Be Nice At Commenting

If we comment on a post, and we just leave a link, without real comment, it could be called spamming. However, if the link is related to the post, I think it would be OK. It’s just like comparing our point of view with the one we comment on. But, if the link is just linked to our newly made blog, and even don’t share the same interest with the post we commenting, it’s could be called shameless plug.

Another opinion: Reasons to blog

Traffic, for newbie on blogging is one of the goal. Novice on blogging is longing for the visitor traffic indicator to rise up. They even don’t pray to a big number, just 10 a day or 50 per week is very encouraging for them. I am also think like that in my first blogging experience, and sometimes when working on new blog project.

So we can overcome this shameless commenting manner by two ways. First, as a commentator, please give your point of view, short praise is not mandatory, but try to manage your comment on 1-3 sentences. It would raise your chance to have your comment are not being erased. Don’t worry to add a link to your comment, as long as you did the above things. Notice that your name (if you logged in when commenting) is an automated link to your blog (you can set the preferences).

komentar blogging

 

Second, as a blog owner, especially who don’t want receiving just-link comments, be literal to your reader. You can also set a mini guide to comment on your blog. I ever see a blogger that prohibit the reader to praise him, he did this by editing the comment form. If you think that the comments are not-for-you, you can always delete them, or perhaps you can report it as spam. The person who comment without reading the post is out there, some of them eventually will visit you. Just be bold in your commenting rules, don’t post it in regular way, use a widget or modify the commenting form, so they are ‘forced’ to read the commenting rules.

@dokteryoseph

bantu situs ini tetap online

15 thoughts on “Be Nice At Commenting

  1. Isabella Diah Ayu August 31, 2017 — 7:31 am

    Selamat pagi Yth. dokter Yoseph,
    saya Isabella Diah Ayu berpendapat bahwa tugas ini membantu kami untuk mengembangkan bakat menulis kami. Metode tugas step by step ini mendorong kami untuk berpikir cepat, kreatif dalam suatu pemecahan masalah, serta melatih ketelitian kami dalam pengerjaan tugas.
    Kemudian berkenaan dengan pretest yang telah kami laksanakan, saya rasa sejujurnya kurang efektif. Hal tersebut di karenakan gangguan koneksi internet yang di alami beberapa mahasiswa menyebabkan kegagalan submit.
    Saya ingin memberikan saran, alangkah baiknya jika memang ingin melakukan test melalui web, bisa di lakukan dengan metode CBT (Computer Based Test) dimana semua mahasiswa memiliki proporsi yang sama rata. Sekian pendapat dari saya dokter Yoseph. Saya mohon maaf apabila ada salah kata. Terima kasih.

    Isabella Diah Ayu – 41150053

    Like

  2. Isaias Stany Renjaan August 31, 2017 — 7:50 am

    Selamat pagi dokter yoseph.
    Saya isaias stany renjaan, nim 41150080 ingin memberikan sedikit komentar tentang tugas bertahap yang sudah dan sedang dijalani ini.
    Bagi saya apapun metode yang digunakan asalkan bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi saya maka saya akan sangat setuju dengannya seperti tugas bertahap yang sedang diterapkan saat ini. Tugas bertahap ini melatih saya untuk selalu siap sedia sebagai mahasiswa, apalagi sebagai mahasiswa FK yang kelak akan menjadi dokter. Saya harus memiliki target menyelesaikan tugas sesuai deadline yang diajukan. Hal inipun melatih saya untuk tidak bermalas-malasan tetapi melakukan sesuatu yang bermanfaat dan positif tentunya.
    Tugas yang dilakukan ini menerapkan IPTEK yang terus berkembang di zaman ini sehingga bagi saya ini merupakan trobosan baru dalam dunia pendidikan untuk menggali suatu masalah atau ilmu pengetahuan secara personal tetapi juga membagikannya kepada pembaca atau pengguna media sosial agar dapat saling bertukar informasi. Mengingat saat ini semakin banyak pengguna media sosial yang melakukan pencarian literatur melalui internet. Saya sangat senang karena tugas ini dapat di post di media sosial dan dapat dibaca oleh para pembaca.
    Akhirnya secara keseluruhan saya sangat puas dan setuju dengan tugas bertahap yang diberikan ini dan saya berharap tugas ini dapat dikembangkan terus sehingga menjadi buah bagi sesama.
    Terimakasih dokter yoseph
    Tuhan memberkati selalu. Amin

    Isaias Stany Renjaan – 41150080

    Like

  3. Selamat pagi, dokter Yoseph.
    Saya hendak menyampaikan pendapat Saya mengenai penerapan tugas bertahap ini. Apa yang Saya lihat melalui kacamata Saya adalah bagaimana tugas ini, selain menambah poin kami mahasiswa, juga memberi kami banyak pelajaran yang lain. Jika boleh, Saya mengandaikan penerapan tugas ini seperti permainan Hunger Games, di mana kita, para mahasiswa/i, tidak akan tahu kapan, bagaimana, tugas (kalau boleh selanjutnya Saya sebut dengan “misi”, karena ketika kita berhasil melakukan tugas tersebut dengan baik, kita akan mendapatkan sejumlah poin) selanjutnya. Kami menjadi berjaga-jaga, seperti seorang dokter yang berjaga-jaga, karena seorang dokter tidak akan pernah tahu kapan, bagaimana, pasien selanjutnya akan tiba. Istimewanya, dalam Hunger Games, para peserta akan saling menjatuhkan demi menjadi yang terbaik, dibunuh atau terbunuh. Namun, tidak demikian dengan penerapan tugas ini. Melalui tugas ini kami menjadi saling peduli, siapapun yang mengunjungi situs dan menemukan “misi” baru akan langsung menghubungi teman-teman melalui grup chat dan saling mengingatkan deadline-nya. Kami juga jadi saling membantu, misalnya saja seperti tugas Jurnal atau makanan/minuman kemasan kemarin, karena tidak boleh sama kami saling mencarikan teman kami. Meskipun motifnya adalah “sama-sama aman”, tapi selanjutnya kita menyadari bahwa kita ingin teman kita “aman” dan tetap mendapat bahan penugasan. Bahan penugasannya sendiri pun sederhana dan mudah diterapkan dalam hidup sehari-hari. Contohnya saja, sekarang ini Saya menjadi benar-benar peduli pada apa yang Saya makan, camilan yang Saya konsumsi, bagaimana mengubah kebiasaan ngemil di malam hari, membaca nutrition facts dikemasan makanan Saya. Bagi Saya yang senang membaca dan menyukai keteraturan, hal ini sangat menyenangkan untuk dilakukan dan dipelajari.

    Karena manfaatnya yang tidak hanya melulu mengenai nilai, tetapi juga dalam hubungan dengan teman, Saya rasa penugasan ini sangat baik jika masih diterapkan untuk selanjutnya.

    Demikian pendapat Saya mengenai penerapan tugas bertahap ini.
    Terima kasih, dokter Yoseph atas kesempatannya.

    Komentar ini ditulis oleh Raden Roro Claude Fernasetti – 41150097

    Like

  4. Menurut saya, tugas ini bagus sebagai pengganti responsi karena tugas ini dikerjakan step by step sehingga bebannya lebih ringan dibanding responsi yang dilaksanakan dalam bentuk ujian tertulis. Tugas ini juga memotivasi kita untuk mencari informasi lebih jauh dan tidak hanya sekedar belajar sewaktu untuk menghadapi responsi. Saran saya untuk pretes praktikum sebaiknya menggunakan tes tertulis karena jika menggunakan web maka ada beberapa mahasiswa yang pretesnya tidak terkumpul akibat masalah jaringan.

    Yudi Andika – 41150071

    Like

  5. Selamat pagi dokter Yoseph. Saya Fajar Sutrisna akan memberikan komentar terkait:
    Tugas bertahap:
    Saya rasa hal ini cukup unik dan jarang dilakuan oleh dosen lain, jadi dengan demikian saya memberikan tanggapan positif terhadap tugas bertahap yang dilakukan menggunakan media perantara internet ini. Karena dengan adanya tugas bertahap ini kita bisa lebih mengembangkan wawasan kita terkait topic-topik yang telah ditentukan. Dengan adanya tugas ini juga membantu kita agar lebih memperhatikan keberadaan sekitar yaitu dengan melakukan pengecekan setiap saat terhadap ada atau tidaknya tugas pada hari tertentu. Menurut saya mahasiswa lain juga memberikan tanggapan yang sama terhadap tugas bertahap ini, karena mereka juga dapat langsung meihat apa yang mereka kerjakan dan teman mereka kerjakan.
    Pretest:
    Menurut saya, mungkin keberadaan pretest ini yang menjadi batu sandungan bagi kelancaran terhapap praktikum Biokimia ini. Dengan adanya pretest online, memang sangat bermafaat, tetepi permasalahan yang membuat saya memberikan tanggapan kurang baik terhadap hal ini adalah dimana tidak disediakan koneksi yang memadai, sehingga membuat beberapa mahasiswa tidak dapat mengirimkan hasil belajar mereka karena koneksinya terputus ataupun terganggu.
    Website:
    Saya memberikan sedikit saran untuk tampilan websitenya, mungkin bisa ditambahkan keberadaan dari menu bar agar lebih memudahkan untuk mendapatkan informasi yang ingin dicari tanpa harus men-scroll panjang lebar.

    Demikian komentar dari saya, kiranya dapat membantu. Sekian dan terimakasih.

    I Made Fajar Sutrisna Himawan – 41150079

    Like

  6. Soviasti Carissa Grace August 31, 2017 — 7:55 am

    Selamat pagi dr. Yoseph, saya Soviasti Carissa Grace- NIM 41150063 . Menurut saya tugas yang diberikan melalui website beruba step-step salah sati cara yang bagus. Karena buat saya pribadi bisa melatih kemampuan menulis saya dengan teliti, rapi, dan cepat. Saya memang lumayan kesulitan jika untuk merangkai kata untuk dijadikan kalimat yang efektif dan indah, namun di tugas step-step ini saya belajar dan harus melakukannya dengan cepat karena ada deadlinenya. Belum lagi disini dilatih untuk selalu update jika ada tugas, jd lebih antusias untuk menunggu tugas selanjutnya. Saya juga berlatih untuk mencapai nilai terbaik memang butuh perjuangan. Belum lagi tugas ini juga melatih ketelitian karena tugas yang di submit tidak boleh sama 1 dengan lainnya. Untuk pretest via web, saya kurang setuju karena terkendala sinyal internet yg kadang error yang membuat sebagian mahasiswa sebenarnya bisa mengerjakan jadi tidak dinilai karena tugas tidak terkumpul. Tapi secara keseluruhan sistem penugasan dan pretest yang sangat menarik dan berkembang mengikuti kemajuan teknologi yang sekarang ada. Terima kasih dr. Yoseph, maaf jika ada kata yang kurang berkenan.

    Like

  7. Komang Srighandi U Uliana August 31, 2017 — 7:57 am

    Selamat pagi dokter Yoseph ,saya Komang Srighandi Utami Uliana NIM : 41150044,menurut saya pemberian tugas secara bertahap mengajarkan saya untuk lebih teliti terhadap tugas saya,saya menjadi lebih “aware” terhadap setiap tugas saya. Pemberian tugas secara bertahap mengajarkan saya untuk teliti pada setiap step dan menjadi lebih peduli untuk mengingatkan teman-teman tentang tugas-tugas yang di berikan. Penugasan yang banyak konten menulis ini membuat saya berlatih menulis sejak awal. Saran saya dalam proses pembelajaran dan penugasan pada praktikum gizi kali ini adalah sebaiknya apabila pretest ingin dilaksanakan melalui web,sebaiknya dilakukan di laboratorium komputer,agar dapat dipastikan jenis PC yang digunakan dan koneksi setiap mahasiswa sama. Terimakasih dokter
    Sekian pendapat dan saran dari saya
    Komang S U Uliana – 41150044

    Like

  8. I putu restu wibawa August 31, 2017 — 7:57 am

    Selamat pagi dokter yoseph saya restu wibawa ingin memberikan komentar mengenai tugas yang diberikan secara bertahap ini. Menurut saya, tugas yang diberikan secara bertahap ini sangat membantu saya selain untuk membantu dalam hal responsi tugas ini juga sangat membantu dalam hal menambah wawasan saya. Dimana dari tugas – tugas yang diberikan mau tidak mau saya harus membaca untuk mengerjakan tugas yang diberikan tersebut. Selain itu tugas ini juga mengembangkan cara menulis saya. Tugas ini juga mengajarkan saya untuk selalu siap setiap saat. Dimana hal tersebut sangat diperlukan ketika kita menjadi seorang dokter, agar selalu siap setiap. Sekian pendapat dari saya, saya mohon maaf apa bila ada salah kata.

    Restu wibawa – 41150090

    Like

  9. Selamat pagi dr Yoseph saya Corvi Atria NIM 41150076 ingin memberikan komentar mengenai tugas ini.
    Menurut saya tugas bertahap seperti ini sangat membantu kami dalam hal menulis, sehingga kami dapat melatih kemampuan kami dalam hal menulis untuk persiapan menulis skripsi. Selain dalam hal menulis tugas dengan tugas step by step ini membantu saya dalam hal berpikir yang kritis dan kreatif terhadap suatu hal, selain itu juga mempermudahkan kami dalam hal pengerjaan. Dalam hal ini saya menjadi belajar untuk selalu mengerjakan tugas tepat waktu, bertanggung jawab, dan juga pada tugas ini diberi kebebasan untuk kita mencari artikel/jurnal yang tidak sama dengan teman, sehingga dapat memotivasi kami untuk mengeksplor lagi hal hal baru dan teliti dalam pengerjaannya. Untuk pretest biokimia gizi 2 menurut saya itu adalah hal yang bagus, mempermudahkan mahasiswa untuk mengerjakan pretest tersebut namun apabila terdapat gangguan koneksi dapat menjadikan kegagalan submit dalam pengerjaan, sehingga dari mahasiswa satu dan mahasiswa lainnya tidak memiliki porsi yang sama dalam hal pengerjaan ini dikarenakan gangguan koneksi. Sekian pendapat dari saya, apabila terdapat kata-kata yang kurang berekanan saya mohon maaf. Terimakasih dokter Yoseph.

    Corvi Atria Eridani Parera – 41150076

    Like

  10. Maria christina p August 31, 2017 — 8:00 am

    Selamat pagi dokter Yoseph, saya Maria Christina Prabowo – NIM 41150052, hendak menanggapi tentang tugas bertahap ini. Jujur disini saya sangat bersyukur karena responsi gizi 1 diadakan bertahap seperti ini karena hal ini sangat membantu mahasiswa dalam mencapai nilai yang maksimal. Selain itu, tugas bertahap ini menurut saya sangat “out of the box” dimana hal ini membuat kami tidak bosan dengan responsi yang selama ini notabene masuk ke ruangan, diberi waktu mengerjakan soal-soal yang belum tentu kami semua bisa kerjakan. Namun di sisi lain, hal ini juga membuat kami “deg-degan” karena kapanpun itu tugas bisa saja dipost. Kekurangan yang mungkin ada dari penugasan bertahap ini salah satunya berdampak bagi mahasiswa yang “gaptek”, sehingga tidak jarang ada mahasiswa yang kebingungan dalam mengakses dan mengerjakan tugas ini. Di samping itu, koneksi internet yang jelek mungkin juga menjadi kendala. Diluar itu, saya sangat berterima kasih karena dokter sangat membantu kami mendapatkan nilai yang baik dengan tugas bertahap ini. Akhir kata, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata kata yang saya tuliskan. Tuhan memberkati.

    Like

  11. Selamat pagi dokter, saya Julia Elfreda Chandra dengan NIM 41150022, hendak memberi komentar terkait tugas bertahap yang telah dokter berikan. Sejauh ini saya belum pernah menemukan responsi yang diubah menjadi tugas take home sehingga saya merasa amazed oleh ide tersebut. Namun karena belum terbiasa dengan adanya sistem penugasan seperti ini, saya jadi sedikit kewalahan seperti lupa mengecek web (karena biasanya tidak mengecek), atau tugas datang dikala sedang ada tugas lainnya. Namun hingga step ke-4 ini, saya tidak merasa terbebani dengan adanya sistem penugasan ini, karena selain membantu mengurangi responsi ujian, sistem penugasan ini juga seperti ‘memaksa’ saya untuk bisa belajar setiap saat karena adanya penugasan beruntun meski tidak setiap hari. Hal tersebut sangat membantu saya sehingga saya yang terkadang hanya sempat belajar sedikit, menjadi belajar lebih banyak karena tugas tersebut. Dan hal ini sangat menyenangkan.
    Lalu, untuk masalah pretest Biokimia Gizi 2 kemarin, itu juga baru saya temui sepanjang perkuliahan saya di UKDW ini. Meski cukup efektif dalam pengerjaan (tanpa kertas dan alat tulis) dan pemberian nilai (sehingga bisa langsung mengetahui nilai), namun sepertinya kurang efektif karena bisa saja terjadi kesalahan atau delay dalam pengerjaan dan post nilainya (jaringan jelek). Selain itu, bahan yang hendak di uji, alangkah lebih baiknya bila diberikan titik fokusnya, karena meski ada waktu membaca, namun disisi lain, ada tugas yang harus di selesaikan dan mengakibatkan buku hijau tersebut tidak terbaca seutuhnya. Meski demikian, inhal dari pretestnya pun bukan dalam bentuk pengerjaan soal lagi, melainkan suatu bentuk sosialisasi kepada masyarakat dalam bentuk pemberian makanan bergizi. Hal ini sangat diluar dugaan saya, karena selama ini, inhal yang diberikan berupa tugas atau pengerjaan soal. Namun ternyata, sosialisasi masyarakat. Itu merupakan ide yang tidak terpikirkan oleh saya. Sangat kreatif. Sekian saja pendapat/komentar saya mengenai tugas bertahap dan kritik serta saran mengenai pretest Biokimia Gizi 2 kemarin. Mohon maaf bila terjadi kesalahan dalam kata-kata. Terima kasih

    JULIA ELFREDA CHANDRA – 41150022

    Like

  12. Andrean Jefrian Manihuruk August 31, 2017 — 8:08 am

    Selamat pagi Dokter Yoseph, saya Andrean Jefrian Manihuruk-41150096
    Menurut saya tugas-tugas yang diberikan dokter pada mahasiswa sangat baik dan menarik, karena disini mahasiswa dituntut lebih aktif untuk mengerjakan tugas yang diberikan dokter. Tugas diberikan juga sangat membantu kami para mahasiswa untuk lebih belajar lagi sesuai materi yang diberikan dokter yaitu tentang biokimia gizi. Sebelumnya terimakasih terhadap dokter Yoseph karena telah memberikan tugas ini pada kami, sehingga kami sekarang ini lebih aktif dan giat untuk lebih belajar lagi. Semoga kedepan dokter Yoseph memiliki ide-ide yang inovatif lagi dan menarik seperti ini agar kami lebih baik lagi untuk kedepannya.
    Terimakasih.

    Like

  13. Selamat pagi dr. Yoseph, saya Bagus Angga ingin memberikan komentar dan saran terkait tugas ini. Menurut saya tugas bertahap yang dokter berikan sangat bermanfaat bagi saya karena dengan diberikannya tugas bertahap bisa membantu saya dalam penulisan untuk skripsi nanti, dan melatih ketelitian dalam penulisan dan memperluas wawasan saya, kemudian membuat saya rajin dalam mengecek website, membagi waktu untuk membuat step by step tugas bertahap yg dokter berikan karena setiap tugas memiliki deadline pengerjaan masing masing.

    Untuk pretest biokimia 2 yang sudah dilakukan alangkah baiknya jika dilakukan secara tertulis karena untuk masuk secara bersamaan dalam 1 gform membuat jaringan internet menjadi tidak stabil dan juga bisa membuat smarphone menjadi lemot.

    Sekian pendapat dan saran saya mengenai tugas bertahap, jika ada penulisan yang salah atau tidak berkenan saya mohon maaf. Terimakasih dokter Yoseph.

    Bagus Anggawaisna S – 41150095

    Like

  14. Sendy Tampubolon August 31, 2017 — 8:20 am

    Selamat pagi dokter Yoseph, saya Sendy Tampubolon NIM 41150023 ingin menyampaikan pendapat saya untuk tugas yang selama ini dokter berikan kepada kami.

    Mungkin tidak sekreatif teman-teman yang lain, saya menyampaikannya dengan simpel saja. Tugas yang dokter berikan adalah tugas-tugas yang unik dan tidak monoton, sehingga saya juga menikmati saat-saat melakukan tugas tersebut. Beberapa tugas bahkan memberikan hobi baru bagi saya, yakni seperti mengecek setiap takaran gizi dari makanan atau minuman yang saya konsumsi dan melihat-lihat jurnal menarik untuk dibaca sekedar untuk menambah pengetahuan. Selain itu, kemampuan dalam meringkas jurnal dan kreatifitas dalam membuat sebuah artikel juga dapat ditingkatkan.

    Namun setiap tugas pasti punya kendalanya, seperti harus mengecek web setiap hari padahal saya tidak punya hobi serupa.

    Untuk sistem pretest yang dokter berikan saya mengaku senang dengan ide baru yang dokter lakukan untuk hal ini. Namun, alangkah baiknya bila dilakukan dengan persiapan menyeluruh yang matang. Seperti kondisi internet agar semua data dari mahasiswa dapat masuk ke database dokter dengan baik.

    Sekian pendapat saya dokter, mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam kata-kata. Terima kasih

    Sendy Tampubolon-41150023

    Like

  15. Adek Widya P. Saraswati August 31, 2017 — 9:33 am

    Selamat pagi dokter Yoseph, saya Adek Widya P. Saraswati NIM 41150050 ingin memberikan pendapat mengenai tugas yang dokter berikan melalui beberap tahap ini. Melalui tugas yang diberikan saya merasa sangat berguna bagi saya seperti saya harus selalu teliti memperhatikan setiap tahap yang diberikan, disiplin dalam mengerjakan tugas karena setiap tahap ada deadline yang berbeda, selain itu saya juga lebih belajar tentang iptek karena tugas-tugas yang diberikan diumumkan melalui web dan dikumpulkan melalui email. Tugas yang diberikan memberikan saya pengetahuan yang lebih terkait gizi baik tentang jumlah kalori yang dibutuhkan, dan tentang bagaimana gizi seinbang itu. Terkait pretes, metodenya sangat baik melalu web sehingga menghemat kertas.

    Like

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close