komentar blogging

Be Nice At Commenting

If we comment on a post, and we just leave a link, without real comment, it could be called spamming. However, if the link is related to the post, I think it would be OK. It’s just like comparing our point of view with the one we comment on. But, if the link is just linked to our newly made blog, and even don’t share the same interest with the post we commenting, it’s could be called shameless plug.

Traffic, for newbie on blogging is one of the goal. Novice on blogging is longing for the visitor traffic indicator to rise up. They even don’t pray to a big number, just 10 a day or 50 per week is very encouraging for them. I am also think like that in my first blogging experience, and sometimes when working on new blog project.

So we can overcome this shameless commenting manner by two ways. First, as a commentator, please give your point of view, short praise is not mandatory, but try to manage your comment on 1-3 sentences. It would raise your chance to have your comment are not being erased. Don’t worry to add a link to your comment, as long as you did the above things. Notice that your name (if you logged in when commenting) is an automated link to your blog (you can set the preferences).

komentar blogging

 

Second, as a blog owner, especially who don’t want receiving just-link comments, be literal to your reader. You can also set a mini guide to comment on your blog. I ever see a blogger that prohibit the reader to praise him, he did this by editing the comment form. If you think that the comments are not-for-you, you can always delete them, or perhaps you can report it as spam. The person who comment without reading the post is out there, some of them eventually will visit you. Just be bold in your commenting rules, don’t post it in regular way, use a widget or modify the commenting form, so they are ‘forced’ to read the commenting rules.

@dokteryoseph

 

93 thoughts on “Be Nice At Commenting

  1. selamat siang dokter Yoseph. saya drian putra pamungkas . jadi menurut saya tugas yang diberikan secara bertahap ini sangat membantu . selain membuat saya tambah teliti dalam mengerjakannya tugas ini juga melatih tanggung jawab dan belajar melakukan pembagian waktu yang baik. namun ada hal yang cukup memberatkan bagi saya . contohnya saya dan teman2 harus rajin melihat situs ini untuk memantau apakah ada tugas baru yang diberikan , dan selang pemberian tugas dengan pengumpulannya ada yang terlalu pendek. terimakasih dokter . sekian pendapat dari saya .

    Like

  2. Selamat siang dr. Yoseph, saya tiffany ingin memberikan pendapat mengenai tugas bertahap ini.

    Menurut saya pribadi, penerapan tugas bertahap ini memberikan banyak manfaat bagi saya. Manfaat tersebut diantaranya adalah saya dilatih untuk menjadi lebih sigap dalam menghadapi tantangan yang baru, lebih berani untuk berpikir kritis, lebih efisien dalam  memanajemen waktu, lebih kreatif dalam menulis dan lebih teliti dalam mengerjakan suatu hal.
    Saran saya untuk kedepannya mohon Dokter pertimbangkan untuk pemberian deadline sebaiknya minimal 2×24 jam setelah pengumuman instruksi tugas bertahap di unggah di website. Selain itu, untuk pelaksanaan pretest, sebaiknya dilaksanakan secara tertulis Dok atau apabila tetap dilaksanakan secara online, lebih baik dilaksanakan di lab komputer FK, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan gangguan internet / kesalahan teknis.
    Demikian yang dapat saya sampaikan Dok. Mohon maaf apabila ada kata – kata yang kurang berkenan. Terima kasih.

    Tiffany Budijanto – 41150057

    Like

  3. Selamat siamg dokter Yoseph saya menyampaikan komentar saya. Menurut saya semua tugas yang telah diberikan dokter Yoseph semua mempunyai alasan dan saya merasa alasanya baik. Dimulai dari filosofi makanan kita belajar tentang filsafat, kita belajar tentang hal yang kecil dapat menjadi hal yang luas agar berpikir secara kritis yang dapat dipertanggung jawabkan, mencatat kandungan gizi agar kita jadi paham cara menilai kandungan dalam suatu produk makanan, hingga meringkas jurnal agar pengetahuan kita tentang gizi dan metabolisme selalu diperbaharui. Menurut saya dengan pemberian materi dan tugas seperti ini adalah suatu cara yang baru dan kreatif. Akan tetapi menurut saya untuk pretest online terkadang server bisa down karena terlalu banyaknya pengunjung blog dan pada akhirnya bisa lambat untuk memuat. Dan mungkin sebelum ada post di blog mungkin bisa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Terimakasih dokter Yoseph, selamat siang dan mohon maaf bila saya mempunyai salah kata.

    Dimas Satrio Wicaksono – 41150084

    Like

  4. Selamat siang dokter Yoseph. Saya Wili Dirda Adventio, ingin memberikan komentar mengenai tugas bertahap ini. Tugas bertahap ini saya yakin melatih kita untuk mencoba disiplin terhadap waktu yang ada. Dengan tugas bertahap ini saya berpikir dokter Yoseph ingin melatih kita untuk tetap rajin dalam mengerjakan tugas-tugasnya, terutama untuk melatih kita menulis skripsi nantinya. Selain itu saya juga berpikir bahwa tugas bertahap yang memiliki deadline ini melatih kita sebagai calon dokter, dimana kita harus siap selalu dalam pekerjaan kita kedepannya. Saya pikir dengan mengerjakan tugas yang sangat bervariasi membuat belajar dalam blok ini tidak terlalu monoton sehingga cara-cara tugas bertahap merupakan hal yang unik untuk dilakukan. Mungkin saran saya buat pengumpulan tugas deadlinenya bisa diberi kelonggaran, seperti tugas jurnal yang kemarin paling tidak minimal 2 hari atau 2×24 jam, supaya tugasnya dapat dikerjakan secara maksimal.
    Terima kasih dokter Yoseph atas kesempatan yang diberikan dan mohon maaf jika ada kata yang salah, Tuhan memberkati. Selamat siang dokter.

    Wili Dirda Adventio- 41150037

    Like

  5. Selamat pagi dokter Yoseph. Saya Ave Maria Rosario NIM 41150086, ingin memberikan komentar terkait tugas bertahap yang diberikan.
    Menurut saya tugas bertahap yang sudah diberikan sangat bermanfaat. Disini saya mendapatkan banyak sumber serta informasi terkait gizi. Selain pengetahuan terkait gizi ataupun materi dalam blok ini, tugas bertahap melalui Web sangat menarik, karena tugas yang diberikan berbeda dengan tugas yang diberikan oleh pengajar ataupun dokter lainnya. Saya rasa dengan adanya tugas bertahap melalu Web kita lebih mudah mengerjakannya (contohnya, dapat dikerjakan dimana saja), terlebih sekarang internet memang sudah banyak digunakan. Tugas melalui Web memang sangat menarik, namun menurut saya tidak untuk pretest. Karna dari pengalaman saya dan teman-teman, Pretest kurang tepat jika menggunakan sistem yang perlu melalui Web (contohnya, beberapa mahasiswa yang sudah mengisi namun terhambat oleh jaringan). Mungkin, lebih baik saat dilakukannya pretest menggunakan sistem seperti ini dilakukan di komputer bersama-sama yang sudah disediakan di ruang Komputer/IT kampus.
    Sekian komentar yang dapat saya berikan, mohon maaf bila ada kesalahan. Selamat Pagi.

    Ave Maria Rosario – 411150086

    Like

  6. Selamat siang, Dokter. Saya Ester Novitasari NIM 41150047. Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih, dok, karena menurut saya tugas berupa tahapan yang dokter berikan menambah wawasan saya. Dilihat dari materi tugasnya membuat saya semakin sadar dan tahu apa yang selama ini saya konsumsi. Saya belajar juga bagaimana membaca suatu kemasan mulai dari fakta gizinya sampai membaca kode produksi. Dari tugas meringkas jurnal juga menuntun saya untuk mau tidak mau membaca jurnal secara keseluruhan dan menambah wawasan saya. Namun yang menurut saya mungkin kurang terkontrol adalah informasi mengenai waktu tugas muncul, sehingga untuk mengetahuinya mahasiswa dituntut untuk aktif mencari tahu. Dari sini juga menjadi pembelajaran saya untuk menjadi lebih aktif lagi sebagai mahasiswi yang mencari ilmu.
    Demikian komentar ini saya buat demi kemajuan kita bersama, apabila ada kalimat yang menyinggung baik secara langsung maupun tidak langsung saya mohon maaf sebesar-besarnya.. Terimakasih.

    Komentar ini ditulis oleh Ester Novitasari – 41150047

    Like

  7. Selamat pagi dr. Yoseph perkenalkan nama saya Meiza. Saya ingin memberikan pendapat saya mengenai take home test yang dilakukan secara bertahap. Menurut saya tugas terserbut sangat membantu kami dalam mempelajari gizi lebih dalam lagi dan membuat kami lebih kreatif. Take home test membuat kami belajar untuk menulis segala sesuatu untuk persiapan skrispsi kami nantinya. Selain itu menurut saya pretest yang dilakukan secara online memang efektif namun saya pribadi mengalami kesulitan karena server down. Mungkin untuk kedepannya dapat menggunakan lab komputer untuk menghindari hal tersebut. Selain itu tugas yang diberikan memberikan kita kepekaan terhadap lingkungan sekitar kita karena kita jadi tahu mungkin orang yang dilingkungan kita bisa saja kekurangan gizi atau kelebihan gizi dan juga tugas yang diberikan sebagai inhal juga membuat kita lebih peka kepada sodara-sodara kita yang membutuhkan. Sekian pendapat dari saya dr. Yoseph. Terimakasih

    Meiza Dwihestiarini – 41150039

    Like

  8. Selamat siang dokter nama saya Dian Leandro Purba nim 41150067. Pemberian tugas yang bertahap ini menurut saya bermanfaat dalam hal melatih kedisiplinan dimana tiap tugas memiliki deadline, ketelitian kami juga di latih melalui syarat-syarat dalam pengerjaan tugas yang harus kami penuhi. Namun dalam pemberian pengumuman tugas baru sebaiknya tidak hanya menggunakan web site dan juga deadline pengiriman tugas sebaiknya di sesuaikan dengan tingkat kesulitan tugas agar kami dapat mengerjakan tugas dengan maksimal , contohnya tugas meringkas jurnal saya rasa waktunya tidak cukup

    Demikian komentar saya. Terima kasih dokter

    Like

  9. Selamat siang dokter Yoseph, menurut saya tugas yang diberikan oleh dokter yoseph kepada kami dari tahap 1 sampai dengan tahap 3 benar benar banyak membantu kami, mulai dari tugas tanggapan tentang istilah you are what you eat, tugas menulis informasi nilai gizi sampai meringkas jurnal tentang gizi. Tugas yang diberikan oleh dokter Yoseph tidak hanya membantu kami dalam hal ilmu pengetahuan dan tentang wawasan baru tetapi juga tentang cara kita melihat sesuatu hal yang baru dari perspektif kita serta membuat kami lebih pintar dalam mengatur waktu dengan cara mengerjakan tugas yang diberikan beliau secara bertahap, membantu kami untuk lebih inovatif dalam merangkai kalimat dan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta membantu kami untuk mengenal lebih jauh cara pembelajaran yang melibatkan masalah teknologi informasi. Saya disini sebagai mahasiswa benar benar merasa banyak terbantu oleh tugas bertahap yang diberikan dokter Yoseph khususnya dalam masalah manajemen waktu dalam membuat tugas, karena disini kita diberikan tugas secara bertahap lalu masing masing tugas telah diberikan deadlinenya masing masing dan itu membuat kami bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugas satu persatu dengan sebaik mungkin, karena tugas yang diberikan tidak langsung banyak dalam sekali pemberian di akhir yang nantinya bisa menyebabkan kami bingung dan tidak bisa fokus dalam mengerjakannya. Saya sangat berterimakasih atas tugas tahapan yang dokter Yoseph berikan mungkin untuk ke depannya antara tugas pertama kedua dan ketiga bisa diberi jarak waktu sedikit lebih banyak supaya kami dapat lebih mempersiapkan antara tugas pertama kedua dan ketiga dengan sebaik mungkin.
    Terimakasih.

    Ditulis oleh Komang Jourdy Kharisma Pradnyana – 41150016

    Like

  10. Selamat siang dr. Yoseph
    Dalam setiap pemberian maupun penerapan tugas pasti ada sisi positif dan negatifnya. Menurut saya, pemberian tugas bertahap yang diaplikasikan pada web ini membantu proses belajar mahasiswa. Setiap step mengharuskan mahasiswa untuk belajar bertanggung jawab, selain itu juga mendukung kemampuan mahasiswa dalam explore hal-hal baru. Namun saya kurang setuju untuk tugas yang mengharuskan mahasiswa untuk menyalurkan pendapatnya dan dinilai. Menurut saya, pendapat setiap orang dapat berbeda dan tidak ada benar salahnya serta tidak didasarkan pada penilaian. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena masih dalam konteks penugasan dan memang mengerjakan tugas adalah kewajiban seorang mahasiswa.
    Untuk pretest yang diadakan secara online sudah sangat baik dan kreatif dengan memanfaatkan web/internet. Namun untuk selanjutnya, khususnya dalam penerapannya mohon untuk diperhatikan lagi kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi seperti error jaringan dan juga ketersediaan internet.
    Secara keseluruhan, proses belajar mengajar seperti ini sangat baik untuk diterapkan.
    Sekian dan terimakasih dokter. Tuhan memberkati 🙂

    Like

    1. Pendapatnya (pro maupun kontra) tidak menjadi poin utama penilaian. Ketepatan pengerjaan tugasnyalah yg utamanya dinilai. Termasuk tidak melewati deadline, menulis dg ejaan yg benar, serta kepatuhan thdp aturan2 lain.

      Like

  11. Selamat pagi dokter Yoseph, saya Velica Yunus NIM 41150093 ingin memberikan komentar mengenai penerapan tugas biokimia blok 3.5 yang dilakukan secara bertahap ini. Saya pribadi sangat menyukai tugas-tugas yang telah diberikan oleh dokter kepada kami. Menurut saya tugas-tugas yang diberikan topiknya sangat menarik dan membuka wawasan, mulai dari step 1 tentang pembuatan artikel mengenai makna dari slogan “you are what you eat”, step 2 untuk mencari dan memahami komposisi dan nilai gizi dari produk yang biasa kita konsumsi sehari-hari, hingga step 3 untuk mempelajari dan membahas hal-hal menarik dari jurnal terkait gizi dan metabolisme. Dari tugas pembuatan artikel mengenai makna dari slogan” you are what you eat” saya benar-benar menjadi paham pentingnya efek makanan yang kita konsumsi sehari-hari bagi diri kita. Dari tugas komposisi dan nilai gizi dari produk minuman saya jadi paham kandungan apa saja yang terdapat dalam minuman yang kita konsumsi sehari-hari, berapa kebutuhan tubuh kita akan zat tertentu yang terkandung dalam produk tersebut, dan apa manfaat serta kerugiannya bagi tubuh kita apabila jumlah yang kita konsumsi berlebih atau kurang. Dari tugas membahas jurnal terkait gizi dan metabolisme saya jadi tahu penelitian apa saja yang sudah dilakukan, khususnya oleh Indonesia, dalam rangka memperbaiki kebutuhan gizi masyarakat. Apabila penugasan bertahap ini tidak diberikan, saya mungkin tidak akan membaca atau mencari tahu mengenai pentingnya kebutuhan gizi bagi tubuh kita. Namun begitu, dari penugasan secara bertahap ini terdapat beberapa kendala yang saya rasakan, terutama adalah karena tugas yang diberikan harus selalu rutin dicek menggunakan internet sehingga apabila kami tidak sedang membuka internet maka kami tidak akan tahu kalau ada penugasan dan jadinya malah kewalahan apabila penugasan yang diberikan tiba-tiba tertumpuk dengan tugas lainnya yang deadlinenya sama. Oleh karena itu, saran yang ingin saya berikan terkait penugasan bertahap ini adalah agar website penugasan diberikan sistem turn on post notification sehingga ketika tugas yang diberikan di post ke website maka pemberitahuan akan adanya tugas dapat langsung muncul pada layar smartphone.
    Demikian komentar yang dapat saya sampaikan terkait penerapan penugasan biokimia blok 3.5 yang dilakukan secara bertahap ini. Saya mohon maaf apabila terdapat salah kata/penulisan dalam komentar ini. Terima kasih banyak dokter Yoseph. Selamat siang, Tuhan memberkati.

    Komentar ini ditulis oleh Velica Kressentia Yunus – 41150093

    Like

  12. Selamat Siang Dokter Yoseph, Saya Chatarina Triskawardani ingin memberikan komentar mengenai tugas bertahapp Biokimia Gizi 1 yang diberikan melalui web ini.
    Menurut saya pribadi tugas bertahap ini merupakan hal yang baru dan inovatif bagi saya. Pemberian format tugas yang jelas sangat membantu saya untuk lebih teliti dalam pembuatan tugas. Saya berterimakasih pada Dokter Yoseph yang juga memberikan contoh tugas yang sangat membantu mahasiswa dalam pemenuhan tugas tersebut. Saya rasa waktu yang diberikan untuk pemenuhan tugas sudah sesuai dan rasional, namun saya sayangkan karena keterbatasan waktu, internet, sarana dan prasarana yang dimiliki setiap mahasiswa berbeda-beda sehingga terkadang tugas yang diberikan mengagetkan mahasiswa yang karena 1-2 hal baru bisa mengecek tugas yang ada. Saran saya alangkah baiknya agar tidak ada mahasiswa yang kehilangan kesempatan ataupun kaget karena baru mengetahui tugasnya sehingga pengerjaan menjadi kurang maksimal, saya menyarankan agar pada keterangan “Coming soon” bisa diberikan tambahan keterangan mengenai waktu dan tanggal pemberian tugas agar mahasiswa bisa tepat waktu dalam mengecek tugas dengan harapan tugas dapat dikerjakan dengan maksimal.
    Terimakasih Dokter Yoseph atas kesempatan yang telah diberikan pada saya, saya mohon maaf apabila ada perkataan saya yang menyinggung dokter, sekian pendapat dari saya. Terimakasih.
    Chatarina Triskawardani Kusumaningrum – 41150088

    Like

  13. Selamat siang dokter Yoseph, saya Olivier Yudha. Menurut saya pemeberian tugas dalam bentuk take home cukup menyenangkan dan tidak terlalu memperberat beban tugas kuliah yang lain dan pemberian yang bertahap juga mempermudah saya mengerjakan. Tugas yang diberikan pun tidak seperti tugas pada umumnya seperti pada step 1 dan 2 yang menurut saya berbeda tapi tetap memberikan pengetahuan walau dari sudut pandang yang berbeda. Tugas yang cukup saya sukai adalah tugas pada step 2, mengajarkan saya untuk membaca informasi nilai gizi dan mencari tau tentang kandungan yang sebenarnya tertulis. Tapi menurut saya waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas step 3 agak kurang sehingga saya merasa kurang maksimal dalam mengerjakan step 3. selain itu saya juga kadang merasa tertinggal akan informasi dimunculkannya pengumuman tugas yang hanya lewat web. Terima kasih dokter Yoseph.

    Ditulis oleh Olivier Yudha Atmaja Guntara – 41150070

    Like

  14. Selamat siang dr. Yoseph saya Divi Swandewi ingin berkomentar. Yang pertama mengenai penugasan yang bertahap. Ketika saya tahu akan di berikan tugas yang pertahap saya merasa senang artinya beban saya akan berkurang saat responsi nanti namun ketika mulai mengerjakan tugas yang di berikan jujur saja saya merasa sedikit terbebani karena baru selesai ada lagi baru selesai ada lagi. Dan tugas di sertai dengan deadline yang membuat saya panik. Namun di sisi lain tugas ini melatih saya management waktu yang baik sehingga tugas yang di berikan tidak melewati batas waktu yang di tentukan. Tidak hanya itu tugas nilai gizi membuat saya mulai membaca informasi nilai gizi pada setiap makanan dan membuat saya tahu. Bahkan ketika makan saya mulai memikirkan gizinya. Namun 1 hal yang membuat saya bingung ketika di tugaskan memberi pendapat. Saya tidak tahu pendapat apa yang akan memberi nilai maksimal. Karena pendapat saya adalah hal yang menurut saya benar tapi belum tentu untuk yang lain. Yang kedua tentang pretest, ini merupakan hal yang baru dan inovatif. Saya merasa senang. Apalagi bisa menghemat kertas. Karena memang kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dalam hal positif tentunya. Hanya saja mungkin untuk ke depannya lebih di persiapkan terutama untuk kemungkinan apalabila terjadi eror seperti kemarin. Sekian yang dapat saya ungkapkan dan terima kasih banyak Dokter semoga ke depannya lebih baik lagi.

    Like

    1. Yg dinilai maksimal adalah teknik penulisan dan pengirimannya. Kontennya meskipun bertentangan dg pendapat pribadi saya akan tetap saya nilai baik jika ditulis dg rapi dan taat aturan.

      Like

  15. Selamat siang, dokter Yoseph. Saya Novia Bella ingin memberi pendapat mengenai tugas bertahap. Menurut saya, penugasan secara bertahap ini seperti teka teki yang harus di selesaikan. Dengan diberi petunjuk berupa soal, kemudian dikerjakan sesuai dengan langkah yang sudah ditentukan. Penugasan bertahap ini memberikan keuntungan seperti membuat saya berpikir lebih kreatif, cepat dalam mengambil keputusan, namun juga berhati – hati dalam bertindak. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan menulis dan menambah wawasan sedikit demi sedikit, sehingga ilmu yang masuk tidak langsung banyak kemudian dapat dengan mudah dilupakan.Tugas yang dikerjakan tahap demi tahap ini membuat ilmu yang diberikan menjadi mudah diingat. Penugasannya pun juga bervariasi. Sejauh ini, penugasan bertahap merupakan strategi belajar yang menarik dan bermanfaat. Sekian pendapat dari saya. Terima kasih dokter Yoseph.

    Novia Bella – 41150036

    Like

  16. Selamat siang dokter Yoseph, saya Ngesti Chintia Dewi NIM 41150092. Mengenai tugas-tugas yang sudah dokter berikan dalam bentuk step-step di blog ini, saya pribadi mendukung cara ini. Selain karena dapat mengoptimalkan teknologi sebagai media belajar, tugas-tugas yang dokter berikan dapat membuat saya lebih memahami tentang gizi serta kandungan produk-produk yang saya makan sehingga saya dapat lebih kritis lagi dalam memilih makanan. Hal positif lain yang bisa saya dapatkan yaitu saya bisa belajar menulis dengan baik dan mempublikasikan tulisan saya.
    Banyak hal positif yang didapatkan dengan metode ini. Misalnya dengan pretest online, dosen dan siswa sebenarnya dimudahkan. Namun memang ada resiko dari pretest online tersebut seperti tidak tersubmitnya jawaban siswa. Hal ini bisa saja terjadi karena siswa terlambat mengsubmit jawabannya. Namun yang disayangkan, keterlambatan tersebut disebabkan ketidaktahuan siswa bahwa ketika ingin mengsubmit jawaban harus melakukan verifikasi yang cukup memakan waktu. Sehingga saran saya, mungkin sebelum dimulainya pretest dpat diinformasikan bahwa pada saat mensubmit jawaban mungkin akan diminta untuk verifikasi, sehingga siswa bisa mengerjakan lebih cepat dan menyisakan cukup waktu untuk verifikasi. Sekian dokter yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

    Like

  17. Selamat siang dr.Yoseph. Saya Hesli. Mengenai penerapan tugas bertahap yang diberikan, menurut saya sangat menarik karena tugas yang diberikan cukup bervariasi/tidak monoton. Selain itu, saya juga jadi belajar bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, kritis terutama dalam hal ketentuan format yang diberikan, dan saya juga belajar untuk menulis dengan pemikiran saya sendiri. Untuk kritik sebenarnya tidak ada karena saya percaya tugas yang diberikan secara bertahap ini memberi manfaat sehingga saya dapat menambah pengetahuan dengan belajar secara mandiri mengenai materi gizi ini. Selain itu, seperti yang sudah saya sampaikan diawal, kita juga sekalian belajar menulis. Jadi, yang punya bakat menulis bisa menyalurkan bakatnya dan yang tidak bisa menulis jadi belajar untuk membuat tulisan agar bisa menulis (seperti contoh artikel yang sudah kita buat di step 1). Untuk sarannya sendiri dok, mungkin untuk deadline tugasnya tidak terlalu mepet sehingga pembuatan tugasnya pun tidak seperti asal jadi. Kemudian, soal pengumpulan tugasnya mungkin bisa dalam 2 bentuk (kirim lewat email seperti yang sudah dilakukan) dan dalam bentuk hardcopy untuk mengantisipasi jika terjadi kesalahan pengiriman tugas. Demikian kritik dan saran saya dok, apabila ada kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Terimakasih.
    Hesli Salmen Menda – 41150041

    Like

  18. Saya Martinus Bagas ingin berkomentar tentang tugas yang diberikan di web. Menurut saya tugas yang diberikan cukup menantang untuk melatih mahasiswa membagi waktu disela-sela jadwal dan tugas kuliah yang sibuk. Saya memberikan saran untuk pengumpulan tugas di web sebaiknya setelah jam kuliah mahasiswa berakhir. Terima kasih

    Martinus Bagas -41150007

    Like

  19. Selamat siang dr.Yoseph , pendapat saya mengenai pemberian tugas bertahap yang diberikan dokter ini sudah sangat baik. Dengan tugas yang diberikan dokter, menolong saya secara pribadi untuk mengetahui hal-hal apa såja yang penting untuk diketahui mengenai Gizi. Tugas yang diberikan juga sangat aplikatif sehingga tidak menyulitkan dalam pengerjaannya. Untuk deadline tugas saya kira sudah sesuai dengan beban tugas. Lalu, untuk pretest mungkin bisa dievaluasi lagi dokter untuk ke depannya agar bisa diantisipasi apabila server down dan gangguan teknis lainnya.
    Sekian dan terima kasih dokter

    Jean Priskilla – 41150083

    Like

  20. E-learning has its own ups and downs. While it’s very practical to use technology to submit assignment, it comes with its consequences too. Students are expected to keep updated concerning the information published online. If we fail to keep up, there is a huge chance we will miss out and submit assignment not in time. Paperless process of learning is environmental friendly, but it will take awhile if students find it hard to accustomize with the system.

    Brahmastra Megasakti
    41150025

    Like

  21. Selamat siang dokter. Izinkan saya untuk menyampaikan apresiasi saya untuk dokter dan mungkin sedikit masukan untuk tugas ini.

    Pemberian tugas secara mencicil dan bertahap dengan deadline yang lumayan berderet, ini bisa menjadi salah satu hal merepotkan namun juga salah satu bentuk pengajaran yang dokter berikan secara tidak langsung bahwa kita akan sering menghadapi kondisi dimana deadline yang bertumpuk dan tugas lain yang juga akan banyak berdatangan bahkan mungkin bersamaan, sehingga harapannya lebih mampu untuk mengatur waktu dan menghindari sikap menunda dalam pekerjaan sehingga semua pekerjaan terselesaikan dengan baik. Bagaimana kita berusaha untuk memberikan yang terbaik walaupun dalam waktu yang singkat. Selain itu, dengan pemberian tugas ini kita pun belajar bagaimana menuangkan pikiran atau ide kita dalam bentuk tulisan sehingga orang lain bisa memahaminya, karena sebagaimana pepatah mengatakan tidak ada ide yang jelas sebelum kita bisa menuliskannya. Tugas-tugas ini pun menuntut kita sebagai mahasiswa untuk menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan teman, sebagaimana dalam tugas ini kita diminta untuk memilih produk atau jurnal yang berbeda untuk di bahas. Dan dari tugas yang dokter berikan juga saya belajar bahwa publikasi akan hasil karya kita itu penting, karena bisa saja tulisan yang menurut kita sepele adalah sesuatu yang penting bagi orang lain.

    Sedikit masukan yang mungkin bisa saya berikan dokter, saat pretest memang agak menyulitkan jika bergantung dengan sinyal handphone, karena terkadang memang kita akan kesulitan dan terkadang akan ada resiko dimana tidak adanya sinyal, atau handphone yang baterainya lemah atau mungkin mahasiswa yang kebetulan handphonenya sedang error. Mungkin bisa menggunakan laboratorium komputer yang tersedia sehingga hasilnya lebih maksimal. Namun memang dari sini pun saya tetap belajar bahwa memang kita harus memiliki “plan B” atau bahkan sampai “plan E” untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, atau mudahnya persiapan yang lebih matang lagi dalam segala sesuatunya, bahkan hal sepele sekalipun.

    Terimakasih banyak dokter, senang bisa belajar banyak dari dokter dan terimakasih atas bimbingannya.

    Ni Nengah Ayu Petra Steffiasih-41150021

    Like

  22. Selamat pagi dokter , Saya Alexander Mahesa , mahasiswa nim 41150024 ingin memberi komentar terkait dengan tugas bertahap yang diberikan pada blok ini. Menurut saya dengan adanya tugas bertahap ini membuat saya menjadi lebih rajin terutama untuk membaca . Sebelum adanya tugas ini jujur saya ini orang yang sulit sekali untuk membaca padahal untuk menjadi dokter , segala macam informasi hanya bisa di dapatkan dengan membaca . Tidak hanya 1 / 2 sumber saja melainkan banyak karena dalam menjadi dokter perlu mengenal banyak hal. Karena tugas ini lah saya menjadi mulai terbiada untuk membaca dan memahami informasi yg saya baca . Saya berharap, dengan adanya tugas ini saya menjadi terbiasa untuk membaca dan dapat lebih menambah informasi terutama informasi yang diperlukan untuk menjadi dokter nanti .
    Untuk kekurangan dari tugas bertahap ini menurut saya , karena ini menggunakan blog beberapa dari kami ada kendala dalam mengumpulkan tugas , salah satunya tugas yang tidak terkirim dsb . Disisi lain kadang gangguan / koneksi lelet juga menghambat pengumpulan tugas kami . Mungkin kendala hanya itu saja . Saya berterima kasih juga karena dengan adanya tugas ini dokter ikut membantu kami dalam mendapatkan nilai baik . Ahkir kata dari saya , mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan , semoga kedepannya tugas – tugas seperti ini bisa ditingkatkan dengan lebih baik lagi .

    Alexander Mahesa – 41150024

    Like

  23. Selamat siang dr. Yoseph
    Saya Ariani Wanti Paluta ingin memberikan komentar mengenai penugasan praktikum biokimia gizi blok 3.5. Menurut saya secara pribadi, penugasan seperti ini sangat unik karena proses pengerjaan tugas menggunakan gadget dan koneksi internet. Hal ini merupakan salah satu contoh pemanfaatan perkembangan teknologi dengan baik. Penugasan seperti ini juga cenderung lebih hemat bagi mahasiswa yang punya dana pas-pasan karena tidak perlu print dan jilid. Bahkan bila dipikir lebih jauh lagi, penugasan seperti ini sangat ramah lingkungan karena mengurangi jumlah pemakaian kertas sehingga lebih ramah lingkungan. Mahasiswa akan menyadari bahwa internetan tidak hanya seputar bermain media sosial, youtube, game online tapi juga bisa sebagai tempat menyelesaikan tugas dari kampus. Dari sistem seperti ini juga akan memacu dosen-dosen untuk mendalami lagi tentang internet seperti membuat blog pribadi agar kedepannya pengetahuan-pengetahuan yang dosen miliki akan lebih mudah dibagi kepada khalayak.
    Adapun tentang isi penugasannya sangat “out of the box” karena memancing mahasiswa untuk memberikan pendapat pribadinya dalam berbagai hal dan bagaimana cara menyampaikan pendapat tersebut agar bisa diketahui oleh orang lain. Tugas-tugas ini juga menyadarkan mahasiswa kedokteran untuk selalu membaca berita terbaru mengenai kesehatan agar selalu up to date terhadap perkembangan ilmu kedokteran.
    Saran kedepannya yaitu pemberitahuan kepada kami apabila ada tugas baru agar kami tahu dan tidak terlambat mengerjakan tugas tersebut.
    Demikian komentar yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila terdapat salah kata/penulisan dalam komentar ini. Terima kasih

    Ariani Wanti Paluta – 41150027

    Like

  24. Selamat siang Yth. Dokter Yoseph. Saya Christian Hans akan memberikan komentar terkait :
    Tugas Bertahap:
    Saya rasa tugas bertahap seperti ini sangat bermanfaat , disamping bisa menambah nilai tapi saya dapat mengambil pelajaran dari tugas bertahap ini. Dari tugas bertahap ini saya dapat mengambil pelajaran untuk tetap berjaga “stay tune” melihat tugas yang diberikan. Kelak menjadi dokter besok kita harus tetap berjaga dirumah sakit untuk melayani pasien. Disini saya juga belajar untuk disiplin dalam mendapat tugas , menaati aturan dengan mengikuti step step yang telah tersedia, melatih saya utk rajin membaca juga karena disini dengan adanya tugas bertahap saya lebih banyak membaca hal yang sebelumnya saya belum tau. Dan menariknya dari setiap step ini ada tujuan tersendiri , jika kita melakukan tugas nya dengan setengah hati maka nilai yang kita peroleh juga setengah sedangkan apabila kita mengerjakan dengan totalitas / sepenuh hati maka nilai yang diperoleh juga memuaskan.
    Pretes gizi 2
    Dilakukan nya pretes via web , tentunya jarang sekali dilakukan dan juga termasuk metode pretes yang unik menurut saya karena menggunakan gadget saat melakukan pretes. Saran saya untuk pretes gizi 2 , alangkah lebih baik dilakukannya di lab komputer menggunakan sistem cbt . Dengan menggunakan sistem cbt , kita dipermudah dengan fasilitas (komputer , internet yang memadai ) saat mengisi jawaban. Terkadang jika menggunakan gadget salah satu hambatan nya adalah koneksi , karena belum tentu semua koneksi akan stabil saat berada diruangan yang sama. Untuk mengurangi kejadian tersebut , bisa dilakukan pretes lewat kertas dan lebih praktis dalam jalannya pretes.
    Terima kasih dokter Yoseph atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan saran mengenai tugas bertahap dan pretes gizi 2 ini. Mohon maaf jika ada salah kata
    Christian Hans Suprapto – 41150055

    Like

  25. Selamat siang dok, saya ingin menyampaikan komentar saya mengenai penugasan secara bertahap.
    Menurut saya penugasan sangat baik karena mahasiswa tidak terbeban dengan tugas yang bertumpuk. Sehingga mahasiswa dapat mengerjakan secara perlahan dan fokus dengan suatu materi. Mahasiswa lebih teliti dalam melihat tugas, karena tugasnya diberikan melalui blog, sehingga mahasiswa harus mengecek setiap saat. Tugas ini juga membantu menambah wawasan karena kami harus membaca terlebih dahulu mengenai materi.
    Ktitik & Saran : deadline pengumpulan dipepanjang lagi dok.
    Terima kasih

    Like

  26. Selamat Siang dokter Yoseph, saya Edwin ingini memeberikan komentar baik kritik dan saran terhadap tugas yang diberikan.

    Menurut saya, tugas yang diberikan sudah cukup baik dan positif, baik untuk mental maupun psikologis mahasiswa. tujuannya juga baik, untuk mendorong mahasiswa lebih banyak membaca dan menulis sebuah karya. dampak yang saya rasakan juga sangat positif, yaitu saya jadi lebih banyak membaca dan menulis seiring menyelesaikan tugas ini. Selain itu, dari kegiatan ini juga saya jadi lebih banyak mendapatkan ilmu dan informasi baru terutama tentang gizi dan metabolisme. hanya saja mungkin pengumuman tugas yang cukup tiba-tiba dan dadakan juga memacu kami untuk lebih sigap.
    saran saya untuk pemberitahuannya lebih di atur sedemikian rupa, baik mungkin lewat email dan sebagainya
    Edwin Timoti Japanto 41150059

    Like

  27. Salam damai sejahtera dr. Yoseph.
    Saya Ernestine ingin memberikan komentar terkait tugas bertahap Biokimia Gizi. Ini adalah kali pertama saya mendapatkan tugas anti-mainstream seperti ini. Dibagi ke beberapa tahap yang selalu memberi kami pembelajaran baru dan membuat kami harus teliti dan berhati-hati selama mengerjakannya. Tugas menulis artikel membuat kami menemukan jalan baru untuk memberi pengertian kepada masyarakat di bidang kesehatan. Selain itu menambah konten bermanfaat di internet, sekalipun masih marak konten negatif yang beredar. Langkah ini patut diapresiasi, karena menjadi salah satu cara baru yang asik dan baru untuk berbagi informasi seputar kesehatan yang dalam hal ini mengenai gizi. Di sisi lain, mengingat setiap tugas pasti memiliki deadline, alangkah jauh lebih baik untuk mempertimbangkan waktu pengerjaan tugas yang mungkin dapat sedikit diperpanjang karena tidak mudah untuk mengerjakan tugas dalam waktu yang singkat. Namun, saya pribadi menyadari bahwa tugas-tugas ini merupakan bentuk latihan bagi saya untuk bisa mengerjakan hal-hal penting dalam waktu yang terbatas.
    Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih banyak dr.Yoseph.

    Ernestine Benita – 41150017

    Like

  28. Selamat siang dr. Yoseph, saya Prayana Banjarnahor NIM 41150058 ingin berkomentar mengenai sistem penerapan tugas selama ini. Menurut saya penerapan tugas step by step yang dirancang oleh dokter sudah baik, karena memberi banyak manfaat bagi saya seperti, saya menjadi lebih memahami materi blok ini, meningkatkan kebiasaan membaca, melatih skill menulis dengan kreatif, melatih kedisiplinan dengan deadline yang dibuat, melatih ketelitian dengan format tugas yang spesifik dan dengan pemberian tugas melalui web ini kami menjadi lebih peduli kepada sesama teman dengan saling memberi tahu pengumuman terbaru. Kemudian untuk penerapan pretest berbasis internet saya rasa ini merupakan hal yang menarik karena baru pertama kali dilakukan namun juga memiliki kekurangan yaitu hambatan pada koneksi internet yang bisa menyebabkan kegagalan pengiriman data pretest, sehingga lebih baik menggunakan pretest tulis. Demikian pendapat, kritik dan saran saya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada dokter Yoseph karena sudah membuat inovasi baru dalam sistem pembelajaran yang memiliki banyak manfaat. Tuhan Memberkati.

    Prayana Nessie Laveda Banjarnahor – 41150058

    Like

  29. Selamat siang dokter, saya Sarah Kalis Salita NIM 41150006.
    Menurut saya melalui pemberian tugas dengan sistem ini mengharuskan saya untuk rajin mengecek pembaharuan tugas di website dan update informasi di grup chat FK UKDW angkatan 2015. Dengan adanya tugas 1, tugas 2, tugas 3 dan seterusnya meningkatkan kemampuan menulis, berpikir kritis dan pengetahuan yang terarah mengenai makanan dan gizi.
    Selain itu koneksi internet untuk pembelajaran juga harus diperhatikan untuk menunjang pemenuhan tugas-tugas yang di berikan.
    Saran : alangkah lebih baik lagi apabila sudah dibuatkan timeline untuk penugasan sehingga mahasiswa bisa melakukan persiapan, contohnya: menyiapkan koneksi internet.
    Sekian komentar dan saran yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah kata saya mohon maaf.
    Terimakasih

    Like

  30. Selamat siang Yth. dokter yoseph saya Daniel Pranata Evan Tjahjono NIM 41150038. Menurut saya tentang tugas yang diberikan selama ini sangat baik untuk ketrampilan menulis contohnya seperti makalah. Pemberian tugas yang bertahap dan waktu yang bebas maupun pengumpulannua pada blog lebih melatih lagi agar waktu saya lebih produktif. Tidak hanya tugas yang diberikan secara online pretest secara online juga pertama kalinya saya lakukakan, pretest juga di berikan secara online ini sangat mempermudah dosen untuk menilai. Tapi dengan pretest online seperti kemarin ada sedikit kendala seperti sudah mengumpulkan tapi tidak ter acc. Dimungkinkan juga karena ini baru pertama kalinya.
    Sekian yang bisa saya sampaikan, terimakasih banyak atas kesempatannya untuk berpendapat ,mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan . Selamat siang

    Like

Comments are closed.