Mengapa

Anak kedua saya bertanya: Kenapa kita harus berdoa? Mungkin sebagian dari kita juga bertanya hal yang sama: Mengapa kita harus berdoa?

Ketika kita berdoa sebetulnya kita ‘hanya’ berterima kasih. Sama seperti ketika kita mendapatkan sesuatu dari seseorang, kita diajari untuk merespon pemberian tersebut dengan mengucapkan terima kasih.

Pemberian Tuhan Yesus bagi kita tentu tak terhitung jumlahnya. Bahkan kemampuan kita untuk memahami bahwa Tuhan Yesus adalah sang pemberi juga merupakan pemberian Tuhan Yesus.

Kapan

Kapan sebaiknya kita berdoa? Berapa kali sebaiknya kita berdoa dalam satu hari? Sudah seharusnya kita rajin berdoa. Pemberian Tuhan Yesus selalu ada dan tak pernah berhenti. Setiap kali kita mengingat kebaikan Tuhan Yesus maka sebaiknya kita berdoa.

bersyukur kepada Tuhan Yesus melalui doa

Di mana

Di mana sebaiknya kita berdoa? Perlukah kita mengkhususkan satu tempat untuk berdoa? Berdoa bisa dilakukan di mana saja. Sebaiknya tempat untuk berdoa disesuaikan dengan kondisi kita, sedapat mungkin pilihlah tempat yang membuat kita dapat berdoa dengan baik.

Bagaimana

Bagaimana cara berdoa yang baik? Perlukah menutup mata saat berdoa? Doa tidak harus dalam kondisi mata terpejam, tangan dilipat, tangan dikunci, atau dalam posisi tertentu. Doa tak perlu selalu bersuara, seringkali bahkan tak perlu kata-kata. Berdoalah dari hati, nyatakanlah dengan ekspresi yang tulus, lakukan dengan sopan.

Apa

Apa saja yang perlu didoakan? Adakah poin-poin wajib dalam menaikkan doa? Karena doa sejatinya adalah ungkapan terima kasih ciptaan pada penciptanya maka ucapan syukur sudah merupakan inti terpenting dari sebuah doa yang lengkap. Beberapa hal lain yang sebaiknya ada dalam doa mencakup: pengagungan Tuhan Yesus, pengakuan dosa dan permohonan ampun, dan permohonan spesifik.

Berapa

Berapa panjang sebuah doa yang normal? Berapa kali sebuah doa harus diulang? Berdoalah sesuai kebutuhan. Tidak perlu berpanjang lebar, sampaikan secara spesifik, satu kali, akhiri dengan amin. Tuhan Yesus mengajar kita untuk berdoa dengan singkat, padat, dan jelas. Tidak perlu menggunakan kata atau kalimat yang sama berulang-ulang dalam sebuah doa.

Siapa

Siapa yang perlu berdoa? Apa syarat seseorang untuk dapat memimpin doa dalam sebuah kelompok? Semua yang sadar bahwa telah menerima anugerah dari Tuhan Yesus perlu berdoa. Tidak ada syarat khusus bagi seseorang untuk memimpin doa sekelompok orang beriman. Bersyukurlah dan jangan menolak jika ditawari untuk memimpin doa, itu juga berkat dari Tuhan Yesus.

Sleman, 17 Mei 2020

Leave a comment

Leave a Reply