tips trik menulis

I write because I love to read

I write, or I blog, because I love to read.

When remembering the days I enrolled in Public Elementary School, there were several books (diaries, exactly) that containing my writings. We usually exchanged our diaries each others so I also had my friend’s writings on my diary. Most of writings are just merely biodata.

Now I am a blogger. I maintain several blogs, I also have been deactivating some blogs too. My blogs cover broad spectrum of topic, of course most of them are things that I love. Sometimes I ask my friends or my students to start their own blog. I also glad that some of my friends are bloggers too.

tips trik menulis

The love to write comes from love to read.

My Mom encourage me to read almost everything. She started to raise my reading habit by subscribing (buying regularly is better-fit terms, I think) children magazine. The magazine started from Bobo, Ananda, and the last is Mentari Putera Harapan. My Dad preferring serious (school-subject or even textbook) book to be my reading menu. He discourage me to borrow fiction books from my school library.

Now I still love to read, so I also still want to publish my own book.

10 thoughts on “I write because I love to read

  1. Nama : Komang Srighandi Utami Uliana
    NIM : 41150044
    Diet Sehat Menurut Dr. Hiromi Shinya
    Diet Hiromi Shinya adalah sebuah diet yang di tuliskan dan diciptakan oleh dokter Hiromi Shinya. Dokter Hiromi Shinya adalah seorang dokter yang mendalami bidang gastroenterologist dan merupakan pionir teknik colonocsopi mderern. Dokter hiromi Shinya telah menulis banya buku tentang pola makan yang mempengaruhi kehidupan manusia. Beberapa buku diantaranya adalah : the miracle of enzyme , the rejuvenation enzyme, the enzyme factore, the microbe factor dan banyak buku lainnya. Dokter Hiromi Shinya menuangkan hasil tulisannya didalam berbagai buku dan memberikan pengetahuan kepada pembacanya bahwa revolusi makanan itu penting dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh.
    Tulisan-tulisan dokter shinya mengenai makanan yang mempengaruhi kesehatan juga berdasarkan pengalaman beliau sebagai gasroentrologist yang melihat ada kaitan erat antara makanan dan berbagai gangguan fungsi tubuh yang dialami pasiennya. Dokter Hiromi Shinya telah melakukan berkali-kali endoskopi untuk menilai gangguan pada saluran cerna,selain itu beliau juga mengumpulkan berbagai data pola makan setiap pasien dan menganalisa hubungan pola makan pasien dengan penyakit yang dialam oleh pasien. Dokter Hiromi Shinya meyakini ada hubungan yang erat antara makan dengan kesehatan pasien sehingga melalui bukunya dan berbagai seminar beliau ingin menyadarkan dan membantu masyarakat mengerti mengenai pola makan atau diet yang tepat untuk menjaga kesehatan.
    Pola makan atau diet yang dianjurkan oleh dokter Hiromi Shinya adalah diet dengan 85- 90 % dari makanan yang kita konsumsi mengandung bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. 85-90 % berasal dari tumbuhan. 85-90% makanan yang berasal dari tumbuhan itu dapat terbagi menjadi sekitar 50% gandum utuh dan kacang-kacangan, 30 % dari sayuran-sayuran bermacam warna dan tidak lupa buah-buahan serta biji-bijian. 10%- 15 % terdiri dari daging dan susu serta produk susu. Pada diet atau pola makan yang disarankan oleh dokter Hiromi Shinya adalah sebaiknya mengkonsumsi daging lebih sedikit atau lebih jarang terutama daging merah. Daging yang lebih disarankan apabila dibandingkan dengan daging merah adalah daging ikan. Susu dan juga produk susu juga merupakan jenis makanan yang disarankan dikonsumsi dalam jumlah sedikit oleh dokter Hiromi Shinya. Coklat, the hitam maupun the hijau, alcohol,pemanis,kopi, garam dan minyak termasuk minyak yang terkenal baik untuk kesehatan seperti olive oil juga sebaiknya dihindari. Makanan yang dilarang oleh saran dokter Hiromi Shinya adalah makanan yang menurut teori enzimnya akan menyebabkan kerja keras bagi sel-sel tubuh.
    Teori Enzim menurut dokter Shinya, Enzim merupakan protein yang merupakan senyawa katalis yang dibentuk atau dihasilkan oleh sel-sel hidup. Dan dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur transportasi nutrisi,digesti ,sekresi, sintesis,detoksifikasi,dekomposisi dan proses metabolisme nutrisi. Makanan yag merupakan hasil produk susu,daging-dagingan dan alcohol dalam jumlah yang berlebih membutuhkan energy dan enzim yang banyak untuk mendigesti makanan tersebut. sehingga tubuh atau sel-sel penghasil enzim serta sel-sel pada saluran cerna harus lebih bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut. oleh sebab itu dokter hiromi shinya menyarankan untuk mengurangi konsumsi produk susu dan daging serta lebih banyak mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan.
    Dokter Hiromi Shinya juga menyarankan untuk mengkonsumsi sayuran dalam keadaan mentah untuk mempertahankan enzim-enzim pada sayuran. Enzim dapat rusak pada pemanasan dengan suhu tinggi sehingga menurut dokter Hiromi Shinya sebaiknya makananyang berasal dari tumbuhan sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah. Selain itu dokter Hiromi Shinya juga menyarakan untuk tidak mengknsumsi susu dan produk susu secara berlebihan. Menurut Dokter Hiromi shinya , manusia adalah satu-satunya “ hewan” yang mengkonsumsi susu dari hewan lain.
    Berikut adalah diet sehat yang disarankan oleh dokteri Hiromi Shinya :
    1. Perbanyaklah konsumsi Air
    • Minum air sebanyak 1-4 gelas setelah bangun tidur.
    • 2-3 gelas air sebelum makan
    2. Aturlah jam makan anda
    • Menurut dokter Hiromi Shinya sebaiknya kita makan 4 jam setelah bangun tidur dan berhenti makan 6 jam sebelum jam tidur
    3. Makanlah 85%- 90% makanan yang berbahan dasar tumbuhan.
    • 50 % gandum utuh, beras merah, kacang kedelai,kacang merah dan jenis kacang- kacangan lainnya
    • 30 % sayuran berwarna warni termasuk sayuran umbi- umbian seperti kentang, wortel, lobak dan juga termasuk sayuran rumput laut
    • 5%- 10% buah
    • Dapat ditambahkan susu kedelai dan almond milk
    4. Eliminasi teratur
    • Mulailah kebiasaan harian untuk membuang politan usus untuk membersihkan system tubuh secara regular
    • Jangan gunakan obat pencahar
    • Makalanlah makanan yang berserat tinggi- kurangi asupan serat yang didapatkan dari suplemen.
    5. Turunkan presepsi kebiasaan membutuhkan obat dan rubahlah kepada kebiasaan mengatur pola makan dan olahraga.
    • Obat-obatan adalah benda asing yangmerupakan senyawa kimia yang pasti memiliki efek samping baik yang disadari ataupun tidak disadari
    • Terdapat banyak penyakit seperti gout atritis, diabetes, osteoporosis, dapat di kendalikan dengan mengatur pola makan
    6. Tambahkan asupan mineral dan vitamin dengan mengkonsumsi suplemen:
    • Mineral dan vitamin dapat membantu kerja enzim dalam berbagai funngsi tubuh
    7. Istirahat yang cukup
    • Ushaakan untuk tidur pada jam yang sama setiap harinya selama 6- 8 jam
    8. Mengatur nafas dan meditasi
    • Melakukan meditasi
    • Berpikir positif
    • Lakukan pernapasan perut secara dalam sebanyak 4- 5 kali per hari.
    • Gunakan baju yang longgar dan nyaman terutama untuk pernapasan
    • Dengarkan tubuh anda dan be good to your body
    9. Berbahagialah dan warnai hidup dengan cinta
    • Bahagia dan cinta dapat memacu kerja enzim secara ajaib dan memberikan efek baik bagi kesehatan
    • Tertawa
    • Menyanyi
    • Menari
    • Nikmati apa yang anda jalani dan kerjakan dengan penuh kebahagiaan dan cinta kasih
    Baiklah diatas adalah beberapa ulasan tentang diet menurut Dokter Hiromi Shinya, singkatnya diet ini lebih kearah makanan dengan bahan dasar sayuran dan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup dan menjalani hidup dengan penuh suka cita.
    “Remember what over 300,000 clinical observations have told me: A person with poor gastrointestinal function is never healthy. When a person’s gastrointestinal system is not clean, that person will be prone to suffer from some kind of disease.
    In short, whether a person is healthy or not depends on what that person eats and how that person lives day to day. What determines a person’s state of health is the daily accumulation of things such as food, water, exercise, sleep, work, and stress.” Dr. Hiromi Shinya.

    Sumber :
    http://www.happyhealthylonglife.com/happy_healthy_long_life/2010/12/shinya.html diakes pada hari rabu 6 september 2017 pukul 22.00
    http://www.livestrong.com/article/315364-hiromi-shinya-diet/ diakes pada hari rabu 6 september 2017 pukul 22.00
    https://en.wikipedia.org/wiki/Hiromi_Shinya diakes pada hari rabu 6 september 2017 pukul 22.00

    Like

  2. Diet Vegan Lebih Dari Sekadar Berat Ideal

    Cantik dengan berat badan serta bentuk tubuh ideal tentunya merupakan impian sebagian besar wanita. Tak sedikit orang yang berusaha mendapatkan tubuh ideal sesuai gambarannya masing-masing, baik dengan menerapkan pola diet tertentu maupun dengan aktif berolahraga. Hal ini dibuktikan dengan populernya berbagai macam jenis diet untuk menurunkan berat badan. Tak sedikit orang juga rela membuka dompet untuk menjalani program serta membeli produk diet demi mencapai tubuh ideal idamannya. Namun, yang akan dibahas di sini bukanlah program atau pola diet berbayar, namun pola diet yang telah banyak diketahui masyarakat, yang tak lain dan tak bukan adalah diet vegan.
    Siapa sih yang belum pernah mendengar diet vegan? Tentunya hampir semua orang pernah mendengarnya bukan? Diet vegan adalah salah satu pola diet yang popular dan banyak di kenal masyarakat. Dilansir dari health.usnews.com, diet vegan merupakan diet dengan prinsip mengkonsumsi makanan dengan bahan yang hanya dari tumbuhan saja atau makanan berbasis tumbuhan. Jenis diet ini tidak mengkonsumsi produk yang berasal dari hewan sama sekali, termasuk didalamnya adalah produk dari lebah berupa madu, telur, susu maupun produk terbuat dari susu seperti keju, yoghurt, mentega, ice cream dan banyak lainnya. Untuk membedakannya dengan diet vegetarian, diet vegetarian masih mengkonsumsi produk hewani tergantung jenis diet vegetarian yang dianut. Ada jenis diet vegetarian yang mengijinkan konsumsi ikan, ada yang memperbolehkan konsumsi madu dan telur, yang merupakan produk hewani.
    Diet vegan dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari healthline.com orang yang menjalani jenis diet ini cenderung memiliki tubuh lebih kurus dengan indeks masa tubuh (IMT) yang lebih rendah dibanding mereka yang non-vegan. Selain itu peneliti menemukan bahwa pengikut diet vegan, yang diperbolehkan untuk makan sampai merasa kenyang, mengalami penurunan berat badan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang menjalani diet dengan pembatasan kalori. Hal ini mungkin terjadi karena tumbuhan cenderung memiliki serat yang tinggi sehingga menyebabkan lebih cepat merasa kenyang.
    Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, vegan juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Dilansir dari medicalnewstoday.com diet vegan dapat membantu melindungi kesehatan tulang dan jantung, serta menurunkan resiko terserang kanker. Dalam menjaga kesehatan tulang tentunya kalsium berperan penting. Bagi orang yang menjalani pola diet ini, makanan seperti buah ara, kangkung, bayam, sayuran lobak, kacang polong mata hitam merupakan sumber kalsium yang baik. Selain itu kedelai, berapa buah, dan sayuran mengandung vitamin D dan K, kalium, serta magnesium yang juga dibutuhkan tulang dengan jumlah yang cukup. Vegan juga menunjukkan kemampuan metabolisme tulang dan penyerapan kalsium yang lebih efisien.
    Orang dengan diet vegan seringkali mengkonsumsi kalori lebih rendah dibandingkan dengan orang dengan diet standar Amerika. Hal ini menyebabkan seorang began memiliki IMT lebih rendah dan resiko obesitas yang lebih rendah pula. IMT yang lebih rendah berhubungan dengan konsentrasi LDL keseluruhan yang lebih rendah dan tekanan darah lebih rendah. Semakin rendahnya kolestrol berbahaya dapat menurunkan kemungkinan resiko stroke dan mortalitas akibat stroke serta gangguan jantung iskemik.
    Diet vegan menurunkan resiko terserang kanker dan penyakit kronis. Dilansir dari medicalnewstoday.com, konsumsi daging secara terus menerus dapat meningkatkan resiko terserang kanker kolorektal dan kanker prostat. Diet vegan tidak mengkonsumsi daging hewan dan pola makan vegan terdiri dari sejumlah besar kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, serat, dan vitamin C. Hal ini dipercayai dapat melindungi dari berbagai jenis kanker. Selain itu berdasarkan studi pada tahun 2008 menunjukkan bahwa diet berbasis tumbuhan dapat menangkal faktor genetik yang meningkatkan resiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2. Hal ini karena kandungan bioaktif dalam tumbuhan dapat mengontrol faktor biologis yang berhubungan dengan faktor geneti. Peneliti menemukan bahwa antioksidan dalam makanan berbasis tumbuhan dapat menangkal sel radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan inflamasi.
    Selain dikenal dapat menurunkan berat badan dan memiliki manfaat kesehatan, penganut diet vegan juga seringkali dikenal sebagai orang yang peduli lingkungan dan binatang. Tak jarang dari penganut diet vegan merupakan aktivis pembela binatang. Maka dari itu jenis makanan yang dimakan sepenuhnya bebas dari produk hewan. Seorang yang telah menerapkan jenis diet vegan dapat menyelamatkan ratusan hingga ribuan hewan seumur hidupnya. Seorang vegan yang juga dianggap berperan terhadap kepedulian lingkungan. Dilansir dari vegansociety.com terjadi peningkatan hewan ternak secara masif dari 1960 ke 2013. Ketika populasi manusia meningkat 2x lipat sejak 1960, produksi aging meningkat 4x lipat. Pada area tertentu hewan ternak seperti ayam meningkat hingga hampir 13x lipat. Trend seperti ini akan berlanjut dan berkontribusi terhadap pemanasan global, pencemaran secara luas, penggundulan hutan, degradasi lahan, kelangkaan air, dan kepunahan spesies.
    Walaupun begitu diet vegan juga memiliki resikonya sendiri, mengingat jenis makanan yang jauh lebih terbatas yang berarti nutrisi yang didapat juga mengalami keterbatasan. Dilansir dari healthline.com, faktanya studi menunjukkan bahwa vegan memiliki resiko lebih tinggi memiliki kadar vitamin B12, Vitamin D, Omega-3 rantai panjang, iodin, besi, serta kalsium yang lebih rendah dalam darah. Tidak mendapat nutrisi yang adekuat menyebabkan kekhawatiran bagi banyak orang, namun lebih beresiko bagi mereka yang sedang berkebutuhan lebih tinggi seperti anak-anak, wanita mengandung dan wanita yang sedang menyusui. Untuk mengatasi hal ini seorang vegan dapat mengkonsumsi secara harian makanan yang telah diperkaya dengan kalsium, vitamin D, dan vitamin B12. Selain itu menghindari konsumsi teh/kopi bersamaan dengan makanan kaya besi juga diperlukan mengingat teh dan kopi mengandugn senyawa tanin yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Selain itu penggunaan garam yang mengandung iodin atau rumput laut juga dapat membantu seorang vegan mencapai kadar intake iodin yang direkomendasikan. Terakhir, makanan yang mengandung omega-3, terutama yang memiliki kadar alpha-linolenic acid (ALA) tinggi, dapat membantu tubuh memproduksi omega-3 rantai panjang seperti eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Contoh makanan yang dapat menjadi pilihan adalah biji chia, biji rami, kenari, dan kedelai. Namun masih jadi perdebatan apakah makanan-makanan tersebut mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh, sehingga tambahan suplemen berupa vitamin B12, vitamin D, EPA dan DHA, serta kalsium dapat dipertimbangkan.

    Daftar Pustaka

    Healthline. (2016, 1 November). The Vegan Diet – A complete Guide for Beginners. Diakses pada 6 September 2017, dari http://www.healthline.com/nutrition/vegan-diet-guide#section10

    Medical News Today. (2017, 19 Juli). Vegan Diet: Health Benefits, risks, and meals tips. Diakses pada 6 September 2017, dari http://www.medicalnewstoday.com/articles/149636.php

    U.S. News.Vegan Diet. Diakses pada 6 September 2017m dari http://health.usnews.com/best-diet/vegan-diet

    The Vegan Society. Environment. Diakses pada 7 September 2017, dari https://www.vegansociety.com/go-vegan/environment

    Artikel ini ditulis oleh Ester Novitasari – 41150047

    Like

  3. Diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet)
    Pada zaman modern seperti sekarang ini, masalah berat badan (obesitas) dan gizi sudah menjadi masalah yang serius. Hal ini dikarenakan masyarakat lebih memilih junk food dari pada makanan rumah dan cenderung tidak mengatur pola makan dengan baik. Ada berbagai macam metode diet yang bermunculan untuk mengatasi masalah-masalah dalam berat badan dan gizi. Salah satunya adalah diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) yang di populerkan oleh Deddy Corbuzier di Indonesia.
    Diet OCD merupakan diet puasa kalori. Diet ini tidak terlalu menekankan pada jenis makanan yang dimakan seperti pada diet-diet lainnya yang memperhitungkan jumlah makanan/kandungan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut melainkan dari waktu makan kita yang disebut sebagai ‘Masa Jendela’. Masa jendela merupakan waktu makan yang diberikan kepada kita untuk memakan makanan jenis apapun dalam rentang waktu tertentu dan setelah itu tidak makan dan minum sama sekali kecuali air putih. Dalam OCD masa jendela dibagi menjadi 4 level sebagai berikut :
    1. Waktu bebas makan selama 8 jam dan puasa selama 16 jam (level 1)
    Pada level ini kita diperbolehkan memakan makanan jenis apapun selama 8 jam, setelah itu harus berpuasa selama 16 jam dan hanya boleh minum air putih dan minuman tanpa kalori. Misalnya kita memulai diet OCD pada pukul 12 siang, maka kita bebas makan apapun sampai pukul 8 malam, setelah itu kita harus berpuasa dan hanya minum air putih sampai jam 12 siang berikutnya.
    2. Waktu bebas makan selama 6 jam dan puasa selama 18 jam (level 2)
    Pada level ini kita diperbolehkan memakan makanan jenis apapun selama 6 jam, setelah itu kita harus berpuasa selama 18 jam tanpa pemasukan kalori sama sekali. Jadi jika kita memulai OCD pukul 12 siang, maka kita bebas makan apapun sampai pukul 6 sore, setelah itu kita harus berpuasa sampai pukul 12 siang berikutnya.
    3. Waktu bebas makan selama 4 jam dan puasa selama 20 jam (level 3)
    Pada lever ini kita diperbolehkan memakan makanan jenis apapun selama 4 jam, setelah itu kita harus berpuasa selama 20 jam tanpa pemasukan kalori. Jadi jika kita memulai OCD pukul 12 siang, maka kita bebas makan apapun sampai pukul 4 sore, dan setelah itu kita harus berpuasa sampai pukul 12 siang berikutnya.
    4. Berpuasa selama 24 jam (level 4)
    Pada level ini kita harus berpuasa selama 1 hari penuh. Jadi jika kita memulai OCD pukul 12 siang, maka kita harus langsung berpuasa sampai pukul 12 siang berikutnya.
    Selama melakukan puasa diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet), kita wajib memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih lebih sering karena saat berpuasa tubuh akan mudah kekurangan cairan dan mudah dehidrasi. Banyak masyarakat Indonesia yang tidak memahami pasti dan langsung asal-asalan memakai level OCD dengan alasan yang penting berat badan saya turun sehingga menyebabkan masalah kesehatan dan bahkan ada yang meninggal. Perlu kita ketahui bersama, ketika melakukan sebuah program diet apapun, berarti harus mengubah sebagian besar gaya hidup dan pola makan seseorang. Dengan begitu tubuh perlu adaptasi untuk terbiasa dengan suatu perubahan pola hidup tersebut. Begitu juga dengan diet OCD ini, harus dilakukan secara berkala dan tidak boleh asal-asalan agar tubuh bisa beradaptasi dengan peruabahan pola hidup dan yang terpenting harus mengetahui standar kecukupan serta dan olahraga teratur selama melakukan diet OCD ini.
    Ketika baru pertama kali memulai metode OCD ini, mulailah dari level 1 terlebih dahulu selama 2 minggu agar tubuh bisa beradaptasi. Jangan lupa selama puasa minumlah air putih lebih sering agar tidak kekurangan cairan dan dehidrasi. Setelah itu lanjut ke level berikutnya secara bertahap selama 2 minggu. Level 4 atau puasa 24 jam hanya dilakukan ketika tubuh kita benar-benar siap maksimal 1 kali seminggu dan sudah melewati level sebelumnya secara bertahap. Selama melakukan diet ini juga harus dibarengi dengan olahraga yang teratur karena ketika puasa dalam jangka waktu yang lama tubuh akan yang utama mengurangi masa otot karena pemakaian energi keotot dikurangi akibat hormon stres yang terpicu. Dengan berolahraga teratur terutama weight training akan membuat masa otot dipertahankan dan lemak bisa di keluarkan lewat pembakaran. Satu hal yang perlu di catat mengenai olah raga, setelah berolahraga kita diharuskan untuk makan agar memenuhi kebutuhan tubuh dan mendapat energi baru yang dibutuhkan dari luar tubuh. Oleh sebab itu saat melakukan OCD jika kita memulai OCD pukul 12 siang, berolahragalah pagi sebelum pukul 12 siang bukan sore setelah pukul 12 siang karena akan membuat tubuh kelelahan dan kehabisan energi.
    Selain berolahraga yang perlu diperhatikan dalam melakukan diet apapun adalah asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh atau pola makan. Saya kurang setuju dengan kata ‘bebas makan apapun’ dalam OCD karena banyak masyarakat Indonesia atau orang awam menyalahartikan kata ini karena kurang paham. Bebas makan apapun berarti tidak ada larangan atau pantangan dalam diet seperti misalnya pada orang yang diet karbohidrat melakukan pantangan memakan karbohidrat dalam jumlah tertentu. Dalam OCD bebas makan apapun berarti kita bisa makan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sesuai dengan kebutuhan tubuh terhadap kandungan tersebut :
    1. Karbohidrat
    Saat melakukan OCD, asupan karbohidrat dianjurkan 50-60% kebutuhan kalori di dalam tubuh karena karbohidrat sebagai sumber energi dan pelaku utama pada metabolisme tubuh. Jenis karbohidrat yang dianjurkan adalah gandum, kacang-kacangan, dan wholegrain. Nasi diperbolehkan asalkan dalam porsi yang seimbang dan secukupnya.
    2. Protein
    Protein yang digunakan adalah protein dengan rendah lemak jahat dan kolesterol. Protein ini kita bisa dapatkan pada ayam tanpa kulit, ikan, kerang, telur rebus jumlah cukup, tahu, tempe dan sebagainya. Pengelolahan makanan ini usahakan direbus bukan digoreng karena minyak atau pengelolahan digoreng mempunyai kandungan lemak jahat dan kolesterol yang tiggi.
    3. Lemak
    Lemak dan kolesterol bagi masyarakat awam adalah sebagai sumber penyakit dan ditakuti. Perlu kita ketahui lemak dan kolesterol juga diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan metabolisme protein, akan tetapi dalam kadar yang cukup karena jika berlebih, inilah yang akan membuat penumpukkan dan bisa menyumbat pembuluh darah. Jenis makanan yang dianjurkan adalah ikan, kacangan-kacangan dan sebagainya.
    4. Vitamin
    Vitamin juga penting untuk pertumbuhan tubuh. Vitamin bisa didapatkan di berbagai jenis buah-buahan seperti pisang, apel, pepaya dan sebagainya. Vitamin juga bisa di dapatkan di dalam sayuran seperti wortel, kangkung dan sebagainya.
    5. Air dan mineral
    Air dan mineral sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesimbangan cairan tubuh. Sehingga sangat dianjurkan minum air lebih sering ketika menjalani OCD.
    Saat melakukan OCD, kita harus memenuhi semua kebutuhan tubuh yang dibutuhkan sewaktu makan dalam sehari dan tidak bisa hanya mencukupi salah satunya saja. Inilah yang sering disalah artikan masyarakat awam mengenai kata ‘Bebas Makan Apapun dalam OCD’. Diet OCD ini juga diketahui mempunyai beberapa manfaat , yaitu :
    1. Menurunkan berat badan
    Jika dilakukan dengan teratur dan disiplin, diet OCD ini bisa menurunkan berat badan karena sistem puasa kalori yang dilakukan secara bertahap.
    2. Mengurangi resiko penyakit diabetes atau meningkatkan sensitifitas insulin.
    Ketika kita puasa, gula darah dalam tubuh akan berkurang karena glukagon naik dalam tubuh dan insulin menurun, sehingga jika melakukan diet OCD ini dengan teratur dan disiplin, akan mengurangi resiko tingginya gula darah atau diabetes.
    3. Mengurangi resiko penyakit jantung.
    Melakukan OCD dengan benar akan mengurangi resiko penumpukan kolesterol oleh LDL di pembuluh darah karena pengaturan makan dan menjaga asupan gizi yang masuk.
    Banyak masyarakat yang salah memahami manfaat OCD, fungsi diet OCD yang utama bukan untuk menurunkan berat badan. Karena kalau mau menurunkan berat badan cukup dengan mengurangi kalori yang masuk ketubuh. Menurut Denny Santaso selaku Pakar Diet dan Fitnes sekaligus Founder & CEO of Dunia Fitness dari hasil wawancara oleh tim Health Liputan6.com, Selasa (4/2/2014), mengatakan bahwa diet OCD diadopsi dari IF (Intermitten Fasting) yang berasal dari Amerika Serikat dengan tujuan membentuk badan yang ideal yang seharusnya dilakukan para profesional dan bukan untuk penurunan berat badan. Karena metode OCD adalah puasa kalori yang akan memangkas massa otot, nantinya akan ditutupi oleh lemak jika tidak teratur. Sangat disayangkan banyak masyarakat yang belum paham mengenai diet OCD ini sehingga salah menggunakan dengan tujuan menurunkan berat badan.
    Setiap metode diet pasti punya manfaat, resiko dan ketentuan standar gizinya sendiri dalam metodenya. Sebagai masyarakat, bijaklah dalam memilih metode diet demi tubuhmu. Pahamilah dengan matang terlebih dahulu metode diet yang akan kita pilih dan konsultasilah ke dokter atau ahli gizi. Tidak ada diet bagi orang malas dan tidak disiplin. Jadilah masyarakat yang cerdas, karena orang yang cerdas mempunyai tubuh yang sehat. Terimakasih ,semoga bermanfaat.

    Daftar Pustaka :
    Prawira ,A E. (2014)., Pakar Fitness : Yang dialami Deddy Tidak Terkait dengan OCD. http://health.liputan6.com/read/817889/pakar-fitnes-yang-dialami-deddy-tidak-terkait-dengan-ocd diakses pada tanggal 6 September 2017 pukul : 20.34 WIB
    Diet sehat.co.id. (2017)., 4 Cara Melakukan Diet OCD Dengan Benar Untuk Pemula Agar Berhasil. http://dietsehat.co.id/cara-melakukan-diet-ocd diakses pada tanggal 6 September 2017 pukul 20.11 WIB
    dr. Tjandraningrum, M. Gizi, SpGK. (2017)., Diet OCD Aman Atau Tidak ?. https://meetdoctor.com/article/diet-ocd-aman-atau-tidak diakses pada tanggal 7 September 2017 pukul 4.30 WIB
    Katsilambros, Nikolaos, dkk. 2016. Asuhan Gizi Klinik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

    Artikel ini ditulis oleh Willy Christian Putra – 41150042

    Like

  4. Dewasa ini sangat banyak orang yang menderita overweight sampai obesitas. Hal tersebut disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat seperti banyak makan makanan cepat saji atau junk food dan sangat jarang melakukan olahraga karena kebanyakan orang sibuk dengan gadget sehingga dapat menyebabkan overweight hingga obesitas. Atas dasar itulah banyak yang menciptakan diet untuk menurunkan berat badan salah satunya adalah diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet). Awal mula ide diet OCD dipaparkan oleh pembawa acara Hitam Putih ini melalui e-book yang bisa diunggah di situs http://www.readyforfit.com miliknya. Keinginan untuk berdiet berawal dari kecemasan Deddy Corbuzier ketika diminta tampil dalam sebuah acara yang mengharuskannya membuka baju dan memperlihatkan tubuhnya. Deddy mengaku stres karena saat itu bentuk tubuhnya tidak bagus. Akhirnya, dia mencari cara untuk mendapatkan tubuh yang bagus dengan cara diet. Ketika berpikir mengenai cara untuk membuat tubuhnya bagus, Deddy teringat akan pengalamannya lima tahun yang lalu ketika mengunjungi Hong Kong. Dalam e-booknya, Deddy menjelaskan bahwa ketika mengunjungi Hong Kong untuk mengambil sertifikat instruktur bela diri di sana, Deddy menghabiskan satu minggu dengan mobil sewaan beserta supirnya. Nah, dari supir mobil sewaan itulah sang mentalist mendapatkan ilham mengenai diet OCD. Supir tersebut diketahui berumur 70 tahun namun masih memiliki tubuh seperti masih berusia 40 tahunan. Cukup mencengangkan dan hampir mustahil. Deddy pun menanyakan rahasia tubuh muda supir tersebut. Dari cerita dan rahasia yang dibagikan oleh supir mobil dari Hong Kong itu selama empat hari berturut-turut, Deddy mengetahui bahwa supir tersebut adalah mantan biarawan shaolin dari China. Meski ketika kembali ke Indonesia, Deddy melupakan mengenai rahasia yang dibagikan oleh mantan biarawan shaolin tersebut, namun ide itu kembali padanya ketika dia diharuskan untuk segera memiliki tubuh yang bagus. Deddy pun menggali lagi mengenai rahasia yang didapatkannya dalam perjalanan di Hong Kong dan mencari sumber-sumber ilmiahnya melalui internet. Pencarian ini dilakukan selama satu bulan hingga akhirnya Deddy Corbuzier yakin akan kebenaran rahasia yang dibagikan oleh sopir Hong Kong tersebut dan memutuskan untuk mencoba diet yang kemudian dinamakannya Obsessive Corbuzier Diet. Metode diet OCD ini sangat unik dimana dalam diet ini kita tidak diperkenankan sarapan padahal pada metode diet lainnya menyarankan untuk tetap sarapan pagi. Didalam buku yang di tulis oleh Deddy Corbuzier terdapat fakta menurut penelitian Doktor Javier Gonzalez, bagian dari tim peneliti, mengatakan kepada Science Daily: “Dalam rangka untuk menurunkan lemak tubuh kita perlu menggunakan lebih banyak lemak untuk energi… meningkatkan jumlah total energi yang kita habiskan, dan proporsi yang lebih besar dari energi ini berasal dari pembakaran lemak yang ada jika latihan dilakukan setelah puasa semalam tanpa sarapan. ”
    Cara melakukan diet OCD ini simpel yaitu dengan mengkombinasikan jendela makan dengan puasa. Puasa dengan Membatasi waktu makan dengan makan apa sajatanpa memikirkan kalori. Namun hal ini bukan artinya anda tiba tiba menjadi rakus dan gila memakan semua. (banyak yang berpikir sehabis puasa boleh makan sebanyak banyaknya. Hal ini salah!! makanlah sewajarnya anda makan tiap harinya.) jangan pikirkan apa yang anda makan, makanlah seperti biasa anda makan. Ocd tidak akan menghasilkan apapun apabila anda menjadi rakus setelah puasa kecuali dan dalam fase membesarkan badan anda. Itu juga bukan artinya anda menjadi rakus. Puasa disini artinya tidak ada asupan kalori apapun selama anda dalam masa puasa. Namun, Ini artinya anda masih boleh minum air, teh atau apapun yang tidak mengandung kalori. Bahkan permen pun boleh asal 0 kalori buah tidak boleh,susu dsb tidak boleh). Menurut buku menyusun diet FK UI berbagai penyakit buah mengandung 50 kalori. Waktu puasa yang berikan adalah 16 jam, 18 jam dan 20 jam. (waktu tidakmakan)Itu mengartikan waktu makan adalah 8 jam, 6 jam atau 4 jam. (jendela makan) Apa artinya? Artinya anda boleh makan apa saja seperti biasa anda makan (tidak menjadi rakustiba tiba) selama 8, 6 atau 4 jam dalam sehari (tanpa makan pagi setidaknya 3atrau 4 jam setelah anda bangun) Jadi kalau menggunakan 8 jam artinya anda mulai makan jam 12 sampai jam 8malam. (Sehari 3 kali makan) atau kalau anda mulai jam 3 anda bisa makan sampai jam 12 malam… enak bukan? Kalau anda mengambil waktu makan 6 jam maka kalau anda mulai makan jam 12 maka makan terakhir anda adalah di jam7 malam. (Waktu mulai makan bebas terserah kebutuhan anda kapan memulainya) Kalau anda mengambil 4 jam makan maka seandainya anda mulai makan jam 2 siang maka anda bisa makan hingga jam 6 malam.(jumlah berapa kali makan juga bebas selama anda merasa lapar tapi tidak menjadi rakus ajaibnya adalah anda tidak akan merasa lapar) Itu adalah jenis puasa pertama. Jenis puasa yang kedua adalah puasa 24 jam. Artinya anda hanya makan sekali dalam sehari. Jam berapa saja, makan apa sajasebanyak apa saja. (ingat bukan menjadi rakus dan bukan makan pagi dan selamamasa puasa anda boleh minum yang tidak berkalori) anggap lah anda mulai start makan hari rabu (hari tentative) jam 3 siang, makansekali dan cukup mengenyangkan that’s it! (minum bebas kapan saja selama tidakberkalori). Cukup makan sekali itu saja di hari rabu sampai keesokan harinya kamis di jam 3siang lagi lalu masuk ke jendela makan.. (misalnya 4 jam maka silahkan makan dihari kamis dari jam 3 sampai jam 7 di hari itu)? Memasukkan kalori yang cukup saat anda makan maka anda tidak akan pusing. Penerapan Gabungan antara jendela makan dan puasa 24 jam. Sederhana..
    1. Jendela waktu makan.
    Di minggu pertama anda harus mulai dengan makan 8 jam sehari tanpa sarapan. Di minggu kedua anda masuk ke 6 jam sehari.Di minggu ke tiga dan seterusnya anda masuk ke 4 jam sehari. Ingat anda bisa berhenti di 8 jam sehari seumur hidup anda atau di 6 jam kalau anda mau tanpa perlu lari ke 4 jam sehari namun hasil akan tidak maksimal. Lakukan ini selama lamanya bahkan seumur hidup anda kalau bisa. Apabila anda bisa tetap di 4 jam maka ini akan menghasilkan hasil yang sangat luar biasa dalam waktu singkat.
    2. Puasa 24 jam.
    Bila anda ingin hasil lebih baik dan cepat lagi maka dalam satu minggu anda harus
    mengambil 1 atau 2 hari (3 maksimal untuk saya) untuk puasa 24 jam. Jangan takut, ini bukan artinya anda tidak makan sama sekali. Misalnya anda makan jam 4 sore maka makan kembali besok mulai jam 4 sore lagi dan masuk ke pola jendela makan seperti di nomor 1 di atas tadi.Kombinasikan kedua hal itu maka anda akan membentuk tubuh anda dalam waktu singkat bahkan diam pun tubuh anda akan berubah menjadimesin pembakar lemak alami.
    Kelebihan dari diet ini adalah tidak membutuhkan olahraga yang berat untuk membakar kalori karena kita hanya mengatur asupan makanan yang masuk. Sehingga diet ini sangat cocok untuk orang-orang yang malas atau tidak sempat berolahraga.

    Sumber
    tipsdietsmart.com/diet-ala-deddy-corbuzier/ diakses pada tanggal 6 september 2017 pukul 21.15
    Waspadji. (2013). Menyusun Diet Berbagai Penyakit Berdasarkan Daftar Makanan Penukar, Edisi 4, Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
    Corbuzier, Dedy. 2013. OCD. Obsessive Corbuzier‟s Diet. http://ocddeddycorbuzier.blogspot.co.id/
    .Diakses pada tanggal 6 september 2017

    artikel ini ditulis oleh Adek widya p. saraswati- 41150050

    Like

  5. Aditya Dwi Putra Bombing (41150048)

    Pengaruh Diet Rendah Karbohidrat terhadap Pasien Obesitas

    “Jangan makan nasi banyak-banyak!”. Mungkin, kalimat ini sering dilontarkan oleh orang-orang yang berada di sekitar kita, baik itu orang tua, saudara, teman, bahkan dosen yang mengajar kita. Apalagi untuk Anda yang mengalami obesitas, mungkin sudah tidak asing lagi dan bahkan berulang kali mendengar kalimat tersebut. Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Keberadaan nasi sering dianggap sebagai makanan utama, bahkan beberapa orang menganggap bahwa kalau tidak makan nasi sama halnya dengan belum makan. Hal ini sangat wajar mengingat bangsa Indonesia merupakan salah satu negara agraris terbesar di dunia. Apabila ditelaah lebih lanjut, sebenarnya kalimat tersebut merujuk pada kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada nasi. Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh manusia dan berperan penting dalam diet. Karbohidrat mengandung berbagai senyawa yang memberikan perasaan kenyang lebih lama daripada sumber energi lainnya, seperti lemak dan protein, bahkan dengan densitas kalori yang lebih rendah. Secara garis besar, karbohidrat dikelompokkan menjadi dua, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat yang secara kimiawi tersusun atas satu sampai dua unit gula, misalnya pada soft drink, permen dan tentu saja nasi putih. Sementara itu, karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang secara kimiawi tersusun atas tiga atau lebih unit gula, misalnya pada kentang dan jagung. Karbohidrat kompleks ini diserap lebih lama oleh tubuh ketimbang karbohidrat sederhana, sehingga mengakibatkan pelepasan glukosa menuju darah lebih lambat dan cenderung stabil. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya perasaan kenyang yang lebih lama apabila kita mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.
    Selanjutnya, pada orang dengan diet tinggi karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kadar glukosa darah. Peningkatan kadar glukosa darah ini dapat menyebabkan resistensi insulin, sehingga justru mengakibatkan terjadinya proses lipogenesis dan peningkatan akumulasi lemak di dalam tubuh. Bahkan, berdasarkan penelitian Tsalissavrina,dkk menjelaskan bahwa pemberian diet tinggi karbohidrat menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah yang lebih cepat dibandingkan dengan diet tinggi lemak, sehingga kemungkinannya untuk menyebabkan resistensi insulin dan obesitas juga lebih tinggi. Dengan demikian, diet rendah karbohidrat merupakan salah satu alternatif yang wajib dilakukan untuk menurunkan berat badan terutama pada pasien obesitas.
    Diet rendah karbohidrat bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan dan tentu saja membutuhkan pengawasan yang cukup ketat. Hal ini disebabkan karena peran karbohidrat yang sangat vital, terutama sebagai sumber energi bagi organ-ogan tubuh maupun penyerapan mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Umumnya, jumlah karbohidrat minimum yang kita butuhkan tiap hari adalah sebesar 100 g (380 kkal). Apabila kebutuhan minimum ini tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan terjadinya kondisi hipoglikemia, sehingga memicu proses katabolisme protein dan secara bersamaan menyebabkan terjadinya dehidrasi akibat kehilangan garam mineral dan air dalam jumlah yang cukup bermakna. Selain itu, diet rendah karbohidrat yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan proses ketogenesis. Hal ini disebabkan karena habisnya simpanan karbohidrat di dalam sel, sehingga mengakibatkan teraktivasinya lipase lipoprotein. Aktivasi dari lipase lipoprotein ini akan memicu peningkatan Asam Lemak Bebas yang selanjutnya dioksidasi oleh hati menjadi keton. Apabila pengeluaran keton melalui urin terhambat oleh adanya kondisi dehidrasi, maka akan menyebabkan terjadinya akumulasi keton. Dalam jangka waktu lama, akumulasi keton ini akan menyebabkan penurunan pH darah yang akan berdampak pada kematian.
    Mengingat diet rendah karbohidrat cukup berisiko bagi pasien obesites, maka perencanaan asupan makanan bagi pasien obesitas sangat diperlukan. Pada pasien obesitas dianjurkan untuk menurunkan konsumsi kalori sebesar 500-1000 kkal/hari dengan presentase karbohidrat sebesar 40-60 % kalori total. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak buruk akibat diet rendah karbohidrat seperti yang dijelaskan sebelumnya. Selain itu, pasien obesitas dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Salah satu cara yang paling mudah yaitu dengan konsumsi nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Sama halnya dengan kentang dan jagung, nasi merah merupakan salah satu jenis karbohidrat kompleks yang menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dengan kalori total yang tidak jauh berbeda dengan nasi putih. Selain itu, pasien obesitas juga disarankan untuk menghindari makanan yang termasuk golongan karbohidrat sederhana. Hal ini disebabkan karena konsumsi karbohidrat sederhana justru akan menyebabkan resistensi insulin, sehingga akan berdampak pada akumulasi lemak di dalam tubuh dan memperburuk kondisi obesitas. Selain itu, metode diet rendah karbohidrat harus ditunjang oleh asupan nutrisi dari sumber lain, seperti diet tinggi protein, konsumsi air putih dan olahraga secara teratur, sehingga terbentuk keseimbangan energi antara asupan dan pemakaian energi. Diet tinggi protein sendiri berperan penting dalam menekan rasa lapar, meningkatkan sensitivitas insulin dan berperan dalam termogenesis, sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi akibat diet rendah karbohidrat. Sementara itu, olahraga secara teratur selama 30-45 menit dengan intensitas sedang setiap harinya dan konsumsi air putih dapat memperkecil penurunan laju metabolisme basal dan berperan dalam termogenesis. Oleh karena itu, diet rendah karbohidrat bagi pasien obesitas wajib ditunjang dengan konsumsi nutrisi yang berasal dari sumber lain maupun olahraga secara teratur guna mempercepat proses penurunan berat badan dan mencegah terjadinya berbagai macam efek samping yang dapat ditimbulkan oleh metode ini.

    Sumber
    Nikolaos Katsilsambros, dkk.2014. Asuhan Gizi Klinik. Jakarta : EGC.
    Kumar, dkk. Buku Ajar Patologi Robbins. 2014. Singapore : Elsevier.
    jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/index diakses pada 6 September 2017, pukul 19.30 WIB

    Artikel ini ditulis oleh Aditya Dwi Putra Bombing-41150048

    Like

  6. Kurus. Satu kata ini menjadi sangat penting terlebih jika kita membahas mengenai penampilan. Dewasa ini, seringkali kita mendengar banyak orang berniat untuk menurunkan berat badan agar terwujud bentuk badan ideal. Oleh karena itu, program-program diet banyak berkembang dan telah menjadi doktrin sehingga terkadang menimbulkan pro dan kontra. Salah satunya adalah diet Weight Watcher yang menjadi program diet favorit orang-orang negara Barat.

    Weight Watcher sebenarnya bukan merupakan program diet namun termasuk dalam gaya hidup. Pada tahun 1963, Jean Nidetch mendirikan Weight Watchers, yakni sebuah perusahaan yang menawarkan produk dan jasa untuk menurunkan berat badan. Berdasarkan data penelitian di Australia, dalam 36 tahun, Weight Watcher menjadi program diet yang sampai saat ini diikuti oleh banyak orang dan berhasil menurunkan berat badan dengan optimal. Filosofi Weight Watcher yaitu menekankan diet makanan untuk mencapai berat badan ideal melalui cara-cara seperti memilih makanan dengan baik dan perubahan gaya hidup yang positif.

    Perbedaan paling menonjol dari diet Weight Watcher dengan program diet lainnya adalah sistem point. Nilai dapat diberikan pada tiap makanan dengan didasarkan pada kandungan kalori, lemak dan serat. Sistem point tersebut memiliki aturan anggaran point sendiri dengan kisaran 18-37 ditentukan bagi masing-masing individu dengan bantuan seorang konselor. Setiap point kira-kira 50 kalori dan sebagian besar orang berkisar 24 – 32 point setiap hari. Daftar point mengggunakan daftar oleh Weight Watcher Corporation.
    Sistem point ini memiliki keuntungan tersendiri yakni bebas dan fleksibel. Mengapa? Setiap orang dapat mengonsumsi makanan yang mereka suka tanpa batasan-batasan. Ayam goreng, kue, soda dan susu sangat boleh dikonsumsi asalkan memenuhi anggaran porsi kita. Apabila suatu makanan melebihi nilai point lebih tinggi, mau tidak mau kita harus melewatkan makanan tersebut dan menggantinya dengan makanan lain yang masih termasuk dalam anggaran point.

    Pada akhir 2015, diluncurkan Weight Watcher Beyond the Scale Program, yang bertujuan untuk membantu tiap orang dalam masalah diet/pemilihan makanan, membudayakan gaya hidup sehat dengan bergerak lebih banyak dan mengubah pola pikir serta gaya hidup. Program ini dirancang dengan model Smart Points yang berdasarkan nutrisi (jumlah yang lebih tinggi dari lemak jenuh dan gula mendapat nilai/point tinggi sedangkan jumlah yang lebih tinggi dari protein akan mendapat nilai/point yang lebih rendah). Jadi apabila terdapat semangkuk sup lobster san satu porsi sandwich dan salad tersaji di depan mata kita, dimana keduanya memiliki nilai kalori yang sama (308 kalori), maka sandwich dan salad adalah pilihan cerdas dan bijaksana. Sandwich akan memberi nilai/point lebih tinggi karena lebih banyak mengandung lemak jenuh dan gula bila dibandingkan lobster yang tinggi protein.

    Jika dilihat secara gamblang, program diet Weight Watcher ini cenderung menjadi makanan rendah kalori dan rendah lemak, namun sebenarnya lebih berfokus mendorong kita untuk membuat pilihan makanan bergizi dan seimbang daripada penghitungan kalori. Pilihan makanan pada Weight Watcher diet ini lebih berupa whole grain, protein tanpa lemak seperti ayam dan ikan, buah dan sayuran, telur dan susu rendah lemak. Kita juga tidak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi muffin, brownies, cake hingga pizza dan burger.

    Tokoh terkenal yang juga menjalani diet Weight Watcher ini adalah host variety show terkenal, Oprah Winfrey. Wanita berusia 61 tahun tersebut menjalani program diet Weight Watchers sejak Agustus 2015, mengumumkan pada Oktober bahwa berat badannya berkurang hingga 15 pon selama mengikuti program diet tersebut. Oprah mengungkapkan bahwa dia diberi 30 point sehari , dimana point tersebut merupakan angka yang ditentukan oleh tinggi, umur, jenis kelamin, dan berat badan.
    Ketika Oprah berhasil menurunkan 5 pon berat badan dalam satu minggu menjalani program dietnya, dia mengakui bahwa dia telah menolak Weight Watcher sejak tahun 1970-an karena dia “tidak pernah memiliki waktu untuk menghadiri pertemuan-pertemuan organisasi Weight Watcher” dan dia “membenci pemikiran yang menyuruhnya untuk hitung-menghitung”. Namun akhirnya, niat muncul dalam dirinya dan terbukti bahwa program diet ini dapat menurunkan berat badan secara efektif tanpa menimbulkan efek samping yang berat.

    Setiap orang yang menjalani program diet Weight Watchers ini akan tergabung dalam suatu organisasi Weight Watcher dan akan terikat suatu keanggotaan, dimana dalam organisasi tersebut mereka dapat saling bertukar ide, pemikiran dan gagasan akan suatu pemilihan makanan, pengaturan gaya hidup yang positif.
    Program diet Weight Watcher dapat berpengaruh pada aspek fisik dan psikologis. Penggunaan sistem point pada program diet ini memaksa individu untuk lebih aktif dalam menjalani kehidupan mereka dengan perubahan pola makan sesuai dengan target Point yang dimiliki. Selain itu, sistem Point ini tidak hanya digunakan untuk diri sendiri saja, namun juga menuntut setiap orang dalam organisasi diet tersebut untuk mendukung satu sama lain. Hal ini akan berpengaruh pada aspek psikologis tiap individu dengan mengubah pemikiran mereka yang semula hanya berfokus pada program diet untuk diri sendiri menjadi memikirkan orang lain juga. Selain itu, mereka dapat bersaing secara sehat dengan masih menekankan pada support (dukungan) dan semangat satu sama lain. Pada akhirnya, apapun program diet yang dijalankan oleh tiap individu bergantung pada niat individu tersebut sehingga dapat terwujud cita-cita hidup sehat dengan memiliki berat badan ideal.

    Daftar Pustaka :
    Ann Jarvis, Saskia. 2004. Healthy Eating and the Anti-Diet : The Weight Watchers Approach to Weight Maintenance. Ontario : Department of Sociology and Anthropology, Carleton University.

    Dansinger L., Michael. 2006. Comparison of the Atkins, Ornish, Weight Watchers, and Zone Diets for Weight Loss and Heart Disease Risk Reduction. Florida : University of Florida

    http://www.dailymail.co.uk/femail/article-3343082/Oprah-shares-secrets-26lb-weight-loss-new-issue-O-magazine-admits-wishy-washed-diets-joining-Weight-Watchers.html. Diakses : 7 September 2017 17.30

    Artikel ini ditulis oleh Eunike Faralia Pradhita – 41150045

    Like

  7. Apa itu diet mayo?
    Apakah diet mayo aman bagi kesehatan kita? Mungkin dua pertanyaan tadi merupakan pertanyaan yang paling sering kita dengar mengenai diet mayo yang di perbincangkan oleh teman atau kerabat kerja kita.
    Diet mayo adalah sebuah metode diet yang pertama kali diperkenalkan oleh MayoClinic.org, sebuah portal kesehatan ternama asal Amerika Serikat yang telah berdiri lebih dari 15 tahun. Program diet ini telah teruji dalam berbagai penelitian dan juga studi. Selain mengurangi berat badan dengan menghindari konsumsi garam, ada aturan penting lain dalam diet ini, yakni pantangan untuk mengonsumsi es atau air es. Selain itu usahakan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.
    Diet mayo sebenarnya sama saja dengan diet konvensional atau diet yang biasa dilakukan oleh orang-orang. Yang terpenting adalah menu makan yang seimbang antara sumber vitamin, mineral, protein, lemak, dan karbohidrat. Pada diet mayo ini anda tidak perlu terlalu bersusah payah seperti pada diet OCD. Cukup pengaturan konsumsi karbohidrat saja yang terpenting dalam diet ini.
    Diet mayo dilakukan dalam 13-14 hari saja namun tanpa terlewati. Namun jika dalam kurun waktu dua minggu tersebut terdapat kegagalan meskipun hanya satu hari saja maka anda sudah dianggap gagal. Diet mayo ini sudah banyak terbukti sangat ampuh menurunkan 7 sampai 8 kilogram berat badan dalam kurun waktu yang sangat singkat.
    Penelitian yang dilakukan telah membuktikan bahwa berat badan seseorang yang menjalankan diet dengan menu diet mayo yang benar bisa turun cukup banyak. Selain itu kondisi kimiawi di dalam tubuh pun menjadi lebih baik dibanding sebelumnya. Diet ini dinilai sebagai salah satu metode diet yang benar dan cepat. Diet mayo sendiri disarankan agar dilakukan oleh seseorang yang ingin menurunkan berat badan tubuh minimal sebanyak satu kali dalam satu tahun.
    Saat melakukan metode diet yang benar dan sehat ini disarankan untuk mengonsumsi minuman atau makanan yang tidak terlalu dingin. Selain itu jika Anda mengonsumsi daging, Anda juga harus bisa mengatur jumlah daging yang Anda konsumsi. Untuk lebih amannya, mayoclinic.com menyarankan agar Anda mengonsumsi daging dengan minyak jagung atau danish butter.
    Menu diet mayo yang benar adalah menu makanan yang seimbang termasuk sayuran dan buah-buahan. Namun Anda sekali lagi diingatkan agar tidak memasak sayuran tersebut atau mencampurkan buah-buahan dengan garam atau zat-zat asin lainnya. Untuk menu sehatnya Anda bisa mencoba memasak seikat bayam tanpa garam dan dimasak dalam waktu yang tidak terlalu lama. Selain itu Anda juga bisa menambahkan selada mentah di setiap menu makanan yang Anda konsumsi selama Anda menjalankan cara diet yang benar dan sehat ini.
    Untuk jadwalnya sendiri, Anda juga harus mengatur jadwal konsumsi makanan selama menjalankan program diet mayo selama 13 hari ini. Bila perlu agar menu diet mayo yang benar bisa Anda terapkan sampai 13 hari berakhir, Anda bisa membuat daftar pada selembar kertas atau di ponsel Anda. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini kami berikan satu contoh jadwal menu diet mayo yang benar selama 13 hari.
    Menu Pagi Hari
    Hari 1 dan 8 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
    Hari 2 dan 9 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
    Hari 3 dan 10 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
    Hari 4 dan 11 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar
    Hari 5 dan 12 : sebuah wortel besar mentah yang diparut dan ditaburi jeruk citrun
    Hari 6 dan 11 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar
    Hari 7 : secangkir kopi/teh tanpa gula
    Menu Siang Hari
    Hari 1 dan 8 : 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + 1 buah tomat
    Hari 2 dan 9 : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada + 1 buah segar
    Hari 3 dan 10 : 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + tomat + 1 buah segar
    Hari 4 dan 11 : 1 butir telur rebus + 1 wortel yang direbus sebentar + keju trim 20gr
    Hari 5 dan 12 : 2,5 ons ayam kukus ditambah sedikit saus mentega yang tidak asin
    Hari 6 dan 13 : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
    Hari 7 : 1,5 ons bistik goreng + 1 buah segar
    Menu Malam Hari
    Hari 1 dan 8 : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada dengan jeruk citrun
    Hari 2 dan 9 : 2,5 ons ayam kukus + 1 pisang
    Hari 3 dan 10 : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
    Hari 4 dan 11 : pepaya satu mangkok penuh dengan jeruk citrun + 1 gelas susu rendah lemak
    Hari 5 dan 12 : 2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + seikat bayam
    Hari 6 dan 13 : 2 butir telur rebus + wortel besar parut mentah dengan citrun
    Hari 7 : 2 butir telur rebus + 2 pisang
    Itu tadi adalah satu contoh daftar menu diet mayo yang benar dan harus Anda lakukan tanpa terlewati selama 13 hari penuh. Demikian pembahasan diet kali ini dan semoga bermanfaat.
    Daftar Pustaka:
    Dedaunan.com kesehatan anda oleh http://dedaunan.com/ini-dia-daftar-menu-diet-mayo-yang-benar/2/ . Diakses pada 6 September 2017 pukul 21.03 wib.
    http://www.mayoclinic.org/ . Diakses pada 6 September 2017 pukul 21.30 wib.
    I Gusti Bagus Suryanegara – 41150043.

    Like

  8. Apa itu Diet DASH ?
    Pernahkah anda mendengar diet DASH? Beberapa dari anda mungkin pernah mendengar diet DASH tapi taukah anda manfaat dari diet DASH dan cara melakukan diet ini? mungkin masih banyak yang belum mengetahui hal ini, pada artikel kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai diet DASH. Nah, apa sih kepanjangan dari diet DASH? Diet DASH merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet DASH merupakan diet yang dilakukan seumur hidup dengan memakan makanan sehat, dan biasanya dirancang untuk membantu mengobati atau mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). Diet DASH mendorong Anda untuk mengurangi asupan garam dalam makanan Anda dan menyantap berbagai makanan yang kaya nutrisi yang membantu menurunkan tekanan darah, seperti kalium,kalsium, dan magnesium.
    Apa Manfaat Diet DASH?
    Dengan mengikuti diet DASH secara tepat tekanan darah pada orang dengan hipertensi dapat turun delapan sampai 14 mmHg. Diet DASH selain bermanfaat untuk membantu dan mencegah hipertensi, diet ini juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes.untuk menu sendiri diet DASH lebih menekankan pada konsumsi sayuran, buah-buahan dan makanan olahan susu rendah lemak,biji-bijian, ikan, unggas dan kacang-kacangan moderat.

    Apa saja jenis Diet DASH?
    Untuk jenisnya sendiri diet DASH dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan jumlah konsumsi garam perhari :
    1. Diet DASH standard :
    Jenis diet dash ini mengzinkan Anda untuk mengkonsumsi garam hingga 2.300 miligram perhari
    2. Lower Sodium DASH Diet
    Diet DASH ini mengizinkan anda untuk mengkonsumsi garam hanya sampai 1.500 mg per hari
    Walaupun terdapat 2 versi dari diet DASH, tetapi kedua jenis diet diatas memiliki tujuan yang sama yaitu mengurangi jumlah garam di dalam makanan anda. American Heart Association merekomendasikan untuk batas konsumsi garam perhari pada orang dewasa hanya 1500 mg yang artinya Lower Sodium DASH Diet akan memiliki dampak yang lebih baik terhadap tubuh anda.

    Apa Saja Menu dalam Diet DASH ?
    Jika sudah mengetahui jenis dan manfaat diet DASH lalu bagaimana dengan susunan menu dalam diet DASH ?. Kedua jens diet DASH memiliki menu yang sama yaitu mencakup banyak biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak. Selain itu diet DASH juga mencakup beberapa ikan, unggas dan kacang polong. Anda juga dapat memakan daging merah, permen dan lemak dalam jumlah kecil. Yang perlu kalian perhatikan adalah Diet DASH ini diet yang rendah lemak jenuh, kolesterol dan lemak total.
    Untuk panduan rincinya berikut akan dijabarkan mengenai menu diet DASH dengan kebutuhan kalori sebesar 2.000 kalori :
    1. Biji-bijian : 6 sampai 8 porsi sehari.
    Biji-bijian yang dimaksud disini meliputi roti, sereal, nasi dan pasta. Contoh satu porsi biji-bijian adalah 1 irisan roti gandum utuh, 1 ons sereal kering, atau 1/2 cangkir sereal, nasi atau pasta yang dimasak.
    Dalam konsumsi biji-bijian, pilihlah biji-bijian utuh (whole grains) karena memiliki lebih banyak serat dan nutrisi daripada biji-bijian olahan. Misalnya, menggunakan beras merah bukan nasi putih, pasta gandum utuh, bukan pasta biasa dan roti whole grain daripada roti putih. Jika mungkin dilakukan, Carilah produk berlabel “100 persen whole grain” atau “100 persen whole wheat.” Keuntungan lain dari biji-bijian adalah Biji-bijian secara alami memiliki lemak yang rendah. Konsumsi jenis makanan ini tidak boleh disertai dengan saus mentega, krim dan keju.
    2. Sayuran : 4 sampai 5 porsi sehari.
    sayuran yang dapat dikonsumsi adalah Tomat, wortel, brokoli, ubi jalar, sayuran hijau dan sayuran lainnya penuh dengan serat, vitamin, dan mineral seperti kalium dan magnesium. Contoh satu porsi meliputi 1 cangkir sayuran hijau berdaun hijau atau 1/2 cangkir potongan sayuran mentah atau dimasak. Saat anda membeli sayuran pilihlah Sayuran yang segar dan beku dan apabila membeli sayuran dalam kemasan , pilihlah sayuran yang diberi label rendah sodium atau tanpa tambahan garam.
    3. Buah: 4 sampai 5 porsi sehari
    Buah merupakan suatu jenis makanan yang paling mudah untuk disantap dan hanya memerlukan sedikit persiapan untuk memakan buah. Dalam diet ini anda dapat memakan segala jenis buah selain kelapa. Contoh satu porsi yang dimaksud adalah satu buah sedang atau 4 ons jus. Apabila memakan buah usahakan kulitnya tetap dimakan dengan catatan buah tersebut harus dicuci terlebih dahulu. Sebagai catatan juga buah jeruk seperti jeruk bali, dapat berinteraksi dengan obat tertentu, jadi sebelum melakukan diet ini lebih baik periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah buah ini mempengaruhi terapi yang sedang anda lakukan.
    4. Susu: 2 sampai 3 porsi sehari.
    Susu, yogurt, keju dan produk susu lainnya merupakan sumber utama kalsium, vitamin D dan protein. Tapi pastikan bahwa susu yang Anda pilih merupakan produk susu yang rendah lemak atau bebas lemak. Contoh satu porsi meliputi 1 cup skim,1 cangkir yogurt rendah lemak, atau 1 1/2 ons bagian keju skim.
    5. Daging tanpa lemak, unggas dan ikan: 6 porsi atau kurang sehari.
    Daging kaya akan sumber protein, vitamin B, zat besi dan seng. Dalam diet ini anda diwajibkan memilih daging tanpa lemak dan konsumsi daging tidak lebih dari 6 ons perhari.
    6. Kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang polong: 4 sampai 5 porsi seminggu
    Jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi adalah Almond, biji bunga matahari, kacang merah, kacang polong, lentil dan jenis lain yang masih dalam satu famili. Kacang-kacangan merupakan sumber magnesium,kalium dan protein yang baik. Kacang-kacangan juga penuh akan serat dan fitokimia, yang merupakan senyawa tanaman yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker dan penyakit kardiovaskular.
    Untuk porsi diet DASH, kacang-kacangan hanya dikonsumsi dalam porsi kecil dan dikonsumsi hanya beberapa kali dalam seminggu karena makanan ini merupakan makanan tinggi kalori. Contoh satu porsi meliputi 1/3 cangkir kacang, 2 sendok makan biji, atau 1/2 cangkir kacang masak atau kacang polong.
    7. Lemak dan minyak: 2 sampai 3 porsi sehari
    Lemak membantu tubuh Anda menyerap vitamin penting dan membantu sistem kekebalan tubuh. Tapi terlalu banyak lemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Diet DASH berusaha untuk membuat keseimbangan yang sehat dengan membatasi lemak total hingga kurang dari 30 persen dari kalori harian, dengan fokus pada lemak tak jenuh. Contoh satu porsi lemak yaitu 1 sendok teh margarin lembut, 1 sendok makan mayones atau 2 sendok saus salad.
    8. Gula : 5 porsi atau kurang dalam seminggu
    Dalam diet DASH konsumsi gula masih diperbolehkan tapi tetap dengan batasan porsinya. Contoh satu porsi meliputi 1 sendok makan gula, jeli atau selai, 1/2 cangkir sorbet, atau 1 gelas limun. Saat Anda ingin memakan olahan gula pilihlah yang bebas lemak atau rendah lemak, seperti sorbets, es buah, kacang jeli, permen , biskuit gandum atau kue rendah lemak
    9. Diet DASH: Alkohol dan kafein
    Minum alkohol terlalu banyak bisa meningkatkan tekanan darah. Sehingga perlu untuk dibatasi atau jika dimungkinkan hindari konsumsi alkohol. Untuk konsumsi kafein dalam diet DASH tidak ada larangan kkarena pengaruh kafein terhadap tekanan darah masih belum jelas. Tapi kafein bisa menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat untuk sementara oleh sebab itu jika anda memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) maka anda perlu berkonsultasi dengan dokter anda untuk konsumsi kafein.

    Referensi :

    http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/dash-diet/art-20048456. Diakses pada 7 September 2017. Pukul : 17.00

    Artikel ini ditulis oleh Putu Gede Suda Satriya Wibawa-41150049

    Like

  9. Diet OCD

    Setiap manusia menginginkan tubuh yang ideal. Maka tidak jarang orang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal termasuk melaksanakan pola diet dengan caranya masing-masing. Tren diet pun kini berkembang luas dimasyarakat tidak hanya dikalangan wanita namun juga pria. Bahkan tren diet sendiri kini menjadi gaya hidup dimasyarakat. Akan tetapi, tidak jarang masyarakat awam menyalahartikan arti kata diet itu sendiri dengan mengurangi asupan makanan ke dalam tubuh. Padahal, yang dimaksudkan diet itu sendiri adalah mengatur pola makan agar mendapatkan tubuh yang ideal (tidak kegemukan maupun kurus). Lalu apakah diet itu hanya diatur bagi orang yang ingin menurunkan berat badannya saja? Secara garis besar iya. Kebanyakan orang yang menerapkan pola diet pada tubuhnya yaitu orang yang ingin menurunkan berat badannya terutama yang pekerjaannya adalah model yang dituntut memiliki badan profesional. Selain untuk mendapatkan tubuh yang ideal, sebenarnya diet sendiri memiliki beberapa jenis (Menurut Buku Rahasia Diet Sukses berdasarkan Gol.darah oleh Andri Yanuarita), yaitu:
    • Diet untuk meningkatkan berat (massa) badan. Biasanya bagi olahragawan atau atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa otot.
    • Diet pantang terhadap makanan tertentu. Misalnya bagi penderita diabetes melakukan diet rendah karbohidrat dan gula. Atau bagi penderita alergi makanan tertentu menghindari makanan yang menyebabkan efek alergi seperti gatal, pusing atau muntah.
    • Diet dengan kebutuhan berbeda dalam kategori usia misalnya bagi anak-anak membutuhkan nutrisi dengan kalori yang besar untuk menunjang aktivitas dalam masa perkembangannya. Sedangkan orangtua membutuhkan nutrisi untuk memperbaiki organ namun dengan kadar kalori yang lebih sedikit karena aktivitasnya sudah menurun.
    Dari beberapa program diet yang sedang berkembang di masyarakat, terdapat salah satu yang kini menjadi tren dan banyak diperbincangkan, yaitu program diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet). Diet ini pertama kali diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier dan langsung menjadi perbincangan dari berbagai kalangan masyarakat karena metodenya yang unik dan tergolong bertolakbelakang dengan program-program diet yang sudah ada sebelumnya. Dalam bukunya Deddy bercerita awal mula diet tersebut karena terinspirasi dari seorang sopir di Hongkong yang sudah berumur 72 tahun tetapi perawakannya seperti umur 40 tahun dengan badan yang kekar. Sopir tersebut yang merupakan mantan biarawan Shiaolin kemudian menceritakan rahasia dibalik awet mudanya dan kemudian diadopsi oleh Deddy Corbuzier yang kita kenal dengan diet OCD. Terdapat beberapa hal yang menarik tentang diet OCD ini, yang pertama adalah “OCD breakfast”. Jika biasanya orang yang melaksanakan program diet lebih disarankan makan pagi ketimbang makan malam, justru berbeda dari diet OCD. Seperti yang sering kita dengar bahwa jika makan pagi akan meningkatkan tingkat konsentrasi dan memasok sumber energi diawal aktivitas kita. Sedangkan, makan malam proses metabolisme menurun sehingga makanan yang kita makan tidak terolah dan menumpuk menjadi lemak. Oleh sebab itu, kebanyakan orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan kebanyakan takut makan pada malam hari. Namun, diet OCD ini membantah hal tersebut. Dalam bukunya dipaparkan alasan mengapa sebaiknya tidak makan pagi. Alasan tersebut yaitu: makan pagi justru meningkatkan rasa lapar. Mengapa demikian? Dijelaskan lebih lanjut pada pagi hari paling banyak terjadi pelepasan hormon stress (kortisol) yang diikuti pelepasan insulin sehingga jika kita makan pada saat pagi hari, kadar insulin akan bertambah banyak dan mengakibatkan kadar glukosa darah turun. Turunnnya kadar glukosa inilah yang mengakibatkan cepat lapar. Untuk orang yang diet menaikkan berat badan, mungkin makan pagi merupakan hal yang disarankan, namun tidak dianjurkan bagi orang yang ingin menurunkan berat badannya. Hal menarik lainnya yaitu “Jendela Makan”. Apa itu jendela makan? Jendela makan adalah waktu makan kita dalam sehari yang menerapkan prinsip puasa OCD. Jadi, selama satu hari kita harus puasa 16 jam, 18 jam, atau 20 jam. Setelah itu, waktu makan kita (jendela makan) adalah 8 jam, 6 jam, atau 4 jam. Yang menarik disini kita tidak dilarang untuk makan makanan yang kita suka (boleh makan apa saja) tanpa memikirkan kalori tetapi yang dibatasi adalah waktunya. Namun, perlu diingat makan apa saja bukan berarti berlebihan setelah berjam-jam puasa. Puasa yang dimaksudkan disini juga tidak benar-benar puasa tetapi masih diperbolehkan mengonsumsi air putih, tanpa makan pagi minimum 3 jam setelah bangun dan boleh mengubah waktu untuk memulai jendela makan. Selain jendela makan 8, 6 , atau 4 jam, ada juga puasa 24 jam. Puasa 24 jam ini diterapkan jika kita sudah sukses melaksanakan jendela makan 8, 6, 4 jam jadi tubuh kita sudah dapat beradaptasi. Jadi intinya, dalam sehari kita hanya diperbolehkan makan sehari. Penerapan puasa gabungan selama proses diet juga disarankan karena program diet OCD ini bersifat fleksibel. Contohnya minggu pertama dimulai dengan jendela makan 8 jam, minggu kedua masuk jendela makan 6 jam, dan seterusnya tergantung kenyamanan kita. Lalu apakah kita tidak akan merasa pusing, sakit kepala, atau bahkan maag? Jawabannya tidak, jika sudah terbiasa dengan pola diet tersebut.
    Kesimpulannya, program diet apapun akan bermanfaat buat kita asal kita tekun menjalaninya. Selain itu, jika kita nyaman dengan program diet yang A maka jalanilah dengan sepenuh hati begitu juga dengan program diet B, C, dan seterusnya agar hasil yang dicapai pun sesuai dengan apa yang diinginkan. Diet OCD juga akan berhasil dengan baik jika kita makan makanan sehat dan secukupnya selama jendela makan serta diikuti olahraga untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Sumber :
    Corbuzier, Deddy. 2015. OCD 2.0 Wolverine & Wonder Woman Project. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer

    Yanuarita, Andri. Edisi Baru. Rahasia Sukses Diet Berdasarkan Golongan Darah: Teranova Books (diakses dari
    http://www.ericdesign-jogja.com/downlot.php?file=Diet%20Golongan%20Darah%20FREE.pdf pada tanggal 7 September 2017)

    Artikel ini ditulis oleh Hesli Salmen Menda – 41150041

    Like

  10. Natasha Chanellia Intan Putri -41150046-

    DIET KETOGENIK DAN MANFAAT DIET KETOGENIK UNTUK TERAPI EPILEPSI

    Diet, saat ini sedang menjadi trending topik dan menjadi pilihan banyak orang di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan serta mencegah banyak resiko datangnya penyakit tidak menular. Diet makanan atau nutrisi dipilih sebagian besar orang disamping melakukan olahraga dengan pemikiran bahwa mengkonsumsi makan pasti tiap hari dilakukan karena kebutuhan tubuh akan nutrisi, sedangkan olahraga hanya sebagai sampingan jika orang memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya, apalagi jika orang tersebut melakukan kegiatan keseharian menghabiskan waktu di dalam ruangan (orang kantoran atau mahasiswa/i yang kuliah) berjam-jam dan kurang bergerak. Oleh karena itu, melakukan diet nutrisi/makanan menjadi pilihan banyak orang untuk menjaga berat badan. Bagi sebagian besar orang, diet diharapkan dapat menjadi cara yang mudah untuk mengontrol nutrisi yang masuk ke tubuh untuk menjaga kesehatan, mendapatkan berat badan dan tubuh yang ideal serta menurunkan berbagai resiko penyakit terutama penyakit tidak menular seperti : hipertensi, kolesterol, diabetes melitus tipe 2, dsb.

    Apa itu diet?

    Menurut KBBI, pengertian diet adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter). Dan menurut Mangoenprasodjo (2005), diet yang baik adalah diet yang menekankan pada perubahan dalam jenis makanan, jumlah, dan seberapa sering seseorang makan dan ditambah dengan program. Dan dari sini, kita bisa simpulkan bahwa diet tidak hanya dilakukan untuk sekedar menurunkan berat badan saja, tapi diet dilakukan secara terkontrol dan teratur dengan tetap memperhatikan kadar nutrisi untuk kepentingan kesehatan yang dilakukan secara terprogram. Tidak lupa, olahraga yang teratur juga dapat dilakukan untuk menunjang program diet yang telah disusun dan direncanakan. Program diet dapat dilakukan dengan dibantu atau didiskusikan terlebih dahulu dengan petugas kesehatan seperti dokter atau ahli gizi dan nutrisi yang berkompeten dibidang ini.

    Diet yang saat ini sedang tren dikalangan banyak orang, tidak hanya orang Indonesia tapi juga orang di luar Indonesia sangat bermacam-macam bentuknya. Mulai dari diet karbohidrat, diet rendah kalori, diet tinggi kalori, diet rendah lemak, diet tinggi protein, dan lain-lain. Akhir-akhir ini ada beberapa diet yang cukup menarik perhatian dan menjadi tren karena banyaknya keberhasilan dari beberapa orang yang melakukan program diet tersebut. Salah satunya adalah diet ketogenik yang sempat menjadi tren dan menjadi salah satu diet yang masuk ke dalam 10 jenis diet yang paling banyak dicari di google.

    Apa itu diet ketogenik? Diet ketogenik adalah diet dengan pola makan yang rendah karbohidrat, rendah sampai sedang protein, tetapi tinggi lemak. Biasanya, karbohidrat dikonsumsi kurang lebih 45%-70%, protein 15%-20% dan lemak 20%-25%. Dalam hal ini, jumlah konsumsi lemak jauh lebih tinggi daripada karbohidrat dan lemak. Lemak dikonsumsi kurang lebih 60-75%, protein hanya 6-20%, sedangkan karbohidrat tidak lebih dari 5% (konsumsi karbohidrat kurang lebih hanya berkisar 20-30 g per hari, menurut Dr Eric Westman, Direktur Lifestyle Medicine Clinic di Duke University. Angka itu setara dengan jumlah karbohidrat dalam sebutir kecil apel.). Dilihat dari sini, diet ketogenik ini merupakan diet yang paling ketat dalam membatasi konsumsi karbohidrat.
    Pada awalnya, diet ketogenik ini sebagai terapi penyakit epilepsi. Berdasarkan penelitian yang ditulis dalam jurnal Ketogenic Diet, The Canadian Journal of Neurological Sciences, Kerja dari diet ketogenik ini memiliki beberapa hal yang membuat diet ketogenik ini menjadi alasan untuk membantu terapi dari epilepsi, yaitu :

    1. Keton yang penting untuk dapat langsung menjadi antiepilepsi aktif atau bertindak untuk menstabilkan membran neuronal.

    2. Role of Polyunsaturated Acids (PUFA’s) atau Peran Asam Tak Jenuh Ganda, dihipotesiskan bahwa Dihipotesiskan bahwa asam lemak tak jenuh ganda tertentu mengatur neuronal eksitasi membran dengan cara memblokir voltase natrium terjaga atau saluran kalsium. Dalam sebuah studi yang membandingkan tingkat darah arakhidonat (PUFA) sebelum dan tiga sampai empat minggu setelah memulai diet ketogenik pada anak-anak, tingkat arakhidonat yang lebih tinggi berkorelasi dengan perbaikan kontrol kejang. Dengan demikian, peningkatan PUFA mungkin mewakili mekanisme antikonvulsan potensial diet kejang.

    3. Anti-inflamasi dan Perlindungan terhadap Eksitotoksisitas. Beberapa teori mengemukakan bahwa diet ketogenik memiliki efek antiinflamasi dan melindungi terhadap eksitotoksisitas yang dimediasi sel neuronal death. Telah ditunjukkan pada Sel hippocampal yang mengganggu glutamate-mediated-toxicity, mekanisme utama yang mendasari cedera neuron.

    4. Perubahan pada metabolit neuro-metabolit dan atau reseptornya, diet ketogenik berpotensi mengubah kadar metabolit neuro dan mempengaruhi kontrol kejang. Studi in-vivo telah menunjukkan bahwa β-hydroxybutyrate meningkatkan sintesis asam kynurenic pada otak, antagonis endogen glutamatergik dan α7-nikotinik reseptor, sehingga berpotensi bertindak sebagai antikonvulsan. Pada salah satu studi, penambahan asetoasetat atau β-hidroksibutirat dikaitkan dengan berkurangnya konsumsi glutamat via transaminasi ke aspartat dan peningkatan pembentukan label GABA59. Penelitian tomografi emisi positron terkini menggunakan flumazenil menyarankan agar diet ketogenik bisa mengendalikan kejangnya secara langsung atau tidak langsung meningkatkan potensi pengikatan reseptor benzodiazepin.

    5. Keseimbangan Energi Positif, Sebuah penelitian di otak tikus melaporkan bahwa KD meningkatkan jumlah total substrat bioenergi (seperti adenosine triphosphate (ATP)) yang menyebabkan stabilisasi dari membran sel.

    6. Mekanisme Antioksidan, badan keton telah menunjukkan dapat mengurangi jumlah koenzim Q semiquinone, dengan demikian dapatvmenurunkan produksi radikal bebas. Diet ketogenik juga menginduksi aktivitas glutathione peroxidase pada tikus hippocampus. Glutathione peroxidase adalah enzim yang ditemukan pada eritrosit untuk mencegah peroksidasi lipid

    Pada hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa diet keton dapat membantu untuk mengontrol sel-sel neuro yang dapat mempengaruhi kontrol kejang.

    Pada diet ketogenik terjadi pengurangan karbohidrat yang dapat menyebabkan tubuh mengalami keadaan metabolisme yang disebut ketosis. Saat tubuh kekurangan energi dan ketersediaan karbohidrat tidak memadai, maka hati akan memecah lemak menjadi asam lemak berbentuk keton untuk dijadikan sumber energi bagi tubuh dan juga otak. Jumlah keton yang berlebihan di dalam tubuh ini disebut dengan ketosis. Diet ketogenik juga dapat menyebabkan pengurangan yang sangat besar pada kadar gula darah dan insulin. Hal ini terjadi bersamaan dengan peningkatan keton yang terjadi. Inilah yang menjadi mekanisme utama dalam diet ketogenik.

    Mungkin, untuk awal menjalani diet ketogenik akan sedikit sulit karena pemangkasan karbohidrat yang sangat signifikan. Hal ini mengingat karbohidrat yang biasanya menjadi sumber energi utama dan terbesar terutama bagi masyarakat Indonesia yang hidup di daerah tropis, dimana suhu daerah tropis cukup tinggi dengan aktifitas yang cukup tinggi, sehingga membutuhkan kalori atau energi yang lebih tinggi juga. Tetapi, dengan berjalannya waktu, pelan-pelan tubuh akan beradaptasi.

    Dalam menjalani setiap program diet yang telah direncanakan dan disusun, tidak lupa untuk selalu meminum air putih dengan cukup, karena hal tersebut dapat membantu rasa kenyang lebih cepat, dan kebutuhan cairan lebih tersedia sehingga tidak terjadi dehidrasi. Selain itu tetaplah untuk berolahraga untuk membantu metabolisme tubuh, sehingga dapat menunjang program diet yang telah disusun untuk kepentingan kesehatan.

    Daftar Pustaka :

    Radhika Damijha, Susan Eckert, Elaine Wirrel. 2014. Ketogenic Diet, The Canadian journal of Neurological Sciences. DOI 10.1017

    Kata Ahli Soal Diet Ketogenik yang Sedang Tren. http://health.kompas.com/read/2017/01/04/100500023/kata.ahli.soal.diet.ketogenik.yang.sedang.tren diakses tanggal 05 September 2017, pukul 20.00

    Amankah Turunkan Berat Badan dengan Diet Ketogenik? http://health.kompas.com/read/2016/12/21/081700323/amankah.turunkan.berat.badan.dengan.diet.ketogenik. Diakses tanggal 06 September, pukul 18.50

    Amankah Diet Ketogenik? https://www.apki.or.id/amankah-diet-ketogenik/ diakses tanggal 06 September, pukul 21.00

    Artikel ini ditulis oleh Natasha Chanellia Intan Putri -41150046-

    Like

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s