Laptop in Class

8 thoughts on “Laptop in Class”

  1. Artikel Diet Paelo oleh Shanty Dewi Sutantyo

    Di era modern saat ini, beberapa orang mulai menyadari pentingnya menyusun asupan makanan. Baik orang yang kurus untuk meningkatkan berat badannya, orang yang gemuk untuk menurunkan berat badannya, dan orang yang sudah memiliki tubuh ideal untuk mempertahankan berat badannya. Terdapat berbagai macam diet planning yang disusun untuk menata pola dan asupan makanan seseorang. Salah satu diet plan yang sempat populer pada tahun 2013 menurut HealthLine adalah diet Paleo.
    Diet Paleo atau yang biasanya dikenal dengan Diet ‘Purba’ di Indonesia adalah diet plan yang berdasar pada nenek moyang yang berupa pemburu-pengumpul. Dalam planning diet ini terdapat makanan utuh dan tidak diproses dari pabrik yang berarti asli dari alam. Berdasarkan gaya hidup nenek moyang kita yang secara genetis sama dengan manusia modern, mereka cenderung sehat dengan pola makan tersebut dan terutama terbebas dari obesitas, diabetes, dan penyakit vaskular.

    Sebagai dasar dari diet Paleo, seseorang dianjurkan untuk memakan makanan yang tidak diproses secara industrial seperti daging (daging sapi, kambing, ayam, kalkun, babi, dan sebagainya), ikan (salmon, kakap, kerang, udang, dan sebagainya), telur (dapat dipilih antara telur biasa, telur pasturisasi, atau telur dengan kaya omega-3), sayur-sayuran (brokoli, paprika, bawang, wortel, tomat, dan sebagainya), buah-buahan (apel, pisang, jeruk, alpukat, stroberi, jambu, dan sebagainya) umbi-umbian (singkong, kentang, lobak, dan sebagainya) biji-biji dan kacang-kacangan (almond, kacang macadamia, pistasio, hazelnut, biji bunga matahari, biji labu, dan lain sebagainya), rempah-rempah (garam laut, garam himalaya, bawang putih, rosemary, kunyit, dan sebagainya), dan minyak alami (minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat dan sebagainya),. Sedang makanan yang diproses seperti gula dan corn syrup dengan fruktosa tinggi (soft drinks, jus dalam kemasan, permen, pastries, es krim, dan sebagainya), gandum-ganduman (roti, pasta, tepung gandum, gandum hitam, dan sebagainya), produk susu (full-fat dairy seperti mentega dan keju), minyak sayur (minyak kedelai, minyak bunga matahari, minyak jagung, dan lain sebagainya), lemak trans (biasanya ditemukan di margarin dan makanan olahan.), pemanis buatan (Aspartame, Sucralose, Cyclamates, Saccharin, Acesulfame Potassium, dan sebagainya), dan makanan olahan (terutama yang berlabel low calorie dan mengandung bahan yang kurang dikenal) harus dihindari dalam diet Paleo ini.

    Melalui Diet Paleo ini, didapatkan beberapa hasil setelah dilakukan penelitian lebih lanjut.
    1. Pada 29 orang dengan penyakit jantung dan diabetes melitus tipe 2, dilakukan diet Paleo dengan kalori yang dibatasi selama 12 minggu. Secara dilakukan pengukuran, didapatkan hasil berupa peningkatan resistensi glukosa, penurunan berat badan yang signifikan, 7 dari 15 pasien memiliki gula darah yang stabil di angka normal, dan penurunan asupan kalori sebanyak 431 kalori (dari 1795 kalori menjadi 1344 kalori. (Lindeberg S, et al. A Palaeolithic diet improves glucose tolerance more than a Mediterranean-like diet in individuals with ischaemic heart disease.Diabetologia, 2007.)
    2. Pada 15 mahasiswa kedokteran dilakukan diet Paleo selama 3 minggu. Didapatkan hasil berupa penurunan berat badan sebanyak 2.3kg, penurunan BMI sebanyak 0.8, dan pengecilan lingkar pinggang sebanyak 1.5cm. selain itu tekanan darah sistolik menurun sebanyak 3 mmHg. (Osterdahl M, et al. Effects of a short-term intervention with a paleolithic diet in healthy volunteers. European Journal of Clinical Nutrition, 2008.)
    3. Pada 13 orang penderita diabetes melitus tipe 2, dilakukan diet Paleo selama 3 bulan. Didapatkan hasil berupa penurunan berat badan sebanyak 3kg, pengecilan lingkar pinggang sebanyak 4 cm, penurunan HbA1c sebanyak 0.4%, peningkatan HDL sebanyak 3mg/dL, dan penurunan trigliserida sebanyak 35mg/dL (Jonsson T, et al. Beneficial effects of a Paleolithic diet on cardiovascular risk factors in type 2 diabetes: a randomized cross-over pilot study. Cardiovascular Diabetology, 2009.)
    4. Pada 9 individu sehat, dilakukan diet Paleo selama 10 hari. Kalori selama diet dikontrol agar tidak terjadi penurunan berat badan. Didapatkan hasil berupa total kolesterol menurun sebanyak 16%, kolesterol LDL menurun sebanyak 22%, trigliserida menurun sebanyak 35%, insulin AUC menurun sebanyak 39% dan tekanan darah diastol menurun sebanyak 3.4 mmHg. (Frassetto, et al. Metabolic and physiologic improvements from consuming a paleolithic, hunter-gatherer type diet. European Journal of Clinical Nutrition, 2009.)
    5. Pada 10 wanita sehat dengan BMI diatas 27, dilakukan diet Paleo selama 5 minggu. Didapatkan hasil rata-rata penurunan berat badan sebanyak 4.5kg dan pengecilan lingkar pinggang sebanyak 8cm. Selain itu didapatkan adanya penurunan kadar lemak pada hati (rata-rata 49%). Dampak lainnya adalah penurunan tekanan darah dari 125/82 menjadi 115/75 mmHg, gula darah puasa menurun sebesar 6.35mg/dL dan tingkat insulin puasa menurun sebanyak 19%, total kolesterol menurun sebesar 33mg/dL, trigliserida menurun sebesar 35mg/DL, kolesterol LDL menurun sebesar 25mg/DL, kolesterol HDL menurun sebesar 7mg/dL, dan ApoB menurun sebesar 129mg/L. (Ryberg, et al. A Palaeolithic-type diet causes strong tissue-specific effects on ectopic fat deposition in obese postmenopausal women. Journal of Internal Medicine, 2013.)

    Dari hasil studi diatas, dapat dilihat bahwa diet Paleo dapat menurunkan berat badan dan adanya beberapa efek kesehatan yang menguntungkan. Namun, hasil dari studi ini masih dianggap terbatas karena beberapa hal. Hal-hal tersebut adalah kelima studi tersebut tergolong kecil karena terdiri dari 9-25 partisipan, selain itu studi yang dilakukan tidak terlalu lama (sekitar 10 hari hingga 12 minggu.) dan dari 5 studi tersebut hanya ada 2 studi yang memiliki grup kontrol.

    Selain keterbatasan studi, beberapa metode diet Paleo yang dilakukan kemungkinan berbeda karena diet Paleo sendiri telah mengalami ‘evolusi’ seiring dengan perkembangan zaman. Sebagai contoh, pada metode diet Paleo yang digunakan di salah satu studi tersebut dibilang cukup konvensional karena dilakukan pantangan produk susu dan yodium secara total, penekanan daging tanpa lemak dan menggunakan minyak kanola. Sedangkan pada metode diet Paleo sekarang, daging tanpa lemak dan minyak kanola tidak terlalu digunakan. Selain itu pada saat ini, beberapa pantangan Paleo dapat ditoleransi dengan adanya produk-produk yang dikhususkan untuk diet Paleo. Dengan ‘evolusi’ dari diet Paleo ini, semua orang dapat melakukan diet Paleo dengan pola-polanya sendiri.

    -Artikel ini ditulis oleh Shanty Dewi Sutantyo (41150033)

    Daftar Pustaka
    1. Lindeberg S, et al. A Palaeolithic diet improves glucose tolerance more than a Mediterranean-like diet in individuals with ischaemic heart disease.Diabetologia, 2007.
    2. Osterdahl M, et al. Effects of a short-term intervention with a paleolithic diet in healthy volunteers. European Journal of Clinical Nutrition, 2008.
    3. Jonsson T, et al. Beneficial effects of a Paleolithic diet on cardiovascular risk factors in type 2 diabetes: a randomized cross-over pilot study. Cardiovascular Diabetology, 2009.
    4. Frassetto, et al. Metabolic and physiologic improvements from consuming a paleolithic, hunter-gatherer type diet. European Journal of Clinical Nutrition, 2009.
    5. Ryberg, et al. A Palaeolithic-type diet causes strong tissue-specific effects on ectopic fat deposition in obese postmenopausal women. Journal of Internal Medicine, 2013.

    Referensi Website :
    http://thepaleodiet.com/the-paleo-diet-health-benefits-infographic/
    http://www.healthline.com/nutrition/5-studies-on-the-paleo-diet#section9
    http://www.healthline.com/nutrition/paleo-diet-meal-plan-and-menu

    Like

  2. Diet baru, rasa lama.

    Diet paleo, apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar kata paleo? Mungkin bagi sebagian orang yang menyukai pelajaran sejarah akan dengan mudah menjelaskan mengenai paleo ini, atau mungkin sebagian orang pernah mendengarnya tapi masih ”abu-abu” mengenai kata paleo, dan mungkin ada yang belum pernah mendengar atau pun membaca sama sekali mengenai paleo.

    Paleo berasal dari kata paleolitikum (paleiolithic age) yang mungkin lebih terkenal dengan istilah zaman batu. Zaman paleolitikum dimulai sekitar 500.000 tahun yang lalu dan berakhir sekitar 6.000 tahun yang lalu sebelum masehi. Pada zaman ini manusia tidaklah semodern sekarang, manusia pada zaman ini disebut sebagai manusia purba yang jangankan mengenal smartphone kekinian, peralatan untuk berburu saja masih menggunakan pecahan batu yang memiliki ujung runcing.

    Zaman paleolitikum sudah lama telah berakhir, tetapi sepetinya zaman ini memberikan kesan bagi manusia zaman sekarang. Hal ini dibuktikan dengan terbentuknya program diet paleo yang terinspirasi dari pola hipup manusia zaman paleolitikum ini. Zaman paleolitikum terkenal dengan berburu dan mengumpulkan makanannya, lalu apakah jika kita ingin melakukan diet paleo ini kita harus berburu dan mengumpulkan makanan kita sendiri dari hutan seperti yang dilakukan manusia purba? Tentu saja tidak, diet paleo bukan merujuk pada bagaimana kita mendapatkan makanan tetapi apa yang kita makan.

    Setelah mengetahui apa itu zaman paleolitikum dan bagaimana manusia purba mendapatkan makanan, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apa yang dimakan oleh manusia purba ini? Menurut artikel yang dituliskan New World Encyclopedia, mengatakan bawah manusia purba zaman paleolitikum mengonsumsi hewan dan tumbuhan yang merupakan bagian dari lingkungan alami. Manusia purba secara khusus menyukai daging dari organ binatang seperti hati, ginjal dan otak yang kaya akan nutrisi. Mereka juga tidak banyak mengonsumsi makanan olahan susu, juga tidak mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti kacang polong atau makanan yang mengandung ragi . Pada zaman paleolitikum manusia purba makan lebih banyak protein dan rendah karbohidrat dibandingkan zaman sekarang. Asupan lemak mereka serupa dengan zaman ini tapi jenis lemaknya sangat berbeda. Asupan karbohidrat lebih rendah dikarenakan makanan utama manusia purba adalah buah dan sayuran bukan beras ataupun gandum, baru seletelah revolusi pertanian (terjadi sekitar 10.000-15.000 tahun yang lalu) gandum, beras dan biji-bijian sereal menjadi makanan utama.

    Secara sederhana diet paleo berarti kita manusia modern meniru pola makan manusia purba. Ini berarti diet harian akan tersusun dari daging hewan (yang diberi pakan rumput atau mencari makan sendiri), ikan, buah-buahan dan sayuran segar, serta kacang-kacangan dan biji-bijian, minyak umumnya masih dapat digunakan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Makanan yang harus dihindari termasuk produk susu, sereal, kacang polong, daging berlemak dan makanan dengan banyak kandungan garam.

    Diet paleo ini diklaim memiliki banyak keuntungan diantaranya adalah tinggi nutrisi (bergizi) disejumlah kasus diet ini malah diklaim mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bahkan jauh dari batas minimum kebutuhan vitamin dan mineral tersebut, tetapi tentu saja hal ini juga tergantung menu atau makanan yang dipilih. Selain itu diet paleo dinilai memiliki tingkat energi yang stabil karena diet ini sangat bergantung pada daging utuh, sayuran dan buah-buahan yang dicerna secara perlahan di dalam tubuh sehingga menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Diet paleo juga dianggap diet yang sederhana karena tidak perlu menghitung seperti diet rendah kalori, hanya perlu memakan makanan yang telah diperbolehkan dan dianjurkan untuk diet paleo.

    Ada hitam ada putih, ada indikasi ada kontraindikasi, begitu pula dengan diet paleo ini jika ada pro maka ada kontra. Dalam artikel yang dipublikasikan oleh National Personal Training Institute dengan judul The Truth About Paleo Diet dalam artikel terdapat sebuah kutipan perkataan yang disampaikan oleh seorang peneliti yaitu Christoper Ochner, MD, seorang peneliti yang bekerja untuk New York Obesity Nutrition Research Center di St.Luke’s and Roosevelt Hospital yang mengatakan “Our ancestors ate this way and didn’t have many of the chronic diseases we do, but that doesn’t mean the food they ate is the reason why; drawing that conclusion would be like saying we live three times longer than our Paleolithic ancestors because we eat fast food.” Christoper Ochner tidak setuju jika penyakit-penyakit kronik yang muncul akhir-akhir ini karena sepenuhnya dari pola makan manusia zaman sekarang tentu saja banyak faktor-faktor resiko lainnya yang dapat memicu penyakit tersebut. Selain itu, diet paleo dinilai membutuhkan waktu penyesuaian yang lama bahkan lebih lama daripada diet rendah karbohidrat lainnya, serta diet ini menurut sebagian ahli dinilai tidak menyenangkan karena biji dan susu olahan yang dilarang pada diet ini pada umumnya dapat ditemukan pada makanan siap saji, sehingga seperti efek domino kebanyakan makanan siap saji juga dilarang untuk dikonsumsi. Diet paleo dapat menjadi diet yang mahal dan membutuhkan banyak pengeluaran karena daging sehat seperti daging sapi tanpa lemak dan tanpa tulang, dada ayam tanpa kulit akan menghabiskan dana yang tidaklah sedikit.

    Terlepas dari segala pro dan kontra dari diet paleo ini, diet ini tetaplah salah satu dari program diet yang cukup populer akhir-akhir ini.

    Diet paleo, diet manusia purba dizaman modern. Diet baru, rasa lama.

    Sumber :
    National Personal Training Institute. (2016) NPTI Mythbusters : The Truth About Paleo Diet. Diakses pada 5 September 2017, dari https://nationalpti.edu/19730/
    New World Encyclopedia. (n.d). Paleolithic Age. Diakses pada 5 September 2017, dari http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Paleolithic_Age
    We Are Baylor. (2012) Diet & Nutrition Baylor Athletic Performance Nutrition. Diakses pada 5 September 2017, dari http://www.baylor.edu/content/services/document.php/174995.pdf

    Artikel ini ditulis oleh Dayang Christi Nopiyondayani – 41150040

    Like

  3. Diet Food Combining

    Seringkali kita mendengar kalimat seperti ini di sekitar kita, “aduh, kok aku gendut ya, harus ngurusin badan nih”. Kemudian orang yang mengucapkan kalimat tersebut akan mencoba untuk memulai suatu diet misalnya dengan mengurangi makan nasi, mengonsumsi makanan yang tawar, yang berarti tidak mengandung gula sehingga tidak membuat penambahan berat badan, maupun cara – cara diet lainnya. Setelah itu, mungkin saja dietnya berhasil atau bisa saja sebaliknya, gagal diet dan bertambah gemuk. Berbagai pemikiran pun akan muncul setelah menjalani suatu progam diet.
    Pemikiran yang muncul pada orang yang berhasil diet adalah diet itu hal menyenangkan, dan harus sedikit dipaksakan agar berhasil. Pemaksaan diri akan diet tersebut sering dilihat orang sebagai suatu bentuk perjuangan demi hasil yang diinginkan. Namun bagaimana tubuh orang tersebut di waktu yang akan datang bila melakukan diet yang tidak aman dan menyiksa ? Makronutrien dan mikronutrien bisa saja menjadi tidak seimbang. Pemikiran lain pada orang yang gagal diet adalah diet itu suatu hal yang susah dan menyiksa, karena tidak bisa menikmati makanan yang enak. Bila tidak berhasil seperti itu, lantas bagaimana ? Akankah orang tersebut membiarkan dirinya tetap gemuk? Padahal, gemuk dapat menyebabkan beberapa penyakit yang tentunya tidak diharapkan.
    Melihat hal tersebut, maka seharusnya kita tidak hanya berdiam diri saja dan membiarkan gaya hidup tidak sehat seperti itu menjadi cermin diri kita. Inilah saatnya kita mengenal suatu diet yang sehat, yaitu diet food combining.

    Food combining jaman dahulu dikenal dengan food separation atau Hay System Diet. Food combining ini sebenarnya telah dirumuskan sejak berabad – abad lalu, namun menjadi terkenal setelah seorang dokter dari Amerika Serikat bernama dokter William Howard Hay mempelajari dan mempraktikkan diet tersebut. Terdapat suatu kisah penyembuhan nyata yang membuat diet food combining ini dipercaya sebagai diet yang sehat. Kisah itu bermula ketika dr. Hay berusia 40 tahun, beliau didiagnosis penyakit tekanan darah tinggi, pembesaran jantung, dan gangguan ginjal yang serius. Penyakit – penyakit tersebut disebabkan karena berat badannya yang hampir mencapai 100 kg. Kemudian beliau memulai terapi – terapi dengan obat dan olah raga, namun tidak menunjukkan adanya penurunan gejala yang dialaminya. Mengetahui tidak ada yang berubah dari dirinya, beliau mencari cara lain dengan beralih terapi menjadi terapi nutrisi. Dokter Hay memisahkan beberapa makanan, seperti protein dan pati yang tidak dimakan secara bersamaan, karena ternyata dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan makanan. Kemudian hal apa yang kira – kira terjadi setelah beliau beralih terapi nutrisi ? hal yang tidak diduga, karena ternyata berat badannya turun sebanyak 22 kg dalam beberapa bulan dan yang lebih mengaggumkan adalah gejala – gejala penyakitnya juga berkurang. Setelah mendengar dan mengetahui kisah dokter Hay, penelitian – penelitian pun bermunculan untuk mendukung dan meneliti diet tersebut, seperti dengan menerapkan diet food combining ini, banyak gejala penyakit yang bisa diminimalkan contohnya pada orang dengan penyakit gangguan jantung, atritis dan rematik, gangguan pencernaan, asma dan penyakit ginjal. Setelah beberapa waktu dilewati, muncul tokoh lain seperti dokter Herbert Shelton yang mendukung diet food combining. Menurutnya, penggunaan obat untuk menyembuhkan penyakit memang bermanfaat, namun kebanyakan tidak diperlukan. Lalu hal apa yang diperlukan? Hal yang diperlukan adalah memperbaiki pola dietnya, dengan diet food combining.

    Setelah melihat bagaimana diet food combining di masa lampau yang sangat bermanfaat, kita perlu mengetahui apa dasar dari diet food combining ini. Diet food combining ini menggunakan dasar irama tubuh (irama sirkardian) yang dikaitkan dengan sistem pencernaan, asam basa tubuh seimbang dan metabolisme tubuh yang seimbang.

    Irama sirkadian yang dikaitkan dengan sistem pencernaan maksudnya adalah mekanisme sistem pencernaan memiliki waktu yang efektif tersendiri. Pada pukul 12 siang sampai dengan 8 malam, merupakan siklus pencernaan, dimana pada siklus ini merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan yang padat karena siklus pencernaan bekerja lebih aktif. Pada pukul 8 malam sampai dengan 4 pagi, merupakan siklus penyerapan, karena tubuh pada waktu itu sedang beristirahat sehingga tubuh mulai menyerap dan mengedarkan zat makanan. Pada pukul 4 pagi sampai dengan 12 siang, merupakan siklus pembuangan, dalam siklus ini, tubuh mulai melakukan pembuangan sisa – sisa makanan dan metabolisme. Siklus ini paling banyak memakai energi. Pada siklus ini, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berat dan padat karena dapat menurunkan intensitas proses pembuangan dan memboroskan energi.

    Asam dan basa tubuh mungkin terlihat sepele, namun ternyata hal tersebut harus seimbang di dalam tubuh kita. Tingkat derajat keasaman tubuh manusia adalah 7.3 – 7.5 ( dengan 7.0 adalah netral), karena itu untuk mempertahankan derajat keasaman, tubuh kita lebih memerlukan makanan pembentuk basa dibandingkan dengan makanan pembentuk asam. Makanan pembentuk asam umumnya mengandung sejumlah besar protein dan sedikit air, contohnya makanan yang mengandung protein (daging, ikan) dan biji-bijian (jagung). Makanan pembentuk basa umumnya mengandung banyak air dan sedikit protein, contohnya pada buah – buahan dan sayuran. Sedangkan metabolisme tubuh yang seimbang dapat diartikan antara asupan dan pengeluaran energi seharusnya seimbang.

    Setelah mengetahui dasar – dasar tersebut, maka dapat disimpulkan, dalam perencanaan diet food combining ini dapat disusun jadwal diet seperti memakan buah di pagi hari, memakan protein bersama dengan sayur di siang hari, dan memakan pati dan sayuran di malam hari. Mengonsumsi buah di pagi hari lebih baik, karena pada pagi hari sistem pencernaan belum memerlukan makanan yang padat ataupun berat. Memakan protein disiang hari lebih tepat karena pada saat itu tubuh memerlukan makanan yang padat, dan dimakan bersamaan dengan sayur sehingga membuat asam dan basa pada tubuh dalam kondisi seimbang. Namun, terdapat aturan bahwa protein dan pati lebih baik tidak dimakan bersamaan, karena keduanya dicerna dengan kondisi yang berbeda, sehingga tidak dapat disatukan dalam mengonsumsinya.

    Buah – buahan yang dikonsumsi dipagi hari dapat bervariasi seperti anggur, apel, kiwi, jeruk, mangga, melon, dan lainnya. Dalam seharinya, buah- buahan dapat dikonsumsi sebanyak 3 porsi. Satu porsi dipagi hari, dan dua porsi lainnya sebelum hidangan utama dengan jeda 10 sampai 15 menit. Protein yang dikonsumsi dapat daging ayam, daging babi, ikan, tahu, telur. Sedangkan pati yang dikonsumsi contohnya seperti havermut, gandum, nasi, roti tawar, roti manis, kentang, dan ubi jalar.

    Dengan pengonsumsian makanan – makanan sesuai dengan dasar diet food combining, maka sistem pencernaan dapat menjalankan fungsi sesuai dengan fungsi fisiologis normalnya. Selain dapat bermanfaat pada penurunan berat badan secara sehat, diet tersebut juga dapat mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit. Diet food combining ini lebih mudah dijalankan karena tetap mengonsumsi makanan besar sepeti daging, nasi, dan juga dapat mencukupi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien. Serta untuk mempertahankan kondisi yang tetap sehat, tidak lupa juga mengatur gaya hidup lainnya seperti olah raga.

    Sumber : Marsden, Kathryn. 2008. The Complete Book of Food Combining: Panduan Diet Sehat, Terlengkap, Terbaru, dan Mudah Sekali Dipraktikan. Bandung : Qanita.

    Artikel ini ditulis oleh Novia Bella – 41150036

    Like

  4. Eco-Atkins Diet
    Diet atau pengaturan pola makan dan jumlah makanan yang dikonsumsi saat ini telah beragam jenisnya seiring berjalannya waktu. Salah satu diet yang cukup popular di masyarakat adalah diet eco-atkins , diet ini merupakan versi vegetariannya dari diet atkins yang dimana lebih menekankan pada makanan jenis daging-dagingan dan produk-produk hewani. Diet atkins terkenal dengan pola makan tanpa mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat sehingga berat badan dapat diturunkan dalam waktu yang singkat. Meskipun diet atkins dapat menurunkan berat badan dengan signifikan , diet eco-atkins punya nilai plus lainnya, yaitu memperbaiki kolesterol LDL dan tekanan darah.
    Sesuai namanya “eco” yang terpikirkan dibenak kita mungkin “hijau” , “tumbuh-tumbuhan” ataupun “ sehat ”. Ya, diet eco-atkins ini berfokus pada konsumsi sumber makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan , sehingga membuat orang yang menjalankan diet ini menjadi vegan dan mencari makanan dengan karbohidrat yang rendah untuk mencapai penurunan berat badan yang diinginkan. Diet ini berbasis pada makanan yang berasal dari tumbuhan yang kaya protein , lemak dan karbohidrat rendah. Banyak orang yang lebih memilih diet ini karena benar-benar tidak mengkonsumsi produk-produk hewani yang tinggi lemak.
    Meskipun dengan menjalankan diet ini seseorang akan menjadi vegetarian tidak berarti kita tidak boleh mengkonsumsi nasi ataupun roti. Karbohidrat yang rendah adalah salah satu aturan yang tidak boleh dihiraukan, sumber karbohidrat rendah yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan bisa diambil contoh paprika, tomat, dan kembang kol. Selain itu ada juga buah-buahan yang mengandung rendah karbohidrat dan bisa di masukan ke dalam program diet ini seperti, buah pir , dan anggur , disediakan dalam takaran 15 gram.
    Untuk makanan yang mengandung tinggi lemak nabati bisa diambil contoh kacang-kacangan, biji-bijian , buah alpukat dan minyak nabati seperti minyak kelapa. Kacang-kacangan adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan snack, karena kebanyakan kacang mengandung tinggi protein , tinggi lemak dan serat, dan rendah karbohidrat . Protein nabati yang tinggi bisa didapat dari produk kedelai seperti tahu, tempe , susu kedelai.
    Jadi apa yang kita dapatkan dari menjalankan diet eco-atkins? Berbagai studi yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa orang-orang yang mengikuti atau menjalani program diet karbo rendah dan berdasar pada sumber makanan dari tumbuh-tumbuhan, rata-rata mengalami penurunan berat badan sebesar 3,6 kilogram dalam waktu 1 bulan dan menurunkan kolesterol sebanyak 9%. Laporan dari Institusi Nasional Kesehatan pada tahun 2012 menduga bahwa peran sumber makanan yang mengandung serat dapat menurunkan kolesterol, kadar trigliserid dalam tubuh dan tekanan darah. Karena ketiga faktor ini dapat menaikan resiko terkena penyakit kardiovaskular , diet ini dapat digunakan sebagai alternatif pencegahan dan penanganan orang-orang yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung. Manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan ketika menjalani program diet ini secara tepat adalah mengurangi resiko diabetes. Karbohidrat rendah dapat membantu dalam penurunan glukosa darah dan tingkatan insulin. Diet eco-atkins yang berbasis pada sumber nabati dapat membantu orang-orang yang terkena penyakit diabetes tipe 2, karena dapat mengurangi resistansi insulin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu program diet ini membuat kita merasa cepat kenyang. Kenapa? Karena yang dikonsumsi adalah bahan-bahan makanan nabati yang kaya akan serat, ini membuat kita cepat kenyang dan dapat bertahan dalam waktu yang lama.
    Pastikan juga untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup saat melakukan diet ini, namun apabila dikelola dengan bijaksana dan teratur, kekurangan protein , zinc , besi dan asam lemak tidak jadi masalah. Namun sel darah merah akan menjadi besar ketika tubuh kekurangan konsumsi B12, yang mengakibatkan penderitanya mengalami demensia dan kelemahan otot, sehingga yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsi suplemen B12 karena diet ini tidak memperbolehkan kita mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan.
    Diet eco-atkins bisa cukup sulit untuk dijalankan karena diet ini cukup ketat. Orang-orang mungkin akan berfikir bahwa makan tanpa makan-makanan yang berasal dari produk hewani akan terasa berat. Dan juga yang perlu diperhatikan, untuk mencapai penurunan berat badan yang direncanakan tidak bisa hanya bergantung dengan diet, tapi olahraga. Olahraga yang cukup , kurang lebih 30 menit dengan frekuensi 3-5 kali , intensitas sedang dalam seminggu dapat membantu penurunan berat badan yang sehat.
    Setiap hal yang dilakukan pasti punya kelemahan dan kelebihan masing-masing, tak terkecuali diet ini. Beberapa kelebihan diet eco-atkins seperti diet ini lebih sehat diabandingkan dengan diet atkins yang lebih lama ada, orang yang menjalankan diet ini dapat memakan lebih karbohidrat dan tetap turun berat badannya. Yang kedua , beberapa studi dan penelitian menyetujui program diet ini. Yang ketiga produk-produk nabati mengandung serat yang tinggi dan banyak nutrisi lain yang dapat memberikan efek positif bagi tubuh.
    Sedangkan kelemahannya meliputi , diet ini cukup berat untuk dilakukan dan mungkin tidak cocok untuk dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Lalu diet eco-atkins tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan tinggi kalsium sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti osteoporosis.
    Sebagai penutup, diet eco-atkins ini merupakan diet sehat yang telah terbukti melalui beberapa penelitian dapat menurunkan berat badan secara signifikan meskipun sedikit lama dibanding diet atkins dan dapat menurunkan kadar lemak jahat didalam tubuh.
    Sumber :
    Katsilambros, Nikolaos, dkk. 2016. Asuhan Gizi Klinik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
    https://bodynutrition.org/eco-atkins-diet/. Diakses pada tanggal 6 September 2017
    Drian Putra Pamungkas – 41150031

    Like

  5. Artikel ini ditulis oleh Wili Dirda Adventio – 41150037
    Zone Diet ? Diet Seimbang ?
    Di era modern saat ini banyak orang ingin memiliki badan yang ideal. Banyak cara yang orang-orang lakukan untuk mengatur diet pada makanan mereka sendiri. Seperti mengurangi jumlah karbohidrat, sehingga mereka dengan rela untuk tidak makan makanan yang mengandung karbohidrat ataupun mengurangi asupan makanan yang banyak mengandung lemak. Dalam hal melakukan diet seharusnya menggunakan semua unsur dari makanan. Seperti tetap mengkonsumsi asupan karbohidrat, protein, dan lemak.
    Zaman sekarang ini ada istilah mengenai “Zone diet”. Zone diet ini dipopulerkan oleh Dr. Barry Sears. Zone diet ini menggunakan keseimbangan makronutrien antara karbohidrat, protein dan lemak. Dengan ratio antara karbohidrat, protein, dan lemak adalah 40:30:30 (Crossfit Scheveningen, 2017). Sebelum melihat bagaimana proses diet “Zone diet” serta apa keutungannya, dalam artikel ini saya akan mengulas terlebih dahulu mengenai peranan penting dari makronutrien karbohidrat, protein dan lemak.
    a. Apa yang dimaksud dengan karbohidrat dan peranannya dalam tubuh kita?
    Karbohidrat sendiri merupakan sumber energi dari diet manusia yang sangat berharga. Karbohidrat dapat dikelompokkan menurut ukuran molekulnya menjadi, (1) gula yang telah dibagi menjadi monosakarida dan disakarida, (2) oligosakarida yang dibagi lebih lanjut menjadi malto-oligosakarida lain dan (3) polisakarida yang dibagi lebih lanjut menjadi polisakarida pati (strach) dan bukan pati (non-strach). Monosakarida sendiri dapat kita dapati pada buah-buahan dan sayur-sayuran (glukosa dan fruktosa), disakarida bisa didapati dengan mengkonsumsi susu (laktosa). Polisakarida contohnya pati dan glikogen, yang tersimpan didalam tanaman dan hewan. Fungsi dari karboidrat seperti yang dapat dilihat diatas mempunyai peran yang sangat penting didalam diet yang merupakan sumber energi tubuh dan khususnya bagi sistem saraf pusat kita. Selain itu fungsi lain dari karbohidrat adalah untuk membantu penyerapan vitamin dan mineral serta dapat memberi cita rasa manis ke dalam makanan. (Katsilambros, 2013)
    b. Apa yang dimaksud dengan protein dan peranannya dalam tubuh kita ?
    Protein merupakan makronutrien yang paling kompleks dan merupakan “batu bata” kimiawi penyusun dalam tubuh kita. Protein sendiri diambil dari bahasa yunani ”proteus” yang memiliki arti “sangat penting”. Protein memiliki fungsi yang sangat penting terutama bagi proses kehidupan karena protein terlibat didalam keseimbangan asam-basa, pengaturan cairan, imunitas, pertumbuhan, diferensiasi, ekspresi gen, metabolisme, dan banyak fungsi lain. Protein yang bermutu dinilai dari kandungan asam amino esensialnya, ketercernaannya, kemampuan penyerapan serta nilai biologisnya. Protein hewani seperti susu, telur, daging dan ikan dianggap bermutu ketimbang protein nabati seperti polong-polongan, biji-bijian, dan sayur-sayuran karena protein nabati kurang mengandung asam amino esensial. Asam amino sendiri merupakan senyawa organik yang menyusun protein. Asam amino memiliki peran sebagai substrat bagi protein dan sintesis asam nukleat serta terlibat didalam peremajaan protein serta pengaturan aktivitas enzim, pengangkuta nitrogen, rekasi oksidasi-reduksi, dan lain-lain. (Katsilambros, 2013)
    c. Apa yang dimaksud dengan lemak dan peranannya dalam tubuh kita ?
    Lemak merupakan komponen makanan yang tidak larut-air dan mencerminkan sumber energi terkondensi. Lemak sendiri dari sisi kimiawinya adalah asam lemak, dari aspek nutrisinya meliputi asam lemak dan lipid lain (fosfolipid, sterol, kolestrol, dan lipid sintetik). Karena lemak memiliki densitas energi yang tinggi sehingga berfungsi sebagai cadangan bahan bakar jangka panjang. Selain itu lemak juga memiliki peran sebagai pelarut bagi penyerapan vitamin larut-lemak dan merupakan prekursor sintesis hormon. Lemak juga berperan penting dalam struktur membran sel. Di kenal istilah asam lemak esensial. Asam lemak esensial merupakan asam linoleat, suatu asam lemak omega-6 tak jenuh dan asam alfalinoleat suatu asam lemak omega-3 tak jenuh. Asam lemak esensial tidak tergantikan bagi kesehatan kita dan tidak dapat disintesis oleh tubuh sendiri sehingga harus diperoleh dari diet. Asam lemak dari diet sendiri dikelompokkan menjadi dua kkelompok besar, yaitu jenuh (tanpa ikatan ganda) dan tidak jenuh. Asam lemak tak jenuh sendiri dapat dibagi menjadi asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids, MUFA) yang memiliki satu ikatan ganda dan asam lemak takjenuh ganda (polyunsaturated fatty acids, PUFA) yang memiliki lebih dari satu ikatan ganda. Lemak menyajikan lebih banyak kalori per gramnnya daripada zat gizi lain ( 9kkal/g). Menurut Dietary Guidlines for Americans yang diterbitkan oleh US Departement of Health and Human Services, asupan lemak tidak boleh melampauii 35% karena jika asupan berlebih dapat meningkatkan resiko berat badan berlebih dan obesitas, juga tidak boleh kurang dari 20% asupan energi total karena nantinya ada ketidakcukupan asupan asam lemak esensial dan vitamin larut-lemak serta resiko efek samping oleh kolestrol lipoprotein densitas-tinggi (high-density lipoprotein cholestrol, HDLC). Oleh sebab itu asupan lemak total harus dipertahankan antara 20%-35% asupan energi total, terutama MUFA dan PUFA dengan SFA ( saturated fatty acid, SFA). (Katsilambros, 2013)
    Melihat penjelasan diatas, sangat penting untuk kita tetap menjaga pola diet makronutrien yang seimbang ini. Di mana seperti yang dijelaskan diatas bahwa diet yang ideal merupakan diet yang tidak mengurangi porsi asupan makanan seperti diatas. Jika kita mengurangi salah satunya bagaimana dengan tubuh kita yang tetap membutuhkan asupan ketiga makronutrien diatas? Dengan menggunkan Zone diet ini akan memiliki keuntungan seperti dapat menurunkan berat badan, mengurangi resiko penyakit kronik serta dapat memperbaiki mental dan penampilan.
    Dengan Zone diet juga dapat mengontorol lemak dalam tubuh untuk dijadikan bahan bakar, bagaimana caranya?
    Kontrol Insulinmu : Jumlah karbohidrat yang masuk dalam pembuluh darah dinamakan Glikemik indeks (GI). GI rendah jika absropsi yang sedikit sehingga insulin yang diproduksi juga berkurang. Karbohidrat ini dapat ditemukan dalam sayuran-sayuran dan buah-buahan sehingga dapat memakan lebih banyak. Karbohidrat yang tidak menguntungkan seperti sayuran yang berpati, dapat menaikkan GI dan oleh karena itu kamu harus kurangi makanan tersebut. Dengan mengontorol jumlah karbohidrat didalam darah adalah kunci menjaga insulinmu dalam level yang rendah dan akan mengakses lemak tubuhmu untuk bahan bakar. (Crossfit Scheveningen, 2017)
    Zone diet sendiri memiliki 4 pilar atau tujuan agar orang yang melakukan diet ini mencapai tujuan dihidupnya. Apa saja empat pilarnya ?
    Empat pilarnya meliputi:
    – membatasi asupan kalori tanpa rasa lapar ataupun kelelahan.
    – memperthankan level yang sesuai dari inflamasi tubuh.
    – menggunakan diet poliphenol untuk mengaktifkan gen guna memperbaiki kesehatan.
    – mengontrol inflmasi akibat mikroba usus. (Christian Nordqvist, 2017)
    Bagaimana cara melakukan Zone diet ini ? Dr. Barry Sears membatasi anatara asupan karbohidrat, protein dan lemak dengan perhitungan yang seimbang tanpa mengurangi salah satu dari makronutrien tersebut. Pada diet ini Dr. Barry Sears menggunakan pengukuran yang dinamakan dengan nama “Block”. Seperti yang diatas asupan makronutrien yang seimbang ini memiliki ratio 40:30:30 antara karbohidrat, protein dan lemak.
    Zone diet harus memperhatikan keseimbagan disetiap makanan dan snack dengan komposisi nutriennya sebagai berikut:
    – Protein : 1/3 dari piringmu tambahkanlah bebepa protein tanpa lemak seperti putih telur, ikan, daging unggas, daging sapi tanpa lemak atau rendah lemak.
    – Karbohidrat : 2/3 dari piringmu tambahkanlah bermacam-macam sayuran dan sebuah buah kecil. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang harus dihindari adalah yang banyak gulanya (seperti pisang, wortel, anggur, kismis) atau banyak pati ( seperti kentang, jagung)
    – Lemak : Tambahkan sedikit lemak dari asam lemak tak jenuh tungal. Yang termasuk dalam hal ini adalah minyak zaitun, avokado atau kacang almond. (Dr. Sears Zone Evidence-Based Wellness, 2017)
    Zone diet juga melibatkan beberapa peraturan yang mendasari sebagai berikut :
    – Satu porsi makanan atau snack harus dimakan tidak lama kemudian 1 jam setelah bangun di pagi hari.
    – Interval waktu untuk mengkonsumsi makanan harus 4-6 jam.
    – Satu porsi makanan harus dimakan antara 2-2.5 jam setelah makan snack, walaupun orang tersebut lapar atau tidak.
    – Kita harus minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. (Christian Nordqvist, 2017)
    Ketika kita memakan makanan yang seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak kita juga akan menyeimbangkan respon hormon didalam tubuh kita sehingga menjadi optimal. Memang tidak mudah untuk melakukan diet seimbang ini, tapi untuk mendapatkan tubuh dan kesehatan yang bagus cobalah untuk melakukan Zone diet ini dan jangan lupa Zone diet ini haruslah dilakukan secara teratur supaya mendapat hasil yang optimal. Terima kasih semoga dapat melakukannya dan bermanfaat .
    Daftar Pustaka :
    Katsilambros, Nikolaus, dkk. 2013. Asuhan Gizi Klinik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
    Christian Nordqvist. (2017). The Zone diet and inflammation: All you need to know medicalnewstoday.com/articles/7382.php diakses pada tanggal 6 September 2017 jam 21.00
    A Summary of the Zone Diet oleh crossfit-scheveningen.nl/wp-content/uploads/2015/10/A-Summary-of-the-Zone-Diet.pdf diakses pada tanggal 6 September 2017 pukul 21.30
    Dr. Sears Zone Evidence-Based Wellness oleh zonediet.com/the-zone-diet/ diakses pada tanggal 6 September 2017 pukul 21.30

    Like

  6. Diet Mayo ? Apa itu ?
    Belakangan ini marak para ibu bahkan remaja yang ingin menurunan berat badan atau dengan kata lain ingin melakukan diet. Begitu banyak cara untuk melakukan penurunan berat badan. Ada yang melakukan diet dengan cara tidak makan nasi, ataupun tidak makan malam dan berhasil menurunkan berat badan mereka. Ada juga dari mereka yang melakukan diet yang mulai populer di kalangan anak muda sekarang seperti diet golongan darah, diet keto atau diet mayo yang sedang marak diperbincangkan.
    Sebenarnya apa itu diet mayo ? Diet mayo adalah diet yang menitik beratkan untuk mengurangi atau pantang terhadap garam yang ada didalam tubuh. Diet Mayo ini diperkenalkan oleh situs kesehatan asal Amerika yaitu Mayo Clinic. Dengan kata lain diet mayo ini berfokus pada sayuran dan buah-buahan. Selain itu juga dituntut untuk mengkonsumsi kalori sesuai dengan kebutuhan sehari-hari berdasarkan usia dan jenis kelamin. Selain dapat menurunkan berat badan, diet mayo juga dapat membuat badan kita menjadi lebih sehat. Orang-orang yang berhasil melalui diet ini dalam 13 hari mengalami penurunan berat badannya hingga 6 – 11 kg. Sebenarnya terdapat alasan kenapa diet mayo memiliki pantang terhadap garam yaitu karena garam bersifat menahan air dalam tubuh. Ketika ada terlalu banyak air yang tidak bisa keluar dari tubuh, maka otomatis itu akan membuat berat tubuh seseorang semakin bertambah. Diet mayo ini dirancang untuk bisa dilakukan siapapun yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan cepat dan dalam waktu kapanpun. Diet mayo juga dirancang agar bisa dilakukan sepanjang tahun. Mayo clinic juga telah menyarankan agar mereka yang sedang menjalankan program diet Mayo hanya boleh menjalankan diet 2 kali atau dua periode dalam satu tahun. Diet mayo dilakukan dalam dua fase yaitu fase pertama yang disebut fase lose it dimana fase ini membantu untuk menurunkan berat badan dengan cara mengatur pola makan sehat dan juga menghilangkan kebiasaan buruk yang akan menganggu diet yang dijalankan, Fase yang kedua yaitu fase Face it. Pada fase ini akan dibantu untuk mengontrol berat badan ideal yang telah dicapai pada fase lose it. Keungulan dari diet mayo ini adalah hasilnya yang cepat dan efektif hanya dalam waktu 2minggu.Jika displin mengkonsumsi makanan sesuai dengan yang ditentukan maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika dalam 2 minggu tersebut gagal 1 hari saja, maka sudah dianggap gagal untuk melakukan diet mayo dan harus diulang dari awal lagi. Untuk jadwalnya sendiri, anda juga harus mengatur jadwal konsumsi makanan selama menjalankan program diet mayo selama 13 hari ini. Bila perlu agar menu diet mayo yang benar bisa Anda terapkan sampai 13 hari berakhir, Anda bisa membuat daftar pada selembar kertas atau di ponsel Anda. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini kami berikan satu contoh jadwal menu diet mayo yang benar selama 13 hari.
    Untuk menu pagi hari pertama sampai hari ke 13 dapet mengkombinasikan secangkir kopi atau teh dengan sepotong roti bakar (plain bread) atau menu tersebut dapat diganti dengan wortel ukuran besar yang diparut dan ditaburi dengan jeruk citrun. Untuk penggunaan gula untuk kopi atau teh dapat diberikan secara bergantian dengan takaran 1 sendok teh gula.
    Sedangkan untuk menu siang hari dapat diberikan 2 butir telur rebus / 1,5 ons bistik rebus tanpa mentega / 2,5 ons ayam kukus dengan 1 ikat bayam rebus / selada / tomat dan buah tomat atau buah segar yang lain.
    Menu makan malam dapat diberikan 1,5 ons bistik rebus/2,5 ayam kukus/2 butir telur rebus/ papaya satu mangkok penuh dengan pisang / selada/ seikat bayam / wortel/ 1 gelas susu rendah lemak jika dipasangkan dengan papaya. Menu tersebut dapat diganti sesuai dengan selera asalkan menu tersebut rendah garam dan gula. Untuk makan malam tidak boleh dilakukan lebih dari pukul 18.00.

    Dalam melakukan diet ini diharapkan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas air setiap harinya. Supaya hasilnya efektif, paling tidak harus diimbangi dengan olahraga minimal 30 menit setiap harinya. Berdasarkan penelitian setelah melaksanakan program diet mayo clinic ini berat badan turun cukup banyak dan kondisi kimiawi dalam tubuh kita cenderung lebih baik dari sebelumnya. Minimalnya anda harus melakukan diet mayo ini satu kali dalam setahun. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak kehilangan zat garam terlalu berlebihan, karena secara medis tubuh juga sangat membutuhkan asupan zat yodium untuk sistem pelaksanaan dalam metabolisme tubuh. Agar diet ini berhasil juga harus didasari dengan niat dan displin agar diet berhasil. Namun diet ini juga memiliki efek yaitu terjadinya ketidakseimbangan nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain itu salah satu efek yang ditimbulkan dari diet ini adalah efek yoyo. Saat siklus 13 hari diet mayo selesai dan kembali pada pola makan yang lama maka terjadilah kenaikan berat badan. Karena diet mayo hanya membatasi kalori tanpa perubahan gaya hidup secara keseluruhan, maka ketik kembali makan seperti sebelum berdiet, berat badan Anda juga perlahan-lahan kembali seperti semula.

    Artikel ini ditulis oleh Meiza Dwihestiarini – 41150039

    Daftar Pustaka

    mayoclinic.org diakses pada Rabu, 6 September 2017 pukul 20.00 WIB
    repository.maranatha.edu/1160/1/Majalah%20Ilmiah%20Maranatha_Perbandingan%2C%20Bukti%20dan%20Pertimbangan%20Klinis.pdf diakses pada Rabu 6 september 2017 pukul 20.15

    Like

  7. APA ITU DIET GM?

    Diet GM adalah Diet General Motor yang awalnya dibuat bagi karyawan General Motors untuk menurukan berat badan dengan cepat dan efisien. Manajemen General Motors bekerjasama dengan Departemen Pertanian serta Asosisasi Makanan dan Obat – Obatan Administration (FDA) Amerika Serikat kemudian melakukan pengujian metode diet tersebut di Johns Hopkins Research Centre, yang menyatakan hasilnya telah lolos uji. Berdasarkan penelitian, program kesehatan yang dapat membersihkan tubuh dari racun akan turut memperbaiki perasaan dan sikap individu. Selain itu, pelaku diet tersebut juga akan merasa lebih sehat dan pastinya lebih kurus. Diet GM ini dilaporkan dapat menurunkan berat badan antara 5 – 8 kg seminggu dan tanpa rasa lapar. Bagian terbaik dari Diet GM ini adalah efek yang dapat membersihkan racun secara sistematis sehingga memungkinkan tubuh dapat kehilangan sejumlah besar berat badan dengan cepat.

    Prinsip dasar dari Diet GM ini adalah dengan mengonsumsi makanan dalam sebuah perencanaan, maka tubuh akan terbiasa membakar lebih banyak kalori daripada keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tersedia. Keseimbangan antara kalori yang masuk dengan kalori yang keluar akan mencegah penyimpanan lemak tubuh dan memaksa tubuh untuk membakar lemak menjadi tenaga. Sebelum memulai Diet GM ini, pastikan kalian sudah mempersiapkan diri dengan baik, yaitu dengan cara mengonsumsi air putih setiap harinya. Dengan minum air sepanjang harinya maka akan meningkatkan energi dan metabolisme tubuh, selain itu juga dapat membantu untuk mencegah rasa lelah, nyeri otot atau tubuh yang mudah kepanasan akibat penurunan berat badan secara cepat. Hal yang tidak kalah penting untuk memulai diet ini adalah tidak mengonsumsi alkohol, karena dapat memicu retensi cairan yang ada didalam tubuh. Diet ini menyadarkan akan pentingnya buah dan sayur dalam proses metabolisme tubuh.

    Berikut pola makan dari Diet GM yang harus di ikuti:

    Hari Pertama : Hanya mengonsumsi buah sepanjang hari. Kalian dapat memakan semua jenis buah-buahan, kecuali buah pisang. Buah yang disarankan adalah melon dan semangka dan minum air yang cukup.

    Hari Kedua : Mengonsumsi sayur – sayuran, baik yang mentah maupun yang matang. Bisa dimasak tumis, sup, ataupun rebus. Dibuat pecel juga boleh asal bumbu kacangnya terbatas. Kalian dapat memulai hari kalian dengan sarapan kentang panggang dengan minyak atau butter. Kalian juga dapat mengonsumsi sayur sebagai salad dan menggunakan wine vinegar, lemon dan rempah – rempah untuk menambah rasa, namun jangan pernah menggunakan salad dressing karena dapat menggagalkan diet ini.

    Hari Ketiga : Mengkombinasikan buah dan sayuran dengan tanpa batasan jumlah, tetapi tidak boleh mengonsumsi pisang dan kentang. Apabila kalian sedang terburu – buru ingin pergi, kalian dapat mengonsumsinya dengan cara membuat jus buah dan sayuran.

    Hari Keempat : Susu dan pisang menjadi pilihan untuk hari keempat ini. Kalian dapat mengonsumsi pisang sebanyak 8 buah dan minum 3 gelas susu tanpa pemanis. Kalium yang terdapat dalam pisang dan kalsium yang terdapat dalam susu menjadi kunci dari menu hari keempat ini. Kalau kamu alergi susu sapi (Lactose intolerance), ganti dengan susu kedelai.

    Hari Kelima : 500 gram daging sapi dan 6 buah tomat menjadi menu utama di hari kelima ini. Dan tidak lupa minum air putih yang banyak untuk membersihkan sistem pencernaan. Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian.

    Hari Keenam : Pada hari keenam, kalian boleh mengonsumsi kombinasi dari sumber protein, seperti daging, ikan fillet dan sayuran dalam jumlah yang tidak dibatasi.

    Hari Ketujuh : Pada hari ketujuh, kalian dapat mengonsumsi sayuran, jus buah dan beras merah. Pastikan jus buah yang kalian konsumsi bukan merupakan jus konsentrat yang diberi tambahan gula. Kalian dapat membuat jus sendiri dengan juicer.

    Pada saat menjalankan program ini, kalian tetap dapat mengonsumsi air putih yang diberi perasan lemon atau jeruk nipis, kopi hitam tanpa penambahan cream atau gula, teh herbal atau teh hitam, serta club soda. Namun, tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi soft drinks, sport drinks atau jenis minuman apapun yang ditambahkan perasa yang ada di supermarket dan tentunya tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi jus buah sampai menu hari ketujh. Apabila sudah sampai menu hari ketujuh, kalian dapat membuat jus sendiri, sehingga dapat menghindari pemanis buatan, zat pengawet, serta zat additive lainnya.

    Ditengah-tengah maraknya metode diet GM ini, ternyata tetap tak dianjurkan oleh pakar gizi. Seperti disampaikan oleh ahli gizi dari Lagizi, Novia Akmaliyah, S.Gz, kurangnya penelitian yakni hanya dilakukan oleh satu lembaga (Johns Hopkins Research Center) dan bukan jurnal penelitian yang dipublikasi, membuat diet GM tidak dianjurkan untuk dijalankan. Selain itu, diet GM dengan pilihan menu-menu yang ketat per harinya juga dianggap tidak mengikuti kaidah Panduan Gizi Seimbang yang selama ini dianjurkan.

    Dalam prinsip gizi seimbang, pemenuhan gizi secara lengkap diutamakan, yakni dengan memenuhi kebutuhan makronutrisi (protein, karbohidrat, lemak) dan mikronutrisi (vitamin dan mineral) setiap harinya. Dikatakan bahwa turun dan naik bobot badan sangatlah dipengaruhi oleh keseimbangan kalori yang masuk dan keluar, bukan dari langkah-langkah tertentu seperti yang dijabarkan pada diet GM. Apabila kalori yang digunakan lebih besar, atau kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih kecil, maka secara otomatis penurunan berat badan akan terjadi. Begitu juga sebaliknya. Kesuksesan suatu diet atau pola makan bukan sekadar dari seberapa cepat dan banyak bobot badan yang turun, tetapi juga harus memerhatikan faktor kesehatan yang menjalaninya.

    Dikutip dari Livestrong, pakar menyebutkan diet GM memang memiliki beberapa kelemahan, sehingga tidak dianjurkan untuk diterapkan dalam jangka waktu lama. Selain tidak menerapkan gizi seimbang, diet GM juga tidak memiliki pedoman berkelanjutan. Maka setelah berat badan turun selama seminggu, Anda berisiko tinggi kembali naik berat badan jika tidak menjaga pola hidup sehat. Disebutkan juga bahwa program ini juga tidak mendorong masyarakat untuk membiasakan diri olahraga teratur. Diet ini juga membatasi Anda dari konsumsi biji-bijian, makanan laut dan produk susu, yang kesemuanya justru mengandung nutrisi penting untuk menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Faktanya, diet GM dianggap tidak memenuhi syarat-syarat ini. Peneliti dari Harvard School of Public Health bahkan mengatakan bahwa program penurunan berat badan ekstrem seperti diet GM juga tidak bisa disamaratakan efektif pada semua orang. Sebab pada dasarnya setiap tubuh memiliki metabolisme yang berbeda-beda.

    – Artikel ini ditulis oleh Tiva Ismadyanti Christine Prabowo – 41150035

    Daftar Pustaka:
    http://scdc.binus.ac.id/himfoodtech/2016/06/gm-diet/ diakses pada hari Kamis, 7 September 2017 19.15
    https://health.detik.com/read/2017/05/10/064337/3497152/1410/meski-populer-ini-alasan-diet-gm-tak-dianjurkan-oleh-pakar-gizi diakses pada hari Kamis, 7 September 19.03

    Like

  8. Mengenal Lebih Dekat dengan Diet Atkins
    Aktivitas manusia dalam sehari-hari dari yang ringan hingga yang berat pasti dibutuhkan yang namanya energi. Energi sendiri tentunya didapatkan dari mengkonsumsi makanan maupun minuman. Dalam mengkonsumsi makanan masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi terlalu berlebihan dari energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan akan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Dalam mengatasi obesitas sendiri bisa dengan salah satunya yaitu olahraga. Tetapi dalam mengatasi obesitas cenderung lebih banyak orang memilih untuk diet dibandingan dengan olahraga atau biasa orang memilih secara bersamaan. Akhir-akhir ini banyak macam diet yang bermunculan untuk menurunkan berat badan. Diet sendiri tidak hanya dilakukan oleh seseorang yang mengalami obesitas tetapi juga dilakukan banyak orang untuk mempunyai bentuk tubuh yang bagus. Diet sering disalahartikan dengan untuk mengurangi makanan untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal. Padahal dalam serapan kata arti diet ini adalah untuk mengatur pola makan. Sampai sekarang masih banyak orang menyalahartikan diet. Oleh karena itu, perlu diluruskan sesuai dengan menurunkan berat badan yang sebenarnya. Dalam Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga 2009 keluaran Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), diet memiliki arti sebagai pengaturan pola makan dan konsumsi minuman yang dilarang, dibatasi jumlahnya, dimodifikasi atau diperolehkan dengan jumlah tertentu untuk tujuan terapi penyakit yang diderita, kesehatan dan penurunan berat badan. Maka dari itu, diet dapat didefinisikan sebagai usaha sesorang untuk mengatur pola makan dan mengurangi makan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Dewasa ini, diet memiliki banyak jenis. Diet Atkins adalah salah satu dari diet yang populer. Diet Atkin adalah diet rendah karbohidrat tinggi protein yang diciptakan oleh Robert Atkins melalui pembacaannya di Journal of the American Medical Association yang diterbitkan oleh Gordon Azar dan Walter Lyons Bloom. Aktin mengatakan bahawa dia menggunakan jurnal itu untuk menurunkan berat badannya. Dia kemudian menulis buku Dr Atkin’s Diet Revolution pada tahun 1972 dan Dr Atkin’s New Diet Revolution. Diet rendah karbohidrat atau diet atkins kini menjadi tren dalam masyarakat. Program ini membatasi semua jenis karbohidrat, bahkan tidak hanya membatasi karbohidrat yang menjadi bahan bakar aktivitas kita seperti roti, nasi, dan pasta. Sebagai contoh, diet Atkins yang paling terkenal dengan program rendah karbohidrat, seperti membatasi konsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, kentang, tepung sayuran, namun menyarankan asupan lebih banyak lemak dari daging sapi, babi, ayam, telur, dan mentega.Secara teori, diet rendah karbohidrat di atas terdengar seperti cara yang bagus untuk menurunkan berat badan, yaitu mengganti asupan karbohidrat dengan lemak. Diet rendah karbohidrat yaitu ketika anda mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah rendah, sehingga mengakibatkan tubuh anda terpaksa membakar lemak yang tersimpan, proses ini disebut ketosis. Ketika tubuh membakar lemak tanpa karbohidrat, proses ini mengakibatkan penumpukan dalam aliran darah dengan keton. Keton menyebabkan anda kehilangan nafsu makan namun juga dapat menyebabkan anda merasa lelah atau mual. Diet rendah karbohidrat sendiri juga mempunyai dampak yang negatif yaitu dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan dapat menguras kalsium anda, sehingga anda berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis. Bahkan, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association, menunjukkan bawa terlalu banyak makan daging merah dalam jangka waktu lama berisiko lebih tinggi terkena kanker kolorektal. Program diet Atkins yang rendah karbohidrat namun tinggi lemak ini pada mulanya akan membuat seseorang kehilangan berat badan dan mengalami peningkatan yang lebih besar dalam HDL atau kolesterol “baik” daripada mereka mendapat asupan karbohidrat tinggi. Namun, sejauh ini belum ada penelitian tentang bagaimana diet yang tinggi kolesterol ini mempengaruhi kesehatan jantung dalam jangka panjang. Anda perlu berpikir lagi untuk mengikuti program diet semacam ini karena diet ini memangkas banyak makanan yang memberikan nutrisi penting seperti halnya biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran yang tentu saja bermanfaat dalam jangka panjang untuk melawan berbagai penyakit.Ada baiknya anda mencoba diet yang lebih sehat dengan diet rendah lemak, rendah karbohidrat, serta diet protein tinggi, yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan serta mampu menurunkan kolesterol darah dan insulin. Banyaknya orang memilih diet atkins atau diet rendah karbohidrat sendiri ini dikarenakan tidak perlunya memotong makanan yang cenderung banyak orang sukai seperti daging, krim, keju dan makanan tinggi lemak lainnya. Inilah dasar mengapa banyak orang yang memilih diet atkins dan mungkin tidak terasa seperti seseorang melakukan diet. Dikatakan bahwa pengurangan karbohidrat mencegah orang makan makanan berlemak tinggi lainnya misalnya beberapa orang makan fish and chips tapi tanpa dengan adanya kentang goreng. Karena seseorang bisa makan sebanyak yang mereka inginkan dari makanan yang diperbolehkan dan bagi banyak orang ini tidak terasa seperti melakukan diet. Tidak semua karbohidrat dihitung dalam jumlah total. Mereka yang kaya akan serat makanan bisa dimakan dalam jumlah banyak karena serat tidak dicerna. Diet atkins sendiri memang bertujuan baik dan mungkin sebagian besar orang tertarik untuk menjalankan diet atkins karena diet ini hanya membatasi untuk mengkonsumsi karbohidrat sedangkan bebas untuk mengkonsumsi lemak maupun protein. Menurut saya diet atkins ini lebih baik jika disertai dengan aktivitas fisik. Aktivitas fisik disini tidak berarti kita berolahraga saja bisa seperti contoh memilih berjalan kaki dibandingkan dengan menggunakan kendaraan. Perlu diperhatikan juga bagi pelaku diet yang memiliki riwayat penyakit jantung dan vaskular dimana makanan yang berlemak tinggi akan meningkatkan resiko bahkan memperpatah penyakit yang sudah ada. Selain itu pelaku diet dengan riwayat gout arthritis juga harus mempertimbangkan konsumsi protein terutama yang mengandung purin. Maka dari itu sangat penting mengkonsultasikan diet yang akan dijalankan kepada ahli gizi supaya tujuan apa yang di inginkan dapat tercapai.

    http://www.ilmagiindonesia.org/diet-atkins/
    https://ysjournal.com/archive/ysj-issue-1/the-atkins-diet-pros-and-cons/
    http://escholarship.org/uc/item/1bp7f2bp
    http://rumahsakit.unair.ac.id/dokumen/Efek%20Samping%20Diet%20Rendah%20Karbohidrat.pdf

    Artikel ini ditulis oleh Daniel Pranata Evan Tjahjono – 41150038

    Like

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s