dokumen digital di laptop atau smartphone. Untuk cadangan, sesekali cetaklah proposal/skripsi anda.
  • Jika sudah beberapa hari tapi progress penulisan skripsi sepertinya sangat lambat maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan mencetak seberapa pun progressnya dan menghadap ke dosen pembimbing. Meskipun hanya bertambah satu paragraf, setidaknya dengan diprint maka progressnya sudah berwujud nyata. Dosen pembimbing dapat memotivasi kamu, jangan takut menghadap meski progress baru sedikit, karena salah satu tugas dosbing adalah memotivasimu untuk segera menyelesaikan skripsi. Jangan nunggu 2 bulan tanpa progress baru berusaha menghubungi dosen pembimbing, 3 hari – 1 minggu tanpa progress yang bermakna sudah harus menjadi pemicu untuk segera bertemu dosbing.
  • Apapun hasil penelitianmu, ingatlah bahwa pasti ada sesuatu yang bermanfaat darinya. Fokuskan pada hasil yang paling bermakna. Susunlah dalam kalimat sederhana. Itulah modal utamamu untuk menghadapi pendadaran atau sidang skripsi. Saat ujian penutup skripsi tersebut hal yang harus kamu pertahankan adalah hasil penelitianmu dan maknanya. Fokuskan pada apa yang kamu temukan/pelajari.
  • Jangan lupa senantiasa memohon doa restu orang tua. Perjuanganmu tentu disertai dengan pengorbanan orang tua. Jangan sampai menambah pengeluaran yang tidak perlu hanya karena kamu malas dan cengeng. Berjuanglah! Bantulah dirimu sendiri!

 

Yoseph Leonardo Samodra

buku dan pensil

13 thoughts on “Wahai Pejuang Skripsi, Bantulah Dirimu Sendiri!

  1. Diet Atkins

    Diet Atkins adalah program menghilangkan berat badan lewat konsumsi makanan rendah karbohidrat yang paling gencar dipasarkan dan, otomatis, yang paling terkenal. Program diet ini diadaptasi oleh Dr. Robert Atkins pada tahun 1960an dari sebuah program diet yang ia baca dalam Journal of American Medical Association. Ia kemudian menggunakannya untuk memecahkan masalah kondisi berat badannya yang kegemukan setelah menyelesaikan pelatihan sekolah kedokteran dan sekolah kedokteran spesialis. Setelah sukses merawat ribuan pasiennya, ia memopulerkan Diet Atkins dalam serial buku, dimulai dengan buku “Dr Atkins’ Diet Revolution” pada tahun 1972. Dalam buku tersebut yang telah direvisi, Atkins memperbaharui beberapa idenya mengenai program diet, namun tetap bertahan pada konsep aslinya.
    Waralaba Atkins, sebuah bisnis yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan produk-produk bagi orang-orang yang mengikuti program Diet Atkins, pernah menjadi sebuah bisnis yang sangat sukses karena popularitas program diet tersebut. Program diet ini dianggap sebagai simbol dan motor utama dari keinginan yang besar dari masyarakat akan konsumsi makanan yang rendah karbohidrat. Akan tetapi, berbagai faktor menyebabkan turunnya sukses bisnis tersebut dan akhirnya perusahaan yang didirikan oleh Dr. Robert Atkins pada tahun 1989, Atkins Nutritionals of Ronkonkoma, New York, menyatakan bangkrut pada bukan Juli 2005, dua tahun setelah meninggalnya Dr. Atkins. Perusahaan tersebut muncul kembali di bulan Januari 2006. Logo Atkins masih sangat mudah ditemukan pada produk-produk makanan dan barang-barang yang terkait lainnya lewat lisensi.
    Diet Atkins mengklaim dapat membantu orang-orang menurunkan berat badan secara cepat, serta menjaga berat badan, dengan mengikuti program panduan makan yang terdiri dari berbagai fase. Ciri khusus Diet Atkins adalah keharusan untuk menghindari sebagian besar karbohidrat dan meningkatkan asupan protein serta lemak. Anda bisa membuat program makan Diet Atkins yang terdiri dari berbagai macam makanan dari daging, keju, sayuran bergizi, serta makanan lainnya.
    Terdapat empat fase berbeda dalam program ini: induksi, penyeimbangan, prapemeliharaan, dan pemeliharaan seumur hidup.Banyak orang memulai Diet Atkins pada fase pertama, induksi, guna memaksimalkan penurunan berat badan. Namun Anda bisa memulai diet pada tahap apa pun dari tiga fase pertama. Ini lah beberapa tahapan diet atkins yang dapat dijalankan untuk menurunkan berat badan anda :

    Tahap satu : Makan selama fase induksi

    A. Hilangkan hampir semua makanan berkarbohidrat dari pola makan Anda.
    Untuk fase pertama, induksi, Anda harus menghindari memakan hampir semua produk karbohidrat. Ini meliputi roti, makanan panggang, gandum, kentang, makanan dan minuman yang mengandung gula, buah-buahan, alkohol, dsb. Ini mungkin akan terasa sulit pada awalnya, jadi persiapkan diri Anda dengan menghentikan konsumsi karbohidrat secara bertahap pada hari-hari menjelang hari Anda memulai Diet Atkins. Anda bisa mengonsumsi tidak lebih dari 20 gram karbohidrat bersih setiap harinya, dan sebagian besar karbohidrat ini harus berasal dari sayuran seperti asparagus, brokoli, dan buncis.Salad kira-kira sebanyak dua cangkir yang diisi longgar, ditambah satu cangkir sayuran lain, akan berjumlah kira-kira 20 gram karbohidrat bersih dari sayuran.

    B. Konsumsilah makanan yang kaya protein dalam jumlah banyak.
    Dalam fase Induksi, Anda juga harus mengonsumsi protein dalam setiap waktu makan. Anda bisa memilih antara ikan, daging unggas, daging merah, produk daging babi, telur, keju, dsb.
    a. Takaran saji protein dapat berukuran besar.
    b. Anda tidak perlu membatasi konsumsi minyak dan lemak.

    C. Berfokuslah pada “sayuran dasar”.
    Ini merupakan sayuran berkarbohidrat rendah yang khususnya bermanfaat pada tahap pertama Diet Atkins, dan Anda disarankan untuk memakannya sepanjang fase-fase lainnya. Sayuran dasar meliputi:

    a. Sayuran berdaun hijau seperti selada dan bayam
    b. Sayuran hijau yang renyah seperti timun, seledri, brokoli, zukini, dan buncis
    Sayuran lain seperti kacang polong, terong, tomat, bawang, kembang kol, juga paprika.

    D. Minumlah air yang banyak.
    Selama fase induksi Diet Atkins, Anda perlu meminum delapan gelas air dalam sehari. Ini merupakan hal yang penting untuk menghindari terjadinya dehidrasi dan konstipasi.

    E. Ikuti panduan fase Induksi setidaknya selama dua minggu.
    Jika Anda memulai Diet Atkins pada fase Induksi, Anda perlu mengikuti panduan ini selama setidaknya dua minggu guna memaksimalkan transisi serta penurunan berat badan Anda. Jika Anda ingin atau perlu menurunkan lebih banyak berat badan, Anda dapat menjalani fase ini lebih lama.

    F. Kembangkan program menu makanan.

    Mengetahui lebih dahulu apa yang Anda bisa dan akan makan selama fase Induksi akan membantu diri Anda melalui masa awal Diet Atkins dengan sukses. Ini akan menjadikan Anda tetap teratur, terfokus, dan tetap pada jalurnya. Menu untuk fase ini biasanya dapat meliputi:
    a.Untuk sarapan: sumber protein yang bagus adalah makanan seperti telur orak-arik, dengan bahan-bahan seperti bawang, keju, dan tiga sosis sarapan. Kopi, teh, air putih, atau soda diet adalah minuman yang dapat dikonsumsi dalam fase Induksi dan selama fase-fase lainnya pada Diet Atkins.

    b.Untuk makan siang: salad dengan kandungan protein seperti ayam, dan minuman yang dapat dikonsumsi. Pilihan lainnya adalah burger keju dan daging babi asap (tanpa roti burger).

    c.Untuk makan malam: ikan salmon, asparagus, dan salad, serta minuman yang bisa dikonsumsi. Pilihan lainnya adalah koktail udang, ayam panggang, dan salad porsi kecil.

    d.Camilan (maksimal dua kali per hari): produk Diet Atkins (ini termasuk shake, batangan granola, dsb.), gelatin diet dengan krim kocok yang mengandung pemanis buatan, atau camilan berkarbohidrat rendah dan kaya protein seperti seledri dan keju cheddar.

    Tahap dua : Makan Selama Fase penyeimbangan

    A. Perkenalkan kembali makanan tertentu.
    Untuk fase kedua, penyeimbangan, Anda harus melanjutkan pembatasan asupan karbohidrat Anda. Anda dapat mengonsumsi sekitar 25-30 gram karbohidrat bersih setiap harinya selama fase penyeimbangan (sedikitnya 12-15 gram karbohidrat bersih harus bersumber dari sayuran), selama berat badan Anda terus menurun.
    1. Anda bisa mulai kembali memperkenalkan makanan manis dan bergizi seperti beri, kacang-kacangan dan biji-bijian.
    2. Namun, Anda harus terus menghindari makanan yang mengandung gula tambahan.
    3. Perhatikan apa yang Anda rasakan setelah mengonsumsi makanan-makanan ini. Singkirkan dari pola makan Anda jika dampak negatifnya lebih besar daripada dampak positifnya.
    B. Pastikan level karbohidrat kritis Anda.
    Untuk fase kedua, Anda harus berusaha memastikan jumlah karbohidrat yang bisa Anda konsumsi per harinya tanpa memperlambat turunnya berat badan Anda. Ini dikenal sebagai level karbohidrat kritis atau Critical Carbohydrate Level (CCLL). Memastikan ini selama fase penyeimbangan akan membantu Anda mempertahankan Diet Atkins pada fase-fase berikutnya.
    • Anda mungkin perlu mencoba-coba untuk mendapatkan jumlah pasti CCLL dengan menyesuaikan jumlah asupan karbohidrat yang Anda konsumsi.
    C. Perluas program menu Anda.
    Selama fase penyeimbangan, Anda bisa terus mangonsumsi makanan yang sama yang bisa dikonsumsi di fase Induksi. Sebagai tambahan, Anda bisa memperbanyak pilihan makanan Anda dengan memasukkan makanan yang kembali diperkenalkan. Misalnya:
    1. Cobalah campuran kacang-kacangan sebagai camilan.
    2. Tambahkan beri dan/atau kacang ke dalam salad agar menjadi bervariasi.
    3. Sajikan makanan kaya gizi seperti buncis dan alpukat sebagai hidangan sampingan dengan protein saat makan siang ataupun makan malam.
    D. Awasi berat badan Anda.
    Anda harus terus makan menuruti panduan dari fase Penyeimbangan sampai Anda memiliki berat sekitar 4,5 kg dari berat badan ideal Anda. Jika penurunan berat badan Anda berhenti, kurangi asupan karbohidrat Anda.

    Tahap tiga : Makan Selama Fase Pemeliharaan

    A. Variasikan jenis makanan yang Anda konsumsi.
    Untuk fase ketiga, prapemeliharaan (atau “Penyempurnaan”), Anda bisa kembali memperkenalkan buah-buahan, sayuran dengan pati (seperti kentang), dan gandum utuh. Kurangnya variasi bisa menimbulkan rasa bosan dan pada akhirnya menyebabkan Anda melenceng dari program. Gunakan fase ini sebagai kesempatan untuk kembali memperkenalkan karbohidrat yang khususnya Anda sukai kentang, gandum, dsb. Ingatlah bahwa Anda perlu mengendalikan jumlah makanan yang Anda konsumsi.

    B. Tingkatkan asupan karbohidrat secara perlahan.
    Anda dapat menaikkan jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi selama fase prapemeliharaan kira-kira sebanyak 10 gram per minggunya. Namun, Anda perlu mengurangi asupan karbohidrat jika penurunan berat badan Anda terhenti. Tetap jalankan fase prapemeliharaan sampai Anda mencapai target berat badan Anda.Saat Anda sudah mencapai target berat badan Anda, dan kembali memperkenalkan karbohidrat, CCLL baru akan berkembang. Setelah memastikan CCLL untuk tahap ini, pastikan saja untuk terus menjaga asupan karbohidrat Anda pada level ini atau di bawahnya.

    C. Perluas program menu Anda.
    Karena Anda boleh mengonsumsi lebih banyak jenis makanan pada fase prapemeliharaan, Anda bisa menambahkan lebih banyak pilihan ke dalam kemungkinan menu Anda. Misalnya:
    Makanlah kentang goreng dalam porsi kecil dengan burger keju dan daging babi asap (tanpa roti) untuk makan siang.

    1. Tambah sarapan Anda dengan hidangan sampingan berupa buah segar kesukaan Anda.
    2. Makanlah satu porsi gandum utuh, seperti nasi cokelat atau kinoa, beserta protein seperti ayam panggang atau steik bakar untuk makan malam.
    3. Masukkan sayuran dan polong-polongan dengan jumlah karbohidrat yang sedikit lebih banyak, termasuk: wortel (3/4 cangkir), labu acorn (1/2 cangkir), buah bit (1 cangkir), dan kentang (1/4 cangkir), apel (1/2), dan kacang jogo (1/3 cangkir). Masing-masing ukuran sajian ini mengandung karbohidrat bersih kira-kira sebanyak 10.
    4. Ingatlah untuk terus menjaga agar asupan karbohidrat yang Anda konsumsi tetap berada di dalam kadar CCLL Anda.

    Tahap empat : Tahap makan Selama Fase Pemeliharaan Seumur Hidup

    A. Mulailah fase keempat, pemeliharaan seumur hidup, setelah mencapai target berat badan.
    Pemeliharaan seumur hidup dirancang sebagai program jangka panjang dari kebiasaan makan dengan sehat. Ikuti terus panduan dari fase untuk seumur hidup ini.

    B. Fokuskan program menu Anda pada kandungan protein dan sayuran berkarbohidrat rendah.
    Selama fase Diet Atkins lainnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi protein daging merah, ikan, daging babi, daging unggas, dsb. Selain itu, 12-15 karbohidrat bersih Anda dalam sehari tetap harus berasal dari sayuran “dasar” berkarbohidrat rendah.

    C. Awasi terus asupan karbohidrat.
    Karbohidrat bersih yang Anda konsumsi tetap tidak boleh melebihi CCLL baru yang Anda tentukan pada fase prapemeliharaan. Sebagai aturan dasar, Anda dapat mengonsumsi tidak lebih dari 90-120 gram karbohidrat bersih setiap harinya jika Anda berolahraga. Namun, Anda akan mendapatkan kesempatan lebih besar dalam mempertahankan berat badan jika Anda tetap berada pada level CCLL prapemeliharaan Anda. Anda mungkin perlu menaikturunkan karbohidrat Anda tergantung dari berat badan dan bagaimana karbohidrat tersebut berubah-ubah.

    Itulah beberapa tahapan untuk melakukan diet atkins, akan tetapi sebelum anda melakukan diet ini berkonsultasilah selalu dengan dokter sebelum memulai dietnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembacanya dan selamat memulai dan mencoba diet ini, Terima Kasih.

    Daftar Pustaka :
    Robert C. Atkins (2004) Atkins for Life: The Complete Controlled Carb Program for Permanent Weight Loss and Good Health, 370pp, St. Martin’s Press

    Artikel ini ditulis oleh Andrean Jefrian Manihuruk-41150096

    Like

  2. Diet Atkins adalah rencana makan rendah karbohidrat populer yang dikembangkan pada tahun 1960 oleh ahli kardiologi Robert C. Atkins. Diet Atkins membatasi karbohidrat sambil menekankan protein dan lemak. Diet Atkins memiliki beberapa fase untuk menurunkan berat badan dan perawatan, dimulai dengan rencana makan karbohidrat yang sangat rendah. Diet Atkins, yang secara formal disebut “Atkins Nutritional Approach”, telah dirinci dalam banyak buku dan dikreditkan dengan meluncurkan tren diet rendah karbohidrat.
    Tujuan Diet Atkins adalah mengubah kebiasaan makan untuk membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Diet Atkins juga mengatakan bahwa ini adalah pendekatan seumur hidup yang sehat terkait makan, apakah untuk menurunkan berat badan, meningkatkan energi atau membantu memperbaiki masalah kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi atau sindrom metabolik.

    Fokus diet utama dari Diet Atkins adalah mengimbangi keseimbangan yang tepat antara karbohidrat, protein dan lemak untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara optimal. Pada Atkins diet bahawa obesitas dan masalah kesehatan terkait, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, merupakan kesalahan diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat Amerika. Diet Atkins mengatakan bahwa tidak perlu menghindari potongan daging berlemak atau memangkas lemak berlebih. Sebaliknya, mengendalikan karbohidrat adalah hal yang penting. Diet Atkins menerangkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat terutama gula, tepung putih dan karbohidrat olahan lainnya akan menyebabkan ketidak seimbangan gula darah, penambahan berat badan dan masalah kardiovaskular. Untuk itu, Diet Atkins membatasi karbohidrat dan mendorong makan lebih banyak protein dan lemak. Namun, Diet Atkins mengatakan itu bukan diet protein tinggi. Seperti kebanyakan rencana diet lainnya, Diet Atkins juga terus berkembang. Sekarang, sedang dilakukan pendorongan untuk konsumsi lebih banyak sayuran berserat tinggi, mengakomodasi kebutuhan vegetarian dan mengatasi masalah kesehatan yang mungkin timbul saat memulai diet rendah karbohidrat.

    Diet Atkins tidak memerlukan penghitungan kalori atau kontrol porsi. Namun mengharuskan seseorang untuk melacak karbohidratnya sendiri. Hal Ini menggunakan sebuah sistem yang disebut karbohidrat bersih, yang merupakan kandungan karbohidrat total dari suatu barang dikurangi kandungan seratnya. Misalnya, setengah cangkir (4 ons) brokoli mentah memiliki 2,3 gram karbohidrat total dan 1,3 gram serat, menempatkan nilai karbohidrat bersihnya pada 1 gram. Diet Atkins mengatakan bahwa pendekatannya terhadap karbohidrat akan membakar lemak tubuh, mengatur gula darah dan membantu mencapai kesehatan optimal, meski tidak membuat merasa lapar atau kekurangan. Begitu sudah dapat mencapai target berat badan yang diinginkan, diet ini akan membantu mengidentifikasi toleransi karbohidrat pribadi mengenai jumlah karbohidrat bersih yang dapat dimakan setiap hari tanpa mendapatkan atau menurunkan berat badan.

    Diet Atkins mengklaim olahraga tidak penting untuk menurunkan berat badan. Namun, diakui bahwa olahraga dapat membantu menjaga berat badan, dan juga menawarkan manfaat kesehatan lainnya. Diet Atkins memiliki empat fase. Bergantung pada tujuan penurunan berat badan, bisa mulai dari tiga tahap pertama.

    • Tahap 1: (Induksi)
    Ini adalah saat dimana tubuh untuk beralih dari pembakaran karbohidrat menjadi lemak. Proses ini disebut ketosis, dan diharuskan memperhatikan penurunan berat badan dengan cepat. Diharapkan untuk makan protein, lemak, dan hanya 20 gram karbohidrat dalam bentuk sayuran setiap hari. Beberapa orang (seperti vegetarian) harus melewati fase ini.

    • Tahap 2: (Menyeimbangkan)
    Pada fase ini, diharapkan terus makan minimal 12 sampai 15 gram karbohidrat bersih sebagai sayuran pondasi. Diharapkan juga untuk terus menghindari makanan dengan tambahan gula. Namun dapat menambahkan kembali beberapa karbohidrat kaya nutrisi secara perlahan, seperti lebih banyak sayuran dan buah beri, kacang-kacangan, dan biji-bijian, karena sedang dalam tahap penurunan berat badan. Seorang yang menjalni diet tetap di fase ini sampai berat badan sekitar 10 kilogram (4,5 kilogram) dari berat sasaran.

    • Tahap 3: (Pra-perawatan)
    Pada fase ini, terus secara bertahap meningkatkan jangkauan makanan yang bisa di makan, termasuk buah-buahan, sayuran bertepung dan biji-bijian. Bisa juga menambahkan sekitar 10 gram karbohidrat ke diet setiap minggunya, tapi harus dikurangi jika penurunan berat badan terhenti, dan tetap pada fase ini sampai tercapai berat badan sasaran.

    • Tahap 4: (Perawatan seumur hidup).
    Bergerak ke fase ini ketika sudah mencapai berat sasaran, dan kemudian dapat melanjutkan cara makan ini seumur hidup.

    Program Atkins menyediakan dua rencana untuk berbagai tipe pelaku diet, yaitu :

    a) Atkins 20 :
    Rencana Atkins 20 adalah apa yang paling akan dipertimbangkan sebagai rencana Atkins klasik. Diet di program ini dimulai dengan mengkonsumsi hanya 20 karbohidrat bersih per hari. Diet makan berbagai sayuran yang disetujui (fondasi), daging tanpa lemak, keju dan lemak sehat untuk memenuhi kebutuhan energinya. Setelah dua minggu di Atkins 20, para pelaku diet mulai menambahkan buah beri dan kacang-kacangan dalam lima kenaikan karbohidrat bersih. Kemudian secara bertahap mereka belajar memasukkan lebih banyak pilihan karbohidrat sehat untuk mencapai dan mempertahankan berat badan tujuannya.

    b) Atkins 40:
    Rencana ini menawarkan program yang lebih santai dimana para pelaku diet, makan dari semua kelompok makanan sejak hari pertama. Rencananya dirancang untuk orang yang memiliki berat badan 40 kilogram atau kurang. Diet memulai tahap pertama dari rencana dengan mengkonsumsi 40 gram karbohidrat bersih per hari dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

    Menjaga kesehatan tubuh memang memiliki banyak keuntungan baik secara fisik maupun mental dan sangat bermanfaat juga untuk masa depan nantinya di hari tua. Untuk itu, dalam hal kesehatan tubuh jangan dianggap remeh dan janganlah ceroboh. Dalam artikel ini saya hanya memberikan beberapa informasi terkait diet yaitu “Diet Atkins”. Jika sekiranya artikel ini berkenan, maka perlu diperhatikan lagi jika ingin menerpakan pola diet ini, karena sangat diperlukan adanya analisa gizi terlebih dahulu pada tubuh apakah bisa diterapkan nantinya atau tidak, serta diperlukan pendampingan khusus baik oleh dokter maupun ahli gizi sehingga diet yang dijalankan tidak salah.

    Sumber:

    Robert C. Atkins (2004). Atkins for Life: The Complete Controlled Carb Program for Permanent Weight Loss and Good Health. 370 pp. St. Martin’s Press. ISBN 0-641-67892-4.

    Christopher D. Gardner (March 2007). “Comparison of the Atkins, Zone, Ornish, and Learn Diets for Change in Weight and Related Risk Factors Among Overweight Premenopausal Women.”. Journal of the American Medical Association. 297 (9): 969–77.

    Dansigner M, Gleason JA, Griffith JL, Selker HP, Schaefer EJ (2005). “Comparison of the Atkins, Ornish, Weight Watchers, and Zone diets for weight loss and heart disease risk reduction: a randomized trial”. Journal of the American Medical Association. 293 (1): 43–53.

    Like

  3. FOOD COMBINING

    Food combining merupakan pola makan sehat alamai yang sesuai dengan siklus fungsi tubuh, khususnya kerja system pencernaan. Dengan menerapkan pola makan food combining, proses penyerapan makanan dapat berlangsung secara efisien, tanpa meninggalkan banyak sampah makanan dan sampah metabolisme yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Food combining meminimalkan pembentukan radikal bebas, hal ini disesbabkan karena asupan makanan yang mengandung antioksidan yang banyak., terutama yang berasal dari buah – buahan dan sayur – sayuran. Dalam food combining asupan makanan diatur mengikuti kombinasi yang sesuai dengan kebutuhan “lingkungan kerja”. Oleh karenanya, tubuh tidak perlu bekerja keras untuk mencerna makanan, badanpun menjadi lebih segar dan bertenaga. Sebaliknya beban kerja yang berlebihan untuk mencerna kombinasi makanan yang tidak sesuai akan mengakibatkan organ tubuh kelelahan. Sebagai contoh proses pencernaan nasi ditambah daging/ayam ditambah sayuran lebih berat daripada nasi ditambah protein nabati ditambah sayuran, karena nasi (pati) dan daging ayam (protein hewani) membutuhkan enzim yang bekerja secara optimal dalam kondisi asam basa berbeda. Begitu pula halnya ketika kita mengkonsumsi pati olahan seperti beras putih slip, roti, mi instan, kue – kue, atau makanan hewani seperi daging ayam secara berlebihan. Kombinasi pati dan protein hewani yang dimakan secara bersamaan dan terus menerus dalam waktu lama dapat menimbulkan gangguan pada organ tubuh. Gangguan pada organ tubuh akan semakin parah bila asupan sayuran atau makanan berserat sedikit.
    Food combining ini merupakan salah satu cara efektif dan efisien untuk merawat kesempurnaan tubuh kita, khususnya seluruh organ pencernaan, yakni lambung, pancreas, empedu, ginjal, hati, usus halus dan besar. Adapun manfaat dari penerpan pola makan food combining seperti pengendalian berat badan yang ideal, badan menjadi lebih berenergi dan tidak mudah mengantuk, gangguan rutin akibat rendahnya sistem kekebalan tubuh, seperti mudah flu, keluhan pusing sebelah, mudah kembung berangsur – angsur menghilang, emosi lebih terkendali dan kita lebih mudah merasa bahagia.
    Panduan dalam menerapkan food combining tidaklah rumit. Hal yang perlu diperhatikan pertama, makanan yang kita konsumsi sehari – hari diatur mengikuti sistem alami pencernaan. Aturan ini memandu kita untuk memilih makanan yang tepat pada jam makan tertentu. Contohnya pada pagi hari hendaknya kita memilih makanan yang mdah dicerna, karena pada saat pagi hari sistem pencernaan belum bekerja secara penuh. Kemudian pada siang hari kita bias memilih makanan yang proses pencernaannya lebih berat, seperti hidanga pati atau hidangan protein hewani. Kedua, kombinasi makanan dipilih berdasarkan kebutuhan enzim pencernaan yang bekerja pada kondisi asam basa yang berbeda. Ada enzim yang bekerja efektif pada kondisi basa da nada yang bekerja efektif pada kondisi asam. Berdasarkan kondisi asam basa ini food combining tidak menyarankan untuk mengkonsumsi hidangan pati dan hidangan protein hewani secara bersamaan. Karena hidangan pati memerlukan enzim yang bekerja pada kondisi basa sedangkan hidangan protein hewani membutuhkan enzim yang bekerja pada kondisi asam. Ketiga, mejaga kondisi kesembangan asam basa tubuh. Meskipun hidangan pati dan hidangan protein hewani membutuhkan enzim yang berbeda akan tetapi kedua hidangan tersebut sama – sama membentuk asam. Karena itu, hidangan pati dan hidangan protein hewani harus dikombinasikan dengan hidangan pembentuk basa, seperti sayur – sayuran segar. Konsumsi sayuran segar disyaratkan tiga kali konsumsi dari hidangan pati dan hidangan protein hewani. Tujuannya untuk menjaga keseimbangan asam basa tubuh, sehingga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh kita terjaga.
    Kekurangan Food Combining Caranya tidak mudah untuk diikuti karena harus melakukan perubahan pola makan yang cukup drastis untuk menjalankan diet ini. Walaupun memang cukup banyak orang sukses menurunkan berat badan dengan cara diet ini. Selain sangat rendah kalori, dalam jangka panjang diet ini bisa menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, terutama vitamin D, B2, kalsium, dan zat besi. Agar berhasil untuk dilakukan harus dapat mengimbangi perubahan pola makan yang cukup dramatis, dengan cara dapat memilih kombinasi makananan yang disukai, agar program diet tidak terlalu menjadi beban.
    Menu makan pagi yang paling cocok buah – buahan segar. Diamana buah menyediakan energi siap pakai, berupa gula buah (fruktosa), yang mudah diceran dan dapat diserap oleh tubuh secara efisien, tanpa menguras energy metabolisme. Makanan sore yang paling aman adalah sayuran, misalnya salad atau sup sayuran. Kudapan sayuran ini merupakan yag paling tepat jika kita dalam program penurunan berat badan. Bila ingin menaikan berat badan maka pilih lah kudapan pati, tidak perlukawatir jika berat badan akan meningkat secara drastic. Bila menjalani food combining dengan disiplin, maka sistemetabolisme tubuh akan bekerja secara efisien dan efektif, sehingga secara otomatis tubuh menjalani fungsi setpoint. Setpoint merupakan sitem control alami tubuh yang akan menjaga berat badan. Apabila suatu waktu tubuh kita kelihatan terlalu gemuk atau kurus maka akan segera kembali kondisi berat yang stabil menurut setpoint.menjelang tidur kita bisa meminum secangkir teh.
    Cara mengombinasikan makanan. Buah merupakan makanan yang harus dikonsumsi tersendiri. Artinya, buah tidak dikombinasikan atau dimakan bersamaan dengan bahan makanan lain. Buah juga tidak disarankan dikonsumsi setelah kita menyantap makanan lain, misalnya sebagai hidangan penutup . Sebaliknya, buah dimakan 20-30 menit sebelum menyantap makanan lain. Sayur-sayuran termasuk kelompok makanan netral tidak dibatasi. Artinya, sayuran bisa dimakan seberapa pun kita mampu dan bisa dikombinasikan dengan protein (hewani) maupun pati Dalam FC, hidangan utama pati cukup dinikmati satu kali sehari. Pati tidak serasi dikombinasikan dengan protein (hewani). Pasangan serasi untuk pati adalah sayuran, termasuk sayuran kaya pati, seperti kentang, jagung muda, kluwih, nangka muda, labu kuning. Tomat mentah bisa dikombinasikan dengan pati, tapi tomat yang dimasak kurang serasi berpadu dengan pati. Untuk menyelaraskannya dengan metabolisme, ganti tomat yang dimasak dengan bahan lain. Misalnya tomat pada saus tomat daging cincang untuk siraman spageti bolognaisse, ganti dengan paprika merah, dibubuhi sedikit air jeruk lemon. Utamakan bahan makanan kaya pati yang sealami mungkin dan tidak banyak mengalami proses pengolahan. Pangan sumber pati yang baik bagi pelaku FC Vegetarian di antaranya nasi beras merah, nasi beras putih tumbuk, nasi beras jagung, nasi jali, ubi jalar, sagu ambon, spageti. Buah kering (kismis, sultana, kurma, aprikot) termasuk kelompok pati, dan sering dimanfaatkan sebagai pemanis alami pengganti gula pasir. Pemanis alami lainnya, antara lain gula buah (fruktosa), gula stevia, dan sirup mapel, juga dimasukkan dalam kelompok pati. Meskipun bukan kelompok pati, jus buah manis bisa dikombinasikan dengan pati, sebagai pemanis alami pengganti gula pasir, karena jus buas manis berlimpah gula buah (fruntosa).Protein Sama seperti hidangan utama pati, hidangan utama protein cukup dinikmati satu kali dalam sehari. Satu jenis saja makanan hewani untuk sekali makan, tidak bercampur beberapa makanan hewani, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Protein dalam pengertian FC secara khusus berarti protein hewani. Walaupun berlimpah protein nabati, polong-polongan (kacang hijau, kacang merah, kacang tolo, dan lain-lain) tidak secara khusus dimasukkan ke dalam kelompok protein dalam FC. Kandungan pati dan seratnya yang tinggi membuat polong-polongan tidak serasi dikombinasikan dengan makanan hewani. Kombinasi polong-polongan dengan pati juga kurang serasi. Namun polong-polongan masih bisa dikonsumsi secukupnya jika dikombinasikan dengan pati.
    Dengan food combining, kita bisa makan enak dan tetap sehat. Kelebihan berat badan akan berangsur – angsur berkurang. Tubuh kurus akan kembali berisi.

    Sumber :
    Wied Harry Apriadj, Food Combining “makan enak untuk langsing dan sehat”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2007
    Sumanto, Agus, Tetap Langsing dan Sehat dengan Terapi Diet, PT ArgoMedia Pustaka, Jakarta 2009

    artikel ini ditulis oleh I Putu Restu Wibawa – 41150090

    Like

  4. Artikel ini ditulis oleh Rambat Sambudi – 41150087

    Setiap orang pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan proporsional sesuai dengan tinggi badannya, karena dengan bentuk tubuh yang ideal dan proporsional bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi masing-masing individu. Bagi individu yang sehat, mempunyai tubuh yang ideal dan proporsional juga memiliki banyak dampak positif yang baik bagi dirinya, seperti badan lebih bugar, performa tubuh baik, dengan tubuh yang sehat juga dapat menjauhkan diri dari berbagai penyakit, menunjang kualitas hidup dan lain sebagainya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan maupun menaikkan berat badan. Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara menurunkan berat badan. Memang banyak sekali cara-cara untuk menurunkan berat badan, baik dengan menjaga konsumsi makanan, melakukan kegiatan fisik seperti olahraga yang cukup, menggunakan obat-obatan, maupun secara operatif atau tindakan medis. Cara yang paling baik dilakukan oleh individu untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur konsumsi makanan dengan baik dan diimbangi dengan aktivitas fisik. Aktivitas fisik disini berguna untuk menyeimbangkan pengeluaran energi yang didapat dari makanan selama proses diet. Sedangankan menurunkan berat badan dengan terapi obat-obatan tidak saya anjurkan karena obat-obatan merupakan bahan kimia yang kebanyakan diantaranya memiliki efek samping, dan efek samping yang diterima tiap individu pasti berbeda, sehingga sangat perlu untuk dialakukannya konsultasi dengan ahli gizi terlebih dahulu sebelum melakukan penurunan berat badan dengan terapi obat-obatan. Begitu pula dengan terapi operatif atau tindakan medis, penurunan berat badan dengan cara ini dilakukan oleh ahli dermatologi dan ahli bedah. Cara ini harus dilakukan dengan alasan medis yang tepat, namun kebanyakan alasan utama pasien menurunkan berat badan dengan cara ini adalah untuk tujuan kecantikan.

    Disini saya akan membahas tentang diet ketogenik. Apa itu diet ketogenik? Diet ketogenik merupakan diet yang dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein. Perlu diketahui bahwa diet ketogenik ini bukanlah diet yang paling efektif untuk menurunkan berat badan atau membakar lemak serta menambah massa otot. Jadi, disini saya akan mengulas dan menjabarkan sedikit tentang diet ketogenik ini secara umum sehingga anda dapat memilah dan memilih diet mana yang cocok untuk anda lakukan diantara diet-diet yang ada saat ini.

    Nasi yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia adalah sumber karbohidrat utama yang paling sering dikonsumsi. Contoh makanan lain yang mengandung karbohidrat adalah kentang, umbi-umbian, roti, sereal dan lain-lain. Pada diet ketogenik, makanan tersebut dikurangi porsinya untuk menghindari meningkatnya glukosa dalam darah. Kandungan karbohidrat pada makanan-makanan diatas akan diolah oleh tubuh menjadi glukosa sebagai sumber energi utama tubuh dalam beraktivitas. Berat badan yang bertambah dapat dialami oleh orang-orang yang mengkonsumsi banyak karbohidrat tetapi tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai dengan konsumsi makanannya. Sehingga karbohidrat yang telah diubah menjadi sisa glukosa yang tidak digunakan akan diubah menjadi senyawa Asetil-CoA, lalu diubah lagi menjadi Malonyl-CoA dan akhirnya diubah lagi menjadi asam lemak bebas. Asam lemak bebas inilah yang akhirnya disimpan dalam bentuk trigliserida dalam jaringan adiposa. Hal ini dapat menyebabkan kegemukan. Pada diet ketogenik, respon fisiologis tubuh dengan asupan karbohidratnya rendah dan produksi glukosanya yang rendah juga akan memicu organ hati untuk memproses lemak tubuh menjadi badan ketone dan asam lemak menjadi sumber energi cadangan yang banyak digunakan. Meningkatnya badan ketone dan rendahnya asupan karbohidrat ini akan menjadikan kondisi ketosis, yaitu kondisi dimana tubuh tidak lagi menggunakan glukosa sebagai bahan bakar atau energi utama, tetapi menggunakan badan ketone sebagai energinya.
    Beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari diet ketogenik antara lain :
    1. Diet ini membuat kita merasa lebih kenyang.
    Kenapa begitu? Karena pada diet ini konsumsi protein dan lemak lebih banyak dan protein memiliki sifat yang lebih lama dicerna dibanding dengan karbohidrat dan menimbulkan efek rasa kenyang.
    2. Bisa bermanfaat bagi penderita DMT 2.
    Kenapa demikian? Pada penderita diabetes mellitus tipe 2 kadar glukosa yang beredar dalam darah harus dikontrol, dengan melakukan diet ketogenik glukosa dalam darah dapat dikontrol agar tidak naik mengingat diet ketogenik dilakukan dengan pengurangan konsumsi karbohidrat. Namun hal ini perlu untuk mendapat supervise dari dokter.

    Setelah mengetahui keuntungan dari diet ketogenik, perlu juga diketahui dampak negatif yang bisa muncul pada diet ini, antara lain :
    1. Performa berkurang.
    Kekurangan ini sebenarnya dipengaruhi pada persepsi masing-masing individu. Mengapa? Karena persepsi individu secara umum akan berpikir jika tidak mengkonsumsi karbohidrat, tubuh akan menjadi terasa lemas. Sehingga hal ini menyebabkan dampak psikologis yang berpengaruh pada fisiknya.
    2. Konstipasi.
    Permasalahan konstipasi dapat terlihat jelas dari menu makanan pada diet ketogenik dimana konsumsi makanan didalamnya yang mengandung protein dan lemak seperti pada daging-dagingan serta sumber protein seperti telur yang lebih banyak jika dibandingkan karbohidrat, menyebabkan tubuh kekurangan makan-makanan yang mengandung serat dan menyebabkan BAB menjadi kurang lancar. Sehingga sangat perlu pada diet ini untuk dilakukan konsultasi pada dokter dan ahli gizi.
    3. Biaya mahal.
    Sama halnya dengan penyebab konstipasi, biaya mahal juga ditunjukkan dari menu makanan pada diet ketogenik yang kebanyakan adalah daging-dagingan dan mungkin bagi kalangan tertentu hal ini dirasa cukup berat.

    Dengan melihat beberapa fakta diatas, sebenarnya diet ketogenik ini lebih cocok dilakukan pada individu yang mengalami epilepsi. Dokter spesialis anak dari Universitas Johns Hopkins mengemukakan teori bahwa keadaan lapar dapat meningkatkan pembentukan badan ketone dalam sirkulasi yang disebut dengan kondis ketosis. Proses ini memberikan efek antiepileptik pada tubuh. Mempertahankan kondisi ketosis tanpa keadaan lapar dapat dicapai dengan pemberian asupan nutrisi yang tinggi lemak serta rendah karbohidrat dan protein. Perbandingan distribusi kalori yang dianjurkan dari lemak dan karbohidrat untuk nutrisi ketonik ini adalah lemak : karbohidrat 4 : 1 dan lemak memberikan distribusi kalori sebesar 90% kalori dari total seluruh kalori. Mekanisme efek ketosis terhadap epilepsi masih belum diketahui secara jelas, ada beberapa hipotesis mengatakan badan ketone memiliki efek penstabil (stabilizing effect) pada sistem saraf pusat (CNS – central nervous system), asidosis yang disertai dengan ketosis mengubah ambang batas (threshold) kejang, perubahan keseimbangan cairan dan elektrolit dapat mengurangi kejang-kejang yang dialami penderita epilepsi, dan perubahan pada kadar lemak yang disebabkan oleh perubahan diet memiliki efek anti-kejang (antiseizure effect).

    Kesimpulannya, diet ketogenik ini dapat anda lakukan dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli gizi agar tidak terjadi kesalahan selama proses diet karena tiap individu akan memperlihatkan progress yang berbeda. Mengingat juga dengan adanya kekurangan dan kelebihan dari diet yang perlu dikonsultasikan lebih lanjut. Diet ketogenik akan lebih baik dilakukan oleh penderita epilepsi karena dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan. Namun pada hakikatnya, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan aktivitas fisik (olahraga).

    Referensi :
    Liposuction, IN K Wolff by Leonard AL. Hanke CW (2008) and Fitzpatrick’s Dermatology in General Medicine. New York: McGraw-Hill Medical 7th ed., vol. 2, pp. 2378-2380. diakses melalui https://goo.gl/v7nV3X
    Freeman, J., Kossoff, E., & Hartman, A. (2007). The Ketogenic Diet: One Decade Later. PEDIATRICS, 119(3), 535-543.
    Epilepsy – NEJM.2017.New England Journal of Medicine. diakses melalui https://goo.gl/ngjvri
    Rogovik, A. L. et al. (2010). Ketogenic diet for treatment of epilepsy. diakses melalui https://goo.gl/PtES6U
    Diet Ketogenik untuk Pasien Epilepsi. diakses melalui https://goo.gl/9t4cqm

    Like

  5. Diet Mediterania merupakan salah satu metode diet dengan asupan nutrisi yang terinspirasi dari pola makan tradisional masyarakat yang hidup di wilayah Mediterania Selatan (Italia bagian selatan, Yunani, Spanyol Selatan, dan Turki Selatan). Diet Meditarania melibatkan sayur, buah, kacang-kacangan, dan makanan kaya serat, seperti roti gandum, pasta, dan beras merah. Selain itu, jenis diet ini juga turut menyertakan daging putih tanpa lemak, seperti ayam kampung dan ikan, sebagai sumber protein utamanya. Sebagai sumber lemak tak jenuh, pola diet ini menyertakan minyak zaitun yang dapat digunakan sebagai minyak masak sehari-hari.
    Diet Mediterania termasuk salah satu metode diet yang rendah kalori, sehingga dengan menjalankan diet ini pasien dapat terbantu untuk menurunkan berat badan secara cepat. Diet ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan protein yang rendah kalori. Lemak sehat/asam lemak tak jenuh diperoleh dari minyak zaitun yang digunakan untuk memasak. Protein terutama diperoleh dari ikan seperti salmon atau sarden yang kaya akan omega 3 dan rendah kolesterol. Sedangkan serat dan vitamin diperoleh dari buah dan sayur yang menjadi sumber gula alami yang rendah kalori, seperti buah apel, kiwi, stroberi, dan juga plum (Esquire, 2017).
    Adapun untuk cara pengolahannya, menu-menu Diet Meditarania dimasak dengan cara ditumis, dikukus, dan dibuat sajian berkuah. Teknik menggoreng tidak berlaku pada pola diet ini karena menggoreng dapat meningkatkan jumlah asam lemak jenuh dalam makanan.
    Oleh karena penggunaan kombinasi berbagai bahan makanan sehat yang rendah lemak jahat maka Diet Meditarania dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kronis tidak menular, seperti diabetes melitus tipe dua atau penyakit jantung, karena sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik dengan menurunnya kadar kolesterol jahat. Selain itu, dalam Diet Mediterania jumlah asupan kalori yang dikonsumsi sangat rendah sehingga dapat juga menurunkan risiko terjadinya obesitas. Diet Mediterania juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, demensia, dan alzheimer. Menurut penelitian, menjalani Diet Mediterania dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita menopause sebanyak 40%. Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi seperti minyak zaitun, ikan salmon, sayuran hijau, dan buah-buahan mengandung anti-oksidan tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas dan memberikan efek anti-inflamasi/anti-radang bagi tubuh. Dengan demikian, selain membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh yang ideal, Diet Mediterania juga dapat menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbeagai penyakit sehingga dapat pula memperpanjang angka usia harapan hidup (Trichopoulou, 2000).

    Menurut Katsilambros (2014), Diet Mediterania membagi menu makanan ke dalam bentuk piramid seperti gambar di atas, dimana menu makanan boleh yang dikonsumsi semakin mengerucut ke atas mengikuti bentuk piramid. Semakin ke bawah/dasar piramida maka semakin besar kewajiban untuk mengonsumsi menu tersebut dalam diet, begitu pula sebaliknya, semakin ke atas/puncak piramida maka akan semakin kecil porsi menu tersebut yang dapat kita konsumsi dalam diet. Berikut ini aturan piramida makanan Diet Mediterania.
    Lapisan ketiga/paling bawah
    Berisi menu makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari, yaitu buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh seperti beras cokelat, kacang-kacangan, sumber karbohidrat seperti roti gandum, kentang, dan minyak zaitun. Dalam Diet Mediterania disarankan mengonsumsi empat sendok makan atau lebih minyak zaitun setiap harinya. Lemak baik dari minyak zaitun ini sangat bagus untuk kesehatan jantung. Untuk kacang-kacangan walnut, almond, dan hazelnut dapat digunakan untuk konsumsi setiap harinya. Selain dapat membuat kenyang lebih lama, kacang-kacangan juga terbukti baik untuk buah-buahan dapat dikonsumsi 3 porsi buah segar atau lebih setiap harinya. Selain itu, untuk sayuran segar dapat dikonsumsi dua porsi sayuran atau lebih setiap harinya dan setidaknya satu porsi penyajian sayuran mentah seperti salad per hari.
    Lapisan kedua/tengah
    Berisi menu makanan yang boleh dikonsumsi sekali dalam seminggu, seperti sumber protein laut (ikan dan seafood), sumber protein unggas (daging ayam tanpa lemak dan telur ayam), serta produk olahan dari susu seperti keju dan yogurt. Dalam Diet Mediterania dapat dikonsumsi 3 porsi ikan dan seafood seminggu sekali. Ikan yang kaya akan lemak omega-3 seperti tuna atau salmon bisa menjadi menu pilihan utama. Selain itu, dapat pula dikonsumsi daging ayam tanpa lemak atau kalkun.
    Lapisan pertama/paling atas
    Berisi jenis makanan yang sebisa mungkin dihindari atau dapa dikonsumsi hanya sebulan sekali, seperti makanan yang mengandung gula olahan dan sumber protein yang berasal dari daging merah.

    Dalam Diet Mediterania, perlu diperhatikan untuk selalu menggunakan makanan pengganti yang lebih sehat dan kaya nutrisi, seperti mengganti kandungan lemak jahat dari mentega dengan lemak baik dari minyak zaitun. Selain itu, hindari pula menggunakan banyak garam karena dapat meningkatkan resiko terkena penyakit hipertensi/tekanan darah tinggi. Sebagai gantinya, dapat digunakan rempah-rempah sebagai penyedap rasa makanan. Jangan lupa juga untuk selalu rutin minum air putih setiap harinya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, selain melakukan Diet Mediterania secara patuh juga tetap perlu dilakukan aktivitas fisik atau olahraga kardio seperti, jogging, bersepeda, atau berenang karena aktivitas fisik serta olahraga kardio dapat membakar lemak tubuh secara menyeluruh dan mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit kronis tidak menular.

    Daftar Pustaka
    Nikolaos Katsilambros, dkk. (2014). Asuhan Gizi Klinik. Jakarta : EGC.
    Indonesia, E. (2017). Diet Mediterania, Pola Diet Sehat Terpopuler Saat Ini. Esquire.co.id. Retrieved 2 September 2017, from http://www.esquire.co.id/article/2017/7/4641-Diet-Mediterania-Pola-Diet-Sehat-Terpopuler-Saat-Ini
    Trichopoulou, A., & Vasilopoulou, E. (2000). Mediterranean diet and longevity. British Journal of Nutrition, 84(S2), S205-S209. doi:10.1079/09658219738855

    Artikel ini ditulis oleh Velica Kressentia Yunus – 41150093

    Like

  6. Dalam melakukan pengendalian berat badan dan demi mendapatkan postur tubuh yang ideal banyak orang melakuan berbagai cara. Berbagai cara tersebut seperti melakukan olahraga , melakukan diet, dan melakukan hal lain yang dapat membantu dalam pengelolaan berat badan. Di tinjau dari segi diet, banyak variasi yang di lakukan seseorang seperti pengontrolan kalori, penggunaan makanan pengganti, serta berbagai diet khusus yang sering di lakukan. Tidak jarang juga seseorang akan melakukan berbagai cara ekstrim untuk mengatasinya.

    One day meal diet sebenarnya bukanlah hal yang asing / baru dan mungkin sudah diterapkan sejak ratusan tahun. Prosedur diet ini sebenarnya cukup ringkas dimana pengguna diet melakukan pengontrolan berat badan dengan pembatasan jumlah makanan yang di makan, yaitu makan satu kali dalam sehari. Diet ini merupakan diet yang tergolong ekstrim dan sering di salah artikan sebagai alasan pengendalian berat badan. Tanpa prosedur yang sesuai dan pengontrolan asupsi nutrisi baik makro nutrisi maupun mikro nutrisi tentunya akan berdampak besar bagi tubuh, karena pengontrolan yang sangat tinggi pada asupsi penghasil energy. Dalam konsep dasarnya one day meal diet sebenarnya bertujuan untuk pengontrolan asupan kalori dalam sekali makan, dimana tubuh akan lebih optimal dalam pemanfaatan energy cadangan tubuh seperti lemak. Pada saat kita melakukan konsumsi makanan, tentunya tubuh akan mengunakan kalori yang di hasilkan sebagai energy dan sebagian akan di simpan. Pada saat dilakukan one meal diet ini tubuh akan lebih optimal dalam pemanfaatan energy.

    Penerapan one day diet pada dasarnya merupakan suatu bentuk puasa yang di sesuaikan dengan khusus untuk pengendalian berat badan, serta di beberapa tempat di dunia juga melakukan nya dengan tujuan ritual keagamaan. Dengan pembatasan kalori cukup diharapkan penimbunan energy contohnya lemak dapat terpakai secara optimal. Arti dari one day meal diet sering disalah artikan sebagai diet dengan mengkonsimsi makanan satu kali dalam sehari tanpa memperhatikan nutrisi yang di asup dan di lakukan dalam waktu yang lama. Dalam berbagai pengkajian terdapat beberapa manfaat mengenai one day meal seprti, pemotongan 20 – 25 % kalori yang di lakukan secara teliti dan tepat juga dapat berdampak pada kesehatan seperti pengontrolan gula darah dan kesehatan jantung. Diet one meal a day di rekomendasikan sebagai kombinasi dengan diet lain dengan frekuensi dua sampai tiga kali dalam satu minggu. Manfaat lain dapat berupa:

    1. Memberi energi yang sesuai dan cukup
    Energi dari makanan akan tertumpuk dan di simpan sebagai bentuk energi dalam tubuh berupa lemak maupun protein dalam otot. Penumpukan energi ini buakan lah salah bahkan sebenarnya sangatlah penting dalam fisiologis tubuh normal. Tapi sesuatu yang berlebih juga dapat berdampak buruk, seperti obesitas dan penyakit lain. Dari one meal diet dapat digunakan sebagai acuan pembelajaran bagaimana kita dapat mengontrol seberapa banyak makanan yang kita makan .

    2. Membersihkan tubuh dari toxin
    Dalam makanan yang kita konsumsi pasti sebagian kecil dapat mengandung bahan yang berbahaya yang tentunya dalam fungsi normal akan di metabolisme dan di buang . dalam one day diet ini membantu efektifitas dalam pembuangan racun.

    3. Manfaat lanya dalam jangka lama:
    Banyak manfaat lain dari one meal diet seperti dapat membantu pengontrolan berat badan , membantu kita menjadi lebih teliti dalam memilih makanan , serta beberapa keuntungan lainya seperti penghematan biaya dan keefektivitasan waktu.

    Pada dasarnya one meal diet merupakan suatu cara pengontrolan berat badan yang baik dengan memperhatikan asupan makanan serta pemilihan waktu diet yang sesuai. Namun hal ini lah yang sering di salah artikan sebagai makan satu kali sehari dengan pengulangan setiap hari . tentunya akan banyak pengaruh yang akan di timbulkan . Pengurangan kalori yang sangat tinggi juga dapat berakibat seperti kelemahan , kecapaian , gangguan konsentrasi, pusing serta gangguan sistemik tubuh yang lebih luas pengaruhnya seperti gangguan konsentrasi dalam tubuh.

    Dalam waktu yang lama dan pembatasan kalori yang sangat tinggi hal ini akan berdampak buruk tentunya bagi tubuh dan juga berbahaya. Hal ini tentu akan menyimpang dari harapan yang di harapkan. Tubuh yang dalam kondisi sehat dapatmenjadi sakit karena ketidakteratutan konsumsi makanan. Maka dari itu perlu juga di tinjau dalam prosedur diet yang kita lakukan seperti:

    1. Rencanakan cek up ke dokter untuk meninjau diet yang sesuai dengan kondisi yan kita alami, apakah diet yang kita ambil sudah sesuai ,dan diet apa yang tepat kita ambil.
    2. Kontrol makanan yang kita konsumsi. Kontrol makanan yang tepat dan tidak berlebiahan dan selalu menjaga nutrisi yang di konsumsi baik makronutrisi dan mikronutrisi tentu akan membantu kita dalam mendapatkan gaya hidup yang sehat dan tentunya dapat menyokong pembentukan tubuh yang ideal.
    3. Menambah pengetahuan tentang nutrisi. Semakin banyak kita tahu mengenai nurisi yang kita butuhkan maka kita akan lebih bijak dalam mengonsumsi makanan . Dimana kita dapat mulai merancag makanan yang kita konsumsi sehingga kita dapat mendapatkan energi yang cukup dan sesuai sehingga penumpukan energi yang berlebih tidak terjadi
    4. Perhatikan berapa banyak kita konsumsi. Kadang seorang yang berencana melakukan diet pengendalian berat badan sering mengeluhkan gagal walaupun sudah memperhatikan konsumsi yang sehat. Namun jumlah konsumsi makanan yang berlebih juga akan menyebabkan penimbunan energi.
    5. Mulai lakukan perencanaan olahraga. Perencanaan olah raga tentu juga akan berdmpak baik . Dimana makan yang ideal adalah perbandingan asupan energi harus setara dengan pengeluaran energi.
    6. Bergabung ke kelompok yang mensuport. Bergabung dengan beberapa kelompok yang dapat mensuport, melakukan pembicaraan , serta bertukar pikiran mengenai diet yang tepat dapat membantu kita dalam melakukan diet yang sesuai.

    One day diet sebenarnya merupakan hal yang baik bila di dasari dengan pengetahuan yang tepat. Pengelolaan mengenai asupan nutrisi dan waktu diet yang tepat dapat memberikan hasil yang optimal dan bermanfaat dalam diet yang kita ambil sehingga manfaat diet dapat banyak kita dapatkan dan mengurangi yang efek buruk yang menyertai.

    Daftar pustaka :
    Drysdale, Jason. 2014. One Meal Day : the proper knowledge of how to eat to live abundantly. England : CreateSpace Independent Publishing Platform; 1st edition

    Artikel ini di tulis oleh Febi Vivaldi – 41150098

    Like

  7. Kehebatan “Obalon”, cara cepat menurunkan berat badan

    Mendapatkan berat badan ideal adalah hal yang sulit bagi sebagian besar orang, khususnya wanita. Berbagai macam metode diet pun banyak tersedia, dengan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Hal yang sulit dalam menjalani program diet adalah menahan nafsu makan apalagi untuk menahan makananan yang disuka. Banyaknya godaan makanan lezat terkadang menjadi kendala bagi orang-orang yang menjalani program penurunan berat badan, sehingga muncul istilah ‘gagal diet’. Selain itu kegagalan yang sering dialami bagi orang yang menjalani program diet yaitu ketidakmampuan menahan rasa lapar. Saat ini teknologi sudah berkembang pesat, sehingga metode-metode diet pun juga semakin canggih, dalam artikel ini akan dijelaskan sebuah metode diet yang efektif dalam menurunkan berat badan tanpa harus merasakan lapar dan menahan godaan makanan favorit. Diet baru dengan menggunakan orbera balon atau Diet Obalon adalah sebuah metode penurunan berat badan dengan bantuan media balon. Uniknya metode ini si pengguna tidak harus merasakan kelaparan yang menyiksa dan tidak harus melakukan olahraga yang ekstrim. Diet ini juga tidak membuat pengguna merasakan sakit, seperti diet infuse, diet katogenik ataupun diet ekstrim lainnya. Orbera balon yang digunakan dalam metode diet ini juga telah mendapatkan izin Food and Drugs Administration (FDA) sejenis BPOM USA oleh karena itu balon Orbera aman digunakan didalam tubuh manusia.
    Menurut buku panduan dari Rose Medical Center di Denver USA, diet Obalon ini tidak memerlukan prosedur bedah ataupun pemotongan. Prosedur nya pun terbilang singkat dan mudah, pasien hanya perlu menelan sebuah pil yang disambungkan dengan mikro kateter. Pil tersebut berisi sebuah balon kecil khusus yang terbuat dari silicon yang lembut dan berbentuk bulat serta tidak akan rusak oleh makanan atau minuman apapun, sehingga pasien tidak perlu khawatir akan makan-makanan yang dikonsumsi karena tidak berdampak pada Obalon. Selanjutnya, pil yang berisi balon tersebut ditelan oleh pasien dan dibiarkan berada di lambung, kemudian mikro kateter akan memompa nitrogen ke balon tersebut, saat lapisan pil larut. Hal tersebut dilakukan sebanyak dua kali, agar terdapat 2 balon di dalam lambung. Proses diet ini terjadi karena di dalam lambung telah terisi 2 buah balon yang kira-kira mengisi ¾ lambung pasien sehingga hanya sekitar ¼ volume yang kosong. Volume kosong tersebut yang akan terisi saat pasien makan, sehingga jumlah makanan yang masuk pun akan lebih sedikit dari biasanya karena pasien akan merasa cepat kenyang. Metode ini akan berjalan selama 6 bulan, selama itu pasien akan terbiasa dengan pola makan yang sedikit karena perut akan mudah kenyang akibat adanya Obalon tersebut.
    Selama menjalani prosedur Obalon ini tentunya pasien memiliki beberapa larangan makanan selama jangka waktu tertentu. Pasien dilarang mengkonsumsi alkohol, merokok, cairan berkalori tinggi (seperti smoothies, soda pop, minuman yang menggandung gula tinggi), minuman berkarbonasi atau soda untuk beberapa minggu pertama, dan tidak memakan daging. Selain itu pasien juga harus melakukan beberapa kali check up untuk memantau perkembangan serta kondisi Obalon di lambung pasien. Efek samping dari metode Obalon ini yaitu dapat terjadi perdarahan atau iritasi dan juga balon dapat bocor di dalam lambung dan menghalangi pencernaan, namun efek samping seperti ini sangat jarang ditemukan. Efek samping yang umum yaitu pasien dapat mengalami mual, muntah, rasa tidak nyaman di lambung, dan gangguan pencernaan. Namun efek samping seperti itu hanya berlangsung sekitar 1 minggu pertama setelah prosedur Obalon dilakukan, dan apabila efek samping terus berlanjut disarankan untuk konsultasi kepada dokter. Metode ini memang mudah untuk dilakukan serta efek samping yang cenderung kecil, oleh karena itu harga yang dipatok dalam metode Obalon ini cukup tinggi. Biaya yang harus dikeluarkan seseorang yang ingin menggunakan metode diet ini sekitar $6000 (Rp 78 juta) hingga $9000 (Rp 117 juta). Harga yang dikeluarkan sesuai dengan keberhasilan dari metode diet ini, karena metode ini membutuhkan pantauan penuh oleh dokter mulai dari efek samping hingga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Pengguna metode diet ini tetap harus menjaga pola makan dan melakukan latihan-latihan ringan untuk kesehatan tubuh agar setelah balon dikeluarkan dari dalam tubuh, pasien akan tetap terbiasa menjalani pola hidup sehat sehingga tetap dapat mempertahankan berat tubuh ideal. Sayangnya metode diet ini lebih dikhususkan kepada pasien yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, sehingga harus menurunkan berat badannya. Bagi orang-orang yang masih memiliki tubuh yang tidak terlalu gemuk atau masih bisa melakukan olahraga, sebaiknya tidak perlu sampai melakukan metode diet ini.
    Bagaimanapun metode diet tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini dapat disesuaikan dengan individu untuk memilih metode diet mana yang paling tepat dengan diri masing – masing. Kelebihan berat badan memiliki berbagai macam faktor seperti kurang berolahraga, makan yang tidak teratur atau berlebihan, stress, maupun karena sistem metabolism yang tidak baik. Oleh karena itu penting bagi seseorang yang ingin melakukan diet untuk mempelajari betul cara serta larangan yang dimiliki oleh masing-masing metode diet yang ada agar dapat mencapai berat badan yang diinginkan atau berat badan ideal. Selain itu yang terutama adalah selalu menjaga pola makan yang sehat seimbang dan juga selalu menyempatkan diri untuk berolahraga.

    Daftar Pustaka
    Coloradoweightlosssurgery. 2014. “Intragastric Ballon Handbook”, Diakses di http://www.coloradoweightlosssurgery.com/files/2014/10/Rose-Intragastric-Balloon-Handbook_pgs.pdf, Diakses pada tanggal 6 September 2017 pukul 01.27.
    Obalon. 2017. “WHAT IS THE OBALON 3-BALLOON SYSTEM?”, Diakses di http://www.obalon.com/what-is-obalon-balloon-system/, Diakses pada tanggal 5 September 2017 pukul 17.54.

    Artikel ini ditulis oleh Bagus Anggawaisna – 41150095

    Like

  8. Memiliki badan yang ideal adalah impian semua orang. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan badan yang langsing dan menarik. Untuk mencapai impian tersebut orang-orang sering melakukan yang namanya diet. Diet sendiri banyak sekali jenisnya, namun kali ini saya hanya akan mengulas salah satu diet yang cukup populer yaitu diet Paleo. Diet Paleo juga dikenal diet manusia gua atau diet zaman batu. Diet paleo merupakan salah satu jenis diet yang mengadopsi pola makan orang-orang pada zaman paleolitik (manusia gua). Prinsip dari diet Paleo ini adalah “Back to nature” atau kembali ke alam. Manusia gua dijadikan model diet ini karena dianggap memiliki pola makan yang baik untuk kesehatan. Sumber makanan dalam diet ini dibuat mirip dengan yang dimakan manusia gua zaman itu, dimana mereka sering makan daging dan sayuran serta tidak makan nasi.

    Dalam kondisi normal, tubuh membakar karbohidrat untuk dijadikan bahan bakar atau energi. Ketika asupan karbohidrat dikurangi secara drastis, maka tubuh akan memasuki proses ketosis yaitu membakar lemak untuk mendapatkan bahan bakar. Asupan karbohidrat yang sedikit tersebut juga akan menurunkan kadar insulin. Kita tahu bahwa salah satu fungsi insulin ialah mencegah lipolysis atau pemecahan lemak sehingga apabila kadarnya menurun akan menyebabkan lipolysis. Apabila lipolysis terjadi terus menerus, simpanan lemak tubuhpun akan terpakai untuk sumber energi sehingga berat badanpun kemungkinan akan berkurang. Beginilah mekanisme bagaimana diet Paleo bisa menurunkan berat badan. Diet Paleo prinsip kerjanya hampir sama dengan diet Atkins, hanya saja kalau pada diet Atkins benar-benar hanya menkonsumsi daging sedangkan diet Paleo diperbolehkan sayuran dan buah-buahan sebagai kompensasi untuk mengurangi efek yang tidak sehat, seperti efek ketosis.

    Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi menurut diet ini berupa daging rendah lemak, protein yang tinggi omega 3, seafood, buah-buahan, umbi-umbian, dan minyak nabati. Meski tidak bisa meniru seratus persen apa yang dikonsumsi manusia gua, namun yang menjadi patokan adalah makanan yang rendah karbohidrat dan bebas gluten. Gluten sendiri bersifat seperti lem atau perekat yang merupakan gabungan protein yang bisa ditemukan didalam gandum. Pada diet paleo ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dihindari. Misalnya makanan yang tinggi karbohidrat seperti nasi, ketan, gandum, kentang. Kemudian juga aneka produk susu, kacang lentil, kacang polong, kacang tanah, biji-bijan, gula, semua makanan kemasan, fastfood dan junkfood. Mereka yang menjalani diet Paleo dianjurkan tidak mengkonsumsi minuman selain air putih, air kelapa atau teh hijau organic. Jika ingin memberi rasa manis pada makanan, bisa menggunakan madu atau gula aren. Meski diperbolehkan, konsumsi madu dan gula aren sebaiknya dibatasi. Cara pengolahan bahan-bahan makanan diet Paleo juga cukup menggunakan cara yang sederhana seperti ditumis, dikukus, dipanggang atau digoreng dengan sedikit minyak. Selain itu makanan yang akan dikonsumsi cukup diolah dengan cara sederhana saja.

    Jika biasanya anggapan orang-orang diet membuat kita tersiksa karena tidak boleh makan banyak, berbeda dengan diet ini yang sama sekali tidak membatasi jumlah makan. Kita bisa mengkonsumsi makanan yang diperbolehkan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, diet Paleo ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Menurut Loren Cordain Ph.D sebagai penulis buku The Paleo Diet, dengan menkonsumsi makanan seperti nenek moyang dizaman prasejarah, tubuh akan lebih ideal dan lebih tidak berisiko untuk menderita diabetes, hipertensi, jantung, kanker, dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini karena kita tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung glukosa dan garam yang tinggi, serta makanan yang mengandung pengawet. Cordain juga mengatakan dengan bahwa dengan menerapkan diet Paleo, kita dapat mengurangi beban glikemik tubuh, memiliki rasio asam lemak tak jenuh yang lebih sehat dibandingkan lemak jenuh serta meningkatkan konsumsi vitamin dan serat.

    Diet Paleo memang sangatlah banyak manfaat apabila dilakukan dengan benar dan sesuai anjuran, juga tetap tidak berlebihan mengkonsumsi makanan yang diperbolehkan walaupun tidak dibatasi jumlahnya. Tetapi apabila berlebihan dalam menjalani diet ini, juga akan menimbulkan berbagai efek dan resiko. Ketika konsumsi karbohidrat sebagai sumber utama glukosa kurang, maka efek yang pertama muncul adalah rasa lemas dan pusing, bahkan dapat menyebabkan hipoglikemik. Apabila protein dan lemak dikonsumsi berlebihan maka juga akan meningkatkan berat badan. Selain itu hasil dari pemecahan lemak ialah keton, dimana kadar keton yang tinggi pada darah akan menurunkan PH darah, serta dapat menyebabkan berbagai jenis komplikasi, seperti pada jantung dan ginjal. Ketidakseimbangan gizi dan kurangnya nutisi tertentu juga bisa terjadi akibat diet ini yang mana diet ini tidak memperbolehkan makanan tertentu seperti biji-bijian dan susu. Diet Paleo juga mempunyai kesulitan tersendiri bagi yang menjalaninya apalagi pada situasi dan kondisi zaman sekarang yang jauh berbeda dengan zaman prasejarah. Lalu sebaiknya berapa lama melakukan diet Paleo? dianjurkan untuk melakukan diet Paleo ketat selama paling tidak 30. Jika sudah lewat 30 hari, anda bisa memperkenalkan satu per satu makanan yang ditinggalkan, sambil memerhatikan reaksi tubuh terhadap makanan tersebut. Yang terpenting ialah kita seharusnya melakukan diet apapun itu untuk pola hidup sehat, maka tubuh yang idealpun akan didapatkan seiringnya.

    Referensi:
    Cordain, L. 2012. The Paleo Diet. Colorado: Colorado State University.

    Artikel ini ditulis oleh Ngesti Chitia Dewi – 41150092.

    Like

  9. Diet Sup Kubis (Cabbage Soup Diet)
    Berat badan turun 5kg hanya dalam tujuh hari! Efektif menurunkan berat badan hanya dengan memakan kubis (kol) saja, dijamin aman! Tentu kalimat-kalimat seperti ini sering kita jumpai, baik ketika membaca majalah, membaca artikel diet secara online, bahkan selebaran-selebaran yang ditempel dipinggir jalan. Mungkin mula-mula hanya iseng, yang kemudian berlanjut jadi rasa ingin tahu dan akhirnya mencoba. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan diet sup kubis atau yang lebih populer dikenal dengan istilah cabbage soup diet ini?
    Diet sup kubis atau cabbage soup diet adalah program penurunan berat badan yang menjanjikan penurunan berat badan hingga 5kg dalam waktu tujuh hari. Selama tujuh hari, seseorang akan menkonsumsi makanan berbahan dasar kubis/kol ini, dan biasanya dapat disertai dengan bahan makanan lain. Cara membuat sup kubis pun ada takarannya sendiri. Sup kubis sendiri bahan-bahannya adalah[1]
    1. 6 helai daun bawang, potong halus
    2. 2 buah paprika hijau, potong dadu
    3. 2 kaleng tomat (potong dadu atau biarkan utuh)
    4. 250 g jamur, potong dadu
    5. 1 ikat seledri, potong halus
    6. 1/2 kepala kubis, potong halus
    7. 3 buah wortel, iris tipis
    8. 1 atau 2 kaldu blok/kaldu sayuran (opsional), ditambah garam dan lada sebagai perasa.
    9. Untuk menambah rasa: bubuk cabai, bubuk kari, campuran rempah, dan bumbu lainnya.
    Bahan-bahan ini kemudian dimasak seperi memasak sup biasa, dengan ditambah 12 gelas air, dengan takaran sajian untuk tiga kali makan, pagi, siang dan malam. Dilansir dari laman webmd.com[2], diet sup kubis ini memiliki varian menu sebagai berikut:
    1. Hari pertama, sup kubis ini dapat dimakan bersama dengan kopi hitam, teh tanpa gula, buah-buahan, kecuali buah pisang. Karena seperti yang kita ketahui bahwa pisang merupakan buah dengan kalori yang cukup tinggi, bahkan ada yang mengatakan bahwa satu buah pisang dapat mengandung 100kalori, tentu hal ini akan menganggu diet yang sedang dijalani karena diet sup kubis/kol ini termasuk dalam tipe diet rendah kalori.
    2. Hari kedua, sup kubis hanya boleh dimakan bersama dengan sayuran hijau lainnya, tidak menkonsumsi makanan yang mengandung pati seperti kacang-kacangan, jagung, kacang polong, dan sama sekali tidak memakan buah-buahan.
    3. Hari ketiga, sup kubis dapat dikonsumsi bersama dengan sayuran hijau dan buah-buahan, kecuali pisang.
    4. Hari keempat, sup kubis dapat dikonsumsi bersama dengan pisang dan susu skim sebagai selingan di jam-jam dari sarapan menuju makan siang atau makan siang menuju makan malam. Konsumsi pisang sendiri diperbolehkan karena mengingat bahwa kalori yang telah dikonsumsi selama tiga hari terakhir sangat rendah, sehingga dapat dikompensasikan dengan konsumsi pisang dan susu skim sebagai snack atau makanan penyeling.
    5. Hari kelima, sup kubis dapat ditambahkan nutrisinya dengan menambahkan daging merah (daging sapi) rendah lemak, daging ayam tanpa kulit, dan tomat. Daging ayamnya pun diusahakan daging dada, yang sedikit mengandung kulit. Karena seperti yang kita ketahui bahwa daging ayam tanpa kulit termasuk sumber protein hewani rendah lemak (dalam 40gram daging ayam tanpa kulit mengandung kalori 50kkal), sedangkan daging ayam dengan kulit termasuk protein hewani tinggi lemak (dalam 55gram daging ayam dengan kulit mengandung kalori 150kkal)[3]. Tomat sendiri kaya akan vitamin dan nutrisi penting lainnya, terlebih lagi, tomat kaya akan mineral, dengan mengandung empat jenis karotenoid utama, yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Secara khusus, sebuah tomat mengandung jumlah yang sangat mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid[4]. Antioksidan bertindak sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyerang dan merusak sel-sel tubuh. Juga, likopen sendiri memiliki kemampuan untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan kardiovaskular, dan memerangi radiasi dari sinar UV.
    6. Hari keenam, sup kubis dapat dimakan bersama daging sapi rendah lemak dan sayur-sayuran hijau.
    7. Hari ketujuh atau hari terakhir, sup kubis dimakan dengan nasi cokelat (brown rice) dan sayuran hijau, lebih baik lagi jika ditambah dengan jus buah tanpa pemanis yang dibuat sendiri. Caranya adalah dengan membuat jus dari buah tanpa menambah gula, sehingga murni sari buah saja.
    Perlu diperhatikan bahwa diet sup kubis/kol ini tidak boleh lebih dari tujuh hari. Jika ingin melakukan diet jenis ini, maka harus menunggu paling sebentar 2 minggu. Tidak disarankan selama mengikuti diet ini, dibarengi dengan aktivitas fisik yang terlalu berat, seperti olah raga rutin dengan kategori olah raga berat. Hal ini disebabkan karena pada saat menjalani diet ini, tubuh benar-benar dipaksa untuk mengolah nutrisi yang ada didalam tubuh untuk menjadi energi. Melalui asupan kalori yang sangat minimal, bahkan kurang, tubuh dipaksa untuk tetap menjalani aktivitas sehari-hari, dengan beban aktivitas yang sama. Kalori yang didapatkan dari menu ini hanya sekitar 1000kkal, dimana kebutuhan kalori orang dewasa umumnya adalah 2000kkal. Hal inilah yang menyebabkan cepatnya penurunan berat badan yang didapatkan dari diet sup kubis/kol ini. Bersamaan dengan penurunan berat badan yang fantastis, kebutuhan akan air pun meningkat, sehingga sangat disarankan bahwa orang yang mengikuti diet ini minum air minimal 2-2.5L/hari.
    Selain keuntungan yang telah dibahas, diet sup kubis/kol ini memiliki dampak yang kurang menyenangkan dan kurang aman. Selama menjalani diet ini, Anda akan merasa kelaparan, lemah, bosan, kehilangan konsentrasi, bahkan merasa sakit. Ketika diet ini selesai, Anda perlu menunggu waktu 2 minggu untuk bisa kembali memulai diet ini lagi. Lalu apa yang akan Anda lakukan selama 2 minggu itu? Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk memuaskan rasa lapar, bosan yang selama ini Anda tahan selama tujuh hari, Anda mungkin akan makan dengan kurang teratur, kembali ke kebiasaan makan yang lama, sehingga justru akan menimbulkan penyakit baru akibat asupan nutrisi yang tidak terkontrol dengan baik. Selain itu, konsumsi kubis dalam jumlah yang banyak dan dalam kurun waktu terus menerus seperti yang diterapkan pada diet ini, akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya saja, kurangan yodium. kandungan glucosinolate pada kubis bisa menyebabkan kekurangan yodium dan menimbulkan gondok sebagai manifestasinya. Hal ini terjadi akibat senyawa yang ada pada kubis, yakni senyawa goitrogens, yang sebagian besar terdiri atas isothiocyanate, disebut dengan 5-vinyl-oxazolydine-2-thion (goitrin). Senyawa ini akan menutup penyerapan yodium dan mengganggu kerja hormon tiroid[5]. Meski efeknya sangat terasa, diet sup kubis/kol yang termasuk diet rendah kalori ini sangat tidak disarankan oleh pakar kesehatan. Akan lebih baik jika menurunkan berat badan 0.5-1kg dalam satu minggu, tetapi dengan diet yang benar.

    Daftar Pustaka
    [1] n.n. 2017. New & Tastier Cabbage Soup Recipe. Retrieved from: http://www.cabbagesoupdiet.recipes/cabbage-soup-recipe/. Diakses pada 7 September 2017, 16.54
    [2] Watson, Stephanie. 2016. The Cabbage Soup Diet. Retrieved from: http://www.webmd.com/diet/a-z/cabbage-soup-diet. Diakses pada 7 September 2017, 16.57
    [3] Waspadji, S., dkk. 2014. Menyusun Diet Berbagai Penyakit: Berdasarkan Daftar Bahan Makanan Penukar. Jakarta: Badan Penerbit FKUI
    [4] Rizqi, Akhadun Nur. 2011. Tugas Akhir: Analisa Kadar Likopen pada Tomat dengan Menggunakan Spektrofotometer. Semarang: Program Studi Diploma III Teknik Kimia Universitas Diponegoro.
    [5] Dalimartha, S., dr., dan dr. Felix Adrian. 2013. Fakta Ilmiah: Buah & Sayur. Jakarta: Penebar Plus.

    Like

  10. Artikel ini ditulis oleh Raden Roro Claude Fernasetti – 41150097

    Diet Sup Kubis (Cabbage Soup Diet)
    Berat badan turun 5kg hanya dalam tujuh hari! Efektif menurunkan berat badan hanya dengan memakan kubis (kol) saja, dijamin aman! Tentu kalimat-kalimat seperti ini sering kita jumpai, baik ketika membaca majalah, membaca artikel diet secara online, bahkan selebaran-selebaran yang ditempel dipinggir jalan. Mungkin mula-mula hanya iseng, yang kemudian berlanjut jadi rasa ingin tahu dan akhirnya mencoba. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan diet sup kubis atau yang lebih populer dikenal dengan istilah cabbage soup diet ini?

    Diet sup kubis atau cabbage soup diet adalah program penurunan berat badan yang menjanjikan penurunan berat badan hingga 5kg dalam waktu tujuh hari. Selama tujuh hari, seseorang akan menkonsumsi makanan berbahan dasar kubis/kol ini, dan biasanya dapat disertai dengan bahan makanan lain. Cara membuat sup kubis pun ada takarannya sendiri. Sup kubis sendiri bahan-bahannya adalah[1]
    1. 6 helai daun bawang, potong halus
    2. 2 buah paprika hijau, potong dadu
    3. 2 kaleng tomat (potong dadu atau biarkan utuh)
    4. 250 g jamur, potong dadu
    5. 1 ikat seledri, potong halus
    6. 1/2 kepala kubis, potong halus
    7. 3 buah wortel, iris tipis
    8. 1 atau 2 kaldu blok/kaldu sayuran (opsional), ditambah garam dan lada sebagai perasa.
    9. Untuk menambah rasa: bubuk cabai, bubuk kari, campuran rempah, dan bumbu lainnya.

    Bahan-bahan ini kemudian dimasak seperi memasak sup biasa, dengan ditambah 12 gelas air, dengan takaran sajian untuk tiga kali makan, pagi, siang dan malam. Dilansir dari laman webmd.com[2], diet sup kubis ini memiliki varian menu sebagai berikut:
    1. Hari pertama, sup kubis ini dapat dimakan bersama dengan kopi hitam, teh tanpa gula, buah-buahan, kecuali buah pisang. Karena seperti yang kita ketahui bahwa pisang merupakan buah dengan kalori yang cukup tinggi, bahkan ada yang mengatakan bahwa satu buah pisang dapat mengandung 100kalori, tentu hal ini akan menganggu diet yang sedang dijalani karena diet sup kubis/kol ini termasuk dalam tipe diet rendah kalori.
    2. Hari kedua, sup kubis hanya boleh dimakan bersama dengan sayuran hijau lainnya, tidak menkonsumsi makanan yang mengandung pati seperti kacang-kacangan, jagung, kacang polong, dan sama sekali tidak memakan buah-buahan.
    3. Hari ketiga, sup kubis dapat dikonsumsi bersama dengan sayuran hijau dan buah-buahan, kecuali pisang.
    4. Hari keempat, sup kubis dapat dikonsumsi bersama dengan pisang dan susu skim sebagai selingan di jam-jam dari sarapan menuju makan siang atau makan siang menuju makan malam. Konsumsi pisang sendiri diperbolehkan karena mengingat bahwa kalori yang telah dikonsumsi selama tiga hari terakhir sangat rendah, sehingga dapat dikompensasikan dengan konsumsi pisang dan susu skim sebagai snack atau makanan penyeling.
    5. Hari kelima, sup kubis dapat ditambahkan nutrisinya dengan menambahkan daging merah (daging sapi) rendah lemak, daging ayam tanpa kulit, dan tomat. Daging ayamnya pun diusahakan daging dada, yang sedikit mengandung kulit. Karena seperti yang kita ketahui bahwa daging ayam tanpa kulit termasuk sumber protein hewani rendah lemak (dalam 40gram daging ayam tanpa kulit mengandung kalori 50kkal), sedangkan daging ayam dengan kulit termasuk protein hewani tinggi lemak (dalam 55gram daging ayam dengan kulit mengandung kalori 150kkal)[3]. Tomat sendiri kaya akan vitamin dan nutrisi penting lainnya, terlebih lagi, tomat kaya akan mineral, dengan mengandung empat jenis karotenoid utama, yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Secara khusus, sebuah tomat mengandung jumlah yang sangat mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid[4]. Antioksidan bertindak sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyerang dan merusak sel-sel tubuh. Juga, likopen sendiri memiliki kemampuan untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan kardiovaskular, dan memerangi radiasi dari sinar UV.
    6. Hari keenam, sup kubis dapat dimakan bersama daging sapi rendah lemak dan sayur-sayuran hijau.
    7. Hari ketujuh atau hari terakhir, sup kubis dimakan dengan nasi cokelat (brown rice) dan sayuran hijau, lebih baik lagi jika ditambah dengan jus buah tanpa pemanis yang dibuat sendiri. Caranya adalah dengan membuat jus dari buah tanpa menambah gula, sehingga murni sari buah saja.

    Perlu diperhatikan bahwa diet sup kubis/kol ini tidak boleh lebih dari tujuh hari. Jika ingin melakukan diet jenis ini, maka harus menunggu paling sebentar 2 minggu. Tidak disarankan selama mengikuti diet ini, dibarengi dengan aktivitas fisik yang terlalu berat, seperti olah raga rutin dengan kategori olah raga berat. Hal ini disebabkan karena pada saat menjalani diet ini, tubuh benar-benar dipaksa untuk mengolah nutrisi yang ada didalam tubuh untuk menjadi energi. Melalui asupan kalori yang sangat minimal, bahkan kurang, tubuh dipaksa untuk tetap menjalani aktivitas sehari-hari, dengan beban aktivitas yang sama. Kalori yang didapatkan dari menu ini hanya sekitar 1000kkal, dimana kebutuhan kalori orang dewasa umumnya adalah 2000kkal. Hal inilah yang menyebabkan cepatnya penurunan berat badan yang didapatkan dari diet sup kubis/kol ini. Bersamaan dengan penurunan berat badan yang fantastis, kebutuhan akan air pun meningkat, sehingga sangat disarankan bahwa orang yang mengikuti diet ini minum air minimal 2-2.5L/hari.

    Selain keuntungan yang telah dibahas, diet sup kubis/kol ini memiliki dampak yang kurang menyenangkan dan kurang aman. Selama menjalani diet ini, Anda akan merasa kelaparan, lemah, bosan, kehilangan konsentrasi, bahkan merasa sakit. Ketika diet ini selesai, Anda perlu menunggu waktu 2 minggu untuk bisa kembali memulai diet ini lagi. Lalu apa yang akan Anda lakukan selama 2 minggu itu? Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk memuaskan rasa lapar, bosan yang selama ini Anda tahan selama tujuh hari, Anda mungkin akan makan dengan kurang teratur, kembali ke kebiasaan makan yang lama, sehingga justru akan menimbulkan penyakit baru akibat asupan nutrisi yang tidak terkontrol dengan baik. Selain itu, konsumsi kubis dalam jumlah yang banyak dan dalam kurun waktu terus menerus seperti yang diterapkan pada diet ini, akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya saja, kurangan yodium. kandungan glucosinolate pada kubis bisa menyebabkan kekurangan yodium dan menimbulkan gondok sebagai manifestasinya. Hal ini terjadi akibat senyawa yang ada pada kubis, yakni senyawa goitrogens, yang sebagian besar terdiri atas isothiocyanate, disebut dengan 5-vinyl-oxazolydine-2-thion (goitrin). Senyawa ini akan menutup penyerapan yodium dan mengganggu kerja hormon tiroid[5]. Meski efeknya sangat terasa, diet sup kubis/kol yang termasuk diet rendah kalori ini sangat tidak disarankan oleh pakar kesehatan. Akan lebih baik jika menurunkan berat badan 0.5-1kg dalam satu minggu, tetapi dengan diet yang benar.

    Daftar Pustaka
    [1] n.n. 2017. New & Tastier Cabbage Soup Recipe. Retrieved from: cabbagesoupdiet.recipes/cabbage-soup-recipe/. Diakses pada 7 September 2017, 16.54
    [2] Watson, Stephanie. 2016. The Cabbage Soup Diet. Retrieved from: webmd.com/diet/a-z/cabbage-soup-diet. Diakses pada 7 September 2017, 16.57
    [3] Waspadji, S., dkk. 2014. Menyusun Diet Berbagai Penyakit: Berdasarkan Daftar Bahan Makanan Penukar. Jakarta: Badan Penerbit FKUI
    [4] Rizqi, Akhadun Nur. 2011. Tugas Akhir: Analisa Kadar Likopen pada Tomat dengan Menggunakan Spektrofotometer. Semarang: Program Studi Diploma III Teknik Kimia Universitas Diponegoro.
    [5] Dalimartha, S., dr., dan dr. Felix Adrian. 2013. Fakta Ilmiah: Buah dan Sayur. Jakarta: Penebar Plus.

    Like

  11. Darah telah mejadi bagian penting dari tubuh manusia. Darah telah menjadi kunci kekebalan tubuh dimana didalamnya terdapat antibodi dan antigen yang akan mengenali dan membunuh mikroorganisme asing yang akan mengganggu kesehatan. Dalam darah terdapat komponen alel yang menentukan golongan darah manusia, terdapat 4 golongan darah manusia ada A, B, AB, dan O, dimana golongan-golongan tersebut merupakan identitas diri kita semenjak kita dilahirkan yang diturunkan dari nenek moyang kita. Didalam buku “Diet sehat golongan darah O karya Dr. Peter J. D’Adamo ini banyak makanan yang sebenarnya berbahaya bagi sel-sel dari golongan darah tertentu. Reaksi kimia yang terjadi ini dikarenakan genetis yang ada dalam darah hal tersebut terlihat dari sebuah faktor “lekti”. Lektin ini merupakan protein yang beraneka ragam yang banyak dijumpai dalam makanan yang didalamnya terdapat faktor penggumpal yang akan mempengaruhi darah. Dimana pengaruh yang diberikan adalah lektin akan digunakan oleh virus ataupun bakteri yang besifat spesifik terhadap golongan darah tertentu. Konsumsi asupan makanan yang didalamnya terdapat lektin yang tidak sesuai antigen golongan darah tertentu, lektin akan ke organ lain dan memulai penggumpalan sel darah di sekitar organ terssebut. Diiberikan contoh bahwa lektin didalam kacang lima bereaksi silang dengan antigen golongan darah O, dengan cara menyerang enzim pencernaan dan mengganggu produksi insulin tubuh.

    Golongan darah O sangat cocok dengan protein hewani, dimana makanan berprotein tinggi dan aktivitas fisik pada sistem pencernaan akan menyebabkan keadaan ketosis, dimanan ketosis merupakan hasil metabolisme makanan protein dan lemakn yang tinggi namun dengan sedikit karbohidrat. Di dalam tubuh keton digunakan sebagai pengganti gula yang akan mempertahankan kadar gula darah. Dalam penghindaran memiliki berat badan berlebih, orang-orang golongan darah O disarankan untuk ketosis, penurunan kalori, dan aktivitas fisik yang konstan. Keberhasilan diet golongan darah O ini tergantung dari konsumsi daging sapi, ayam, ikan yang terbebas dari zat kimia serta segar. Makanan untuk golongan darah O dibagi menjadi 14 kelompok makanan dimana setiap kelompok tersebut akan dibagi menjadi 3 kategori yaitu sangat bermanfaat, netral dan hindari.

    1. Kelompok Daging dan Unggas
    Pada golongan ini perlu diperhatikan pekerjaan dan olahraga yang diambil setiap individu. Semakin berat program olahraga ataupun pekerjaan yang dimiliki semakin tinggi konsumsi asupan protein yang harus dipenuhi.
    Makanan sangat bermanfaat: daging sapi, daging kerbau, hati, jnatung, daging rusa, daging domba, dan daging anak sapi.
    Makanan netral: daging ayam, daging bebek, daging kambing, daging angsa, daging kuda, daging burung unta, daging kelinci, daging kalkun, daging anak burung dara, dan daging tupai.
    Makanan hindari: daging asap, daging ham, daging babi, daging burung puyuh, dan daging penyu.

    2. Kelompok Makanan Hasil Laut
    Pada golongan ini dijelaskan bahwa seafood merupakan protein hewani kedua terbaik bagi keturunan Asia dan Kaukasia-Asia. Minyak ikan yang kaya vitamin K sangat berperan dalam pembekuan darah, dimana gangguan tersebut sering menjadi masalah orang bergolongan darah O. Begitupula fungsi tiroid yang kurang seimbang sehingga terjadi masalah metabolisme dapat diatasi dengan konsumsi seafood yang kaya akan Yodium.
    Makanan sangat bermanfaat: ikan bass, ikan cod, ikan halibut, ikan pike, ikan trout, ikan snapper, dll.
    Makanan Netral: ikan mas, ikan ankovi, tiram, kepiting, ikan sarden, belut, udang, lobster, ikan makerel, ikan tuna. dll.
    Makanan hindari: abalon, ikan lele, gurita, kodok, cumi-cumi, ikan pollack.

    3. Kelompok Telur dan produk susu
    Makanan sangat bermanfaat: tidak ada
    Netral: mentega, telur ayam, telur bebek, keju mozarella, keju feta, dan keju kambing.
    Makanan hindari: keju amerika, keju cheddar, es krim, yogurt, susu sapi, susu kambing, keju parmesan, telur angsa, telur puyuh, dll.

    4. Kelompok Minyak dan Lemak
    Makanan sangat bermanfaat: minyak biji rami, minyak zaitun.
    Makanan netral Minyak biji anggur, minyak kanola, minyak wijen, minyak hati ikan cod.
    Makanan hindari: minyak kelapa, minyak jagung, kacang tanah,, minyak kedelai. minyak bunga matahari.

    5. Kelompok kacang-kaacangan dan biji-bijian
    Sangat bermanfaat: biji kenari, biji labu, biji rami.
    Netral: almond, kacang pecan, mentega wijen, biji wijen, kacang pignola
    Hindari: kacang mete, biji bunga matahari, kacangg tanah, kacang pistachio,chestnut.

    6. Kelompok polong-polongan
    Sangat bermanfaat: kacang adzuki, kacang polong mata hitam
    netral: kacang hitam, kapri, kedelai, tempe, tahu, susu kedelai, kacang merah, miso.
    Hindari: kacang tamarind, kacang ginjal, miju-miju, kacang pinto.

    7. Kelompok Sereal, roti dan pasta
    Sangat bermanfaat: Roti manna
    Netral: Roti kue susu sereal yang mengandung beras, roti tanpa gluten, buckwheat, segala oat, tapioka, mie soba, roti dari tepung kedelai.
    Hindari: Jagung, seral corn, muffin, tepung gluten, granola, sereal grape nuts, roti tak beragi, pasta bayam, gandum wheat segala macam produk.

    8. Kelompok sayur-sayuran
    Sangat bermanfaat: articok, bayam, bawang bombay, beet, brokoli, peterseli, kale, kelp, ubi, lobak vhina, waluh, chicory, escarole.
    Netral: asparagus, bawang merah, bawang putih, cabai, ercis, terung, tomat, wortel, kubis, lada, zaitun, sawi, selada.
    Hindari: avokad, kentang, lidah buaya, mentimun, kembang kol, jagung, jamur.

    9. Kelompok buah-buahan
    Sangat bermanfaat: blueberri, buah ara, mangga, jus nanas, pisang, plum, ceri, jambu biji
    Netral: anggur, apel, melon, belimbing, buah sukun, delima, jeruk, kurma, nanas, pepaya, persik, pir, stoberi, semangka
    Hindari: beri hitam, melon madu, pare, pisang raja, kiwi, blewah, jeruk mandarin, kelapa/santan.

    10. Kelompok Jus dan sirop
    Pada bagian ini lebih melihat pada kelompok 8 dan 9 mengenai apa yang harus dijus.

    11. Kelompok bumbu-bumbuan
    Sangat bermanfaat: alga merah, bumbu kari, kunir, cabai, kelp, daun peterseli
    Netral: agar-agar, madu, paprika, cokelat, oregano, pepermint, daun ketumbar, salam, selasih, rosemari, kunyit, kapulaga, kayu manis, jintan, gula jawa, lada, dll.
    Hindari:biji pala, msg, pati jagung, ganggang laut, dekstrosa, fruktosa

    12. Kelompok penyedap rasa
    Sangat bermanfaat: tidak ada
    Netral: jeli, selai, saus salad, mustard
    Hindari: Mayonaise, pickeld redish, acar, saus tomat.

    13. Kelompok Tanaman obat dan teh herbal
    Sangat bermanfaat: Dandelion, jahe, mulberi, pepeprmint, sarsaparilla, linden.
    Netral: ginseng, kamomil, daun raspberri, spearmint, dll.
    Hindari: lidah buaya, daun strawberi, clover merah, gentian, shepherd purse.

    14. Kelompok berbagai minuman
    Sangat bermanfaat: air soda, teh hijau
    Netral: anggur merah
    Hindari: anggur putih, teh hitam, kopi, minuman keras

    Jadi dapat disimpulkan dari pembahasan di atas, sebaiknya mengkonsumsi makanan tinggi protein baik dari daging, ikan sayur mayur dan buah-buahan. Membatasi kacang-kacang dan polong-pongan serta sereal. Menghindari gandum, jagung, tauge, dan produk susu. dan sebaiknya mengkonsumsi makanan hasil laut, kelp, daging merah, hati, kale, bayam brokoli dan minyak zaitun. Suplemen yang dikonsumsi yang kaya akan vitamin B, vitamin K, kalsium, Yodium, Licorice, dan Kelp. Kegiatan olahraga sebaiknya yang intensif seperti aerobik, lari, dan bela diri.

    DAFTAR PUSTAKA:

    D’Adamo, P.J., dan Whitney, C. 2014. DIET SEHAT GOLONGAN DARAH O: ALL TIME BEST SELLER. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

    Artikel ini ditulis oleh Chatarina Triskawardani Kusumaningrum – 41150088

    Like

  12. Di bawah ini yang merupakan peranan kolesterol bagi tubuh adalah:
    a. mempertahankan fungsi metabolik dan pembentukan sel darah agar tetap normal
    b. perkusor terhadap sintesis asam empedu dan hormon steroid
    c. mengatur keseimbangan asam basa
    d. memberi citarasa manis ke dalam makanan
    e. mencegah cedera oksidatif akibat radikal bebas
    jawaban: C
    sumber: Buku Asuhan Gizi Klinik halaman 12.

    Nadia Stephanie Tuankotta-41150074

    Like

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s