Bersyukurlah apapun keadaan hidup anda saat ini. Bersyukurlah saat tidak punya pekerjaan tetap maupun masih mempunyainya. Di saat dampak perlambatan ekonomi mulai terasa di awal tahun ajaran seperti ini, maka semua orang harus mau bekerja dengan baik. Semua orang harus mau juga mengerjakan hal-hal yang selama ini tidak dilakukan demi mendapatkan uang.

Kerjakan apa saja demi mendapat uang, selama kegiatan tersebut tidak merugikan orang lain. Pemerintah dan pimpinan anda mungkin tidak terang-terangan menyuruh anda memiliki pekerjaan sampingan atau sumber pendapatan alternatif, namun sebagai manusia berakal, anda pasti sudah memikirkan bahkan melakukannya.

Memiliki pekerjaan tetap dengan gaji berapapun saat ini menjadi sesuatu yang berharga di tengah ketidakpastian hampir di setiap bidang kehidupan. Bersandarlah pada Tuhan Yesus, Dia selalu ada, dan tahu persis apa keperluan anda. Ketika saat ini anda tidak memiliki pekerjaan maka bukan berarti anda tidak bisa bersyukur.

Bersyukurlah ketika saat ini anda punya ide berbisnis. Bisnis barang maupun jasa sama-sama berpotensi menguntungkan. Jalani saja, lakukan sebaik mungkin. Jadilah penjual yang terbaik. Jadilah pemberi jasa terbaik. Serahkan hari demi hari hidup anda pada Tuhan Yesus. Dia akan memberikan segala sesuatunya tepat waktu.

Bagi yang masih kerja kantoran dan tidak bisa banyak kerja sampingan, bekerjalah dengan baik, jadilah karyawan yang terbaik. Pimpinan di kantor anda mungkin lebih ruwet lagi pikirannya karena selain harus memperhitungkan bagaimana caranya agar tetap bisa mempekerjakan anda, dia juga perlu berjuang agar juga tetap memiliki pekerjaan.

Bagi yang sempat bangkrut dalam bisnis sebelumnya, beranilah mencoba hal yang baru. Pesaing makin banyak karena hampir semua orang juga akan mencoba berwirausaha. Jadikan hal ini kesempatan untuk menunjukkan hasil belajar dari pengalaman berbisnis sebelumnya. Kegagalan dapat menjadi guru terbaik jika kita dapat memetik pelajaran darinya dan mempraktikkannya sehingga memperkecil peluang untuk gagal pada usaha berikutnya.

ide bisnis semangat sukses

Bawalah masalah keuangan anda dalam doa pada Tuhan Yesus. Dia Tuhan yang maha kaya. Jangan sampai masalah hidup sehari-hari membuat anda lupa pada Sang Pemberi Hidup. Kerjakan yang anda bisa. Pelajari yang anda belum bisa. Melangkahlah dalam iman, lakukan dengan penuh semangat, kerjakan apa yang saat ini Tuhan Yesus percayakan pada anda.

Sleman, Hari Pramuka, 14 Agustus 2020

Yoseph L. Samodra

Dosen & blogger

Leave a comment

Leave a Reply