penanganan sarang hornet raksasa Asia di Amerika Serikat

Ketika melihat gambar ini apa yang terlintas di pikiran anda? Saya melihatnya sebagai sesuatu yang terkoordinasi baik untuk mencapai suatu tujuan. Dalam hal ini tujuannya adalah mengalahkan koloni Asian giant hornet, yang dikenal juga sebagai “murder hornet” alias hornet pembunuh yang dikenal mampu membunuh koloni lebah madu dalam beberapa jam saja.

Kenapa serangga alien ini penting? Karena populasi lebah madu di Amerika Serikat mulai menurun drastis. Kenapa ini disebut serangga alien? Karena asalnya dari kawasan Asia, dan belum banyak dikenal oleh orang Amerika Serikat. Bahkan, ini adalah sarang pertama yang ditemukan, meskipun hornet pembunuh ini sudah mulai terdeteksi dalam jumlah yang makin banyak dalam beberapa bulan terakhir.

gambar murder hornet di Amerika Serikat

Inilah penampakan salah satu Asian giant hornet yang telah mati dalam operasi penumpasan sarang hornet di Blaine, Washington pada Oktober 2020. Dalam operasi tersebut tidak ada satu pun manusia yang tersengat. Selain mereka sudah bersiap dengan alat pelindung diri yang mumpuni, cuaca dingin juga membantu manusia karena serangga menjadi kurang aktif. Operasi harus dilakukan sesegera mungkin karena diperkirakan sudah memasuki masa perkembangbiakan ratu hornet yang baru. Diharapkan dengan tuntasnya operasi ini maka tidak ada ratu yang lolos dan membuat sarang di tempat lain di Amerika Serikat.

Cara yang dilakukan untuk memastikan seluruh koloni tersebut punah adalah dengan menutup celah-celah pohon dengan busa, membungkus pohon yang dijadikan sarang menggunakan selofan, lalu menghisap hornet yang ada dalam sarang dengan peralatan vakum. Gas karbon dioksida lalu ditiupkan dalam sarang untuk mematikan hornet yang tidak terhisap. Hornet yang tertangkap, hidup maupun mati, ditampung dalam wadah khusus dan dikirim ke berbagai tempat untuk diteliti lebih lanjut.

Bagaimana mereka tahu letak sarangnya? Beberapa waktu sebelumnya, ada 3 hornet yang tertangkap di jebakan. Mereka lalu dipasangi pemancar radio. Salah satunya pulang ke sarangnya, dan segera menjadi breaking news: Ditemukan sarang murder hornet untuk pertama kalinya di Amerika Serikat. Beberapa waktu ke depan dapat diduga akan ada berita serupa karena akan butuh waktu lama untuk mengeradikasi Asian giant hornet dari Amerika Serikat.

Sumber: nbcnews.com/news/us-news/first-murder-hornet-nest-u-s-destroyed-washington-state-officials-n1244867; insider.com/washington-state-authorities-murder-hornets-nest-2020-10.

Leave a comment

Leave a Reply