cara membuat blog dari awal

First Post

After several days thinking about make a new blog, I decide to launch this blog: dokteryoseph.wordpress.com as a member of RedboX Enterprise.

Another opinion: Blogging is more than journaling

Please welcome this brand new blog, which will (try to) focus on my works and my thoughts. I also deciding to blog in English, hope someday will be freshly pressed by wonderful editors on WordPress.

Now, the freshly pressed is changed into Discover, and still, I hope that someday my blog will be featured there.

Update:

On August 20, 2017, this blog is upgraded to dokteryoseph.com and being bilingual blog with addition of blog posts in Bahasa Indonesia.

cara membuat blog dari awal

Thank you.

dr. Yoseph L. Samodra

a.k.a

dokteryoseph

bantu situs ini tetap online

21 thoughts on “First Post

  1. Siapa yang tidak tahu Kate Middleton? Segala sesuatu yang berkaitan dengan duchess of Cambridge ini selalu ramai diamati oleh orang – orang. Tidak terkecuali rahasia diet yang dijalani oleh Kate Middleton. Diet Dukan adalah diet yang dipilih untuk menurunkan berat badan Kate Middleton beserta ibunya, bahkan adiknya.

    Dukan diet diciptakan pertama kali oleh dr. Pierre Dukan seorang ahli nutrisi dan spesialis perilaku makan pada tahun 2000. Panduan diet tersebut, dibuat dalam buku berjudul “The Dukan Diet” yang menjadi best seller di Perancis. Prinsip dari diet Dukan ini adalah menurunkan berat badan dengan cepat dan menjaga kestabilan berat badan setelah dicapai. Lalu apa bedanya dengan macam yang lainnya, berikut lebih jelasnya.

    Diet Dukan ini bisa dibilang cukup menarik, secara umum diet ini hampir sama dengan diet Atskin tapi disini yang unik adalah diet dukan tidak memperhitungan kalori yang dikonsumsi. Diet ini hanya memperhatikan makanan yang dikonsumsi harus tinggi protein, dengan rendah karbohidrat dan rendah lemak. Orang – orang banyak menggemari diet ini karena diet ini membebaskan untuk “Eat as much as you like”, dengan mendengar kata tersebut tentunya banyak orang yang tertarik. Namun, perlu diingat bahwa di dalam diet kita tetap tidak boleh mengkonsumsi makanan yang sembarangan (dalam hal ini yang buruk untuk kesehatan kita) makanan yang harus kita konsumsi sudah diatur oleh dr. Pierre dengan 100 makanan secara unlimited.

    Diet Dukan sendiri terdiri dari 4 fase, 2 fase penurunan berat badan dan 2 fase mempertahankan berat badan. Fase pertama adalah Attack phase , pada fase ini kita hanya boleh menkonsumsi makanan dengan kandungan protein (68 macam dari 100 pilihan menu Dukan) ditambah dengan 1,5 sendok makan oat perhari. Berat badan pada fase ini diharapkan bisa turun 1 – 4 kg dengan durasi untuk fase Attack berkisar antara 2 sampai 7 hari. Fase kedua atau Cruise phase yang mana dari fase awal (68 makanan) dikombinasikan dengan sayur – sayuran (32 jenis sayur dari 100 list makanan Dukan). Perlu diperhatikan sayuran yang dikonsumsi bukanlah sayuran yang mengandung karbohidrat seperti (kentang, jagung, buncis, dll) ditambah dengan oat 2 sendok makan perhari. Pada fase ini dapat durasi bergantung dari jumlah kg yang akan dikurangi, dimana kira – kira per 3 hari akan berkurang 0,5 kg berat badan. Jadi jika kita ingin menurunkan berat badan 2 kg maka fase cruise akan dilakukan selama 12 hari.

    Setelah memasuki berat badan yang diinginkan, kemudian akan memasuki fase – fase maintenance ada dua fase disini. Fase ketiga adalah Consolidation phase dimana fase ini sebagai pencegahan untuk rebound effect. Dimana di fase ini secara bertahap akan dikembalikan ke makanan – makanan yang dilarang di fase sebelumnya dengan catatan jumlah dibatasi (nasi,roti,pasta dan keju) ditambah pula dengan oat 2,5 sendok makan perhari. Pada fase ini disebut juga sebagai “celebration” meals atau seperti hadiah atas keberhasilan 2 fase pengurangan sebelumnya. Durasi untuk fase ini, dihitung dari penghilangan dari fase Cruise untuk tiap 0,5 kg fase ini akan dilakukan selama 5 hari. Fase yang terakhir yaitu stabilization dimana fase ini akan berlangsung seumur hidup, dan fase ini juga sebagai pengatur gaya hidup (pola makan). Dimana pada fase ini kita dibebaskan untuk mengkonsumsi apapun makanan yang kita inginkan dengan catatan menetapkan satu hari dalam seminggu untuk mengkonsumsi full protein (attack phase) dan makan tiga sendok oat meals atau sereal setiap hari. Selain menjaga konsumsi yang kita makan, dalam diet dukan juga dianjurkan untuk melakukan olahraga seperti jalan cepat 20 – 30 menit perhari untuk meningkatkan keberhasilan diet ini sendiri. Jangan lupa untuk meminum air putih setidaknya 1,5 liter perhari.

    Dari penjabaran beberapa fase diatas, dari diet Dukan ini sendiri kunci utama terletak pada protein. Ketika yang kita konsumsi presentase tersebar adalah protein, maka tubuh akan mencari bahan bakar untuk energi kita dari sumber lain (karbohidrat maupun lemak). Oleh karena karbohidrat dan lemak yang dikonsumsi dalam jumlah sedikit, maka simpanan lemak didalam tubuh akan dibakar. Hal inilah yang memicu penurunan berat badan.

    Pada 100 list bahan makanan yang boleh dikonsumsi menurut Dukan, seperti pada protein murni (fase attack) yaitu daging tanpa lemak, daging unggas, ikan, kerang – kerangan (kepiting, udang lobster, cumi), protein nabati (tempe, tahu) dan produk olahan susu bebas lemak. Sayuran pada fase cruise seperti asparagus, tauge, brokoli, kubis, wortel, kembang kol, seledri, mentimun, terong, kacang hijau, kale, jamur, labu, lobak, bayam, tomat, selada, dll. Pada fase konsolidasi seperti kentang, jagung, roti gandum. List 100 makanan lebih lengkap dapat dilihat pada sumber tertera.

    Dalam setiap diet tentunya banyak pro kontra tersendiri, termasuk diet Dukan ini. Banyak mengatakan bahwa diet Dukan tidak aman karena pembakaran besar – besaran kandungan karbohidrat yang terdapat ditubuh sehingga memicu terjadinya ketosis. Selain karena protein akan lebih susah untuk di proses dengan cepat dipencernaan kita, sehingga minum air yang cukup sangat berguna untuk membantu diet ini.

    Terlepas dari isu – isu masalah pada diet Dukan, tentunya banyak pula keunggulan didalam diet ini. Salah satunya tentu kita tidak perlu untuk menghitung kalori yang kita makan, yang perlu kita lakukan hanya makan dari 100 list makanan sesuai dengan fase yang kita lewati. Protein yang terdapat di 100 makanan Dukan ini, adalah protein dengan rendah lemak yang baik untuk hati kita (pada diet Atkins tetap memperbolehkan mengkonsumsi protein tinggi lemak). Diet Dukan memungkinkan kita untuk tetap makan sampai kenyang tanpa pembatasan dari 100 makanan yang sudah diberikan dan menjaga untuk setelah program penurunan berat badan selesai tidak akan terjadi kenaikan berat badan kembali.

    Demikian sekilas mengenai Diet Dukan, siapkah anda untuk mencoba kesuksesan diet seperti duchess of cambridge? Buktikan rahasianya.

    Daftar Pustaka :

    Dukan, Pierre. 2010. The Dukan Diet : 2 steps to lose the weight and 2 steps to keep it off forever. Paris : Flammarion Groupe.

    Diet Dukan diakses dari
    https://www.dukandiet.com/low-carb-diet/food-list
    Pada tanggal 6 September 2017 pukul 17.00 WIB

    Artikel ini ditulis oleh Bulan Marchellia Wijaya – 41150010

    Like

  2. Diet Paleo Sebagai Diet Terbaik Tahun 2017 ?

    Di dalam artikel saya ini, saya akan mengulas mengenai diet Paleo. Diet Paleo adalah diet dengan metode di mana ada beberapa pantangan di dalam dietnya akan tetapi diet ini dipercaya untuk menurunkan berat badan dengan efektif tanpa menyiksa.

    Pada awal Januari 2017, US News dan World Report meranking berbagai macam diet dan diet paleo masuk di dalam “Diet Terbaik” dari 32 jenis diet yang direview. Di mana penilaiannya dilihat dari sisi pencapaian yang didapat dari diet tersebut, kondisi kesehatan dan penurunan berat badan. Dari sini, mungkin akan banyak pertanyaan seberapa efektifkah diet paleo ini serta apa saja manfaatnya? Saya sendiri cukup heran dan penasaran mengapa diet ini diunggul-unggulkan dan banyak mendapatkan pro-kontra.

    Beberapa orang dan pakar menyebutkan bahwa diet Paleo yang dianjurkan adalah membatasi makanan dengan sangat ketat di mana hanya terdiri dari daging dan sayur saja. Di mana sebenarnya anjuran tersebut jauh dari keakuratan dan bagaimana diet Paleo yang benar.

    Sebagian besar dari pakar diet Paleo ini memberikan range pilihan makanan yang cukup luas untuk dikonsumsi. Termasuk daging, ikan, sayuran, kacang dan biji-bijian, dan termasuk makanan yang “non-Paleo” seperti produk dairy, cokelat, dan alkohol di mana masih ditoleransi. Dari sini kita dapat melihat bahwa ternyata dari anjuran ini, pilihan makanan untuk diet Paleo cukup luas sehingga yang menjalani tidak akan merasa seperti didikte dan terintimidasi di dalam memilih menu makannya.

    Dalam sumber yang saya baca, dijelaskan bahwa diet Paleo menjadi diet yang superior dan banyak dipilih. Lantas mengapa ?

    Jawabannya adalah, karena orang yang melakukan diet Paleo lebih menikmati proses dari diet itu sendiri karena tidak harus mengkonsumsi makanan yang hambar, tanpa garam dan lemak. Di mana konsumsi garam dan lemak tersebut tetap dikonsumsi dalam batas wajar. Karena rasanya tidak manusiawi bila kita harus dan teralu menyiksa diri sendiri dengan diet yang kita lakukan.

    Kemudian, alasan kedua mengapa diet Paleo ini menjadi diet favorit adalah karena, yang mengikuti diet ini tidak perlu melulu menghitung kalori, jumlah karbohidrat, protein dan lemak dari makanan yang dikonsumsi. Berbeda dari beberapa diet yang konsumsi makronutriensnya sangat dipantau.

    Alasan ketiga adalah pada diet Paleo ini, kita tidak perlu mengganti asupan dari makanan yang biasa kita makan dengan protein bubuk, susu diet maupun makanan lain seperti protein bars di mana makanan ini memiliki kandungan pengawet yang dapat menimbulkan masalah kesehatan lain.

    Keberhasilan diet Paleo ini diteliti dan diadaptasi dari kebiasaan orang purba yang berburu dan memanfaatkan sumber makanan yang ada di sekitar mereka. Di mana hasilnya adalah orang purba tersebut cenderung memiliki berat badan dan taraf kesehatan yang ideal. Diet Paleo sendiri sudah dipertimbangkan dari berbagai aspek oleh para ahli. Termasuk dari segi psikologis pengikut diet ini (tanpa tekanan) serta diet Paleo ini cukup ramah lingkungan karena pilihan makannya diambil dari sumber yang ada dan tersedia di daerah masing-masing dan tidak memprioritaskan makanan olahan.

    Dalam sumber yang saya baca, ada 6 tips di dalam menjalankan diet Paleo ini. Tips yang diberikan ini cukup mudah untuk dijalankan dan dimengerti secara awam.

    1. Buatlah makanan yang dikonsumsi sesimpel mungkin
    Dari hasil penelitian, dengan membuat asupan gizi yang dikonsumsi sederhana, maka kita cenderung untuk makan lebih sedikit, yang akan membantu untuk menurunkan berat badan. Seperti yang sudah dijabarkan di atas bahwa diet Paleo ini tidak akan bersifat menyiksa bagi pengikutnya. Supaya lebih mudah, maka makanan yang dibuat, disarankan untuk dimasak dengan lebih sederhana tanpa kandungan bumbu dan MSG yang berlebih. Selain itu, menu makan diet Paleo tentu saja mengandung karbohidrat, sayur, protein dan lemak yang seimbang dan ditambah buah-buahan.

    2. Pastikan untuk cukup makan
    Orang yang baru memulai diet, biasanya beranggapan bahwa mengurangi asupan kalori dalam sehari dengan drastis akan menurunkan berat dengan cepat. Akan tetapi apabila hal tersebut dilakukan terus-menerus maka kita cenderung akan mengalami stress karena jumlah kalori yang dikonsumsi jauh di bawah kalori basal kita. Sebagai outcome nya adalah berat badan kita akan stuck pada angka tertentu atau malah akan ada efek kenaikan berat badan.

    3. Tetap mengkonsumsi karbohidrat.
    Jumlah intake karbohidrat yang dikonsumsi disarankan untuk dapat mengimbangi aktivitas yang kita lakukansetiap harinya. Banyak orang yang berusaha diet dengan banyak berolahraga tetapi tidak mengkonsumsi karbohidrat atau tidak sama sekali. Padahal karbohidrat sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Misalnya adalah untuk memberikan efek “kenyang”, mencegah pegal otot, dan mencegah muscle break-down atau kelemahan otot setelah berolahraga. Tentu saja kita perlu memilah-milah karbohidrat seperti apa yang baik untuk dikonsumsi pada waktu diet Paleo ini. Sumber mengatakan bahwa pilihan karbohidrat yang tepat antara lain kentang, ubi jalar dan buah.

    4. Banyak bergerak dan beraktivitas
    Kebiasaan banyak duduk dan kurangnya aktivitas juga menjadi salah satu penyebab berat badan bebal untuk turun. Dengan banyak beraktivitas sepanjang hari ( mengurangi duduk ) dan didukung dengan olahraga maka akan dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi penumpukan lemak di area tertentu.

    5. Tidak melakukan diet sendirian
    Dengan melakukan diet Paleo ini bersama dengan orang terdekat, maka kita akan termotivasi dan bersemangat untuk diet. Selain itu kita juga dapat menjalankan diet dan olahraga bersama sehingga kita tidak merasa sendirian karena ada orang lain yang menjalani hal serupa.

    6. Tujukan diet ini untuk berbagai aspek dari kehidupan kita, tidak hanya dari sisi diet dan olahraga.
    Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan di dalam menjalankan diet Paleo. Dan menurut saya ini hal yang esensial di dalam menjalankan diet. Diet apapun. Yaitu memperhatikan aspek lain. Misalnya, kurang tidur biasanya akan membuat kita menjadi lebih lapar, atau stress yang berlebih biasanya akan membuat tubuh menyimpan lemak lebih banyak karena tubuh menganggap kitaa sedang mengalami kondisi darurat. Nah, contoh di atas itu dapat menghambat penurunan dari berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang yang dapat memanajemen stress dan memiliki jadwal tidur yang baik dapat menurunkan berat lebih efisien daripada yang tidak.

    Akhir kata, menurut saya pribadi, diet Paleo ini sebenarnya merupakan diet yang cukup sederhana di mana kita dianjurkan untuk menyadari apa yang kita makan dan menjaga pola hidup kita menjadi lebih teratur. Sebelum menuliskan artikel ini, saya sudah pernah membaca beberapa artikel dan video di youtube tentang pendapat orang-orang mengenai diet Paleo ini. Beberapa menentang diet ini karena dianggap bahwa diet ini asupan gizinya tidak seimbang. Ada juga yang setuju, tetapi dengan gaya diet Paleo yang ekstrim dan berbeda dari sumber yang saya baca ini. Sehingga dapat saya simpulkan bahwa diet Paleo ini aman untuk dilakukan apabila dilakukan dengan benar dan tepat.

    Sumber :
    Kresser, Chris . 2013. The Paleo Cure . US : Little Brown.

    Keterangan : Sumber yang saya baca ini berupa e-book yang saya download dari : https://chriskresser.com/ dan saya akses pada hari Rabu, 6 September 2017 pukul 12.00. terdapat beberapa perubahan dari buku terbitan pertama ( tahun 2013 ) karena e-book tersebut sifatnya bisa diedit sewaktu-waktu.

    Artikel ini ditulis oleh Nathania Akira Susanto – 41150009

    Like

  3. Obsessive Corbuzier Diet

    Memiliki tubuh ideal adalah impian dari setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang akan berusaha untuk menggunakan berbagai metode untuk mencapai ukuran tubuh idealnya. Banyak metode-metode populer yang dapat dijadikan sebuah metode untuk mencapai tubuh yang ideal. Salah satu metodenya yaitu Obsessive Corbuzier Diet.

    Obsessive Corbuzier Diet atau OCD pertama kali diperkenalkan oleh seorang artis Indonesia bernama Deddy Corbuzier. Deddy menyebutkan bahwa metode ini merupakan metode kuno dari Tiongkok. Metode ini adalah metode diet yang sering digunakan oleh para Shaolin Monk.

    Dalam diet Obsessive Corbuzier Diet (OCD), istilah yang sering digunakan adalah “jendela makan”. Jadi, metode jendela makan ini adalah pengaturan jangka waktu tertentu dimana seseorang diperbolehkan memakan apa saja selama waktu jendela makan terbuka, dan ketika jendela makan sudah selesai, para pengguna metode ini akan berpuasa hingga jendela makan terbuka kembali. Pada saat metode jendela tutup, hanya diperbolehkan minum dengan kadar tanpa kalori seperti air mineral, teh tawar, kopi pahit, dan minuman yang tidak mengandung kalori lainnya.

    Pada metode OCD ini, tidak disarankan untuk sarapan pagi. Oleh karena itu jendela makan ini dilakukan pada siang hari, yaitu jam 11, 12, 1 dan seterusnya. Tidak disarankan sarapan pagi karena menurut Deddy Corbuzier dapat menghambat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

    Selain tidak disarankan untuk sarapan pagi, metode OCD ini menggunakan tiga cara melakukan diet OCD yaitu waktu bebas makan 8 jam dan puasa 16 jam, waktu bebas makan 6 jam dan puasa 18 jam, waktu bebas makan 4 jam dan puasa 20 jam, serta puasa selama 24 jam. Dengan tiga cara ini diyakini dapat behasil menurunkan berat badan tubuh. Berikut adalah tat cara melakukan diet Obsessive Corbuzier Diet ini:

    1. Waktu Bebas Makan 8 jam dan puasa 16 jam
    Metode yang pertama ini menggunakan waktu 8 jam untuk dapat memakan apa saja yang kita suka dan setelah jendela waktu 8 jam itu selesai akan dilanjutkan dengan puasa selama 16 jam selama sehari. Selama puasa ini,hanya diperbolehkan minum dengan kadar kalori 0 atau tanpa kalor. Contoh penerapannya: Misalkan kita mulai menggunakan metode OCD ini pada pukul 12 siang, maka hingga pukul 8 malam kita bebas untuk memakan apa saja, kemudian selepas pukul 8 malam hanya diperbolehkan minum dengan minuman tak berkalori seperti air mineral atau teh tawar.

    2. Waktu Bebas Makan 6 Jam dan Puasa 18 Jam
    Metode yang kedua lebih cepat jendela makan bebasnya dibandingkan metode pertama. Jendela waktu makan bebas selama 6 jam dan setelah 6 jam, kita harus berpuasa selama 18 jam dan hanya diperbolehkan minum tanpa kandungan kalori. Contoh dari penerapannya adalah: Misal kita makan dari pukul 12 siang. Hingga pukul 6 sore, kita bebas untuk memilih makanan apa saja yang kita suka. Setelah jam 6 sore, kita hanya boleh minum dengan kadar tanpa kalori.

    3. Waktu Bebas Makan 4 Jam dan Puasa 20 Jam
    Metode yang ketiga ini prinsipnya sama dengan metode pertama dan kedua, namun waktu bebas yang dimiliki hanya 4 jam dan dengan puasa selama 20 jam. Contohnya: Kita makan mulai pukul 12 siang, berarti selesai makan bebas pukul 4 sore. Setelah pukul 4 sore, kita harus berpuasa selama 18 jam selanjutnya dan hanya diperkenankan minum dengan kadar tanpa kalori seperti air mineral dan air teh tawar.

    4. Waktu Puasa 24 Jam
    Metode keempat ini sebetulnya bukan berarti tidak makan selama seharian penuh. Pada metode ini, para pengguna metode OCD hanya diperkenankan makan sebanyak satu kali. Setelah makan itu, hanya diperkenankan minum tanpa mengandung kalori hingga 24 jam berikutnya. Contohnya, ketika kita mulai pukul 12 siang untuk makan, maka kita harus berpuasa hingga 24 jam dan memulai makan lagi hingga pukul 12 siang pada hari besoknya.

    Penggunaan metode-metode diatas disarankan untuk menggunakannya dengan cara bertahap. Contohnya pada minggu pertama, memakai metode bebas makan 8 jam dan puasa 16 jam. Kemudian pada program minggu kedua menggunakan metode waktu bebas makan 6 jam dan puasa 18 jam. Pada minggu ketiga program minggu ketiga waktu bebas makan 4 jam dan puasa 20 jam. Namun, untuk metode metode keempat yaitu puasa 24 jam disarankan hanya sebanyak 1-2 kali saja dalam seminggu. Metode keempat ini dilakukan untuk mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh.

    Metode ini tidak disarankan untuk anak yang dalam usia pertumbuhan. Hal ini dikarenakan pada usia pertumbuhan, Growth Hormone masih tinggi sehingga butuh cukup nutrisi. Oleh karena itu, apabila anak dalam usia pertumbuhan ingin menurunkan berat badannya, disarankan dengan melakukan proses makan dengan gizi seimbang disertai dengan olahraga yang teratur.

    Selain itu, diet OCD ini juga dikatakan ‘cocok-cocokan’. Sehingga tidak semua orang cocok menggunakan metode OCD ini. Namun, telah banyak juga yang berhasil dengan metode OCD ini. Contoh penggunanya yaitu Deddy Corbuzier sendiri. Seperti kata Deddy Corbuzier, “Semua teori diet tidak ada yang salah atau benar. Mereka menggunakan caranya sendiri dengan kebaikan dan kekurangannya masing-masing. Teori OCD adalah teori yang saya praktikan dan terapkan untuk diri saya sendiri, sebelum saya sebarkan untuk masyarakat dan sangat cocok untuk saya.”

    Sumber:

    Corbuzier, Dedy. (2013). Obsessive Corbuzier Diet. [Online]. Tersedia: http://www.readyforfit.com/uploads/1/3/9/8/13984550/ocd_3.0.pdf. [Diakses pada 7 november 2017].

    Corbuzier, Dedy. 2015. OCD 2.0 Wolverine & Wonder Woman Project. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

    Artikel ini ditulis oleh Daniel Ryan Utama Sinurat – 41150002

    Like

  4. Turunkan Berat Badan dengan Diet Mayo
    Diet Mayo adalah program manajemen berat badan jangka panjang yang dibuat oleh tim ahli penurunan berat di Mayo Clinic.org. Diet Mayo Clinic adalah diet resmi yang dikembangkan oleh Mayo Clinic, berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini berfokus pada makan makanan sehat yang rasanya enak dan aktivitas fisik yang ditingkatkan. Cara ini menekankan bahwa cara terbaik untuk menjaga berat badan tetap stabil adalah dengan mengubah gaya hidup dan mengadopsi kebiasaan kesehatan yang baru.
    Pada diet in terdapat dua fase, yang pertama yaitu fase Lose it! dan yang kedua adalah fase Live it!. Sesuai namanya, fase Lose it, dua minggu pertama ini dirancang untuk penurunan berat badan, sehingga tubuh dapat kehilangan hingga 6 sampai 10 pon (2,7-4,5 kilogram) dengan cara yang aman dan sehat. Pada fase ini, fokus pada kebiasaan gaya hidup yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Fase yang kedua adalah Live It! Fase ini adalah kontrol berat badan untuk mencegah berat badan naik kembali. Pada fase ini, Anda belajar lebih banyak tentang pilihan makanan, ukuran porsi, perencanaan menu, aktivitas fisik, latihan dan kebiasaan sehat. Akan terlihat penurunan berat badan yang stabil dari 1 sampai 2 pon (0,5 untuk 1 kilogram) seminggu sampai mencapai berat badan tujuan.
    Pada diet ini terdapat Pyramid Sehat yang dapat menajadi pedoman dalam menjalankan diet. Terdapat lima tingkat pada piramid ini, antara lain ; buah, sayur dan aktivitas fisik, karbohidrat, protein hewani, lemak dan makanan manis/gula. Tingkat paling bawah adalah buah, sayur dan aktivtas fisik, yang artinya konsumsi buah, sayur dan aktivitas fisik memiliki porsi yang paling besar dalam diet ini. Selanjutnya diikitu oleh konsumsi karbohidrat, protein hewani, leamk dan yang memiliki porsi paling kecil adalah makanan manis/ konsumsi gula. Makanan sehat yang mengandung sejumlah kecil kalori dalam volume makanan yang besar terutama buah-buahan dan sayuran.Makan makanan padat rendah kalori menurunkan berat badan dengan perasaan kenyang pada kalori yang lebih sedikit.
    Diet Mayo menganjurkan setidaknya dilakukan 30 menit latihan fisik setiap hari. Aktivitas fisik disini tidak hanya olahraga saja , melainkan aktivitas fisik seperti bergerak lebih sepanjang hari, contohnya menggunakan tangga daripada lift.Apabila terdapat riwayat tubuh sudah jarang bergerak bahkan inaktif karena kondisi medis atau faktor lain, konsultasi dengan dokter atau pakar olahraga untuk menentukan aktivitas fisik yang sesuai. Dapat mulai dengan sesi aktivitas lima atau 10 menit dan meningkatkan durasi secara bertahap.
    Batasan jumlah kalori yang dikonsumsi pada diet mayo adalah minimal 1.200 kkal/hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hipoglikemi. Ukuran tersebut digunakan oleh orang eropa, sedangkan di Indonesia diet mayo minimal konsumi kalori adalah 1000 kkal/hari. Contoh menu untuk Diet Mayo :
    Sarapan : 1 cangkir kopi/teh dengan gula 1 sendok makan
    Siang : 1 butir telurrebus, 1 buah tomat, dan 1 ikat bayam
    Makan malam : 250 gram daging ayam rebus dan 1 buah pisang ukurang sedang
    Snack : 1 apel kecil, diiris.
    Rekomendasi minuman adalah minuman bebas kalori. Contohnya air putih. Minimal konsumsi air adalah 8 gelas perhari. Banyaknya air berfungsi sebagai sarana mengeluarkan garam-garam yang ada di dalam tubuh. Jadi saat Anda tengah melakukan diet yang berlangsung selama 13 hari tersebut, garam yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin dan juga feses. Konsumsi air yang ditingkatkan juga akan memabantu peningkatan proses metabolisme dalam tubuh.
    Selain penurunan berat badan, diet mayo juga memiliki tujuan supaya pelaku diet memiliki pengetahuan mengenai jenis dan porsi makanan atau minuman yang sehat serta pentingnya melakukan aktivitas fisik. Hal ini akan memberikan manfaat tidak hanya pencapaian berat badan ideal tapi juga manfaat kesehatan seperti penurunan risiko terjadinya penyakit jantung seperti artheroskleoris , hipertensi dan penyakit jantung koronerr dengan konsumsi lemak dan garam yang dibatasi, penyakit metabolik seperti diabetes melitus juga dapat dicegah dengan konsumi gula yang dikontrol.
    Resiko dehidrasi sering terjadi pada pelaku diet mayo. Hal ini karena konsumsi garam yang sedikit pada diet ini memungkinkan hilangnya air dari tubuh lebih cepat. Namun dehidrasi dapat dicegah dengan konsumsi air minimal 8 gelas perhari untuk memperkecil kejadian dehidrasi.Selain dehidrasi karena konsumsi garam yang sedikit. Konsumsi kalori yang sedikit ditakutkan memunculkan kejadian Yoyo sindrome. Dimana berat badan yang sudah turun dapat naik kembali dengan mudah. Hal ini dapat terjadi apabila kontrol makanan tidak diperhatikan lagi. Contohnya pelaku diet mayo sudah menjalankan program diet dengan baik selama 2 minggu namun setelah itu tidak mempertahakan pola makan yang sehat seperti mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dengan konsumsi sayur dan buah yang rendah dan aktivitas fisik yang rendah pula.
    Konsumsi buah dan sayur juga perlu diperhatikan terutama pada pasien diabetes mellitus. Rekomendasi konsumsi sayur yang lebih banyak daripada buah menjadi pilihan karena kadar gula dalam buah dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Pilihan jenis dan porsi buah perlu dihitung untuk mencegah hiperglikemik.
    Inti dari program diet mayo sebenarnya tidak jauh dari prinsip menu gizi yang seimbang.Oleh karena itu lebih baik menjalankan diet Mayo dibawah panduan ahli gizi agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.
    daftar pustaka :
    http://diet.mayoclinic.org/diet/how-it-works
    Majalah Anak Gizi Universitas Indonesia MAGI edisi 4 tahun 2015
    http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/mayo-clinic-diet/art-20045460?pg=2
    Artikel ini ditulis oleh Sarah Kalis Salita – 41150006

    Like

  5. Artikel diet vegetarian kaya pati menurut Alvin Kurniawan
    Apakah anda pernah mendengar diet vegetarian? Mungkin ada banyak di antara anda pernah mendengar atau sekarang sedang menerapkan diet vegetarian? Diet vegetarian secara umum dikenal terdiri dari banyak konsumsi sayur serta tidak memakan produk hewani berupa daging, telur, dan produk lemak. Kebanyakan orang melakukan diet vegan karena alasan kepercayaan etis, lingkungan, maupun karena alasan kesehatan.
    Diet makanan vegetarian merupakan salah satu bentuk konkrit dari gaya hidup veganisme. Gaya hidup veganisme adalah sebuah gaya hidup yang meminimalisir semua bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap binatang dalam bentuk penggunaan makanan, baju, maupun produk fisik lainnya. Diet vegan termasuk wujud konkrit veganisme dalam bidang makanan.
    Berdasarkan komposisi utama penyusun, diet vegan dapat dibagi menjadi beberapa variasi berupa diet vegan makanan utuh, diet vegan makanan mentah, diet 80/10/10, diet kaya pati, diet makanan mentah hingga jam 4, dan diet vegan makanan cepat saji. Artikel ini lebih membahas tentang diet kaya pati. Diet vegan makanan utuh memfokuskan konsumsi berbagai jenis makanan mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, legume, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet vegan makanan mentah menitikberatkan banyak konsumsi buah-buahan, sayuran, kacang, biji, atau makanan proses yang dimasak dengan suhu dibawah 48°C. Diet vegan 80/10/10 tersusun dari diet yang tersusun dari buah-buahan dan sayuran hijau serta membatasi konsumsi tamanan kaya lemak seperti alpukat dan kacang. Diet vegan higga jam 4 menjelaskan konsumsi makanan mentah yang dikonsumsi hingga jam 4 sore.
    Diet kaya pati atau The Starch Solution adalah sebuah jenis diet vegan yang dicetuskan oleh Dr. John McDougall. Diet kaya pati menekankan konsumsi makanan yang banyak mengandung senyawa pati seperti kentang, nasi, maupun jagung. Beliau menyatakan bahwa pola diet terbaik bagi manusia adalah diet berdasarkan asupan pati. Dr. McDougall mengutip dari berbagai hasil penelitian yang menyatakan bahwa bentuk tubuh morfologis manusia dan fungsi-fungsi fisiologis organ-organ percernaan manusia didesain untuk makan makanan tumbuhan. Dr. McDougall menjelawkan lebih lanjut organ kelenjar air litu/ saliva memproduksi enzim-enzim pencerna senyawa pati 8 kali lebih banyak dibandingkan spesies primata lain sehingga makanan mengandung pati lebih mudah dicerna oleh manusia.
    Dr. McDougall merekomendasikan pilihan jenis makanan untuk diet kaya pati tersusun dari 70% makanan mengandung pati (missal:nasi,dll), 10% buah-buahan, dan 20% sayuran. Senyawa pati mengandung sedikit kandungan lemak sehingga pati tidak menimbulkan penambahan berat badan. Kemudian senyawa pati mampu merangsang sensasi kerja indera pengecapan rasa manis di permukaan lidah sehingga menimbulkan perasaan kenyang dan nyaman untuk jangka waktu lama. Senyawa pati juga mengandung berbagai protein. Asam lemak esensial, mineral, dan vitamin.
    Pilihan makanan mengandung pati yang direkomendasikan bisa beragam mulai dari produk gandum utuh, pasta, beras cokelat, oat, jagung, kacang-kacangan, kentang, labu, sayuran hijau, buah, tofu, kacang kedelai, saus kedelai, dan rempah-rempahan. Jenis makanan yang harus dihindari pada diet kaya pati adalah semua jenis daging hewan (daging sapi,ikan, ayam, dll), produk turunan hewani (telur, lemak, gajih, mentega), semua minyak sayur kecuali minyak zaitun, dan semua produk makanan diproses. Semua produk larangan sebaiknya tidak anda konsumsi seumur hidup tetapi ada toleransi untuk makan produk yang ilarang sebanyak 1-2 kali tiap tahun. Jika anda mengonsumsi lebih dari angka tersebut, Dr. McDougall menyatakan akan sulit seseorang untuk kembali menjalani diet kaya pati.
    Jenis makanan yang harus dibatasi terdiri mulai dari buah alpukat, buah kering, jus buah, kacang-kacangan , biji-bijian, dan gula pemanis. Semua produk tersebut hanya boleh ditambahkan ke dalam menu diet dalam buah sedikit. Untuk program penurunan berat badan, dianjurkan anda tidak mengonsumsi jenis makanan tersebut.
    Untuk menunjang program diet kaya pati, kegiatan olahraga sangat dianjurkan anda lakukan secara berkala. Kegiatan olahraga mampu membantu proses pembakaran kalori dan mengurangi timbulnya rasa lapar.Program Diet kaya pati tidak menganjurkan jenis olahraga tertentu.
    Diet kaya pati memiliki keuntungan mulai dari adanya hasil riset menunjang proses menyusun diet kaya pati, mengurangi risiko kondisi diateses dan penyakit jantung, rasa manis senyawa pati disukai banyak orang, tidak membutuhkan perhitungan jumlah kalori ataupun jumlah konsumsi, adanya sebuah contoh program makanan selama 7 hari, dan adanya contoh testimony pasien berhasil sembuh dari penyakit setelah menjalani program diet kaya pati.
    Sementara di sisi lain diet kaya pati bisa sulit diterapkan bagi beberapa orang karena diet kaya pati sangat melarang konsumsi semua produk hewani dan turunannya seperti daging, telur, gajih, lemak, dan semua jenis makanan terproses pabrik dan diet makanan pati memerlukan lebih banyak waktu untuk menyiapkan makanan. Peningkatan jumlah serat yang terkandung bersama pati bisa menimbulkan gangguan pencernaan seperti rasa tidak nyaman serelah makan. Diet kaya pati yang menekankan banyak konsumsi makanan berpati bisa menimbulkan ketidakseimbangan nutrisi tubuh tertentu berupa kondisi kekurangan senyawa zinc, selenium, dan vitamin B12. Pada normalnya, senyawa tersebut bisa diperoleh melalui konsumsi buah dan sayur. Pemberian suplemen tambahan zinc, selenium, dan vitamin B12 bisa ditambahkan ke dalam diet. Hambatan lain terjadi pada semua vegan yang menghadiri acara-acara publik karena pada kesempatan tertentu tidak ada jenis makanan vegetarian yang disediakan.
    Diet kaya pati menitikberatkan konsumsi makanan kaya pati dalam dietnya. Peningkatan konsumsi senyawa pati memiliki banyak keuntungan namun, meningkatnya jumlah konsumsi pati akan berdampak menujunkan jumah asupan nutrisi lain berupa vitamin dan mineral. Setelah membaca artikel ini anda sendiri yang memutuskan apakah diet kaya pati cocok bagi diri anda atau tidak. Selamat mencoba!

    Informasi lebih lengkap mengenai artikel ini bisa anda temukan pada:
    Alina Petre, MS, RD. 2015. The Vegan Diet A Complete Guide. Authority Mutrition Evedence Based. Medline melalui link http://www.healthline.com/nutrition/vegan-diet-guide yang diakses pada Rabu, 6 September 2017 pukul 23:00.
    Mizpah Matus B.Hlth.Sc(Hons). 2017. The Starch Solution: Eat Carbs and Lose Weight. Diakses melalui link https://www.everydiet.org/diet/starch-solution yang diakses pada Kamis, 7 September 2017 pukul 08:00.

    Artikel ini ditulis oleh Alvin Kurnaiwan – 41150004

    Like

  6. DIET AIR PUTIH : BERMANFAAT / BERBAHAYA?
    Di zaman yang semakin maju dan modern ini, hampir semua makanan dibuat matang secepat mungkin dengan menggunakan minyak panas yang mengandung banyak sekali lemah jenuh yang bertujuan untuk menghemat waktu dan menghemat tenaga. Saat ini sudah banyak sekali restaurant cepat saji yang beredar di setiap kota-kota besar bahkan sampai ke kota-kota kecil di seluruh dunia. Bayangkan saat ini berarti ratusan juta manusia di muka bumi ini memiliki kebiasaan untuk makan makanan yang cepat saji. Tak heran, saat ini banyak sekali manusia yang memiliki masalah dengan berat badan khususnya kegemukan dan obesitas. Tingginya kadar lemak jahat dan kolesterol di dalam darah memicu banyak sekali masalah kesehatan seperti sindroma metabolik, diabetes, stroke, gangguan aliran darah perifer, gangguan jantung dan lain-lain. Selain itu, tentu saja perawakan yang terlihat gemuk membuat kesan estetika yang kurang baik, sehingga dewasa ini banyak sekali orang-orang suka saling mengejek dan membully dengan bullyan yang mengena ke fisik seseorang. Hal ini membuat motivasi tersendiri bagi orang-orang yang menganggap dirinya gemuk ataupun memang sudah tergolong kegemukan atau obesitas. Orang-orang ingin segera menurunkan berat badannya dengan cepat tanpa perlu menggunakan aktivitas fisik yang berat dan melelahkan. Sangat menyenangkan apabila memiliki tubuh proporsional seperti yang diidam-idamkan semua orang. Sering kali banyak orang khususnya perempuan yang mengeluh tentang berat badannya. Apalagi setelah mengetahui jarum pada timbangan bergerak kearah kanan walaupun hanya naik sekitar 1-3kg. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan seperti dengan cara diet, olahraga, mengatur pola makan dan cara lainnya.
    Dewasa ini, banyak sekali program penurunan berat badan yang popular dan sudah dibuktikan oleh banyak orang contohnya adalah diet mayo, diet karbo, diet OCD, dan diet air putih. Kali ini mungkin akan dibahas bagaimana cara diet air putih yang benar dan akan dibahas apa saja manfaat serta efek samping dari diet air putih.
    Cara Diet dengan air putih tanpa olahraga memang menjadi pilihan paling menggiurkan bagi siapa saja yang malas melakukan aktivitas fisik yang berat dan melelahkan. Diet dengan air putih memang sangat baik. Diet dengan air putih berarti orang tersebut diharuskan banyak mengkonsumsi air putih setiap harinya. Dengan demikian semakin banyak mineral yang masuk kedalam tubuh kita dan semakin banyak pula kalori yang terbakar. Dengan menambah volume air yang kita minum setiap harinya, ini akan sangat efektif terhadap penurunan berat badan. Oleh karena diet ini menganjurkan untuk minum air putih yang banyak, maka lambung akan terisi penuh oleh air yang akan membuat nafsu makan menurun. Jadi, oleh karena nafsu makan yang menurun, seseorang dapat mengurangi mengkonsumsi makanan yang manis-manis atau yang banyak mengandung karbohidrat. Dengan kebiasaan baru ini, maka terjadi pengurangan kalori yang cukup banyak di dalam tubuh. Hal ini terjadi karena air yang mengisi penuh lambung akan mempengaruhi pusat lapar di otak. Otak akan menganggap lambung sudah terisi penuh oleh makanan dan memberikan sinyal kepada tubuh untuk menghentikan rasa lapar.
    Selain bermanfaat untuk menekan pusat lapar di tubuh, Air putih juga mengandung banyak ion positif bagi tubuh. Hal itu tentu saja berguna untuk mencegah dehidrasi jaringan tubuh. Selain itu, manfaat lain dari air putih adalah membuat kulit lebih berkilau dan tidak kusam, menjaga kinerja organ ginjal, menjaga keseimbangan cairan dalam sel tubuh, meningkatkan fungsi otak, mencegah penyakit gangguan pencernaan yaitu sembelit karena air putih meningkatkan kualitas kerja usus-usus pencernaan., mencegah penuaan dini, membantu menurunkan kadar racun dalam tubuh melalui ekskresi melewati air seni yang dikeluarkan, meningkatkan kualitas sistem peredaran darah khususnya keosmolaritasan pembuluh darah, mengobati sakit kepala, menjaga kelembapan kulit tubuh, mengurangi stress dan menenangkan saraf, serta meengatur suhu di dalam tubuh.
    Cara diet dengan air putih tergolong cukup mudah. Ada beberapa cara yang dipakai dalam diet dengan air putih ini. Contohnya adalah dengan meminum air putih sebanyak 2 gelas per 30 menit. Dengan menggunakan cara ini kita akan sering minum air putih dan bahkan akan sering untuk buang air kecil kekamar mandi. Ini juga dapat membantu kinerja dari ginjal sehingga kesehatan ginjal terjaga. Kegiatan meminum air putih 2 gelas per 30 menit ini dilakukan harus secara rutin. Karena anda akan merasakan tubuh anda terasa lebih ringan, lebih segar dan bugar. Selain rekomendasi minum setiap 30 menit sekali, diet air putih yang benar adalah minum air sebelum makan. Tadi sudah dijelaskan alasan harus minum air putih minumal 1 gelas dulu sebelum makan, Karena dengan meminum 1 gelas sebelum makan dapat menekan pusat lapar dan akhirnya akan membantu mengurangi rasa lapar dan asupan yang masuk ke tubuh, jadi kita akan merasa segera kenyang walau hanya sedikit atau tidak sama sekali mengonsumsi karbohidrat (nasi). Dengan demikian kalori yang diserap tubuh semakin sedikit. Cara lain adalah minum 2 gelas air sesaat setelah bangun tidur. Saat bangun tidur pasti perut dalam keadaan kosong karena makanan yang dikonsumsi malam tadi sudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Selain makanan tersebut telah dicerna ,tubuh juga kekurangan banyak cairan. Dengan begitu minum 2 gelas air putih setelah bangun tidur dipagi hari dapat menjadikan kita terasa kenyang. Selain itu juga dapat membersihkan usus sehingga melancarkan buang air besar dan mencegah dari sakit sembelit.
    Untuk jenis air putih yang dianjurkan, lebih baik menggunakan air putih dari sumur rumah sendiri yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dengan suhu yang cukup hangat supaya lambung tidak terkejut dan tetap rileks. Apabila lambung terkejut karena suhu yang masuk cukup dingin, maka lambung akan bekerja lebih giat agar menstabilkan suhu yang ada di lambung, tentu saja hal ini tidak boleh terjadi apabila ingin menjaga nafsu makan dan menekan pusat lapar di otak. Selain suhu, jumlah air putih yang dikonsumsi perhari sebaiknya sebanyak 4 liter per hari supaya kebutuhan cairan dan elektrolit di tubuh tetap seimbang dan mencegah adanya dehidrasi.
    Begitu banyak manfaat dari diet air putih sehingga banyak orang yang melupakan efek sampingnya. Efek samping dari diet air putih yang berlebihan adalah Hiponatraemia, hyponatremia adalah kondisi tidak normal pada tubuh dimana darah kekurangan zat natrium ( kadar garam). Natrium merupakan zat yang digunakan untuk menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Bila kelebihan mengkonsumsi air akan menjadikan osmolaritas bergerak dari darah ke sel. Hal ini membuat banyak natrium keluar dari pembuluh darah menuju ke jaringan-jaringan dan sel-sel tubuh. Hal ini mengakibatkan kurangnya natrium untuk menjaga kadar garam di dalam darah, akibatnya volume darah menurun sehingga tekanan darah pun ikut turun , akan tetapi denyut jantung meningkat.
    Secara normal kadar natrium yang dibutuhkan didalam tubuh yaitu 135-145 mil mol/liter. Namun pada kondisi hiponatraemia konsentrasi natrium kurang dari 135 mil mol/liter. Akibatnya kadar cairan didalam tubuh meningkat dan terjadi pembengkakan sel. Selain itu banyak cairan yang perlu diekskresikan oleh ginjal, karena terlalu banyak, kerja ginjal menjadi over yang akan mengganggu fungsi ginjal selanjutnya.
    Setelah mengetahui manfaat dan efek samping dari diet air putih ini, kita dituntut untuk bijaksana dalam mengambil keputusan. Agar efek samping dari diet air putih ini tidak dirasakan, maka perlu makanan penyeimbang yaitu makanan yang banyak mengandung vitamin dan serat yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu dianjurkan juga untuk tetap melakukan aktivitas fisik dengan intensitas yang ringan sampai sedang. Dengan begitu, penurunan berat badan akan cepat dirasakan dan efek samping yang dirasakan semakin minim.

    Daftar Pustaka

    Dietsehat. 2017. 12 Cara Diet Dengan Air Putih Saja Tanpa Olahraga Dengan Cepat (#Super Ampuh). Diperoleh pada tanggal 7 September 2017 dari http://dietsehat.co.id/cara-diet-dengan-air-putih.

    Dietsehat. 2017. 11 Bahaya Diet Air Putih Secara Berlebihan dan Wajib Untuk Dihindari. Diperoleh pada tanggal 7 September 2017 dari http://dietsehat.co.id/cara-diet-dengan-air-putih.

    Artikel ini ditulis oleh Pradipta Putramachristy Bararinda – 41150005

    Like

  7. Beberapa makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat akan membuat kamu gemuk meskipun sudah berolahraga dengan teratur. Ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, tubuhmu akan langsung menggunakannya sebagai energi daripada cadangan lemak dalam tubuhmu dan sisa karbohidrat yang tidak di pakai akan di simpan dalam tubuh. Tetapi, jika kamu mengonsumsi sedikit karbohidrat maka tubuhmu akan mulai memakai cadangan lemak untuk membentuk energi dan bergantung pada lemak sebagai bahan bakar utama tubuh. Pada zaman sekarang, banyak sekali orang yang ingin menurunkan berat bada agar tubuhnya terlihat indah. Strategi dalam mengontrol berat badan biasanya menyarankan program diet. Tetapi, umumnya kebanyakan orang menginginkan diet yang bisa menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi porsi makan. Berbagai diet populer berkembang pesat di seluruh dunia tapi masih menimbulkan pro-kontra apakah diet tersebut dapat menurunkan berat badan secara efektif atau tidak sama sekali. Diantara nama diet-diet populer terkenal, salah satunya ada diet Atkins.
    Diet Atkins merupakan diet rendah karbohidrat dimana berat badanmu dapat turun meski mengonsumsi berbagai jenis makanan berprotein dan berlemak dalam jumlah yang banyak, selama kamu membatasi/menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Kamu tidak akan pernah merasa lapar sedikitpun karena jeda waktu makannya hanya 2-3 jam saja. Pada diet Atkins, tubuh akan cenderung lebih menggunakan lemak daripada karbohidrat, lebih banyak energi yang dihasilkan dan keinginan untuk mengonsumsi gula dan karbohidrat akan berkurang. Pada diet ini terdapat 2 jenis program, yaitu diet Atkins 20 dan diet Atkins 40. Diet Atkins 20 adalah diet klasik Atkins bagi orang yang ingin menurunkan berat badan lebih dari 40 pound, mempunyai lingkar pinggang 35”(wanita) atau 40” (pria), diabetik dan prediabetes. Sedangkan diet Atkins 40 adalah diet untuk orang yang ingin menurunkan berat badan kurang dari 40 pund. Program diet Atkins 40 direkomendasikan untuk orang hamil atau menyusui. Pada program diet Atkins 40 ini, kamu dapat mengonsumsi segala jenis maknan mulai dari karbohidrat, protein dan lemak selama masih menurunkan berat badan. Untuk memulai program diet Atkins 20 , kita harus mengikuti tahapan-tahapan yang sudah diatur.
    Tahap 1, pada tahap ini hanya diperbolehkan mengonsumsi 20 gram karbohidrat Net untuk semua jenis protein, lemak sehat dan karbohidrat yang kaya akan serat seperti sayuran hijau dan brokoli. Selain itu, kamu masih bisa mengonsumsi produk dari Atkins, yaitu Atkins Bars, Shakes dan makanan beku selama membatasi jumlah asupan karbohidrat. Metabolismemu pada tahap ini akan mulai membakar lemak dan berat badan mulai turun. Kamu bisa menetap pada tahap ini selama yang kamu inginkan tapi direkomendasikan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya untuk melihat keseimbangan karbohidrat dalam tubuh. Makanan yang di konsumsi pada tahap ini, yaitu :
    Sayuran dasar : sayuran berdaun hijau dan sayuran non-pati lainnya dengan asupan karbohidrat 12 – 15 gram Net.
    Sumber protein : 4 – 6 ons protein dari ayam, daging sapi, ikan, kerang, babi, domba, daging sapi muda telur, tofu, dan produk kedelai lainnya.
    Lemak alami : menambah selera dan rasa kenyang dengan minyak zaitun, minyak kanola, butter, alpukat, buah zaitun dan lemak alami lainnya.
    Vitamin dan mineral : konsumsi multivitamin / mineral dan suplemen harian omega-3.
    Selain itu, kamu masih bisa mengonsumsi makanan ini per harinya :
    Hingga 4 ons keju
    1 ons krim asam atau 1 ½ ons krim tidak manis
    Hingga 3 sendok makan jus lemon/lime
    Produk Atkins ( makanan, camilan dan treats )
    Hingga 3 bungkus pemanis tanpa kalori – di hitung setiap bungkus sebagai 1 gram Net karbohidrat
    Diet minuman yang memakai pemanis non-kalori
    Gelatin bebas gula
    Tahap 2, pada tahap ini akan ditambah beberapa sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, beri-berian dan sedikit buah yang mengandung gula rendah. Berdasarkan metabolismemu, kamu juga bisa mengonsumsi tumbuhan polong-polongan, seperti kacang polong dan miju-mijuan. Selain itu, jumlah Net karbohidratmu akan dinaikkan sebanyak 5 gram per minggu ( kira-kira berselang 1-2 minggu) selama berat badanmu masih turun dan tidak mengidam makan makanan berkarbohidrat tinggi. Jika berat badanmu sudah turun 10 pound, maka lanjut ke tahap 3. Makanan yang di konsumsi pada tahap ini, yaitu :
    Protein : jenis makanan sama dengan jenis makanan pada tahap 1
    Lemak alami : minyak zaitun, minyak kelapa, buah zaitun, butter dan lain-lain
    Menambah daftar sayuran : tambahkan kacang-kacangan, biji-bijian, buah beri dan produk harian lain, seperti soft cheese dan plain whole milk yogurt. Terakhir, tambahkan seporsi kecil tumbuhan polong-polongan jika kamu mampu.
    Alkohol : kamu bisa mengonsumsinya tetapi tubuhmu akan menghentikan pembakaran lemak tubuh beberapa saat dan menghambat penurunan berat badan karena alkohol lebih dulu digunakan sebagai bahan bakar tubuh.
    Tahap 3, tahap ini akan menambahkan jumlah Net karbohidrat sebanyak 10 gram per minggu. Pertama, tambahkan 10 gram karbohidrat dan pertahankan konsumsi karbohidrat pada level itu selama 2 minggu. Lalu, tambahkan lagi 10 gram tiap minggunya sampai mencapai target. Jika gagal, turunkan 10 gram karbohidrat. Apabila berat badan berhasil turun lagi, tetap pada level itu selama 2 minggu atau lebih dan coba tambahkan 5 gram karbohidrat. Makanan yang di konsumsi pada tahap ini, yaitu :
    Makanan yang enak dan mengandung protein yang sama dengan makanan pada tahap 1
    Makanan yang mengandung lemak sehat yang sama dengan makanan pada tahap 1 dimana ini aka menjadi kunci untuk mengontrol nafsu makan
    Variasi karbohidrat lebih banyak lagi, buah-buahan lebih bervariasi, sayuran berpati, seperti Winter Squash dan kentang manis, dan beberapa padi-padiaa, seperti nasi merah, oatmeal, dan quinoa.
    Tahap 4, tahap ini merupakan tahap “Rest of Your Life” dimana kamu memiliki hidup yang sehat dan aktif serta akan tetap langsing selama kamu melakukan tahap ini. Makanan yang di konsumsi pada tahap ini, yaitu :
    Tetap mengonsumsi makanan berprotein dengan jumlah yang tepat dari berbagai sumber. Jika metabolisme tubuhmu mampu mengontrolnya, bisa ditambahkan tumbuhan polong-polongan dan kacang polong.
    Tetap mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik
    Nikmati sekumpulan makanan utuh, seperti makanan yang mengandung karbohidrat yang susah dicerna tubuh, seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, beri-berian dan beberapa buah rendah gula serta porsi sedang sayuran berpati dan padi-padian.
    Tetap mengonsumsi suplemen multivitamin/mineral dan omega-3
    Hindari mengonsumsi makanan olahan dengan tepung putih dan padi-padian yang dimodifikasi, juga segala bentuk gula tambahan dan lemak trans buatan manusia.
    Pada program ini, harus menghindari pati dan gula-gula, termasuk roti, pasta, kentang, kripik, kue kering dan permen.
    Sedangkan program diet Atkins 40 tidak memiliki tahap-tahap seperti program diet Atkins 20 tapi hanya memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat program diet Atkins 40, yaitu :
    Setiap hari konsumsi 15 gram Net karbohidrat dari sayuran dasar ditambah 25 gram Net karbohidrat dari beberapa kombinasi makanan yang diperbolehkan ( jenis makanan yang terdapat pada program diet Atkins 20 )
    Konsumsi 4-6 ons protein tiap hari
    Konsumsi 2-4 porsi lemak sehat tiap hari ( tidak termauk lemak dari protein, seperti daging sapi, daging ayam, butter, minyak biji anggur, mayones, minyak wijen, dan lain-lain
    Minum 8-10 gelas air putih
    Konsumsi suplemen multivitamin/mineral dan kapsul minyak ikan tiap hari
    Batasi konsumsi alkohol pada minggu pertama dan kedua
    Pada program ini, kamu bisa mengonsumsi sayuran, pasta dan kentang namun dibatasi sebanyak 40 gram Net karbohidrat per hari. Namun, kamu bisa menambahkan jumlah karbohidrat, apabila :
    Selisih berat badanmu sekarang dengan berat badan idealmu sebanyak 10 pound. Kamu bisa menaikkan jumlah Net karbohdrat sebanyak 50 gram/hari
    Setelah itu, tiap minggu tambahkan 10 gram Net karbohidrat dan hentikan penambahan ketika sudah mencapai berat badan ideal.
    Jika berat badan mulai naik kembali, ulangi dari awal jumlah Net karbohidrat ( 40 gram Net karbohidrat). ( Atkins Nutritionals, Inc., 2015 ).
    Akan tetapi, diet Atkins termasuk dalam diet yang kurang sehat karena jumlah asupan karbohidrat pada diet ini sangat rendah. Padahal jumlah minimum asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh kita sebanyak 100 gram. Apabila, tubuh kita kekurangan asupan karbohidrat maka dapat menyebabkan tubuh kita mengalami defisiensi makronutrien khusunya karbohidrat ( Katsilambors, 2011 ). Selain itu, pengurangan asupan karbohidrat yang berlebihan akan mnimbulkan beberapa efek samping pada tubuh, seperti sakit kepala, pusing, kelemahan, kelelahan, diare, mual, konstipasi, insufisiensi serat dan juga memungkinkan menyebabkan ketosis. Ketosis dapat terjadi ketika tubuh kekurangan asupan glukosa untuk menghasilkan energi sehingga tubuh akan memecah lemak yang tersimpan dalam tubuh dan menyebabkan benda keton meningkat dalam tubuh. Efek samping dari ketosis dapat mengakibatkan mual, sakit kepala, kelelahan mental dan nafas bau (Pruthi, 2017).
    Studi dari David Geffen School of Medicine at UCLA juga menyatakan bahwa orang yang mengikuti program diet Atkins selama 8 minggu mengalami peningkatan kolesterol LDL dan penurunan kadar Trigliserida secara signifikan karena mengonsumsi daging dengan lemak tinggi tanpa batasan. Diet Atkins juga menimbulkan efek samping, yaitu aritmia jantung yang disebabkan karena influks asam lemak bebas, defisiensi mikronutrien dan fitokimia ditemukan dalam makanan yang mengandung karbohidrat, peningkatan BUN ( Blood Urea Nitrogen), penumpukan asam urat yang banyak pada ginjal disebabkan meningkatnya asupan protein, osteoporosis yang disebabkan metabolik asidosis dan batu ginjal (Christman,2002).
    Kita juga bisa melihat bahwa asupan sayur dan buah-buahan kurang karena sayur dan buah-buahan mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Padahal, sayur dan buah-buahan mengandung asupan gizi mikronutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita ( vitamin dan mineral ). Apabila, asupan mikronutrien tidak terpenuhi maka tubuh kita akan mengalami defisiensi mikronutrien yang mengakibatkan tubuh kita akan mudah terserang penyakit karena menurunnya sistem kekebalan tubuh kita. Memang pada diet Atkins sudah dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin/mineral. Namun, tetap saja suplemen masih belum bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh kita.

    SUMBER :
    Pruthi, Sandhya, M.D.,et al.2017. Atkins Diet: What’s behind the claims?.Mayoclinic, diakses dari HYPERLINK “http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/atkins-diet/art-20048485” http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/atkins-diet/art-20048485 pada tanggal 5 September 2017.
    Atkins Nutritionals, Inc.2015.Atkins Quick-Start Guide.Atkins Nutritionals, Inc., diakses dari HYPERLINK “http://files.atkins.com/1501_QuickStartGuide_Online.pdf&ved=0ahUKEwij4MvnxY3WAhVKjZQKHQxaDhyQFggcMMA&usg=AFQjCNHnKWjNqSF6lvOho0mkSr0hS5mWlQ” http://files.atkins.com/1501_QuickStartGuide_Online.pdf&ved=0ahUKEwij4MvnxY3WAhVKjZQKHQxaDhyQFggcMMA&usg=AFQjCNHnKWjNqSF6lvOho0mkSr0hS5mWlQ pada tanggal 5 September 2017.
    Christman, Grant.2002.The Atkins Diet: An Unresolved Debate.Los Angeles: David Geffen School of Medicine at UCLA.Journal issue:Nutrition Noteworthy, 5(1).Permalink : HYPERLINK “http://escholarship.org/uc/item/1bp7f2bp” http://escholarship.org/uc/item/1bp7f2bp
    Katsilambros, Nikolaos, et al.2011.Asuhan Gizi Klinik.Jakarta:EGC.

    ARTIKEL INI DITULIS OLEH FRANSISCA EVELYNA-41150008

    Like

  8. Waspada Pengaruh Diet Sangat Rendah Kalori

    Orang-orang yang obesitas memang diharuskan menjaga pola hidupnya, yaitu mengatur pola makan agar dapat menurunkan berat badannya. Ada beberapa metode diet yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan salah satunya diet sangat rendah kalori. Diet rendah kalori ini untuk beberapa orang adalah diet alternatif dengan periode singkat untuk menurunkan berat badan. Saat Anda menjalani diet sangat rendah kalori atau Very low calorie diet (VLCD) yaitu diet dengan pembatasan kalori yang ekstrim yaitu sejumlah 200-800 kal. Komposisi makronutrien dalam VLCD terdiri dari protein 0,8-1,5 gram/ kgBB/hari, karbohidrat 10–80 g/hari dan lemak 1–20 g/hari. Pemberian serat sejumlah 20 gram per hari perlu dipertimbangkan untuk memperbaiki pergerakan usus dan mengurangi rasa lapar. Pemberian VLCD juga harus memperhatikan kecukupan kebutuhan vitamin, mineral, dan elektrolit harian. Vitamin dan mineral diberikan sesuai recommended dietary allowance (RDA) dan elektrolit minimal 2 liter cairan non-kalori per hari.

    VLCD selama 12–16 minggu dapat menurunkan berat badan dengan cepat pada awal terapi tetapi berat badan dapat kembali selama ataupun setelah program diet. Penurunan berat badan awal sebesar 12-35 kg selama 8-16 minggu pada VLCD. Rata-rata penurunan berat badan sejumlah 6,9 kg dalam 30 hari pertama, 12,3 kg dalam 60 hari selanjutnya, dan 13,1 kg dalam 12 bulan selanjutnya. Jika dibandingkan dengan program diet lainnya yaitu low calorie diet (LCD), tiga penelitian randomized control trial (RCT) menunjukkan kelompok VLCD (240880 kal) selama 4-6 minggu menghasilkan penurunan berat badan 1,4–2,5 kg lebih besar dibandingkan kelompok LCD. Suatu penelitian membandingkan kelompok pasien obesitas yang diberi VLCD (500 kal), LCD (1200-1500 kal), dan restriksi asupan normal (1500-1800 kal). Setelah disesuaikan dengan berat badan, usia, jenis kelamin, dan faktor komorbid lainnya didapatkan penurunan berat badan di kelompok VLCD 2,8 kg lebih besar dibanding kelompok LCD, dan di kelompok LCD lebih besar 3,8 kg dibanding restriksi asupan normal.

    Pengurangan berat badan tersebut dapat memperbaiki kondisi medis terkait dengan berat badan, termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Tapi dalam jangka panjang, diet sangat rendah kalori tidak lebih efektif daripada diet yang lebih sederhana. Begitu Anda menjalani diet, Anda perlu mengubah gaya hidup Anda, melakukan aktivitas makan sehat dan aktivitas fisik reguler. Lalu amankah diet rendah kalori?. Diet sangat rendah kalori tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau menyusui, dan tidak sesuai untuk anak-anak atau remaja kecuali dalam program perawatan khusus. Diet sangat rendah kalori tidak baik untuk orang-orang berusia di atas 50 tahun, juga tergantung pada potensi kebutuhan obat untuk kondisi yang sudah ada sebelumnya, dan juga kemungkinan efek sampingnya. Pada orang dengan obesitas yang menggunakan diet rendah kalori untuk penurunan berat badan meningkatkan resiko terjadinya batu empedu.

    Obesitas ditandai dengan peningkatan massa lemak dan peningkatan sekresi kolesterol empedu. Sintesis kolesterol diperkirakan berhubungan dengan lemak tubuh. Sekitar 20 mg kolesterol disintesis setiap penambahan 1 kg lemak tubuh. Sekresi kolesterol yang berlebihan ini menyebabkan supersaturasi empedu. Selain itu, beberapa penelitian melaporkan meningkatnya gangguan motilitas kandung empedu pada obesitas dibandingkan orang kurus. Volume kandung empedu juga dilaporkan meningkat dan pengosongan kandung empedu setelah makan menurun pada obesitas dibandingkan kontrol. Hal ini akan mempercepat pembentukan batu empedu akibat endapan kolesterol yang mengalami kristalisasi di kandung empedu.
    Penurunan berat badan melalui diet rendah kalori atau very low calorie diet (VLCD) risiko terbentuknya batu dapat meningkat karena dua faktor yaitu penurunan waktu nukleasi dan penurunan pengosongan kandung empedu. Waktu nukleasi yang menurun meningkatkan kecenderungan kristalisasi kolesterol. Kristalisasi terkait dengan peningkatan konsentrasi glikoprotein pronukleasi dan konsentrasi musin dan kalsium. Pemendekan waktu nukleasi berhubungan dengan peningkatan konsentrasi asam arakidonat, prostaglandin E2, glikoprotein seperti musin. Penurunan pengosongan kandung empedu terkait dengan pembatasan asupan kalori khususnya lemak.

    Setelah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, terjadi pelepasan hormon kolesistokinin (CCK) dari sel intestinal. Hormon CCK menginduksi kontraksi kandung empedu. Asupan lemak yang sangat rendah di bawah 10 gram per hari pada VLCD tidak dapat menstimulasi pengeluaran CCK, ketiadaan sekresi CCK ini akan menurunkan kontraksi kandung empedu, memperbesar ukuran kandung empedu, dan meningkatkan kristalisasi kolesterol. Akibatnya, kandung empedu menjadi stasis sehingga kolesterol lumen empedu meningkat. Peningkatan konsentrasi kolesterol empedu akan meningkatkan produksi musin.
    Musin berperan terhadap pembentukan batu empedu dan merupakan faktor pronukleasi kuat yang mempercepat kristalisasi kolesterol. Musin yang berikatan baik dengan kolesterol, fosfolipid, maupun bilirubin menghasilkan komplek glikoprotein mukus dan kalsium bilirubinat tidak larut air, sehingga menyebabkan nukleasi kristal monohidrat kolesterol. Kristal ini merupakan matriks pembentukan batu empedu. Evolusi rangkaian pembentukan batu empedu dimulai dari akumulasi gel musin yang diikuti oleh tampaknya kristal liquid (LC) atau kristal kolesterol anhidrasi (Ach) kemudian menjadi kristal monohidrat kolesterol (ChM) kemudian menjadi kristal agromolasi kolesterol, batu pasir (SS) dan akhirnya menjadi batu empedu (GS).

    Penurunan pengosongan kandung empedu dilaporkan pada VLCD (~520 kkal/ hari). Sebuah penelitian membandingkan pemberian 520 kkal dengan kurang dari 2 gram lemak per hari dibandingkan dengan pemberian 900 kkal dengan 30 gram lemak per hari pada obesitas; pengosongan kandung empedu buruk hanya pada kelompok asupan lemak rendah. Batu empedu terbentuk pada 66,6% pasien yang diberi diet 520 kkal dan tidak ditemukan pada pasien yang diberi diet 900 kkal. Oleh karena itu, VLCD pada pasien obesitas harus lebih berhati-hati. Komposisi dan pemilihan jenis makro dan mikro nutrien yang tepat dapat mengurangi risiko batu empedu selama penurunan berat badan.

    Daftar Pustaka
    Wang HH, Portincasa P, Liu M, Tso P, Samuelson LC, Wang DQ. Effect of gallbladder hypomotility on cholesterol
    crystallization and growth in CCK-deficient mice. Biochimica et biophysica acta. 2010; 1801: 138-46.
    Hilna Khairunisa Shalihat; Pengaruh Very Low Calorie Diet (VLCD) terhadap Pembentukan Batu Empedu
    Kolesterol serta Pencegahannya. CDK-249/ vol. 44 no. 2 th. 2017
    National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases: “Very-Low-Calorie Diets.” (diakses pada
    tanggal 6 September, Pukul 21.53)

    Artikel ini ditulis oleh Martinus Bagas Hogantara Padmanaba- 41150007

    Like

  9. Ringkasan konteks, kebijakan : ” Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Kawasan Tanpa Rokok “

    Merokok sampai saat ini masih menjadi masalah nasional yang perlu secara terus menerus diupayakan penanggulangannya, karena menyangkut berbagai aspek permasalahan dalam kehidupan, yaitu aspek ekonomi, sosial, politik, utamanya aspek kesehatan.

    Dari aspek kesehatan, rokok mengandung 4000 zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan, seperti Nikotin yang bersifat adiktif dan Tar yang bersifat karsinogenik, bahkan juga Formalin. Ada 25 jenis penyakit yang ditimbulkan karena kebiasaan merokok seperti Emfisema, Kanker Paru, Bronkhitis Kronis dan Penyakit Paru lainnya. Dampak lain adalah terjadinya penyakit Jantung Koroner, peningkatan kolesterol darah, berat bayi lahir rendah (BBLR) pada bayi ibu perokok, keguguran dan bayi lahir mati.

    Pada tahun 2007, Indonesia menduduki peringkat ke-5 konsumen rokok terbesar setelah China, Amerika Serikat, Rusia dan Jepang. Pada tahun yang sama, Riset Kesehatan Dasar menyebutkan bahwa penduduk berumur di atas 10 tahun yang merokok sebesar 29,2% dan angka tersebut meningkat sebesar 34,7% pada tahun 2010 untuk kelompok umur di atas 15 tahun. Peningkatan prevalensi perokok terjadi pada kelompok umur 15-24 tahun, dari 17,3% (2007) menjadi 18,6% atau naik hampir 10% dalam kurun waktu 3 tahun. Peningkatan juga terjadi pada kelompok umur produktif, yaitu 25-34 tahun dari 29,0% (2007) menjadi 31,1% (2010).

    Rendahnya kesadaran masyarakat tentang bahaya merokok pun menjadi alasan sulitnya penetapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), yang ditunjukkan dengan mulai merokok pada kelompok usia 5-9 tahun. Konsumsi rokok paling rendah terjadi pada kelompok umur 15-24 tahun dan kelompok umur 75 tahun ke atas. Hal ini berarti kebanyakan perokok adalah generasi muda atau usia produktif. Selanjutnya, pada daerah pedesaan, jumlah batang rokok yang dikonsumsi lebih banyak dibanding daerah perkotaan. Pengendalian para perokok yang menghasilkan asap rokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan perokok aktif maupun perokok pasif merupakan salah satu solusi menghirup udara bersih tanpa paparan asap rokok atau biasa disebut penetapan Kawasan Tanpa Rokok.

    WHO memperkirakan bahwa pada tahun 2030, dari 70% kematian yang disebabkan oleh rokok akan terjadi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, Riset Kesehatan Dasar 2010 menyebutkan prevalensi perokok saat ini sebesar 34,7%; artinya lebih dari sepertiga penduduk merupakan perokok. Untuk itu, pengembangan Kawasan Tanpa Rokok sangatlah tepat untuk menjadi solusi permasalahan rokok yang ada di Indonesia. Sehingga penerapan kawasan tanpa rokok ini didukung oleh gubernur Sulawesi Selatan dengan membuat peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok.

    Dari pengertiannya Kawasan Tanpa Rokok (KTR) adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan produk tembakau. Tempat khusus untuk merokok adalah ruangan yang diperuntukkan khusus untuk kegiatan merokok yang berada di dalam KTR.
    Tujuan diberlakukannya kawasan tanpa rokok adalah:
    • Menciptakan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat.

    • Melindungi kesehatan perseorangan, keluarga, masyarakat, dan lingkungan dari bahan yang mengandung karsinogen dan zat adiktif dalam produk tembakau yang dapat menyebabkan penyakit, kematian dan menurunkan kualitas hidup.

    • Melindungi setiap orang dari dorongan lingkungan dan pengaruh iklan dan promosi untuk inisiasi penggunaan dan ketergantungan terhadap bahan yang mengandung zat adiktif berupa tembakau.

    • Meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya merokok dan manfaat hidup tanpa merokok.

    • Melindungi kesehatan masyarakat dari asap rokok orang lain.

    Kawasan Tanpa Rokok yang dimaksudkan meliputi:
    • Fasilitas pelayanan kesehatan adalah suatu alat dan/atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat.

    • Tempat proses belajar mengajar adalah sarana yang digunakan untuk kegiatan belajar, mengajar, pendidikan dan/atau pelatihan.

    • Tempat anak bermain adalah area, baik tertutup maupun terbuka, yang digunakan untuk kegiatan bermain anak-anak.

    • Tempat ibadah adalah bangunan atau ruang tertutup yang memiliki ciriciri tertentu yang khusus dipergunakan untuk beribadah bagi para pemeluk masing-masing agama secara permanen, tidak termasuk tempat ibadah keluarga.

    • Angkutan umum adalah alat angkutan bagi masyarakat yang dapat berupa kendaraan darat, air dan udara biasanya dengan kompensasi.

    • Tempat kerja adalah ruang atau lapangan tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap dimana tenaga kerja bekerja, atau yang dimasuki tenaga kerja untuk keperluan suatu usaha dan dimana terdapat sumber atau sumber-sumber bahaya.

    • Tempat umum adalah semua tempat tertutup yang dapat diakses oleh masyarakat umum dan/atau tempat yang dapat dimanfaatkan bersama-sama untuk kegiatan masyarakat yang dikelola oleh pemerintah, swasta dan masyarakat.

    • Tempat lain yang ditetapkan adalah tempat terbuka yang dimanfaatkan bersama-sama untuk kegiatan masyarakat.

    Sumber: http://www.depkes.go.id/resources/download/promosi-kesehatan/pedoman-ktr.pdf

    Violensia Chrisianti
    42160015

    Like

  10. Ringkasan konteks kebijakan PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2015 TENTANG KETAHANAN PANGAN DAN GIZI bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 28 ayat (4), Pasal 43, Pasal 45 ayat(3), Pasal 48 ayat (2), Pasal 52 ayat (2), Pasal 54 ayat (3), Pasal 112, Pasal 116, dan Pasal 131 ayat (2) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Ketahanan Pangan dan Gizi
    Ruang lingkup Peraturan Pemerintah ini meliputi:
    a. Cadangan Pangan Pemerintah dan cadangan Pangan Pemerintah Daerah;
    b. Penganekaragaman Pangan dan perbaikan Gizi masyarakat;
    c. kesiapsiagaan Krisis Pangan dan penanggulangan Krisis Pangan;
    d. Distribusi Pangan, perdagangan Pangan, dan bantuan Pangan;
    e. pengawasan;
    f. Sistem Informasi Pangan dan Gizi; dan
    g. peran serta masyarakat

    Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan penyelenggaraan Pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutan berdasarkan kedaulatan Pangan, kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan. Sistem Ketahanan Pangan meliputi tiga subsistem, yaitu:
    a. Ketersediaan Pangan dengan sumber utama penyediaan dari produksi dalam negeri dan cadangan Pangan;
    b. keterjangkauan Pangan oleh seluruh masyarakat, baik secara fisik maupun ekonomi; dan
    c. pemanfaatan Pangan untuk meningkatkan kualitas konsumsi Pangan dan Gizi, termasuk pengembangan keamanan Pangan.

    Dengan mengacu pada sistem Ketahanan Pangan tersebut, penyelenggaraan Pangan ditujukan untuk dapat memenuhi kebutuhan Pangan bagi negara sampai dengan perseorangan yang tercermin dari tersedianya Pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, terjangkau, dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat. Pada akhirnya akan dapat dibangun sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan, yang mempunyai kapasitas prima berkiprah dalam persaingan global

    Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan perlunya pengaturan lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah untuk beberapa hal penting, diantaranya Cadangan Pangan Pemerintah dan cadangan Pangan Pemerintah Daerah, Penganekaragaman Pangan dan perbaikan Gizi masyarakat, kesiapsiagaan Krisis Pangan dan penanggulangan Krisis Pangan, Distribusi Pangan, Perdagangan Pangan, dan bantuan Pangan, pengawasan, Sistem Informasi Pangan dan Gizi, dan peran serta masyarakat.
    Cadangan Pangan Nasional merupakan salah satu komponen penting dalam penyediaan Pangan. Cadangan Pangan Nasional terdiri atas Cadangan Pangan Pemerintah, Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi, Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten/Kota, Cadangan Pangan Pemerintah Desa,dan cadangan Pangan masyarakat. Pengadaan, pengelolaan, dan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah sebagai salah satu upaya penting untuk mewujudkan keterjangkauan Pangan baik dari aspek fisik maupun ekonomi. Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah dilakukan untuk menanggulangi kekurangan Pangan, gejolak harga Pangan, bencana alam, bencana sosial, dan/atau keadaan darurat.
    Jenis Pangan Pokok Tertentu ditetapkan oleh Presiden sebagai Cadangan Pangan Pemerintah, sementara itu Cadangan Pangan Pemerintah Daerah berupa Pangan Pokok Tertentu sesuai dengan kebutuhan konsumsi masyarakat dan potensi sumber daya setempat. Badan Usaha Milik Negara di bidang Pangan dapat ditugaskan untuk melaksanakan pengadaan, pengelolaan, dan penyaluran Cadangan Pangan.
    Untuk di daerah, satuan perangkat kerja daerah dapat bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara dan/atau badan usaha milik daerah di bidang Pangan. Penganekaragaman Pangan merupakan upaya meningkatkan Ketersediaan Pangan yang beragam dan berbasis potensi sumber daya lokal untuk:
    a. memenuhi pola konsumsi Pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman;
    b. mengembangkan usaha Pangan; dan/atau
    c. meningkatkan kesejahteraan masyarakat
    Penganekaragaman Pangan dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, perguruan tinggi, dan/atau Pelaku Usaha Pangan Lokal setempat.
    Penganekaragaman Pangan dilakukan melalui penetapan kaidah Penganekaragaman Pangan, pengoptimalan Pangan Lokal, pengembangan teknologi dan sistem insentif bagi usaha pengolahan Pangan Lokal, pengenalan jenis Pangan baru termasuk Pangan Lokal yang belum dimanfaatkan, pengembangan diversifikasi usaha tani dan perikanan, peningkatan ketersediaan dan akses benih dan bibit, tanaman, ternak, dan ikan, pengoptimalan pemanfaatan lahan termasuk pekarangan, penguatan usaha mikro, kecil,dan menengah di bidang Pangan, dan pengembangan industri Pangan berbasis Pangan Lokal.
    Dalam mewujudkan konsumsi Pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman, Pemerintah mengupayakan terwujudnya perbaikan Status Gizi masyarakat. Dalam hal terjadi kekurangan atau penurunan Status Gizi masyarakat, Pemerintah menetapkan kebijakan untuk perbaikan atau pengayaan Gizi Pangan tertentu yang diedarkan.
    Penentuan jenis Pangan yang akan diperkaya nutrisinya dilakukan berdasarkan kajian. Pemerintah dan Pemerintah Daerah berkewajiban melakukan penanggulangan Krisis Pangan. Penanggulangan Krisis Pangan tersebut meliputi kegiatan pengadaan, pengelolaan, dan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah dan cadangan Pangan Pemerintah Daerah, mobilisasi cadangan Pangan masyarakat, menggerakkan partisipasi masyarakat, dan/atau menerapkan teknologi untuk mengatasi Krisis Pangan dan pencemaran lingkungan.
    Keterjangkauan Pangan antara lain ditentukan oleh kinerja Distribusi Pangan, perdagangan Pangan, dan bantuan Pangan. Distribusi Pangan dilakukan melalui pengembangan sistem Distribusi Pangan yang menjangkau seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia secara efektif dan efisien, pengelolaan sistem Distribusi Pangan yang dapat meningkatkan keterjangkauan Pangan, mempertahankan keamanan, mutu, Gizi, dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, dan perwujudan kelancaran dan keamanan Distribusi Pangan. Untuk stabilisasi pasokan dan harga Pangan Pokok, manajemen cadangan Pangan, dan menciptakan iklim usaha Pangan yang sehat diperlukan kelancaran distribusi dan perdagangan Pangan Pokok di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan acuan tentang mekanisme, tata cara, dan jumlah maksimal penyimpanan Pangan Pokok
    oleh Pelaku Usaha Pangan. Dalam pengaturan ini, Pelaku Usaha Pangan dilarang menimbun atau menyimpan Pangan Pokok melebihi jumlah maksimal dan waktu tertentu. Sementara itu, bantuan Pangan diberikan kepada masyarakat miskin dan masyarakat rawan Pangan dan Gizi

    Untuk mendukung perencanaan, pemantuan dan evaluasi, stabilisasi pasokan dan harga Pangan, dan pengembangan sistem peringatan dini terhadap masalah Pangan, serta kerawanan Pangan dan Gizi perlu dibangun Sistem Informasi Pangan dan Gizi yang terintegrasi. Sistem informasi ini harus dapat disampaikan kepada pengguna secara cepat, tepat, dan akurat. Dalam mewujudkan Ketahanan Pangan dan Gizi, masyarakat memiliki kesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta bersama-sama dengan komponen pemangku kepentingan Ketahanan Pangan lainnya. Peran serta
    tersebut dilakukan antara lain dalam hal melaksanakan produksi,
    Distribusi Pangan dan perdagangan Pangan, menyelenggarakan cadangan Pangan, dan melakukan pencegahan dan penanggulangan masalah Pangan.

    Oviechristy K S
    42160020

    Like

  11. RINGKASAN KONTEKS KEBIJAKAN TENTANG PERATURAN KEPALA BADAN NARKOTIKA NASIONAL NOMOR 17 TAHUN 2016 TENTANG TATA CARA PENINGKATAN KEMAMPUAN LEMBAGA REHABILITASI MEDIS DAN LEMBAGA REHABILITASI SOSIAL BAGI PECANDU DAN KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA
    Rehabilitasi meliputi rangkaian layanan rehabilitasi medis, rehabilitasi sosial dan pascarehabilitasi
    Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.
    Rehabilitasi Medis adalah suatu proses kegiatan terapi secara terpadu untuk membebaskan Pecandu Narkotika dari ketergantungan Narkotika. Rehabilitasi meliputi rangkaian layanan rehabilitasi medis, rehabilitasi sosial dan pascarehabilitasi. M. Minn (Ahmad Tohamuslim, 1985:3), memberikan pengertian rehabilitasi medis sebagai berikut:
    “Rehabilitasi medis adalah lapangan specialisasi ilmu kedokteran baru, berhubungan dengan penanganan secara menyeluruh dari pasien yang mengalami gangguan fungsi/ cedera (impairment), kehilangan fungsi/cacat (disability), yang berasal dari susunan otot-tulang (musculos keletal), susunan otot syaraf (neuromuscular), serta gangguan mental, sosial dan kekaryaan yang menyertai kecacatan tersebut”.
    Ruang lingkupnya mencakup kegiatan pelayanan medis yang meliputi, pemeriksaan fisik, mengadakan diagnosa, pengobatan dan pencegahan, latihan penggunaan alat-alat bantu dan fungsi fisik.
    Tujuan dari rehabilitasi medis ini ada dua, yaitu:
    1. Jangka panjang, dimana pasien segera keluar dari tempat tidur dapat berjalan tanpa atau dengan alat paling tidak mampu memelihara diri sendiri.
    2. Jangka pendek, dimana pasien dapat hidup kembali ditengah masyarakat, paling tidak mampu memelihara diri sendiri, ideal dan dapat kembali kepada kegiatan kehidupan semula atau mendekati.
    Pelayanan Rehabilitasi Medik dilakukan dengan menjunjung filosofi-filosofi berikut:
    1. Rehabilitasi merupakan ‘jembatan’ yang menjangkau perbedaan antara kondisi tidak berguna-berguna, kehilangan harapan- berpengharapan (Rehabilitation is a bridge spanning the gap between uselessness-usefulness, hopelessness – hopefulness)
    2. Rehabilitasi tidak hanya memperpanjang usia tapi juga menambah makna/kualitas dalam hidup (rehabilitation is not only to add years to life but also add life to years).
    Rehabilitasi Sosial adalah suatu proses kegiatan pemulihan secara terpadu, baik fisik, mental maupun sosial, agar bekas (mantan) pecandu Narkotika dapat kembali melaksanakan fungsi sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Rehabilitasi Sosial (Social Rehabilitation). Rehabilitasi sosial merupakan bagian dari proses rehabilitasi penderita cacat yang berusaha untuk menghilangkan atau setidak-tidaknya mengurangi semaksimal mungkin pengaruh-pengaruh negatif yang disebabkan kecacatannya, sehingga penderita dapat aktif dalam kehidupan di masyarakat. Rehabilitasi sosial dimaksudkan dalam kaitannya dengan layanan kepada individu yang membutuhkan layanan khusus di bidang sosial, yaitu meningkatkan kemampuan bersosialisasi, mencegah agar kemampuan sosialnya tidak menurun atau lebih parah dari kondisi sosial sebelumnya.
    Adapun tujuan dari rehabilitasi sosial ini yaitu:
    1. Memulihkan kembali rasa harga diri, percaya diri, keasadaran serta tanggung jawab terhadap masa depan diri, keluarga maupun masyarakat, atau lingkungan sosialnya.
    2. Memulihkan kembali kemauan dan kemampuan untuk dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar.
    Untuk tercapainya tujuan tersebut, maka kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
    1. Pencegahan
    Mencegah timbulnya masalah sosial penyandang cacat, baik masalah dari penyandang cacat itu sendiri, maupun masalah yang datang dari lingkungannya.
    2. Tahap Rehabilitasi
    Rehabilitasi ini diberikan melalui bimbingan sosial dan pembinaan mental, maupun bimbingan keterampilan. Bimbingan diberikan secara individu maupun kelompok yang nantinya dapat menimbulkan kesadaran akan harga diri serta tanggung jawab sosial secara mentap. Bimbingan keterampilan diberikan agar individu mampu menyadari akan keteranpilan yang dimiliki. Serta bimbingan penyuluhan diberikan untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab sosial keluarga dan lingkungan sosial.
    3. Resosialisasi
    Kegiatan ini bertujuan menyiapkan penyandang cacat agar mampu berintegrasi dalam kehidupan masyarakat. Resosialisasi ini merupakan proses penyaluran dan usaha penempatan para penyandang cacat setelah mendapat bimbingan dan penyuluhan sesuai dengan situasi dan kondisi individu yang bersangkutan.
    4. Pembinaan Tindak Lanjut
    Tujuan dari pembinaan tidak lanjut ini adalah memelihara, menetapkan, dan memantapkan serta meningkatkan kemampuan sosial, ekonomi, dan mengembangkan rasa tanggung jawab dan kesadaran hidup bermasyarakat.
    Pascarehabilitasi adalah kegiatan pelayanan yang merupakan tahapan pembinaan lanjutan dalam bentuk pendampingan, peningkatan keterampilan, dan dukungan produktifitas yang diberikan kepada bekas (mantan) pecandu Narkotika setelah menjalani rehabilitasi medis dan/atau rehabilitasi sosial, agar mampu menjaga proses pemulihannya serta dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial secara mandiri.
    Pecandu Narkotika adalah orang yang menggunakan atau menyalahgunakan Narkotika dan dalam keadaan ketergantungan pada Narkotika, baik secara fisik maupun psikis.
    Korban Penyalahgunaan Narkotika adalah seseorang yang tidak sengaja menggunakan Narkotika karena dibujuk, diperdaya, ditipu, dipaksa, dan/atau diancam untuk menggunakan Narkotika.
    Maksud dan Tujuan Peraturan Kepala Badan ini adalah:
    1. maksud peraturan ini adalah memberikan pedoman bagi BNN, BNNP, dan BNNK/Kota dalam Peningkatan Kemampuan Lembaga Rehabilitasi Medis dan Lembaga Rehabilitasi Sosial bagi Pecandu dan Korban Penyalahgunaan Narkotika; dan
    2. tujuan peraturan ini adalah agar pelaksanaan Peningkatan Kemampuan Lembaga Rehabilitasi Medis dan Lembaga Rehabilitasi Sosial dapat diselenggarakan secara efektif dan efisien serta akuntabel.
    Strategi rehabilitasi ini dilakukan untuk mengobati para penyalahguna narkoba, dengan melakukan pengobatan secara medis, sosial dan spiritual serta upaya untuk mencegah menjalarnya penyakit HIV/AIDS karena pemakai jarum suntik oleh penyalahguna narkoba secara bergantian. Agar mereka yang sudah diberikan rehabiltasi tidak menjadi penyalahguna lagi, perlu dilakukan upaya pencegahan lebih lanjut. Penyalaguna narkoba merupakan bagian dari masyarakat yang harus ditolong dan diberikan kasih sayang dalam mempercepat proses penyembuhan. Perlu diberikan pengobatan dan rehabilitasi secara gratis kepada penyalahguna yang tidak mampu melalui subsidi pemerintah dan sumbangan para donatur, karena pengobatan dan rehabilitasi terhadap penyalahguna narkoba memerlukan waktu dan biaya yang cukup besar.
    Sumber :
    http://vhasande.blogspot.co.id/2014/03/jenis-pelayanan-rehabilitasi.html?m=1 , diakses pada tanggal 11 Maret 2018
    Adi Sujanto, Pencerahan Dibalik Penjara Dari Sangkar Menuju Manusia Mandiri, Teraju, Jakarta, 2008, hlm, 85
    Nama : Kadek Dewi Armitha Putri S
    NIM​: 42160024

    Like

  12. Ringkasan Konteks Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok.

    Rokok mengandung zat adiktif yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru, kanker mulut, impotensi, serta kelainan kehamilan dan janin. Asap rokok tidak hanya membahayakan perokok, tetapi juga orang lain yang berada di sekitar perokok (perokok pasif). Kesehatan merupakan hak asasi manusia setiap orang. Hak asasi masyarakat perokok maupun bukan perokok atas lingkungan hidup yang sehat, termasuk bersih dari cemaran dan risiko kesehatan dari asap rokok.
    FAKTOR SITUASIONAL
    Jumlah perokok di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) cenderung tinggi. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, menunjukan bahwa jumlah perokok harian di DIY berjumlah sebesar 21,2 persen. Lebih lanjut dari lima puluh persen perokok di DIY memulai merokok pada usia dibawah 20 tahun, bahkan ada yang di bawah 9 tahun, cukup ironi karena rokok sebenarnya tidak boleh dijual untuk usia di bawah 18 tahun. Riskesdas 2010 menyebutkan 18,6 persen merokok tiap hari, sedangkan 2013 menjadi 38,4 persen. pelaksana tugas Kabid Penanggulangan Penyakit dan Masalah Kesehatan (P2MK) Dinkes DIY, Inni Hikmatin mengatakan bahwa yang dapat dilakukan adalah pengaturan dan menghindari perokok pemula. Pengaruh terbesat tingginya jumlah perokok pemula adalah keluarga dan iklan rokok. Maka dari itu penetapan kawasan tanpa rokok termasuk didalamnya adalah larangan memproduksi, menjual, mengiklankan dan/atau mempromosikan produk tembakau.

    FAKTOR STRUCTURAL
    POLITIK : Kebijakan kawasan tanpa rokok harus dengan implementasi yang kuat. Implementasi yang kuat harus didukung oleh pemerintah dan juga masyarakat. Wakil Bupati Gunung Kidul Imawan Wahyudi mengatakan bahwa di daerahnya, proses kebijakan kawasan tanpa rokok relative cepat karena partisipasi masyarakat tinggi yaitu dengan adanya 101 pedukuhan yang berkomitmen menerapkan kawasan tanpa rokok didaerahnya. Reza Monica dan Argo Pambudi, M.si, Universitas Negeri Yogyakarta dalam penelitiannya mengenai Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok Di Kota Yogyakarta, menuliskan bahwa proses komunikasi kebijakan dilakukan dengan sosialisasi dengan mengadakan pertemuan baik dengan masyarakat maupun dengan badan atau usaha yang lokasi nya termasuk dalam kawasan tanpa rokok dan pemasangan tanda larangan merokok di kawasan tanpa rokok. Sosialisasi harus seluasluasnya, yaitu bukan hanya mengkomunikasikan apa isi kebijakan kawasan tanpa asap rokok, namun juga mensosialisasikan dampak buruk rokok bagi perokok pasif maupun perokok aktif.
    EKONOMI : Selain dampak kesehatan, asap rokok orang lain juga akan berdampak terhadap ekonomi individu, keluarga, dan masyarakat akibat hilangnya pendapatan karena sakit dan tidak dapat bekerja, pengeluaran biaya obat dan biaya perawatan. Di Yogyakarta, rokok, menjadi komoditi berupa makanan yang mempunyai peran meningkatkan angka kemiskinan dengan angka 11,23% (menempati urutan kedua) dipedesaan dan 11,36% (menempati urutan ketiga) di perkotaan pada September 2017.
    TEKNOLOGI : Pada saat ini, rokok mengalami perkembangan jenis. Rokok elektrik atau vapor memiliki prinsip menghirup cairan yang dibakar dengan tenaga listrik dengan berbagai macam rasa. Rokok elektrik dianggap sebagai pengganti rokok tembakau yang lebih aman. Sehingga, semakin banyak perokok pemula yang tertarik untuk mencoba merokok.
    FAKTOR BUDAYA
    Implementasi kebijakan kawasan tanpa rokok mengalami kesulitan karena adanya budaya dan kebiasaan masyarakat. Merokok telah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat dan adanya budaya turun temurun, yaitu para perokok pemula yang ikut merokok dikarenakan melihat dan meniru orang tua yang merokok.

    FAKTOR INTERNASIONAL
    jumlah perokok di seluruh dunia meningkat hampir 250 juta orang antara 1980 hingga 2012.Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jutaan nyawa dapat diselamatkan bila lebih banyak negara menerapkan pengetatan seperti meningkatkan cukai rokok, melarang merokok di tempat umum, dan mencantumkan peringatan kesehatan di bungkus rokok.

    Sumber :
    http://jogja.tribunnews.com/2016/08/16/lipsus-jumlah-perokok-pemula-terus-meningkat?page=all
    https://www.pressreader.com/indonesia/kompas/20170713/281797104035880
    Monica, Reza; Pambudi, Argo. 2017. Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok Di Kota Yogyakarta. Yogyakarta. (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/adinegara/article/viewFile/8934/8588 diakses tanggal 11 maret 2018)
    http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2014/01/140108_majalah_lain_perokok_dunia
    https://www.kompasiana.com/chandrawahyu/5a56285f5e1373339c77cc32/rokok-komoditas-terbesar-kedua-penyumbang-gk-d-i-yogyakarta
    http://krjogja.com/web/news/read/26716/Komunitas_Klaim_Vapor_Lebih_Aman_Ketimbang_Rokok

    oleh:
    Dika Christiyanti Pangarso
    42160016

    Like

  13. Ringkasan konteks kebijakan PERATURAN KEPALA BADAN NARKOTIKA NASIONAL NOMO3 3 TAHUN 2015 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN/ KOTA. bahwa dalam Peraturan Kepala Badan Narkotika Nasional Nomor 4 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Narkotika Nasional Provinsi dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota sebagaimana telah diubah, dengan Peraturan Kepala Badan Narkotika Nasional Nomor 4 Tahun 2013 perlu disesuaikan dengan beban kerja tugas dan fungsi organisasi.
    BNNP teridi dari :
    a. Kepala
    b. Bagian Umum
    c. Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat
    d. Bidang Rehabilitasi
    e. Bidang Pemberantasan
    1. kepala BNNP memiliki tugas yaitu :
    a. memimpin BNNP dalam pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenang BNN dalam wilayah Provinsi; dan
    b. mewakili Kepala BNN dalam melaksanakan hubungan kerja sama P4GN dengan instansi pemerintah terkait dan komponen masyarakat dalam wilayah Provinsi.
    2. Bagian umum memiliki tugas yaitu :
    a. penyiapan penyusunan rencana program dan anggaran;
    b. penyiapan pelaksanaan pengelolaan sarana prasarana, dan urusan rumah tangga BNNP;
    c. penyiapan pelaksanaan pengelolaan data informasi P4GN;
    d. penyiapan pelaksanaan layanan hukum dan kerja sama dalam wilayah Provinsi;
    e. penyiapan pelaksanaan urusan tata persuratan, kepegawaian, keuangan, kearsipan, dokumentasi, dan hubungan masyarakat; dan
    f. penyiapan pelaksanaan evaluasi dan pelaporan BNNP.
    3. Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas : melaksanakan kebijakan teknis P4GN di bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat dalam wilayah Provinsi
    4. Bidang Rehabilitasi mempunyai tugas melaksanakan kebijakan teknis P4GN di bidang rehabilitasi dalam wilayah Provinsi.
    Bidang Rehabilitasi terdiri atas :
    a. Seksi Penguatan Lembaga Rehabilitasi : mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana strategis dan rencana kerja tahunan P4GN, asesmen bagi penyalah guna dan/atau pecandu narkotika, peningkatan kemampuan lembaga rehabilitasi medis dan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat, pembinaan teknis dan supervisi P4GN kepada BNNK/Kota, dan evaluasi dan pelaporan P4GN dalam wilayah Provinsi.
    b. Seksi Pascarehabilitasi : mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana strategis dan rencana kerja tahunan P4GN, peningkatan kemampuan layanan pascarehabilitasi dan pendampingan, penyatuan kembali ke dalam masyarakat dan perawatan lanjut, pembinaan teknis dan supervisi P4GN kepada BNNK/Kota, dan evaluasi dan pelaporan P4GN dalam wilayah Provinsi.
    5. Bidang Pemberantasan mempunyai tugas melaksanakan kebijakan teknis P4GN di bidang pemberantasan dalam wilayah Provinsi.
    Bidang Pemberantasan terdiri atas:
    a. Seksi Intelijen : mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana strategis dan rencana kerja tahunan P4GN, pembangunan dan pemanfaatan intelijen teknologi dan kegiatan intelijen taktis, operasional dan produk dalam rangka P4GN, pembinaan teknis dan supervisi P4GN kepada BNNK/Kota, dan evaluasi dan pelaporan P4GN dalam wilayah Provinsi.
    b. Seksi Penyidikan : mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana strategis dan rencana kerja tahunan P4GN, administrasi penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana narkotika, penyidikan tindak pidana pencucian uang yang berasal dari tindak pidana narkotika dan prekursor narkotika, pengawasan distribusi prekursor sampai pada pengguna akhir, pembinaan teknis dan supervisi P4GN kepada BNNK/Kota, dan evaluasi dan pelaporan P4GN dalam wilayah Provinsi
    c. Seksi Pengawasan Tahanan dan Barang Bukti : mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana strategis dan rencana kerja tahunan P4GN, pengawasan tahanan dan barang bukti, pembinaan teknis dan supervisi P4GN kepada BNNK/Kota, dan evaluasi dan pelaporan P4GN dalam wilayah Provinsi.
    sumber : https://simpeg.bnn.go.id/_uploads/doc_public/201602171508541455696534927.pdf
    http://bnnksmp.blogspot.co.id/p/peraturan-kepala-bnn.html
    diakses pada tanggal 11 maret jam 22 : 16
    oleh :
    Andryawan Wahyu Pradana 42160022

    Like

  14. RINGKASAN KONTEKS PERDA PROVINSI JATIM TAHUN 13 TAHUN 2016 TENTANG FASILITAS PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA.
    P4GN adalah singkatan dari pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, sebuah upaya yang terus menerus dilakukan oleh berbagai komponen masyarakat dan pemerintah serta dunia usaha untuk menghindarkan masyarakat dari risiko penyalahgunaan adiksi narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya. Memberantas peredaran gelap dan ilegal tranding narkoba ini secara tuntas dan menyeluruh.
    Dalam Perda Nomor 8 tahun 2011 adanya ketentuan mengenai pembentukan Komisi Pelayanan Publik (KPP) sebagai lembaga pengawas eksternal penyelenggaraan pengawas publik yang dalam pelaksanaan tupoksinya bersifat independent, bebas dari pengaruh apapun. KPP didirikan untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggraan pelayanan publik dijatim agar benar – benar objektif. Penyelenggaraan pelayanan publik tidak hanya diawasi pengawas intern yakni atasan langsung dan pengawas fungsional daerah, tetapi juga oleh pengawas ekternal yang independent.
    Namun dalam prjalanannya, KPP memiliki persamaan tugas dan fungsi serta wilayah kerja dengan perwakilan Ombudsman RI di Jatim yang merupakan lembaga vertikal sehingga KPP dianggap tidak efektif lagi dan perlu dilakukan perubahan dan dilakukannya penghapusan perda tentang KPP. Perlindungan pemerintah terhadap warga negara diera globalisasi ini sangat rawan dengan kejahatan seperti peredaran gelap narkoba. “Karena itu Pemprov dan DPRD Jatim menetapkan Perda tentang Fasilitas Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba. Diharapkan perda ini jelas – jelas dapat dilaksanakan dan memberikan andil dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba di Jatim.” Ujar pakde Karwo
    Menurut pakde Karwo, berbeda dengan kasus KPP dan Ombudsman dukungan Pemda tetap diperlukan dalam penanggulangan narkoba. Meskipun upaya pemberantasan,pencegahan, dan penanggulangan narkoba bukan merupakan kewenangan pemda karena sudah ada lembaga vertikal didaerah yang melaksanakan tupoksi tersebut. Hali itu didukung ketentuan dalam pasal 3 dan pasal 4 Peraturan Mentri Dalam Negeri no 21 tahun 2013 tentang vasilitasi pencegahan dan penyalahgunaan narkotika, yang menegaskan gubernur dapat melakukan fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika di provinsi dan kabupaten/kota diwilayahnya, antara lain dengan menyusun perda tentang narkotika.

    Sumber :
    Peraturan Walikota Surabaya Nomor 65 Tahun 2014 Tentang Rencana Aksi Pelaksanaan Kebijakan Dan Strategi Daerah Bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba Kota Surabaya Tahun 2014 – 2015.
    m.republika.co.id/amp_version/ogbtlc282
    http://www.suaramedianasional.co.id/dua-jam-dua-perda-resmi-disahkan.html
    http://www.surabayapagi.com/read/144969/2016/11/09/Pakde_teken_perda_pencegahan_narkoba.html

    nama : Wa Ode Dessy J Y
    NIM : 42160023

    Like

  15. Ringkasan konteks PEMBENTUKAN KADER EDUKATIF ANTI NARKOBA (KEREN) :

    Bahwa dalam rangka mencegah tindak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Wilayah Jawa Timur diperlukan berbagai upaya terhadap masyarakat yang belum terkena untuk menumbuhkan kesadaran dan kebersamaan masyarakat untuk menolak dan memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Provinsi Jaw Timur.

    Pemuda adalah calon pemimpin masa depan, generasi penerus bangsa, dan kontributor bagi kemajuan Negara. Akan tetapi disisi lain, ternyata saat ini kondisi kebanyakan pemuda dalam hal ini pelajar sangat jauh dari harapan. Banyak pemuda terlibat dalam pergaulan bebas, akrab dengan narkoba, rutinnya perkelahian antar pelajar (tawuran) dan bahkan pembunuhan, perkosaan, sampai aborsi banyak dilakukan dari kalangan pemuda. Kelamnya kehidupan pemuda kita saat ini dipengaruhi oleh banyak faktor dan narkoba menjadi salah satu penyebabnya. Dalam perkembangannya, kini di Indonesia telah menjadi tempat produksi Narkoba, bahkan menjadi pasar narkoba terbesar kedua di dunia.

    Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan, sebanyak 22% pengguna narkoba di Indonesia dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Sebanyak 1,1 juta para penggunanya pada usia produktif (usia 10 – 59 tahun) Diantaranya dari Pelajar dan Mahasiswa. Sejak 2010 sampai 2013 tercatat ada peningkatan jumlah pelajar dan mahasiswa yang menjadi tersangka kasus narkoba.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, selain tindakan hukum yang tegas dan keteladanan, langkah jitu Pemprop Jawa Timur dan berbagai elemen seperti Perguruan Tinggi, Kejaksaan, kepolisian dan BNN adalah melakukan “Gerakan Rehabilitasi 10.000 Penyalahguna Narkoba” dan wajib didukung oleh semua pihak. Gerakan tersebut dimulai secara simbolis dengan deklarasi yang berisi tentang empat hal antara lain: pertama, Indonesia dalam keadaan darurat narkoba. Kedua, penyalahguna dan pecandu narkoba yang melaporkan ke Institusi penerima wajib lapor, tidak dituntut pidana dan mendapatkan perawatan rehabilitasi agar pulih seperti sedia kala. Ketiga, pemerintah bersama seluruh warga akan melaksanakan gerakan secara sinergis untuk merehabilitasi 10.000 penyalahguna narkoba dalam rangka mewujudkan Jatim bersih dari narkoba, dan keempat, pemerintah mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat tanpa narkoba.

    Untuk menyelamatkan generasi pemuda ini, BNNP Jatim akhirnya membentuk kader penyuluh anti narkoba. Para kader tersebut akan berkomitmen untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menyelamatkan pemuda dari bahaya narkoba karena selain merusak fisik, narkoba juga dapat merusak pikiran seseorang, karena itu salah satu langkah yang tepat adalah merubah pola pikir mereka yang salah dalam memahami narkoba. Pembenahan pola pikir seseorang memang perlu usaha yang keras, sabar, ulet dan waktu yang tidak sedikit, sehingga dalam hal inilah kader KEREN dibentuk dan siap membantu berbagai pihak baik individu maupun lembaga untuk penyuluhan anti narkoba dan pembenahan pola pikir.

    Sumber :
    – Keputusan Kepala Badan Narkotika Provinsi Jawa Timur tentang Pembentukan kader Edukatif Anti narkoba
    https://kerenbnnpjatim.wordpress.com/2015/07/29/proposal-dan-struktur-pengurus-keren-kader-edukatif-anti-narkoba-bnnp-jatim/

    Oleh :
    Yunita Rappun (42160018)

    Like

  16. Ringkasan konteks kebijakan walikota Denpasar nomor 10 tahun 2015 tentang tata cara pembinaan dan kawasan tanpa rokok.

    Peraturan ini dibuat dengan menimbang serta sebagai bentuk pelaksanaan lebih lanjut dar ketentuan pasal 15 ayat 4 peraturan walikota Denpasar nomor 7 tahun 2013 tentang kawasan tanpa rokok dan berbagai peraturan lainnya untuk mengendalikan produk-produk tembakau di Indonesia.

    Kebijakan pengendalian tembakau di Indonesia masih menimbulkan perdebatan yang panjang, mulai dari hak asasi seorang perokok, fatwa haram merokok di tempat umum sampai dengan dampak anti rokok terhadap perekonomian dan tenaga kerja di Indonesia. Padahal hasil kajian di beberapa negara menunjukkan bahwa kebijakan merupakan cara yang efektif untuk mengendalikan tembakau atau lebih khusus untuk mengurangi kebiasaan merokok. Pada tahun 2001, angka kejadian akibat penyakit yang berkaitan dengan kebiasaan merokok yang dilaporkan di Indonesia adalah 427,948 kematian (22,6%). Riset Kesehatan Dasar menyebutkan bahwa penduduk berumur di atas 10 tahun yang merokok sebesar 29,2% dan angka tersebut meningkat sebesar 34,7% pada tahun 2010 untuk kelompok umur di atas 15 tahun. Peningkatan prevalensi perokok tahun 2007 terjadi pada kelompok umur 15-24 tahun, dari 17,3% menjadi 18,6% atau naik hampir 10% dalam kurun waktu tiga tahun. Peningkatan juga terjadi pada kelompok umur produktif, yaitu 25-34 tahun dari 29,0% pada tahun 2007 menjadi 31,1% pada tahun 2010.

    Pemerintah berupaya untuk merumuskan berbagai regulasi dan kebijakan yang dapat diimplementasikan dalam menanggulangi dampak bahaya rokok tersebut diantaranya melalui Undang-Undang Kesehatan No. 36/2009. Berdasarkan berbagai kebijakan tersebut, salah satu kebijakan yang wajib diimplementasikan oleh seluruh daerah di Indonesia adalah menetapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang dapat dimulai dari institusi kesehatan, pendidikan dan tempat-tempat umum lainnya. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Kesehatan No.36/2009 pasal 115 ayat 2 yang menyatakan bahwa “Pemerintah daerah wajib menetapkan kawasan tanpa rokok didaerahnya”. Kawasan Tanpa Rokok adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/ atau mempromosikan produk tembakau. Kawasan Tanpa Rokok yang dimaksud antara lain fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, dan tempat umum serta tempat lain yang ditetapkan .

    Selain itu, dari kementrian kesehatan Indonesia juga mengeluarkan pedoman kawasan tanpa rokok pada tahun 2011 yang dibawahi oleh bidang promosi kesehatan. Dalam buku pedomannya pengembangan Pedoman Kawasan Tanpa Rokok sangatlah tepat dan harus menjadi agenda pemerintah pusat dan pemerintah daerah, hal ini disebabkan karena Rendahnya kesadaran masyarakat tentang bahaya merokok pun menjadi alasan sulitnya penetapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), yang ditunjukkan dengan mulai merokok pada kelompok usia 5-9 tahun. Konsumsi rokok paling rendah terjadi pada kelompok umur 15-24 tahun dan kelompok umur 75 tahun ke atas. Hal ini berarti kebanyakan perokok adalah generasi muda atau usia produktif. Selanjutnya, pada daerah pedesaan, jumlah batang rokok yang dikonsumsi lebih banyak dibanding daerah perkotaan.

    Menurut sudut pandang ekonomi, produk tembakau juga merugikan individu maupun pemerintah. Biaya rata-rata yang dibelanjakan oleh individu perokok untuk membeli tembakau dalam satu bulan adalah Rp.216.000; secara makro total biaya yang dibelanjakan oleh perokok di Indonesia dalam satu bulan sebesar Rp.12,77 triliun dan dalam satu tahun adalah Rp.153,25 triliun. Kerugian ekonomi total penduduk Indonesia dalam setahun akibat konsumsi produk tembakau mencapai Rp.338,75 triliun, atau lebih dari enam kali pendapatan cukai rokok Pemerintah yang hanya Rp. 53,9 triliun. Secara makro, terdapat kehilangan tahun produktif (DALYs Loss/ Disability Adjusted Life Years Loss) sebesar 13.935,68 (.7.575,22 untuk lakilaki dan 6.360,46 untuk perempuan) atau 25,5% dari total DALYs Loss dalam tahun yang sama (51.250 DALYs Loss).

    Sumber:
    Kementrian Kesehatan Indonesia bagian promosi kesehatan tahun 2011 mengenai Pedoman Pengenmmbangan Kawasan Tanpa Rokok
    Studi Efektivitas Penerapan Kebijakan Perda Kota Tentang Kawasan Tanpa Rokok (Ktr) Dalam Upaya Menurunkan Perokok Aktif Di Sumatera Barat Tahun 2013. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia https://idl-bnc-idrc.dspacedirect.org/bitstream/handle/10625/54057/IDL-54057.pdf?sequence=1

    Oleh: Vincent Exel Susanto (42160017)

    Like

  17. Ringkaasan Konteks Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2017 tentang Perubahan Penggolongan Psikotropika

    Perkembangan teknologi juga terjadi di bidang kejahatan narkoba dimana campuran bahan kimia sekarang digunakan untuk menciptakan obat-obatan jenis narkoba. Dalam peraturan baru itu ada beberapa narkotika jenis baru yang dulu belum diatur dan kini telah diatur dan dilarang. Menimbang bahwa masih terdapat obat keras yang mempunyai potensi mengakibatkan sindroma ketergantungan yang belum termasuk dalam Golongan Psikotropika maka Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia di tahun 2017 mengungkapkan adanya 60 jenis zat narkoba baru (NPS) yang masuk golongan terlarang.

    Baru-baru ini Kementerian Kesehatan menemukan 27 zat baru yang termasuk golongan narkotika. 27 zat baru itu telah ditetapkan ke dalam Permenkes nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika. Contoh saja beberapa narkotika jenis baru atau NPS (new psychoactive substance) pun telah dimasukkan ke dalam kelompok narkotika sehingga bisa menjadi alat atau tools bagi aparat penegak hukum untuk menindak peredaran dan penyalahgunaannya sesuai dengan UU Narkotika 35/2009. Salah satu yang diatur adalah tembakau gorila yang mengandung synthetic cannabinoids, atau ganja sintetis (AB-CHAMINACA). Tembakau gorila merupakan ganja sintetis yang dapat dibentuk seperti lintingan rokok.

    Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, Fidiansyah mengatakan, ganja jenis ini memiliki efek halusinasi. Bahkan, badan pemakai akan merasa sangat berat seperti tertindih seekor gorila. Tembakau sintetis memiliki efek halusinogen dan toksin. Bahkan, pemakai bisa merasa seperti zombie. Selain tembakau cap gorila, Kementerian Kesehatan juga menambahkan 26 zat baru ke dalam golongan narkotika. 26 zat itu adalah, AB-Fubica, Fub-AMB Fubica, AB-Pinaca, THJ-2201, MAB-Chaminaca, MDMB-Chaminaca dan TAJ-018. Zat ini merupakan turunan dari tembakau sintetis. Zat lainnya adalah ADB Fubinaca, zat ini termasuk dalam turunan mariyuana. ADB Fubinaca ini bisa memperlambat respon pada saraf otak. Bahkan, bila dipakai dengan dosis tinggi dan terus-menerus, ADB Fubinaca bisa menjadi menyebabkan kematian akibat arterial thrombosis koroner. Ada pula zat 5-Fluoro-ADB, AKB-48 atau disebut Apinaca, 4-ADB, FUB-144, MAM-2201, Fluoro, dan Alfa-Metiltriptania. Ada juga zat jenis Etilon. Zat ini merupakan turunan dari cathinone. Etilon memiliki efek pada susunan saraf pusat, insomnia, dilatasi pupil mata, dan sulit merespon. Lalu ada TFMMP, zat tersebut merupakan turunan piparzine. Pemakai bisa merasakan euforia yang berlebihan, toksin, dan mengikatkan detak jantung. Beberapa zat lainnya adalah Metoksetamina, Bufedron, 4-Klorometkatinona, AH-7921, 4-MTA, ALFA-PVP, 4,4-DMAR, AM-220, Asetilfentanil. Asetilfentanil juga turunan piparzine. Pemakai bisa merasakan euforia yang berlebihan, toksin, dan meningkatkan detak jantung. Seluruh zat ini masuk dalam kategori narkotika golongan satu. Artinya, zat-zat tersebut tidak boleh digunakan dalam pengobatan karena berpotensi tinggi untuk disalahgunakan.

    Narkotika jenis baru atau NPS ini merupakan hasil kreasi dari para ahli kimia. Mereka membentuk senyawa baru yang mempunyai efek seperti narkotika. Sampai saat ini, yang sudah ditemukan oleh BNN di Indonesia, ada 53 jenis. Dari 53 itu yang sudah masuk dalam peraturan Permenkes baru 43 jenis tapi ini adalah hal positif karena pada 2016 hanya 18 jenis yang masuk. Walaupun memang masih ada 10 jenis zat yang belum diatur, dan tidak menutup kemungkinan NPS yang telah masuk di Indonesia lebih dari 53 jenis karena di level dunia ada 500 jenis narkotika jenis baru. Namun BNN terus melakukan pencegahan dan kampanye tentang NPS kepada masyarakat.

    Ketua Granat (Gerakan Nasional Anti Narkotika dan Psikotropika), Henry Yosodiningrat, mengatakan, dalam UU Narkotika, perlu adanya pasal karet yang mengatur jenis-jenis Narkotika, mengingat banyaknya turunan dari zat-zat. Sementara yang ada dalam daftar lampiran UU hanya punya 40 sementara sekarang sudah hampir 800 jenis. Hal ini supaya setiap zat yang mempunyai dampak atau yang mempunyai kesamaan dengan itu perlu diperluas istilah pasal karet. Sehingga, dengan pasal karet tersebut tidak perlu lagi mengubah Undang-Undang. Mengingat keadaan yang ada saat ini.

    sumber :
    1. http://news.metrotvnews.com/hukum/Dkqj8x6K-kemenkes-tambahkan-27-zat-baru-ke-dalam-kategori-narkotika
    2. http://news.metrotvnews.com/hukum/Dkqj8x6K-kemenkes-tambahkan-27-zat-baru-ke-dalam-kategori-narkotika
    3. https://www.jpnn.com/news/perlu-pasal-karet-untuk-atur-jenis-jenis-narkotika

    Like

  18. Ringkasan Konteks Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan No.5 Tahun 2015 tentang “Kawasan Bebas Rokok”.
    Paparan asap rokok kepada orang bukan perokok sama bahayanya dengan yang menimpa perokok itu sendiri.Di seluruh dunia, diperkirakan 33 persen laki-laki dan 35 persen perempuan yang tidak merokok terkena paparan asap rokok secara rutin.Di banyak negara, para perokok pasif terpapar asap rokok orang lain terjadi di tempat kerja. dan sebanyak 40 persen anak-anak terpapar asap rokok di tempat umum.Paparan asap rokok orang lain merupakan penyebab dari kanker paru-paru, penyakit jantung, kelahiran bayi dengan berat badan rendah, dan penyakit paru-paru kronis seperti bronkitis, serta masalah kesehatan lainnya. Tidak ada tingkat yang aman dari paparan asap rokok orang lain bagi nonperokok. Setiap tahun 600.000 perokok pasif meninggal. Dari semua kematian dini perokok pasif sebanyak 47 persen (281.000) terjadi di kalangan perempuan dan 28 persen (166.000) terjadi pada anak-anak. Perokok pasif berisiko terkena kanker paru-paru sebesar 20-30 persen, jantung koroner 25-30 persen, dan jantung koroner akut sebesar 25-35 persen.
    Olaj karena hal inilah sangat penting setiap wilayah dan daerah memiliki kawasan bebas asap rokok untuk melindung hak bukan perokok tak menghisap udara yang mengandung nikotin. Di beberapa negara banyak studi menyebut pembentukan kawasan bebas merokok meningkatkan kesehatan publik dan membantu perokok berhenti merokok.
    Sebuah studi terhadap lebih dari 1.800 tempat-tempat umum di 32 negara menemukan tingkat polusi udara di dalam ruangan kawasan besar asarp rokok sebesar 89 persen lebih rendah dibanding tempat publik yang tak termasuk wilayah bebas asap. Sebuah meta-analisis oleh Institute of Medicine di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa peraturan kawasan bebas asap rokok dapat menekan penyakit jantung koroner akut, seperti miokardial infarkasi (kematian akibat jantung berhenti mendadak).
    Sebuah laporan Bank Dunia tentang epidemi global tembakau menyimpulkan bahwa larangan merokok secara keseluruhan dapat mengurangi konsumsi tembakau sebesar 4-10 persen.
    Sembilan bulan setelah Irlandia memberlakukan aturan kawasan bebas asap rokok pada tahun 2004, 59 persen dari perokok melaporkan bahwa mereka telah mengurangi konsumsi tembakau karena aturan tersebut, 46 persen mengaku bahwa aturan itu membuat mereka punya keinginan lebih kuat berhenti merokok, dan 79 persen responden yang sudah berhenti merokok mengaku terbantu oleh aturan kawasan bebas rokok.
    Selain itu dengan adanya kawasan bebas rokok dapt menguntungkan negara dari segi ekonomi, Kawasan bebas rokok membuat sebuah daerah atau negara mengurangi biaya pengobatan penyakit akibat rokok karena jumlah perokok pasif berkurang drastis. Di Inggris, pengobatan untuk perokok pasif menelan biaya £9,7 juta (Rp 97 triliun) setiap tahun untuk rawat jalan, pengobatan asma £13,6 juta sebagai biaya rawat inap, dan £4 juta untuk obat-obatan asma bagi anak-anak hingga usia 16 tahun.
    Dengan mengimplementasikan hal tersebut pemerintah kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan membuat Peraturan Daerah No.5 Tahun 2015 tentang “Kawasan Tanpa Rokok”.
    Kawasan tanpa rokok sesuai dengan perda tersebut dilaksanakan pada fasilitas pelayanan kesehatan ( rumah sakit, puskesmas, poliklinik, balai pengobatan, rumah bersalin, pos pelayanan kesehatan, laboratorium dan tempat praktik kesehatan swasta), tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, angkutan umum dalam kota,tempat ibadah, tempat kerja, tempat umum dan, tempat lainnya.
    Sebagai bantuk penghargaan dengan dibentuknya peraturan ini di kawasan Kalimantan Selatan, Pemerintah pusat memberikan penghargaan Pastika Parama, dimana penghargaan ini merupakan Apresiasi dari Menteri Kesehatan untuk Pemda yang telah menerapkan Perda atau kebijakan dalam pengendalian konsumsi hasil tembakau.
    Angka penggunaan rokok setiap hari pada tahun 2013 berada pada angka 22.1% dari total keseluruhan penduduk kalimantan selatan, Sedangkan pada tahun 2017 angkanya menurun pada 13.31%. Walaupun demikian data tersebut bisa saja merupakan data yang terlihat dari permukaan saja, masih banyak jimlah perokok yang belum terdata. Olah karena itu adanya evaluasi yang berkelanjutan sangat di perlukan.
    Sumber:
    Kawasan Tanpa rokok
    http://kompak.co/kawasan-tanpa-rokok/ diakses tanggal 11 Maret 2018
    Laksanakan laksanakan perda kawasan tanpa rokok kota banjarmasin dapat penghargaan dari menteri kesehatan http://banjarmasin.tribunnews.com/2017/07/12/laksanakan-perda-kawasan-tanpa-rokok-kota-banjarmasin-dapat-penghargaan-dari-menteri-kesehatan diakses tanggal 11 Maret 2018
    Jumlah perokok terbanyak di Indonesia https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/23/provinsi-mana-dengan-jumlah-perokok-terbanyakprovinsi-mana-dengan-jumlah-perokok-terbanyak diakses tanggal 11 Maret 2018
    Riset kesehatan Dasar 2013
    Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 – Kementerian Kesehatan- PDFwww.depkes.go.id › download › general, diakses tanggal 11 Maret 2018
    Novi Asiye
    42160021

    Like

  19. Ringkasan konteks dari Keputusan Menteri Kesehatan No. HK 02.02/Menkes/52/2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan tahun 2015-2019.
    Seluruh komponen Bangsa Indonesia melakukan pembangunan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh kesinambungan antar upaya program dan sektor, serta kesinambungan dengan upaya-upaya yang telah dilaksanakan oleh periode sebelumnya. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) mengamanatkan bahwa setiap kementerian perlu menyusun Rencana Strategis (Renstra) yang mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Dengan telah ditetapkannya RPJMN 2015-2019 maka Kementerian Kesehatan menyusun Renstra Tahun 2015-2019. Renstra Kementerian Kesehatan merupakan dokumen perencanaan yang bersifat indikatif memuat program-program pembangunan kesehatan yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan dan menjadi acuan dalam penyusunan perencanaan tahunan. Penyusunan Renstra Kementerian Kesehatan dilaksanakan melalui pendekatan: teknokratik, politik, partisipatif, atasbawah (top-down), dan bawah-atas (bottom-up). Pembangunan kesehatan pada periode 2015-2019 adalah Program Indonesia Sehat dengan sasaran meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemeratan pelayanan kesehatan. Sasaran pokok RPJMN 2015-2019 adalah: (1) meningkatnya status kesehatan dan gizi ibu dan anak; (2) meningkatnya pengendalian penyakit; (3) meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil, tertinggal dan perbatasan; (4) meningkatnya cakupan pelayanan kesehatan universal melalui Kartu Indonesia Sehat dan kualitas pengelolaan SJSN Kesehatan, (5) terpenuhinya kebutuhan tenaga kesehatan, obat dan vaksin; serta (6) meningkatkan responsivitas sistem kesehatan.
    Potensi dan permasalahan pembangunan kesehatan akan menjadi input dalam menentukan arah kebijakan dan strategi Kementerian Kesehatan. Berikut masalah-masalah kesehatan di Indonesia yang mejadi pertimbangan dalam pembuatan renstra.
    1. Upaya kesehatan
    – Kesehatan ibu dan anak
    Angka Kematian Ibu sudah mengalami penurunan, namun masih jauh dari target MDGs tahun 2015, meskipun jumlah persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan mengalami peningkatan.
    – Kematian bayi dan balita
    Dalam 5 tahun terakhir, Angka Kematian Neonatal (AKN) tetap sama yakni 19/1000 kelahiran, sementara untuk Angka Kematian Pasca Neonatal (AKPN) terjadi penurunan dari 15/1000 menjadi 13/1000 kelahiran hidup, angka kematian anak balita juga turun dari 44/1000 menjadi 40/1000 kelahiran hidup.
    – Kematian usia sekolah dan remaja
    Penyebab kematian terbesar pada usia ini adalah kecelakaan transportasi, disamping penyakit demam berdarah dan tuberkulosis. Masalah kesehatan lain adalah penggunaan tembakau dan pernikahan pada usia dini (10-15 tahun) dimana pada laki-laki sebesar 0,1% dan pada perempuan sebesar 0,2%. Untuk status gizi remaja, hasil Riskesdas 2010, secara nasional prevalensi remaja usia 13-15 tahun yang pendek dan amat pendek adalah 35,2% dan pada usia 16-18 tahun sebesar 31,2%. Sekitar separuh remaja mengalami defisit energi dan sepertiga remaja mengalami defisit protein dan mikronutrien.
    – Kematian usia kerja dan usia lanjut
    Selain penyakit tidak menular yang mengancam pada usia kerja, penyakit akibat kerja dan terjadinya kecelakaan kerja juga meningkat. Jumlah yang meninggal akibat kecelakaan kerja semakin meningkat hampir 10% selama 5 tahun terakhir.
    – Gizi masyarakat
    Hasil Riskesdas dari tahun 2007 ke tahun 2013 menunjukkan fakta yang memprihatinkan dimana underweight meningkat dari 18,4% menjadi 19,6%, stunting juga meningkat dari 36,8% menjadi 37,2%, sementara wasting (kurus) menurun dari 13,6% menjadi 12,1%. Riskesdas 2010 dan 2013 menunjukkan bahwa kelahiran dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) http://www.depkes.go.id/resources/download/info-publik/Renstra-2015.pdf [Diakses pada tanggal 3-Maret-2018 Pkl. 18.15]
    http://binfar.kemkes.go.id/2015/01/rencana-strategis-kementerian-kesehatan-tahun-2015-2019/ [Diakses pada tanggal 3-Maret-2018 Pkl. 19.08]

    Disusun oleh :
    Jesisca (42160013)

    Like

  20. Ringkasan Konteks peraturan daerah kabupaten ogan komering ulu timur nomor 4 tahun 2016 tentang penanggulangan penyalahgunaan narkotika, pisikotropika dan zat adiktif lainnya

    kita ketahui sendiri jika narkoba, psikotropika dan zat adiktif lain nya sudah sangat jelas dapat merusak diri sendiri bukan hanya itu hal ini juga dapat merusak semua yang ada di dalam kehidupan masyarakat, negara bahkan dunia oleh sebab itu banyak sekali peraturan-peraturan yang dibikin oleh pemerintah dari segala sisi. Pemerintah bah kan membuat badan narokita kabupaten yang disingkat lembaga pemerintah non kementrian atau SKPD yang menangani langsung kegiatan preventif penangulangan penyalahgunaan narkotika dikabupaten yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada bupati dan koordinasi kepada kepala kepolisian negara republik indonesia yang berada di kabupaten. upaya-upaya penanggulangan permasalahn ini dilakukan dengan berbagaipendekatan baik pendekatan supply reduction yang bertujuan untuk mengurangi jumlah pasokan nakoba yang beredar maupun demand reduction yang menitikberatkan pada intervensi kepada para penggunanya agar tingkat permintaan narkoba berkurang. pendekatan lain yang juga dikenal adalah harm reduction yang bertujuan mengurang dampak buruk pemakian narkobaSalah satu upaya demand reduction adalah melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Pencegahan penyalahgunaan narkoba mempunyai fokus utama pada proses pengambilan keputusan secara individu dengan menggunakan perilaku yang sesuai dengan norma sosial, sehingga tujuan dari pencegahan ini tidak hanya untuk mencegah penggunaan narkoba, tetapi juga menunda inisiasi, mengurangi intensifikasi atau mencegah eskalasi penggunaan menuju penggunaan narkoba yang problematik (Prevention of Drug Use, EMCDDA). Banyak pihak yang telah menyadari pentingnya melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba, sehingga kegiatan pencegahan dilakukan secara masif di masyarakat. Namun demikian, pandangan umum yang ada di masyarakat menganggap bahwa kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkoba identik dengan sekedar memberikan informasi mengenai efek dari narkoba khususnya bahaya penggunaan narkoba. Pandangan umum yang lain menganggap pencegahan merupakan kegiatan kampanye dengan menggunakan media massa. Sehingga tidak heran jika, kemudian banyak pihak yang berlomba-lomba menggelar kampanye anti narkoba, lomba duta anti-narkoba dengan menilai pengetahuan peserta mengenai dampak narkoba, juga kegiatan tes urin di sekolah-sekolah yang diharapkan mempunyai efek penggetar untuk siswa-siswanya. Jika dievaluasi, kebanyakan kegiatan tersebut hanya memberikan informasi yang bersifat sekedar menambah pengetahuan dan bersifat menakut-nakuti. Kegiatan pencegahan yang memperhatikan hal ini bertujuan untuk mengurangi perilaku beresiko, termasuk di dalamnya perilaku menggunakan narkoba. Ironisnya kegiatan yang demikian tidak banyak dilakukan sehingga banyak masyarakat yang tidak mengerti. Hasil survei Puslitkes UI di kalangan rumah tangga juga memaparkan bahwa pengetahuan masyarakat di rumah tangga umum untuk menghindari penyalahgunaan narkoba masih rendah berkisar 17 – 58 %.

    sumber http://yogyakarta.bnn.go.id/media-publikasi/artikel/127-menimbang-kegiatan-pencegahan-penyalahgunaan-narkoba diakses tanggal 12/3/2018

    http://youthproactive.com/201503/speak-up/permasalahan-penyalahgunaan-narkoba-di-indonesia/ diakses tgl 12/3/2018

    febrian moris (42160019)

    Like

Silahkan berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s